MATERI KELAS 4 TEMA 8 SUBTEMA 2
MATERI KELAS 4 TEMA 8 SUBTEMA 2
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN (PKN)
KOMPETENSI DASAR
1.3 Mensyukuri keberagaman umat beragama di
masyarakat, sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal
Ika.
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman umat
beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
3.3
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
4.3
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan
kegiatan mengamati gambar keunikan suatu daerah, siswa dapat mengidentifikasi
keunikan daerah tempat tinggalnya.
2.
Dengan
kegiatan mengamati gambar anak-anak yang sedang berdiskusi, siswa dapat
mengemukakan pendapatnya tentang keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan sehari-hari.
3.
Dengan
kegiatan mengamati keberagaman individu di sekolah, siswa dapat mengetahui
manfaat keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekolah.
4.
Dengan
kegiatan berdiskusi tentang kegemaran, siswa mengetahui keragaman kegemaran
teman sekelasnya beserta manfaatnya.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
•
Mengamati keragaman karakteristik individu di sekolah.
•
Mengidentifikasi manfaat keberagaman karakteristik individu di sekolah
•
Berdiskusi mengenai manfaat keberagaman karakteristik individu.
MATERI
Bagaimanakah karakteristik pelajar di
kota Yogyakarta? Saat ini daerah Yogyakarta sudah dihuni banyak suku bangsa di
Indonesia seperti suku Jawa, Sunda, Batak, serta etnis TiongHoa. Oleh karena
itu, karakteristik pelajar yang ada di Yogyakarta beragam. Di sekolah, setiap
pelajar harus bisa menghormati keragaman karakteristik di antaranya mau
berteman dengan anak dari daerah lain tanpa memandang agama maupun sukunya.
Begitu juga saat di lingkungan tempat tinggal, para pelajar dari berbagai
daerah yang tinggal di satu lingkungan harus hidup rukun. Manusia harus hidup
rukun di tengah-tengah perbedaan. Perbedaan adalah karunia Tuhan. Perbedaan
merupakan sarana untuk saling mengenal. Sebagai contoh, pada saat di lingkungan
tempat tinggal mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan, para pelajar
dari berbagai daerah pun ikut serta dalam bekerja bakti.
Ayo Mengamati !
Amatilah
gambar berikut!
Apakah
gambar di atas menunjukkan keragaman karakteristik? Apa yang sedang dilakukan
anak-anak pada gambar di atas? Tuliskan pendapatmu pada tempat di bawah.
.................................................................................................................. .................................................................................................................. .................................................................................................................. .................................................................................................................. |
Kamu
di sekolah mempunyai banyak teman dengan keragamannya. Ada teman dengan ciri
fisik berbeda-beda. Ada teman berbeda agama. Ada juga teman dengan asal daerah
tempat tempat tinggal berbeda. Bagaimana kamu menyikapi keragaman karakteristik
di sekolahmu? Tuliskan dalam kolom berikut.
.................................................................................................................. .................................................................................................................. .................................................................................................................. .................................................................................................................. |
Daerah tempat tinggal penduduk
Yogyakarta beragam. Ada daerah dataran tinggi, dataran rendah, pesisir, kota,
dan desa. Di Yogyakarta juga banyak dijumpai sungai, di antaranya Sungai Opak,
Sungai Code, Sungai Kuning, Sungai Progo, dan Sungai Gajah Wong.
Salah satu sungai di Yogyakarta yang
memiliki cerita legenda adalah Sungai Gajah Wong. Penduduk Yogyakarta sering
menyebut sungai dengan kali. Kali Gajah Wong adalah sebuah kali yang terletak
di tengah-tengah kota Kecamatan Kotagede. Panjang kali ini tidak lebih dari 20
kilometer. Pada abad ke-17, kali ini merupakan kali yang kecil. Masyarakat di
daerah tersebut menyebutnya dengan kalen, yang artinya kali kecil. Dan kebetulan
airnyapun hanya gemercik mengalir sedikit sekali.
Di suatu tempat kerja seringkali kita
jumpai banyak pekerja dengan berbagai spesialisasinya, sebagai contoh di rumah
sakit. Di rumah sakit ada dokter, perawat, ahli gