MATERI KELAS 4 TEMA 8 SUBTEMA 2

 MATERI KELAS 4 TEMA 8 SUBTEMA 2



DOWNLOAD MODUL : KELAS 4 TEMA 8 SUBTEMA 2


PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)

 

 

KOMPETENSI DASAR

1.3  Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat, sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.

2.3  Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.

3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

4.3 Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan kegiatan mengamati gambar keunikan suatu daerah, siswa dapat mengidentifikasi keunikan daerah tempat tinggalnya.

2.   Dengan kegiatan mengamati gambar anak-anak yang sedang berdiskusi, siswa dapat mengemukakan pendapatnya tentang keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

3.   Dengan kegiatan mengamati keberagaman individu di sekolah, siswa dapat mengetahui manfaat keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekolah.

4.   Dengan kegiatan berdiskusi tentang kegemaran, siswa mengetahui keragaman kegemaran teman sekelasnya beserta manfaatnya.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

• Mengamati keragaman karakteristik individu di sekolah.

• Mengidentifikasi manfaat keberagaman karakteristik individu di sekolah

• Berdiskusi mengenai manfaat keberagaman karakteristik individu.

 

MATERI

Bagaimanakah karakteristik pelajar di kota Yogyakarta? Saat ini daerah Yogyakarta sudah dihuni banyak suku bangsa di Indonesia seperti suku Jawa, Sunda, Batak, serta etnis TiongHoa. Oleh karena itu, karakteristik pelajar yang ada di Yogyakarta beragam. Di sekolah, setiap pelajar harus bisa menghormati keragaman karakteristik di antaranya mau berteman dengan anak dari daerah lain tanpa memandang agama maupun sukunya. Begitu juga saat di lingkungan tempat tinggal, para pelajar dari berbagai daerah yang tinggal di satu lingkungan harus hidup rukun. Manusia harus hidup rukun di tengah-tengah perbedaan. Perbedaan adalah karunia Tuhan. Perbedaan merupakan sarana untuk saling mengenal. Sebagai contoh, pada saat di lingkungan tempat tinggal mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan, para pelajar dari berbagai daerah pun ikut serta dalam bekerja bakti.

 

Ayo Mengamati !

Amatilah gambar berikut!

 


Apakah gambar di atas menunjukkan keragaman karakteristik? Apa yang sedang dilakukan anak-anak pada gambar di atas? Tuliskan pendapatmu pada tempat di bawah.

 

..................................................................................................................

..................................................................................................................

..................................................................................................................

..................................................................................................................

 

Kamu di sekolah mempunyai banyak teman dengan keragamannya. Ada teman dengan ciri fisik berbeda-beda. Ada teman berbeda agama. Ada juga teman dengan asal daerah tempat tempat tinggal berbeda. Bagaimana kamu menyikapi keragaman karakteristik di sekolahmu? Tuliskan dalam kolom berikut.

 

..................................................................................................................

..................................................................................................................

..................................................................................................................

..................................................................................................................

JAWABAN

Daerah tempat tinggal penduduk Yogyakarta beragam. Ada daerah dataran tinggi, dataran rendah, pesisir, kota, dan desa. Di Yogyakarta juga banyak dijumpai sungai, di antaranya Sungai Opak, Sungai Code, Sungai Kuning, Sungai Progo, dan Sungai Gajah Wong.

 

Salah satu sungai di Yogyakarta yang memiliki cerita legenda adalah Sungai Gajah Wong. Penduduk Yogyakarta sering menyebut sungai dengan kali. Kali Gajah Wong adalah sebuah kali yang terletak di tengah-tengah kota Kecamatan Kotagede. Panjang kali ini tidak lebih dari 20 kilometer. Pada abad ke-17, kali ini merupakan kali yang kecil. Masyarakat di daerah tersebut menyebutnya dengan kalen, yang artinya kali kecil. Dan kebetulan airnyapun hanya gemercik mengalir sedikit sekali.

 


 

Di suatu tempat kerja seringkali kita jumpai banyak pekerja dengan berbagai spesialisasinya, sebagai contoh di rumah sakit. Di rumah sakit ada dokter, perawat, ahli gizi, satpam, sopir, dan juru masak. Demikian juga spesialisasi pekerjaan di sekolah. Di sekolah ada pekerja sebagai guru, petugas perpustakaan, satpam, dan tukang kebun, atau orang yang membersihkan sekolah. Pekerja dan pekerjaan pada suatu tempat kerja tentu beragam. Bukan hanya pekerja dan pekerjaan, siswa di sebuah sekolah tentu juga beragam. Ada siswa yang suka berolah raga, ada siswa yang suka menari, ada siswa yang suka sains, ada siswa yang suka menggambar, ada anak yang suka membaca, dan masih banyak lagi. Setiap siswa juga mempunyai karakter yang berbeda. Ada anak yang pemalu, ada anak yang pendiam, ada anak yang berani, dan masih banyak lagi. Keragaman siswa pada suatu sekolah hendaknya disikapi secara positif.

 

Ayo Berlatih !

1.   Apa manfaat dari keragaman karakteristik di sekolah bagi dirimu?

 


 

 

2.   Bagaimana sikapmu terhadap temanmu yang pendiam?

 



 

3.   Bagaimana sikapmu terhadap teman yang berbeda agama?

 

 

 

 

4.   Bagaimana sikapmu terhadap teman yang berasal dari daerah lain?

 

 

 

 

 

JAWABAN

 

Lani dan teman-teman memiliki kegemaran berbeda. Ada teman Lain yang gemar menyanyi. Ada teman Lani yang gemar menari. Ada juga teman Lani yang memiliki kegemaran lain. Mereka bekerja sama untuk mengada- kan pertunjukan seni bersama. Bagaimana denganmu dan teman-teman sekolahmu? Apa kegemaranmu dan teman-teman sekolahmu?

 

Ayo Berdiskusi !

Bertanyalah kepada teman-teman. Apakah mereka mempunyai kegemaran pada kolom berikut. Tuliskan nama temanmu berdasarkan kegemaran yang sesuai.

 

No

Kegemaran

Nama Siswa

1

Menyanyi

 

2

Menari

 

3

Memasak

 

4

Bermain Bola

 

5

Merawat Tanaman

 

6

Memelihara Binatang

 

7

Membuat Mainan

 

8

Menulis

 

9

Menggambar

 

10

Berolahraga

 

 JAWABAN

Setelah kamu mengetahui kegemaranmu dan teman-temanmu, lakukan diskusi untuk menjawab pertanyaan berikut.

1.   Apa manfaat kegemaranmu bagi dirimu sendiri?

2.   Apakah kegemaran temanmu memberi manfaat untukmu dan lingkungan sekitarmu? Jika ada manfaatnya, sebutkan manfaatnya?

3.   Apakah kegemaranmu mengganggu orang lain? Bagaimana supaya kegemaranmu tidak mengganggu orang lain?

 

Tuliskan hasil diskusimu dalam kotak berikut. Kemukakan hasil diskusimu di

depan guru dan teman-temanmu.

 

 

 

 

 

 JAWABAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI

PG

1. Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan masing-masing. Maka sikap kita terhadap keunikan dari daerah lain harus ….

a. Saling menilai

b. Saling membandingkan

c. Tidak peduli

d. Saling menghargai

 

2. Dani tinggal di daerah Dataran Tinggi Dieng, disana udaranya sangat sejuk. Sedangkan Bayu tinggal di daerah pesisir laut Jawa tepatnya di kabupaten Pemalang, udara di kala siang sangat panas.  Perbedaan keunikan daerah Dani dan Bayu di atas termasuk keunikan ….

a. Budaya

b. Sosial

c. Fisik

d. Norma

3. Di kabupaten Magelang terdapat sebuah candi yang sangat besar yaitu candi Borobudur. Hal ini menjadikan keunikan tersendiri dari kabupten Magelang. Keunikan tersebut berupa ….

a. Bangunan bersejarah

b. Cerita rakyat

c. Perusahaan daerah

d. Wisata alam

4. Sinta tinggal di daerah Karanganyar Jawa Tengah, di daerahnya terdapat air terjun Grojogan Sewu. Pihak yang harus bertanggung jawab menjaga kelestarian tempat tersebut adalah ….

a. Pengunjung luar daerah

b. Penduduk daerah setempat

c. Para pejabat daerah

d. Semua masyarakat dan pengunjung

 

ISIAN

1. Indonesia memiliki banyak suku bangsa, sehingga membuat bangsa ini memiliki keunikan …… yang beragam. (Kebudayaan)

2. Keunikan dari berbagai daerah seperti adanya candi-candi dan bangunan sejarah lainnya, hal itu dapat dijadikan sebagai …. (Obyek Wisata Sejarah)

 

 

ESAY

1.     Bagaimana kamu menyikapi perbedaan karakteristik di antara kamu dan teman-temanmu?

Jawaban: Cara menyikapi keberagaman karakteristik yaitu dengan menghormati dan menghargai teman yang berbeda fisik, agama, dan asal daerah. Kita harus tetap menjalin persahabatan dengan semua teman tanpa membeda-bedakan, baik fisik, agama, maupun asal daerah.

 

2. Apa manfaat dari keberagaman karakteritik di sekolah bagi dirimu?

Jawaban: Keragaman karakeristik di sekolah dapat berupa keragaman fisik, sifat, kaegemaran, daerah asal maupun agama. Berikut manfaat keragaman karakteristik di sekolah.

 

a. Di sekolah, terdapat teman-teman yang memiliki keragaman fisik berbeda, misalnya tinggi badan. Apabila kita tidak dapat mengambil benda di tempat tinggi, kita dapat meminta bantuan teman yang lebih tinggi daripada kita.

b. Selain itu, apabila kita memiliki teman yang berasal dari daerah lain, kita akan kaya akan pengetahuan. Kita dapat mengetahui informasi tentang daerah asal teman kita tersebut, misalnya saja tentang adat istiadatnya, keunikan daerahnya, makanan khas dan Bahasa daerahnya.

 

FORMAT PENILAIAN

RUBRIK MENGAMATI KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK

 

No

Nama Siswa

Informasi yg termuat dlm tulisan

Keterampilan Penulisan

Sikap

Rata-rata

1

Ayuni

 

 

 

 

2

Bagas

 

 

 

 

3

CiLa

 

 

 

 

4

Devan

 

 

 

 

5

dll

 

 

 

 

 

DOWNLOAD MATERI : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)


-----------------------------------------------------------------------------------


BAHASA INDONESIA

 

 

KOMPETENSI DASAR

3.9  Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.

4.9  Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh dalam cerita fiksi.

2.   Dengan kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh dalam cerita fiksi.

3.   Dengan kegiatan menulis cerita fiksi, siswa dapat menuliskan tokoh protagonis dan tokoh antagonis dalam cerita fiksi.

4.   Dengan kegiatan menemukan jawaban soal, siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi.

5.   Dengan kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menceritakan kembali teks tersebut dan mencermati serta menuliskan tokoh-tokoh pada teks tersebut.

6.   Dengan kegiatan membaca cerita rakyat, siswa dapat mengetahui cerita rakyat pada suatu daerah dan menuliskan tokoh-tokohnya.

7.   Dengan kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat mengetahui cerita rakyat suatu daerah.

8.   Dengan kegiatan berdiskusi tentang cerita fiksi, siswa dapat menuliskan isi cerita fiksi.

9.   Dengan kegiatan menemukan cerita fiksi, siswa dapat menuliskan judul, isi, dan tokoh-tokoh yang terdapat pada cerita fiksi.

 

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

• Membaca cerita fiksi.

• Membaca teks cerita fiksi

• Mengidentifikasi tokoh-tokoh pada cerita fiksi (Tokoh antogonis dan Tokoh Protagonis)

• Membaca cerita teks fiksi.

• Membaca teks cerita fiksi.

• Membaca cerita fiksi.

• Berdiskusi mengenai isi dan tokoh-tokoh dalam bacaan.

 

 

MATERI

 


Siti berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Siti bercerita tentang daerah asalnya. Bersama Siti, mari kita cari tahu lebih lanjut mengenai keunikan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Ayo Mengamati !

Siti menunjukkan beberapa foto yang diambil saat dia mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta. Inilah foto-fotonya.

 


 


 

Setiap daerah pasti memiliki keunikan tersendiri. Termasuk daerah tempat tinggalmu. Tahukah kamu, apa keunikan daerah tempat tinggalmu? Tuliskan keunikan daerah tempat tinggalmu dalam kolom berikut. Keunikan yang kamu tulis dapat berupa keunikan fisik, seperti sungai, gunung, sawah, dan bentuk rumah. Dapat juga berupa keunikan sosial budaya, seperti adat istiadat, seni, dan bahasa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 JAWABAN

 

 

Salah satu tempat wisata yang memiliki keunikan adalah candi Prambanan. Candi Prambanan terletak di perbatasan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Asal usul terjadinya candi Prambanan diceritakan dalam sebuah cerita rakyat yang populer di Yogyakarta. Bagaimana isi cerita tersebut?

Mari kita simak bersama.

 

Ayo Membaca !

Bacalah teks cerita berikut!

 

Roro Jonggrang

 

Roro Jonggrang adalah seorang putri dari Kerajaan Prambanan. Raja Prambanan, ayah Roro Jonggrang gugur dalam pertarungan melawan Bandung Bondowoso dari Kerajaan Pengging. Akibatnya, Bandung Bondowoso menguasai Kerajaan Prambanan.

Bandung Bondowoso yang tamak menginginkan Roro Jonggrang sebagai permaisurinya. Roro Jonggrang yang tidak mau diperistri oleh Bandung Bondowoso pun mengajukan sebuah syarat.

”Aku bersedia menjadi permaisurimu, Bandung Bondowoso. Tetapi, ada syarat yang harus kau penuhi. Jika berhasil, aku akan menikah denganmu. Namun, jika kau gagal izinkan aku pergi,” kata Roro Jonggrang.

”Apa pun yang kau minta akan aku penuhi, Roro Jonggrang. Jika aku gagal memenuhinya, aku akan mengembalikan kerajaan ini kepadamu,” sahut Bandung Bondowoso angkuh.

”Aku minta kau membangun seribu candi untukku. Semua harus selesai sebelum matahari terbit esok.” Sahut Roro Jonggrang.

”Baiklah, aku pasti berhasil memenuhi syarat yang kau buat.” Jawab Bandung Bondowoso angkuh.

Bandung Bondowoso meminta bantuan pasukan jin untuk membangun seribu candi. Dalam sekejap, bangunan candi mulai tampak. Roro Jonggrang panik, dia mengadu kepada Bi Sumi, dayang kepercayaannya. Bi Sumi mempunyai ide untuk menggagalkan pekerjaan Bandung Bondowoso. Dia segera memerintahkan para dayang untuk menumbuk lesung dan membakar jerami.

Suara lesung bertalu-talu dan semburat api yang memerah di langit membuat suasana seperti pagi hari. Ayam-ayam jantan berkokok bersahut-sahutan. Mendengar kokok ayam jantan, pasukan jin terkejut. ”Hari sudah pagi, kami harus pergi.” Teriak pasukan jin sambil bergegas meninggalkan Bandung Bondowoso dan candi-candi yang telah mereka bangun.

Roro Jonggrang mendatangi Bandung Bondowoso. Roro Jonggrang segera menghitung candi-candi yang sudah selesai. ”Candi-candi ini hanya ada 999. Kurang satu candi.” Kata Roro Jonggrang kepada Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso tidak percaya dengan perkataan Roro Jonggrang. Dia segera menghitung banyak candi dan ternyata memang benar hanya ada 999 candi.

Bandung Bondowoso marah besar. ”Aku tidak akan kalah, Roro Jonggrang. Aku akan mendapatkan seribu candi seperti yang kau inginkan.”

”Kenyataannya candi yang kau buat kurang satu, Bandung Bondowoso. Kau tetap harus menepati janjimu.” Sahut Roro Jonggrang.

”Kalau begitu, akan kuubah kau menjadi candi keseribu.”

Dengan kesaktiannya, Bandung Bondowoso mengubah Roro Jonggrang menjadi patung batu. Patung itulah yang menjadi candi keseribu. Candi-candi itu hingga kini masih berdiri tegak di wilayah Prambanan.

 

 

Cerita berjudul ”Roro Jonggrang” termasuk cerita fiksi. Sebelumnya, kamu telah mempelajari tentang cerita fiksi. Masih ingatkah kamu mengenai cerita fiksi? Untuk mengukur pemahamanmu mengenai cerita fiksi, jawablah pertanyaan berikut.

1.   Apa yang dimaksud dengan cerita fiksi? Jelaskan!

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 

2.   Sebutkan tokoh utama pada bacaan berjudul ”Roro Jonggrang” di atas!

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 

3.   Sebutkan tokoh tambahan pada bacaan berjudul ”Roro Jonggrang” di depan!

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 

JAWABAN

Candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata yang selalu dipadati wisatawan. Oleh sebab itu, kebersihan kawasan Candi Prambanan harus selalu dijaga. Pengelola selalu mengupayakan kebersihan kawasan candi.

 

Dayu teringat dengan neneknya. Nenek Dayu tinggal di Pulau Bali. Dayu sering mengunjungi neneknya yang tinggal di Pulau Bali. Dayu menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Bali menggunakan kapal feri. Pulau Bali dan Pulau Jawa dihubungkan oleh sebuah selat. Selat itu bernama Selat Bali. Asal usul terjadinya Selat Bali diceritakan dalam sebuah cerita. Bagaimana ceritanya? Mari kita simak bersama.

 

Ayo Membaca !

Bacalah teks cerita berikut!

 

Terjadinya Selat Bali

 

Manik Angkeran adalah putra Sidhimantra, seorang Brahmana. Manik Angkeran dan ayahnya tinggal di Kerajaan Daha, Bali saat Pulau Bali belum terpisah dengan Pulau Jawa. Manik Angkeran suka sekali menghambur-hamburkan harta orang tuanya.

Berulang kali Sidhimantra menasihati anaknya. Namun, Manik Angkeran tidak mau mendengarkan nasihat ayahnya. Harta orang tuanya pun dihabiskan. Bahkan, dia berani berutang kepada orang lain. Pada akhirnya Manik dikejar-kejar penagih utang. Sidhimantra tidak tega. Hartanya sudah habis, tapi Sidhimantra tidak mau anaknya celaka.

Suatu saat, Sidhimantra mendapat petunjuk lewat mimpi untuk meminta pertolongan pada Naga Besukih di Gunung Agung. Naga Besukih adalah naga hijau besar, ekornya penuh dengan emas dan permata. Sidhimantra segera bergegas untuk menemui Naga Besukih di Gunung Agung.

Sidhimantra menjelaskan maksud kedatangannya kepada Naga Besukih. Sidhimantra meminta sedikit harta untuk membayar utang-utang Manik Angkeran. Naga Besukih bersedia untuk membagi sebagian hartanya. Naga Besukih mulai menggoyang-goyangkan ekornya, seketika beberapa emas dan permata pun rontok.

Sayangnya, harta yang didapat ayahnya kembali digunakan Manik Angkeran untuk berfoya-foya. Manik Angkeran yang kehabisan harta akhirnya mencari tahu tempat ayahnya mendapat harta. Seseorang memberitahunya bahwa Sidhimantra memperoleh harta dari Naga Besukih. Manik Angkeran segera menemui Naga Besukih di Gunung Agung seperti yang telah dilakukan ayahnya.

”Naga Besukih, sudilah kiranya kau bagi sedikit hartamu untuk membayar utang-utangku,” kata Manik Angkeran kepada Naga Besukih.

”Aku sudah memberi ayahmu, Sidhimantra emas dan permata. Apakah itu masih kurang?” kata Naga Besukih sedikit kesal.

”Aku mohon, beri aku sedikit lagi hartamu Naga Besukih yang murah hati,” mohon Manik Angkeran kepada Naga Besukih.

”Baiklah, aku akan mengabulkan permintaanmu, asal kau berjanji tidak akan berfoya-foya lagi,” kata Naga Besukih.

Naga Besukih akhirnya luluh. Dia mulai menggoyangkan ekornya. Manik Angkeran silau melihat begitu banyak emas dan permata yang menempel di ekor Naga Besukih. Dia segera memotong ekor Naga Besukih dengan pedang. Namun, Naga Besukih berhasil menghindar. Dia segera menyemburkan api dari mulutnya sehingga Manik Angkeran terbakar menjadi abu. Sidhimantra yang melihat kejadian itu segera memohon kepada Naga Besukih untuk menghidupkan kembali Manik Angkeran.

”Wahai Naga Besukih, sudikah kau menghidupkan kembali anakku Manik Angkeran? Beri dia kesempatan untuk memperbaiki diri,” mohon Sidhimantra.

”Aku akan menghidupkan Manik Angkeran lagi. Tapi dengan satu syarat, Manik Angkeran tidak boleh pulang bersamamu. Dia harus tinggal bersamaku dan menjadi muridku. Aku akan mengajarkan dia menjadi orang yang baik dan berilmu.” Kata Naga Besukih sambal menghela napas.

”Baiklah, Naga Besukih. Aku serahkan anakku kepadamu untuk dididik menjadi anak yang baik,” jawab Sidhimantra.

Akhirnya, Manik Angkeran hidup kembali. Sidhimantra segera mengeluarkan tongkat dan membuat garis memisahkan dirinya dan anaknya. Garis itu mengeluarkan air yang deras dan memisahkan Gunung Agung dengan sekitarnya. Sampai sekarang, garis itu dikenal sebagai Selat Bali yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulai Bali.

1.   Sebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 

2.   Pada Pembelajaran di Subtema 1 kamu telah mempelajari tentang tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Apa yang dimaksud dengan tokoh protagonis? Apa yang dimaksud dengan tokoh antagonis? Jelaskan!

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 

3.   Tuliskan tokoh antagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 

4.   Tuliskan tokoh protagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 JAWABAN

 

Ayo Menulis !

Carilah sebuah cerita rakyat yang berasal dari daerahmu. Tulis kembali cerita

rakyat dari daerahmu dalam kolom di bawah ini.

 

 

 

 

 JAWABAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebutkan tokoh protagonis dan antagonis dalam cerita yang telah kamu tulis!

 

 

 

 


 

 

 

 

Berikut cerita mengenai Kali Gajah Wong.

 

Kali Gajah Wong

 

Hari itu, Ki Sapa Wira bersiul riang. Seperti biasa, ia akan memandikan gajah milik junjungannya, Sultan Agung, raja Kerajaan Mataram. Dengan hati-hati, Ki Sapa Wira menuntun gajah yang dinamai Kyai Dwipangga itu.

Mereka berjalan ke sungai yang terletak di dekat Keraton Mataram. Mulailah ia memandikan gajah yang berasal dari negeri Siam itu.

“Nah, sekarang kau sudah bersih. Rambutmu sudah mengilap, sekarang ayo kembali ke kandangmu,” kata Ki Sapa Wira kepada Kyai Dwipangga. Ki Sapa Wira memang memperlakukan Kyai Dwipangga seperti anaknya sendiri. Tak heran, Kyai Dwipangga amat patuh padanya.

Suatu hari, Ki Sapa Wira tak bisa memandikan Kyai Dwipangga. Ada bisul besar di ketiaknya, rasanya ngilu sekali. Badannya juga demam karena bisul itu. Ia meminta tolong pada adik iparnya, Ki Kerti Pejok, untuk menggantikan memandikan Kyai Dwipangga. “Kerti, tolong aku ya. Aku benar-benar tak bisa bekerja hari ini,” kata Ki Sapa Wira.

“Tenang Kang, aku pasti akan membantumu. Tapi tolong beritahu, bagaimana caranya supaya gajah itu menurut padaku? Aku takut jika nanti ia marah dan menyerangku,” jawab Ki Kerti Pejok.



 

Ayo Membaca !

Bacalah cerita fiksi mengenai Kota Tangerang. Kamu dapat memperoleh cerita fiksi mengenai Kota Tangerang dari berbagai media. Mintalah pendampingan kepada guru, orang tua, atau orang dewasa jika kamu akan mengakses internet. Setelah kamu membaca cerita fiksi mengenai Kota Tangerang, tuliskan hal-hal berikut.

1.   Menceritakan tentang apa cerita fiksi yang kamu baca?

 

 

 

 

 

 

2.   Adakah tokoh dalam teks yang kamu baca? Jika ada tuliskan nama tokoh dan peranannya dalam cerita itu.

 

 

  JAWABAN

 

 

 

Ceritakan kembali isi bacaan yang kamu baca di depan teman-teman.

 

Ada cerita rakyat Papua yang menggambarkan semangat perlawanan membela kebaikan. Bagaimana ceritanya? Mari, kita baca bersama.

Ayo Membaca !

Bacalah bacaan berikut!

 

Caadara

 

Panglima Wire adalah panglima perang dari Desa Kramuderu yang gagah berani. Panglima Wire mempunyai seorang putra bernama Caadara. Caadara kecil memiliki bakat dalam ilmu bela diri dan ketangkasan. Panglima Wire melatih Caadara dengan harapan Caadara dapat menggantikannya kelak.

Caadara tumbuh menjadi pemuda tangkas dalam ilmu bela diri dan berburu. Panglima Wire ingin menguji kemampuan anaknya. Dia merasa sudah saatnya Caadara menjadi panglima perang menggantikan Panglima Wire. Panglima Wire mengutus Caadara untuk pergi berburu selama beberapa hari. Dia meminta Caadara membawa binatang hasil buruannya sebagai tanda bahwa Caadara telah menguasai semua ilmu yang diajarkan oleh Panglima Wire.

Caadara mematuhi perintah Panglima Wire. Dia segera berangkat ke hutan bersama beberapa temannya. Perjalanan mereka melewati hutan yang lebat dan bukit yang terjal. Setelah menempuh perjalanan berat, Caadara dan teman-temannya berhasil memperoleh binatang-binatang buruan. Mereka melanjutkan perjalanan pulang.

Saat perjalanan pulang, Caadara dan teman-temannya bertemu anjing pemburu. Anjing pemburu adalah penanda adanya sekelompok orang asing yang bisa mencelakai mereka. Caadara dan teman-temannya segera menyusun rencana, mereka bersembunyi sambal menyiapkan seluruh  senjata yang mereka punya. Tidak lama berselang, terdengar pekikan tanda permusuhan. Ternyata benar, pekikan itu berasal dari suku Kuala yang mengajak berperang.

Caadara memerintahkan teman-temannya pergi ke bukit yang tinggi dan membentuk benteng pertahanan. Tetapi peperangan tidak terelakkan lagi. Caadara dan teman-temannya berperang dengan suku Kuala. Pekikan mengerikan di sela suara senjata-senjata yang beradu tidak henti-hentinya terdengar. Namun, Caadara tidak gentar. Dia berhasil mengalahkan pasukan suku Kuala. Berkat petunjuk Caadara, teman-temannya pun berhasil mengalahkan musuh.

”Kamu hebat Caadara. Kamu pantas menjadi panglima perang kami.” Kata teman Caadara.

”Kami  akan  mengusulkan  kepada  Panglima  Wire  untuk mengangkatmu menjadi panglima perang yang baru.” Sahut seorang teman Caadara lainnya.

”Jujur saja aku tidak mengincar jabatan, teman-teman. Aku hanya ingin melakukan yang terbaik untuk desa kita.” Kata Caadara rendah hati.

Caadara dan teman-temannya kembali ke Desa Kramuderu dengan selamat. Cerita tentang keberhasilan mereka mengalahkan suku Kuala segera terdengar oleh Panglima Wire. Panglima Wire sangat bangga kepada Caadara. Dia meminta Caadara menyusun siasat perang untuk berjaga-jaga jika suatu saat suku Kuala kembali menyerang mereka.

Caadara segera menyusun siasat perang. Siasat perang ini dinamakan Caadara Ura. Siasat perang Caadara Ura meliputi cara melempar senjata, menyerbu lawan, mempertahankan diri, dan seni bela diri jarak dekat. Caadara pun menggantikan ayahnya sebagai panglima perang Desa Kramuderu.

 

 

1.   Tuliskan ringkasan cerita di atas pada kotak berikut.

 

 

 

 

 

2.   Sebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita berjudul ”Caadara” di depan !

 

 

 

 

 

3.   Menurutmu, apakah Caadara merupakan tokoh utama dalam cerita di depan? Jelaskan !

 

 

 

 

 

 

4.   Sebutkan tokoh protagonis dalam cerita berjudul ”Caadara” di depan!

 

 

 

 

 

 

5.   Apa yang dimaksud dengan tokoh antagonis? Menurutmu, siapa saja tokoh antagonis dalam cerita berjudul ”Caadara” di depan!

 

 JAWABAN

 

 

 




Ayo Mengamati !

Gambar di atas menunjukkan peta daerah Papua. Apa keunikan daerah Papua menurutmu? Tuliskan pada tempat di bawah ini.

 

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 JAWABAN

Papua memiliki banyak keunikan dan daya tarik tersendiri. Gunung Jaya Wijaya yang terkenal dengan puncaknya tertutup salju terletak di Papua. Selain Gunung Jaya Wijaya, Papua juga memiliki banyak tempat wisata alam yang dapat memanjakan mata wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya itu, Papua memiliki jenis fauna yang terkenal yaitu burung cenderawasih.

 


 

Pernahkah kamu membaca cerita rakyat Papua tentang burung cenderawasih?

Bacalah bacaan berikut.

 

Ayo Membaca !

 

Asal Usul Burung Cenderawasih

 


 

Di suatu daerah di Papua tinggal seorang anak laki-laki bernama Kweiya. Kweiya tinggal bersama ibu dan adik-adik tirinya. Adik-adik tiri Kweiya tidak menyukai Kweiya. Mereka menjebak Kweiya sehingga dia tersesat di hutan.

Kweiya yang tersesat di hutan mencoba untuk bertahan hidup. Dia membangun rumah kayu sederhana dan berburu. Kulit binatang hasil buruannya dia pintal menjadi benang. Kweiya berencana untuk membuat sayap dari benang pintalannya.

Setelah Kweiya pergi, ibunya sangat sedih. Adik-adik Kweiya berbohong bahwa Kweiya pergi karena tidak mau tinggal bersama mereka lagi. Ibu Kweiya tidak percaya. Ibu Kweiya berusaha mencari tahu kebenarannya. Adik bungsu Kweiya yang jujur memberitahu ibu kebenarannya. ”Bu, kak Kweiya tidak meninggalkan kita. Dia dijebak oleh kakak-kakak sehingga tersesat di hutan.” Jelas adik bungsu Kweiya.

”Benarkah yang kau katakan itu anakku? Kalau begitu ibu harus mencari Kweiya,” sahut ibu Kweiya.

Ibu Kweiya segera pergi ke hutan. Dia berjalan tanpa kenal lelah sambut terus memanggil-manggil Kweiya sekuat tenaga. Tidak ada sahutan. Sampai akhirnya ibu Kweiya melihat seekor burung muncul dari pepohonan. Eee… eee… eee…. Begitu suara burung yang muncul di hadapan ibu Kweiya. Ibu Kweiya terkejut, ternyata burung itu adalah Kweiya yang menyelipkan pintalan benang di bawah lengannya. Kweiya telah berubah wujud menjadi seekor burung yang indah.

Ibu Kweiya mengikuti Kweiya dan mengambil sejumput pintalan benang. Ibu Kweiya menyelipkan pintalan benang di bawah lengannya seperti yang telah dilakukan Kweiya. Dalam sekejap, ibu Kweiya berubah menjadi seekor burung. Dia segera terbang bersama Kweiya. Adik-adik tiri Kweiya ternyata menyaksikan ibunya dan Kweiya yang telah berubah menjadi burung. Mereka menyesali perbuatan jahatnya. Namun, penyesalan itu telah terlambat. Kweiya dan ibunya telah berubah menjadi burung yang kini dikenal sebaga burung cenderawasih.

 

Disadur dari: Dian. K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2016.

 

 

Ayo Berdiskusi !

 

Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga anak. Diskusikan mengenai cerita fiksi di depan. Apa isi dari cerita fiksi di depan? Tuliskan hasil diskusi kelompok-mu pada tempat di bawah.

 

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

JAWABAN

 

Ayo Berlatih !

Masih bersama kelompokmu pada kegiatan sebelumnya, carilah cerita fiksi selain yang ada dalam buku ini. Kemudian, bacalah cerita fiksi yang telah kamu temukan. Tuliskan judul, isi, beserta tokoh-tokoh yang ada dari cerita fiksi tersebut. Tuliskan pada tempat berikut.

 

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

JAWABAN

 

 

EVALUASI

PG

1. Cerita di bawah ini yang termasuk cerita fiksi adalah ….
a. Cerita Sangkuriang dan Dayang Sumbi
b. Cerita terbentuknya selat sunda
c. Cerita kecelakaan lalu lintas
d. Cerita kemerdekaan Indonesia

2. Cerita fiksi mempunyai ciri-ciri antara lain adalah ….
a. Berdasarkan kisah nyata
b. Mempunyai tokoh yang hebat
c. Disukai oleh semua orang
d. Berdasarkan imajinasi penulisnya

3. Tokoh dalam cerita yang mempunyai watak baik dinamakan tokoh ….
a. Antagonis
b. Humoris
c. Protagonis
d. Figuran

Bacalah cerita di bawah ini untuk mengisi soal nomor 23 – 25!

Pada suatu hari, ada seorang pemuda bermana Toba sedang memancing ikan. Umpan yang sudah lama dia lempar akhirnya dimakan seekor ikan. Betapa terkejutnya dia ketika melihat seekor ikan mas bersisik emas yang telah dia dapat. Akhirnya Toba yang merasa bahagia pulang ke rumah, tetapi sayangnya semua kayu bakar di rumahnya sudah habis. Dia menyimpan ikan itu di dalam wadah besar dan mencari kayu bakar.

Toba pulang dengan membawa kayu bakar, sayangnya ikan itu menghilang, dia hanya menemukan wadah yang berisi koin emas. Ketika dia masuk ke dalam kamarnya ada seorang wanita cantik yang sedang menyisir rambutnya. Wanita itu akhirnya menjadi istrinya, tetapi dengan satu syarat, yaitu tidak boleh mengungkit asal usul dia yang merupakan penjelmaan dari ikan.

Mereka dikaruniai anak laki-laki bernama Samosir. Setiap hari Toba bekerja banting tulang untuk mereka berdua, namun Samosir malah menjadi anak yang nakal dan pemalas. Suatu ketika Samosir diminta untuk mengantarkan makanan untuk ayahnya, bukannya langsung pergi ke ladang, dia malah main bersama teman-teman lainnya. Bahkan karena merasa lapar dia memakan makanan itu.

Toba yang yang sangat lapar menunggu tidak kunjung datang makan siang yang dia harapkan. Samosir pun tiba,  tetapi Toba sangat marah karena anaknya telah menghabiskan semua makanan untuknya. Toba yang marah memukul Samosir mengucapkan kalimat ‘dasar anak ikan, kepadanya. Kemudian dia mengadukan itu kepada Ibunya, dan ibunya memerintahkan Samosir untuk naik ke atas bukit, karena Toba sudah melanggar janji untuk tidak mengungkit masa lalu ibunya. Air bah yang sangat deras membanjiri daerah itu, ibunya melompat ke dalamnya dan menjadi ikan kembali. Ayahnya yang tidak sempat menyelamatkan diri pun ikut tenggelam. Samosir berubah menjadi pulau yang diberi nama pulau samosir yang di kelilingi danau yang diberi nama Danau Toba.

Sumber : https://www.penuliscilik.com/legenda-danau-toba-singkat/

4. Siapa saja tokoh dalam cerita di atas?
a. Toba dan Samosir
b. Toba dan Ikan mas
c. Ayah Toba, Toba, dan istrinya
d. Toba, Istri Toba dan Samosir

5. Mengapa Toba marah kepada Samosir?
a. Karena Samosir adalah anak ikan
b. Karena Samosir menghabiskan jatah makanan untuknya
c. Karena istrinya tidak mengantarkan masakan kepadanya
d. Karena istrinya mempunyai anak yang nakal

6. Apakah pesan moral yang bisa kita ambil dari cerita di atas?
a. Jangan memancing ikan di sungai
b. Jangan suka bermain dengan teman di siang hari
c. Jangan pernah mengingkari janji
d. Jangan berbohong kepada orang tua

 

1.   Siapa tokoh utama dan tokoh tambahan pada cerita berjudul “Roro Jonggrang”?

Jawaban: Tokoh utama pada cerita berjudul ”Roro Jonggrang” yaitu Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.Tokoh tambahan pada cerita berjudul ”Roro Jonggrang” yaitu Bi Sumi, para dayang, dan pasukan jin.

 

2.   Apakah yang dimaksud dengan tokoh protagonis dan antagonis?

Jawaban: Tokoh protagonis adalah tokoh yang bersifat baik dan tokoh antagonis adalah tokoh yang bersifat tidak baik.

  

FORMAT PENILAIAN

Rubrik Membaca Cerita Fiksi (Bahasa Indonesia)

 

No

Nama Siswa

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan penulisan

Rata-rata

1

Ayuni

 

 

 

 

2

Bagas

 

 

 

 

3

CiLa

 

 

 

 

4

Devan

 

 

 

 

5

dll

 

 

 

 

 

DOWNLOAD MATERI : BAHASA INDONESIA



--------------------------------------------------------------------------------------------


MATEMATIKA

 

 

 

KOMPETENSI DASAR

3.10 Menjelaskan Hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret.

4.10 Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model  konkret.

 

INDIKATOR

3.10.1    Menganalisis hubungan antargaris (sejajar, berpotongan, berhimpit)

3.10.2    Menganalisis sifat-sifat garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan dan berhimpit

3.10.3    Menentukan hubungan antargaris (sejajar, berpotongan, berhimpit)

4.10.1    Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)

4.10.2    Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

·      Menggunakan kerangka kubus atau balok, untuk mengidentifikasi rusuk-rusuk sejajar, rusuk-rusuk yang berpotongan dan berhimpit

·      Menggambar garis-garis sejajar, berpotongan, dan berhimpit

·      Menjelaskan sifat-sifat garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan dan berhimpit

·      Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan hubungan antargaris (sejajar, berpotongan, danberhimpit)

·      Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan hubungan antargaris (sejajar, berpotongan, danberhimpit)


MATERI









JAWABAN

 

EVALUASI

PG

1.    Perhatikanlah gambar berikut ini!

 

Hubungan antar garis yang ditunjukkan pada gambar tersebut adalah. .
A. Saling sejajar
B. Saling berpotongan
C. Saling berhimpit
D. Saling berpotongan tegak lurus

2.    Perhatikanlah gambar berikut ini!


Hubungan antar garis yang ditunjukkan pada gambar tersebut adalah. .
A. Saling sejajar
B. Saling berpotongan
C. Saling berhimpit
D. Saling berpotongan tegak lurus


3.    Perhatikanlah gambar berikut ini !



Hubungan antar garis yang ditunjukkan pada gambar tersebut adalah. .
A. Saling sejajar
B. Saling bertolak belakang
C. Saling berhimpit
D. Saling berpotongan tegak lurus

4.    Perhatikanlah gambar berikut ini !

 


Hubungan antar garis yang ditunjukkan pada gambar tersebut adalah. .
A. Saling sejajar
B. Saling berpotongan
C. Saling berhimpit
D. Saling berpotongan tegak lurus


Soal No.5

Perhatikanlah gambar berikut ini!

 


Hubungan antar garis sejajar ditunjukkan oleh gambar nomor. .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4


Soal No.6

Perhatikanlah gambar berikut ini !

 

 

Hubungan antar garis berhimpit ditunjukkan oleh gambar nomor. .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4


Soal No.7

Perhatikanlah gambar berikut ini !

 

Hubungan antar garis AD dengan garis BC adalah . . .
a. Saling sejajar
b. Saling berpotongan
c. Saling berhimpit
d. Saling berpotongan tegak lurus


Soal No.8

Perhatikanlah gambar berikut ini !

 

 

Hubungan antar garis AD dengan garis AB adalah .

a. Saling sejajar
b. Saling berpotongan
c. Saling berhimpit
d. Saling berpotongan tegak lurus



Soal No.9

Perhatikanlah gambar berikut ini!


 

Garis yang sejajar dengan AD adalah garis.. .
a. DC
b. AB
c. BD
d. BC


Soal No.10

Perhatikanlah gambar berikut ini !

 


 

Garis AC berpotongan dengan garis CD di titik...

a. DC
b. AB
c. BD
d. BC


ESAY

1.    Gambarlah dua buah garis yang sejajar !

2.    Gambarlah dua buah garis yang berhimpit !

3.    Gambarlah dua buah garis yang berpotongan !

4.    Jumlah garis yang sejajar pada bangun persegi adalah....pasang

5.     Jumlah garis yang berpotongan pada bangun segitiga adalah...pasang

JAWAB :


           

 

4.    2 PASANG

 

5.    3 PASANG

 

 

 DOWNLOAD MATERI : MATEMATIKA

------------------------------------------------------------------------------------------------------


ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

 

 

KOMPETENSI DASAR

3.4  Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar.

4.4  Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak.

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan kegiatan mengamati gambar orang mendorong dan menarik gerobak, siswa dapat menyebutkan beragam gaya yang terdapat di lingkungan sekitar.

2.   Dengan kegiatan mencoba melakukan percobaan gaya tarikan, siswa dapat menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerakan benda.

3.   Dengan kegiatan mencoba praktik bermain ketapel, siswa dapat menjelaskan berbagai contoh pengaruh gaya terhadap gerakan benda di lingkungan sekitar.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

• Melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh gaya terhadap gerak benda.

• Mengidentifikasikan pengaruh gaya terhadap gerak benda.

 

MATERI

Ayo Mengamati !

Saat Siti berwisata ke candi Prambanan, dia melihat petugas kebersihan membersihkan kawasan candi.

 


 

Perhatikan gambar di atas. Ingatkah kamu tentang gaya? Menurutmu, apakah petugas kebersihan pada gambar melakukan gaya? Jelaskan!

 

Gerakan mendorong atau menarik yang menyebabkan benda bergerak disebut gaya.

 

Ayo Mencoba !

Gaya yang dikerjakan pada suatu benda akan memengaruhi benda tersebut. Pengaruh apa yang ditimbulkan gaya terhadap gerakan benda? Lakukan percobaan berikut untuk mengetahui macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda.

 

Percobaan 1

Menendang dan Menghentikan Bola

 

Langkah kegiatan

1. Siapkan sebuah bola sepak.

2. Lakukan kegiatan berpasangan bersama temanmu.

3. Letakkan bola di lantai.

4. Tendang bola ke arah temanmu.

5. Minta temanmu menghentikan gerakan bola.

 


 

1.   Apa yang terjadi pada bola yang ditendang? Jelaskan!

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 

2.   Apa yang terjadi pada bola yang dihentikan? Jelaskan!

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 

3.   Kamu menggerakkan bola dengan gaya. Temanmu menghentikan gerakan bola dengan gaya. Kesimpulan apa yang kamu peroleh dari kegiatan ini?

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 JAWABAN

 

Percobaan 2

Menarik Mobil Mainan

 

Langkah kegiatan 2:

1. Siapkan sebuah mobil mainan.

2. Ikat bagian depan mobil mainan dengan seutas tali.

3. Tarik mobil mainan perlahan, lalu semakin lama semakin cepat.

4. Tarik mobil mainan lurus ke depan, lalu belokkan arah mobil mainan.

 


1.    Apakah terdapat perubahan pada mobil mainan yang digerakkan dari lambat ke cepat?

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 

2.    Perubahan apa yang terjadi pada mobil mainan yang digerakkan dari lambat ke cepat? Jelaskan!

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 

3.    Kamu menarik mobil mainan dari lambat ke cepat dengan gaya. Apa kesimpulan yang kamu peroleh dari kegiatan ini?

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 

4.   Apakah terdapat perubahan pada mobil mainan yang ditarik lurus kemudian dibelokkan?

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 

5.   Perubahan apa yang terjadi pada mobil mainan yang ditarik lurus kemudian dibelokkan? Jelaskan!

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 

6.   Kamu menarik mobil mainan dari lurus, lalu berbelok dengan gaya. Apa kesimpulan yang kamu peroleh dari kegiatan ini?

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………….

 

JAWABAN



Gaya dapat memengaruhi gerakan benda. Berikut beberapa macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda.

1. Gaya dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak.

2. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak menjadi diam.

3. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat.

4. Gaya dapat memengaruhi arah gerak suatu benda.

 

Kamu telah mengetahui beberapa macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda. Sekarang, sebutkan contoh peristiwa yang menunjukkan gerakan benda akibat gaya.

 


 JAWABAN


Dayu selesai berlatih tari. Dayu pulang dengan mengendarai sepeda. Mulanya, Dayu mengayuh sepeda perlahan. Kemudian, Dayu mengayuh sepeda semakin cepat. Sepeda Dayu mengalami perubahan kecepatan dari lambat menjadi cepat. Dayu mengayuh sepeda, berarti Dayu melakukan gaya otot. Jadi, dapat disimpulkan bahwa gaya dapat mengubah kecepatan gerak benda.

 


 

Pada pembelajaran lalu kamu telah mempelajari tentang pengaruh gaya terhadap gerakan benda. Masih ingatkah kamu, apa saja pengaruh gaya terhadap gerakan benda? Mari ingat kembali melalui latihan berikut.

 

Ayo Berlatih !

Kamu telah mengenal tentang gaya. Gaya dapat memengaruhi gerakan benda. Ayo ingat kembali, apa saja macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda? Tuliskan dalam kotak di bawah ini.

 


JAWABAN 

 

Setelah menuliskan pengaruh gaya terhadap benda, lakukan kegiatan berikut.

1.   Carilah gambar peristiwa gerakan benda, misalnya seorang bapak sedang mendorong mobil, motor, dan gerobak, anak sedang memantulkan bola, dan anak sedang mengayuh sepeda.

2.   Tempelkan gambar yang telah kamu peroleh pada kotak dalam tabel berikut. Berilah keterangan mengenai pengaruh gaya terhadap gerakan bendanya.

 

Menempel Gambar Peristiwa Gerakan Benda

 

No

Peristiwa Gerakan Benda

Pengaruh Gaya terhadap Gerakan Benda

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

JAWABAN

EVALUASI

PG

1. Pak Darman mobilnya mogok, kemudian Pak Darman meminta bantuan kepada Bagas dan teman-temannya untuk membantu mendorong mobilnya sampai ke bengkel terdekat. Mobil tersebut pun akhirnya bias berjalan dengan di dorong bersama-sama. Peristiwa ini menunjukkan bahwa gaya dapat …..

a. Membuat benda diam menjadi bergerak

b. Membuat mobil mogok menjadi hidup

c. Membuat benda menjadi bergerak cepat

d. Membuat badan menjadi lelah

2. Peristiwa di bawah ini yang menunjukkan bahwa gaya dapat membuat benda bergerak menjadi diam adalah ….

a. Sandi menendang bola dengan sangat kuat

b. Rino mampu menangkap bola dengan satu tangan

c. Bola yang ditendang Adi membentur kaca

d. Ali memompa bola hingga keras

3. Saat jalan terlihat sepi, Ahmad mengendarai sepeda dengan cepat. Kemudian saat ada keramaian, Ahmad mengendarainya dengan pelan. Peristiwa ini menunjukkan bahwa gaya dapat membuat benda ….

a. Bergerak dengan lincah

b. Bergerak dengan hati-hati

c. Bergerak cepat menjadi diam

d. Bergerak semakin cepat atau lambat

4. Arah gerakan benda dapat berubah karena pengaruh gaya. Contoh dari pernyataan tersebut adalah ….

a. Bola ditendang menjadi melayang

b. Dani menepis buah manga yang akan jatuh ke arahnya

c. Sintia menutup pintu dengan keras

d. Karina membelah semangka dengan pisau


ISIAN

5. Kemampuan mendorong atau menarik yang bisa mengakibatkan suatu benda menjadi bergerak atau berubah bentuk dinamakan …. (GAYA)

6. Saat kita menendang bola, maka gaya dapat membuat benda yang (DIAM) menjadi (BERGERAK)

7. Panji diajari ayahnya naik sepeda, ia diajari berbelok dengan pelan ketika di jalan raya. Peristiwa membelokkan sepeda adalah termasuk pengaruh gaya terhadap gerakan benda yaitu GAYA DAPAT MERUBAH ARAH BENDA

 

8.   Sebutkan pengaruh gaya terhadap gerakan benda!

Jawaban:

a. Gaya dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak.

b. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak menjadi diam.

c. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat.

d. Gaya dapat memengaruhi arah gerak suatu benda.

 

9.   Sebutkan 3 contoh peristiwa yang menunjukkan gerakan benda akibat gaya!

Alternatif jawaban sebagai berikut:

a.    Sepeda dibelokkan akan berubah arah sesuai gerakan pengayuhnya.

b.   Mobil mogok yang didorong akan bergerak.

c.    Meja yang didorong akan bergerak.

d.   Sepeda motor yang direm akan berhenti.

e.    Kelereng yang dijentikkan akan bergerak.

  

FORMAT PENILAIAN

Rubrik Percobaan (IPA)

 

No

Nama Siswa

Sikap rasa ingin tahu

Pengetahuan pengaruh gaya

Keterampilan penyampaian hasil percobaan

Rata-rata

1

Ayuni

 

 

 

 

2

Bagas

 

 

 

 

3

CiLa

 

 

 

 

4

Devan

 

 

 

 

5

dll

 

 

 

 

 

Rubrik Percobaan (IPA)

 

No

Nama Siswa

Pengetahuan

Keterampilan

Sikap saat diskusi

Rata-rata

1

Ayuni

 

 

 

 

2

Bagas

 

 

 

 

3

CiLa

 

 

 

 

4

Devan

 

 

 

 

5

dll

 

 

 

 

 

DOWNLOAD MATERI : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

-----------------------------------------------------------------------------------------------



ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

 

 

KOMPETENSI DASAR

3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan ekonomi, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi, meliputi produsen, distributor, dan konsumen.

2.     Dengan kegiatan mencari tahu keunikan Kota Tangerang, siswa mengetahui keunikan dari suatu daerah.

3.     Dengan kegiatan mengamati gambar kegiatan ekonomi, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi serta pekerjaan yang terkait dengan kegiatan tersebut.

 

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

• Mengamati kegiatan ekonomi.

• Mencari tahu kegiatan ekonomi di suatu daerah.

• Mendiskusikan keunikan suatu daerah dari kegiatan ekonomi sampai cerita rakyat yang ada di daerah itu.

 

 

MATERI

Hari itu, Dayu dan teman-teman berdiskusi mengenai berbagai pekerjaan sesuai lingkungan tempat tinggalnya. Mereka juga berdiskusi mengenai pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Dayu bercerita bahwa dia dan ayahnya pernah berbincang dengan seorang bapak yang pekerjaannya menjadi badut. Bapak itu bernama Pak Andi. Pak Andi bekerja di sebuah mal dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Pagi hari, Pak Andi menjadi badut di sebuah taman bermain yang letaknya tidak jauh dari mal. Sampai akhirnya, pembicaraan Dayu, Ayah Dayu, dan Pak Andi berlanjut dengan bertukar alamat. Ternyata, tempat tinggal Pak Andi tidak jauh dari mal yang Dayu kunjungi.



 

Ayo Mengamati !

Amatilah gambar-gambar di bawah.



Ingatkah kalian kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi terdiri atas produksi,

distribusi, dan konsumsi. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1.   Apakah yang dimaksud produksi dan produsen?

..................................................................................................................

..................................................................................................................

..................................................................................................................

..................................................................................................................

 

2.   Apakah yang dimaksud distribusi dan distributor?

..................................................................................................................

..................................................................................................................

..................................................................................................................

..................................................................................................................

 

3.   Apakah yang dimaksud konsumsi dan konsumen?

..................................................................................................................

..................................................................................................................

..................................................................................................................

..................................................................................................................

 

4.   Apa kegiatan penduduk pada gambar rubik “Ayo Mengamati” ?

..................................................................................................................

..................................................................................................................

..................................................................................................................

..................................................................................................................

 

5.   Dalam memproduksi buku, seorang produsen melibatkan banyak pekerja. Di antaranya ada penulis buku, ada yang menata isi buku, ada yang menggambar isi buku, ada yang mencetak, ada yang menjilid, ada yang menata buku dalam kardus, ada sopir yang mengantar ke toko-toko buku, dan lain sebagainya. Nah, pilih salah satu di antara pekerja yang ada pada produksi buku. Kemudian, cari tahu syarat menjadi pekerja sesuai pilihanmu dan tuliskan di tempat berikut.

..................................................................................................................

..................................................................................................................

..................................................................................................................

..................................................................................................................

..................................................................................................................

 

JAWABAN

Buku merupakan sumber ilmu. Sebagai pelajar tentu kamu sangat membutuhkan buku untuk membuka cakrawala. Berbicara mengenai pelajar, tahukah kamu kota yang mendapat julukan Kota Pelajar? Kota dengan julukan Kota Pelajar adalah Yogyakarta.

 


Kota Yogyakarta memiliki banyak keunikan. Pada pembelajaran 2 kamu sudah mengetahui keunikan Yogyakarta di antaranya dilihat dari tempat wisata, transportasi, dan adat istiadat berupa upacara adat. Tidak hanya itu, kota Yogyakarta juga memiliki keunikan di bidang pendidikan. Banyak sekolah dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi di Kota Yogyakarta. Oleh karena itu, banyak orang dari daerah lain bahkan dari mancanegara datang ke Yogyakarta untuk belajar. Tahukah kamu perguruan tinggi di Yogyakarta yang sangat terkenal? Perguruan tinggi itu adalah Universitas Gadjah Mada yang disingkat UGM. Selain UGM, masih banyak lagi perguruan tinggi di Yogyakarta seperti Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Karena banyak perguruan tinggi di Yogyakarta, banyak orang yang bekerja sebagai dosen atau guru.

 


 




Tangerang merupakan kota unik dilihat dari kegiatan ekonominya. Kegiatan ekonomi masyarakat dapat dilihat dari hadirnya pasar tradisional yang terletak di Jalan Kisamun pusat Kota Tangerang hingga berdirinya banyak pabrik di Tangerang.

 

Tangerang dijuluki kota 1000 industri karena merupakan pusat industri di Pulau Jawa. Di Tangerang berdiri lebih dari 1000 pabrik. Banyak perusahan-perusahaan internasional yang memiliki pabrik di kota ini. Selain keunikan pada kegiatan ekonomi, Tangerang memiliki keunikan dari bangunan-bangunan lama yang masih berdiri sampai sekarang. Ayo, lakukan kegiatan berikut.

 

Ayo Berdiskusi !

Bentuklah kelompok terdiri atas 4 anak.

Lakukan kegiatan berikut dan berdiskusilah.

1.    Cari tahu pekerjaan masyarakat Kota Tangerang. Tuliskan pada kotak berikut.

 

 

 

 

 

 

 

2.    Di Kota Tangerang banyak bangunan tua. Kamu dapat mencari tahu nama-nama bangunan tua di Tanggerang melalui berbagai media. Mintalah pendampingan kepada guru, orang tua, atau orang dewasa jika kalian akan mengakses internet. Tuliskan nama bangunan dan keunikannya pada kotak berikut.

 

No

Bangunan

1

Museum Benteng Herritage

2

Vihara Padumuttara

3

….

4

….

5

….

 

JAWABAN

Tangerang sebagai kota industri banyak berdiri pabrik, di antaranya pabrik sepatu dan pabrik ban. Amatilah gambar berikut.

 

Ayo Mengamati !

 


1.   Siapa saja yang bekerja di pabrik ban? Siapa saja yang bekerja di pabrik sepatu? Apakah ada pekerja yang sama pada kedua pabrik tersebut? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.

 

 

 

 

 

 

 

2.   Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi. Barang hasil industry memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Adakah di sekitar tempat tinggalmu industri penghasil benda atau barang? Jika ada, sebutkan nama industri yang dijalankan. Siapa saja pekerja dan pekerjaannya. Tuliskan pada kotak berikut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JAWABAN

Di suatu tempat kerja seringkali kita jumpai banyak pekerja dengan berbagai spesialisasinya, sebagai contoh di rumah sakit. Di rumah sakit ada dokter, perawat, ahli gizi, satpam, sopir, dan juru masak. Demikian juga spesialisasi pekerjaan di sekolah. Di sekolah ada pekerja sebagai guru, petugas perpustakaan, satpam, dan tukang kebun, atau orang yang membersihkan sekolah. Pekerja dan pekerjaan pada suatu tempat kerja tentu beragam. Bukan hanya pekerja dan pekerjaan, siswa di sebuah sekolah tentu juga beragam. Ada siswa yang suka berolah raga, ada siswa yang suka menari, ada siswa yang suka sains, ada siswa yang suka menggambar, ada anak yang suka membaca, dan masih banyak lagi. Setiap siswa juga mempunyai karakter yang berbeda. Ada anak yang pemalu, ada anak yang pendiam, ada anak yang berani, dan masih banyak lagi. Keragaman siswa pada suatu sekolah hendaknya disikapi secara positif.

 

 

EVALUASI

PG

1. Ayah Retno adalah seorang pengusaha Tempe. Setiap hari ia mampu membuat tempe sampai 100 Kg dengan dibantu oleh dua karyawannya. Kegiatan yang dilakukan Ayah Retno tersebut termasuk jenis kegiatan ….

a. Konsumsi

b. Konsumen

c. Produksi

c. Distribusi

2. Pak Dirga adalah seorang supir truk, hampir setiap hari ia mengangkut hasil panen sayur dari daerah pegunungan ke pasar di kota. Kegiatan yang dilakukan oleh Pak Dirga tersebut termasuk kegiatan .…..

a. Distribusi

b. Konsumsi

c. Distributor

c. Produsen

3. Pada hari minggu Faisal membeli bubur kacang hijau di pasar bersama teman-temannya. Pada kegiatan tersebut maka Faisal dalam kegiatan ekonomi disebut sebagai seorang ….

a. Produsen

b. Konsumen

c. Distributor

c. Produksi

4. Pak Rudi kemarin telah memanen buah mangga. Buah mangganya di angkut oleh Pak Samsul ke pasar dan dijual ke toko buah Mekarjaya. Beberapa hari kemudian Bu Sari membeli mangga di toko buah Mekarjaya untuk dibuat rujak.
Dari cerita di atas, orang yang berperan sebagi produsen adalah ….

a. Pak Rudi

b. Pak Samsul

c. Bu Santi

d. Penjaga toko


ISIAN

1.   Apa saja yang termasuk kegiatan ekonomi?

Jawaban: Yang termasuk kegiatan ekonomi yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

 

2.   Apakah yang di maksud distribusi?

Jawaban: Kegiatan ekonomi yang menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen.

 

 

FORMAT PENILAIAN

Rubrik Mengamati Gambar Kegiatan Ekonomi

 

No

Nama Siswa

Pengetahuan

Penggunaan Bahasa Indonesia yg baik dan benar

Sikap saat mengerjakan tugas

Rata-rata

1

Ayuni

 

 

 

 

2

Bagas

 

 

 

 

3

CiLa

 

 

 

 

4

Devan

 

 

 

 

5

dll

 

 

 

 

 

DOWNLOAD MATERI : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

------------------------------------------------------------------------------------------


SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP)

 

 

KOMPETENSI DASAR

3.3  Mengetahui gerak tari kreasi daerah.

4.3  Meragakan gerak tari kreasi daerah.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan kegiatan mencari tahu tentang tari daerah, siswa dapat mengetahui berbagai ragam tari daerah di Indonesia.

2.   Dengan kegiatan mengamati gambar keberagaman tari daerah, siswa dapat mengetahui pengertian gerak tari dan menyebutkan berbagai tari kreasi daerah berdasarkan jenisnya.

3.   Dengan kegiatan mengamati gambar tari Bali dan tari Sumatra, siswa mengetahui ciri-ciri gerak tari Bali dan tari Sumatra.

4.   Dengan kegiatan mengamati peta daerah Papua, siswa dapat menuliskan keunikan daerah Papua.

5.   Dengan kegiatan mencoba melakukan gerak tari, siswa dapat memperagakan gerak tari kreasi daerah.

 

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

• Mencari tahu berbagai karya tari dari berbagai daerah di Indonesia.

• Mengamati keunikan gerak tari daerah.

• Mencoba memperagaan gerak tari.

• Menggabungkan gerak tari dengan iringan lagu.

 

 

MATERI



Dayu berasal dari Bali. Bali terkenal dan kaya ragam tari-tarian yang indah. Dayu sangat menyukai tari. Oleh sebab itu, Dayu rajin berlatih tari. Kali ini, Dayu berlatih tari Pendet.

 



Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki jenis tarian dengan keunikan tersendiri. Misalnya, keunikan tari dari Bali di antaranya dalam penampilannya gerak-gerak tarinya dilakukan dengan enerjik dan dinamis. Selain Bali, daerah lain juga memiliki ragam tari daerah berbeda. Tarian apa sajakah itu? Ayo, kita cari tahu bersama.

 

Ayo Berdiskusi !

Apa saja karya tari yang kamu ketahui? Dari daerah mana karya tari itu? Coba cari tahu berbagai karya tari dan daerah asalnya. Kemudian, tuliskan dalam kolom berikut.

 

No

Nama Tari

Asal Daerah

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

 

5

 

 

6

 

 

7

 

 

8

 

 

9

 

 

10

 

 

 JAWABAN

Setiap tarian daerah memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tari daerah terlihat dari unsur-unsur tari. Gerak merupakan unsur utama dalam tari. Unsur lain adalah busana, tata rias, iringan, dan properti atau perlengkapan tari. Gerak tari adalah serangkaian gerakan indah dari anggota tubuh yang dapat dinikmati oleh orang lain. Gerak tari nusantara sangat beragam. Gerak tari dari suatu daerah berbeda dengan daerah lain.

 

Ayo Mengamati !

Berikut keragaman tari dari berbagai daerah.



Carilah contoh gambar gerak tari dari berbagai daerah di Indonesia. Tunjukkan hasilnya di depan kelas.

Ada dua jenis karya tari, yaitu tari tradisional dan tari kreasi baru. Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan tari tradisional? Tari tradisional adalah tarian yang telah mengalami perjalanan sejarah cukup lama. Contoh tari tradisional yaitu tari Srimpi Sangopati dan tari Gambyong dari Jawa Tengah.

 

Carilah contoh tari tradisional yang ada di Indonesia. Tuliskan nama tari tradisional beserta daerah asalnya. Tuliskan dalam tabel di bawah ini.

 

No

Nama Tari Tradisional

Daerah Asal

 

 

 

 

 

 

 

 

 




JAWABAN

 

Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan tari kreasi baru? Tari kreasi baru sering disebut tari modern. Tari kreasi baru merupakan karya tari garapan

baru. Contoh tari kreasi baru yaitu tari Manuk Rawe, Garuda Wisnu, dan Belibis

dari Bali.

Carilah contoh tari kreasi baru yang ada di Indonesia. Tuliskan nama tari kreasi baru beserta daerah asalnya. Tuliskan dalam tabel di bawah ini.

 

No

Nama Tarian Kreasi Baru

Daerah Asal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 





JAWABAN

 

 



Siswa kelas IV akan mengadakan pertunjukan seni bersama. Mereka berdiskusi untuk menentukan pertunjukan yang akan ditampilkan. Siswa kelas IV berasal dari daerah yang berbeda-beda. Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri.

Salah satu keunikan suatu daerah terdapat pada tariannya. Setiap daerah memiliki tarian daerah berbeda. Ragam gerak tari dari berbagai daerah juga berbeda-beda. Setiap daerah memiliki ciri khas pada gerak tari. Sebagai contoh ciri-ciri gerak tari yang terdapat pada gerak tari Bali dan gerak ari Sumatra. Apa saja ciri-ciri gerak tari Bali dan Sumatra? Mari, simak penjelasan Dayu dan Beni berikut.

Ayo Mengamati !

Dayu berasal dari Bali. Dayu menjelaskan mengenai ciri-ciri gerak tari Bali. Amatilah gambar berikut.

 




 

Ciri-ciri gerak tari Bali

a.    Gerakan pada umumnya dilakukan secara lincah, enerjik, dinamis, dan cepat.

b.   Tidak hanya kepala, tangan, dan kaki yang digerakkan, mata juga digerakkan.

 



 

Beni berasal dari Sumatra. Beni menjelaskan mengenai ciri-ciri gerak tari Sumatra. Amatilah gambar berikut.

 



 

Ciri-ciri gerak tari Sumatra

a. Gerak tari pada umumnya dilakukan secara lincah dan gesit.

b. Gerak tari lebih menekankan pada gerakan-gerakan kaki.

c. Gerak lengan, tangan, jari, leher, dan kepala tidak beragam dan tidak rumit.

 

Keunikan gerak tari yang disampaikan Dayu dan Beni di atas adalah keunikan gerak tari daerah secara umum. Bagaimana keunikan gerak tari suatu daerah secara khusus? Salah satu contoh tari dari Sumatra yaitu tari Seudati dari Aceh. Bagaimana keunikan gerak tari Seudati dari Aceh? Mari, simak penjelasan berikut.

Seudati adalah tari kelompok yang berasal dari Aceh. Pertunjukan tari Seudati tidak menggunakan iringan berupa alat musik. Iringan tari Seudati berupa nyanyian yang dilantunkan dua orang.

 



 

Tari Seudati sangat dinamis. Langkah maju, mundur, ke samping kiri dan ke samping kanan, serta lari dengan angkatan kaki tinggi pada tari Seudati dilakukan secara cepat. Hal ini membuat tari Seudati sangat menarik. Tepukan dada yang menimbulkan suara keras dan dalam, serta jentikan jari bersuara lembut para penarinya membuat tari Seudati menjadi lebih menarik.

Kamu telah mengetahui keunikan gerak tari Seudati dari Aceh. Bagaimana dengan daerahmu?

 

Berasal dari daerah manakah kamu?

 

 

 

 

 

 

 

 

Apakah daerahmu memiliki tari daerah? Tari apa yang terdapat di daerah asalmu?

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana gerak tari yang berasal dari daerahmu? Apa keunikan gerak tari

dari daerahmu? Jelaskan!

 

 

 

 

 JAWABAN

 

 

 

          Siswa kelas IV sepakat untuk menampilkan berbagai gerak tari yang dirangkai menjadi tari kreasi. Mereka akan menggabungkan dengan iringan tari lagu Apuse. Lagu Apuse merupakan lagu daerah Papua. Lagu Apuse dinyanyikan dengan penuh semangat. Tahukah kamu, bahwa sikap semangat merupakan gambaran dari kehidupan rakyat Papua. Semangat masyarakat Papua di antaranya dapat dilihat saat mereka berburu dan berperang melawan hal yang tidak baik.

 

Unsur apalagi yang menjadikan Papua daerah unik? Ya, Papua memiliki kesenian yang terkenal di seluruh daerah di Indonesia berupa tarian dan lagu daerah yaitu tari Perang dan lagu Apuse.

 





Lagu Apuse di atas dapat digunakan untuk mengiringi gerak-gerak tari kreasi. Ayo mencoba melakukan gerak tari dengan iringan lagu Apuse. Syair lagu: Apuse kokondao yarabe sorendoreri

 



Syair lagu: Apuse kokondao yarabe sorendoreri

 





Syair lagu : Apuse kokondao Yarabe Sorendoreri


 



 




 

Ayo Mencoba !

Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima anak, tiga anak memperagakan gerak tari dan dua anak bernyanyi lagu Apuse. Peragakan satu per satu gerak tari pada gambar di depan. Kemudian, padukan dengan syair lagu Apuse. Berlatihlah sampai gerak dan iringan lagu sesuai. Setelah kelompokmu menguasai gerak tari diiringi lagu Apuse, tampilkan di depan kelas.

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bertanyalah kepada orang tua dan anggota keluargamu yang lain misalnya kakak, adik, kakek, dan nenek nama-nama tari daerah dan cerita rakyat yang dikenal. Tuliskan nama tari dan cerita rakyat yang dikenal oleh setiap anggota keluargamu.

 

JAWABAN


 

EVALUASI

PG

1. Tari Serimpi adalah tarian daerah yang berasal dari ….

a. Jawa Barat

b. Kalimantan Selatan

c. Papua Barat

d. Yogyakarta

2. Tarian daerah di Indonesia memiliki berbagai unsur, berikut ini yang bukan merupakan unsur dari tarian daerah adalah ….

a. Tata rias

b. Busana yang dipakai

c. Musik iringan

d. Logat yang diucapkan

 

3. Nama tarian daerah di bawah ini yang tepat sesuai asal daerahnya adalah …..

a. Tari Saman dari Sumatra Utara

b. Tari Gareng Lameng dari Nusa Tenggara Timur

c. Tari Gambyong dari Jawa Timur

d. Tari Selamat Datang dari Kalimantan Utara

4. Berikut ini yang merupakan tari kreasi baru adalah …..

a. Tari Jaipong dari Jawa Barat

b. Tari kupu-kupu dari Bali

c. Tari Pakarena dari Sulawesi Selatan

d. Tari Lenso dari Maluku

5. Tari-tarian daerah Bali mempunyai ciri gerak tari terntentu, antara lain yaitu ….

a. Mengedepankan gerak tangan

b. Menggunakan senjata tradisional

c. Mempunyai gerakan mata khusus

d. Bersifat lemah gemulai


ESAY

1.   Dari manakah tarian yang memiliki ciri-ciri mengerakkan mata?

Jawaban: Tarian yang memiliki ciri-ciri menggerakkan mata adalah tarian dari daerah Bali.

 

2.   Dari mana asal tari Saudati? Bagaimana gerak dan iringan pada tari saudati sehingga membuat unik tarian itu?

Jawaban: Tari Seudati berasal dari Aceh. Tari Saudati sangat dinamis. Langkah maju, mundur, ke samping kiri dan ke samping kanan, serta lari dengan angkatan kaki tinggi pada tari Seudati dilakukan secara cepat. Hal ini membuat tari Seudati sangat menarik. Tepukan dada yang menimbulkan suara keras dan dalam, serta jentikan jari bersuara lembut para penarinya membuat tari Seudati menjadi lebih menarik.

 

 

FORMAT PENILAIAN

RUBRIK MENCOBA GERAK TARI KREASI (SBdP)

 

No

Nama Siswa

Pengetahuan

Ketepatan gerakan

Sikap

Rata-rata

1

Ayuni

 

 

 

 

2

Bagas

 

 

 

 

3

CiLa

 

 

 

 

4

Devan

 

 

 

 

5

dll

 

 

 

 

 

DOWNLOAD MATERI : SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP)


---------------------------------------------------------------------------------------------


BASA SUNDA

 

 

KOMPETENSI DASAR

3.9 Menggali isi teks eksposisi tentang makanan sehat dan bergizi khas Sunda (KI-3)

4.9 Menyusun teks eksposisi tentang makanan sehat dan bergizi khas Sunda (KI-4)

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

MENGAMATI

·      Menyimak penjelasan guru tentang lingkungan tempat tinggal

·      Membaca teks deskripsi tentang lingkungan tempat tinggal yang dibacakan guru atau audio/visual dengan penuh perhatian

 

MENANYA

·      Bertanya jawab isi teks deskripsi tentang lingkungan tempat tinggal

 

MENCOBA

·      Merancang teks deskrpsi tentang lingkungan tempat tinggal

 

MENGOMUNIKASIKAN

·     Menulis teks deskripsi tentang lingkungan tempat tinggal

 

 

MATERI





JAWABAN



DOWNLOAD MATERI : BAHASA SUNDA




KEMBALI KE : LIST BDR, PJJ, WFH


KEMBALI KE : DAFTAR MENU







Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1

MATERI KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 3

LIST PJJ, BDR, BDL, WFH, SFH

MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 3

KREASI MEMBUAT KOLASE

MATERI KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 2

SOAL PERTANYAAN ASESMEN PRA DAN PASCA PROGRAM GURU BELAJAR SERI MASA PANDEMI COVID-19 TAHAP 1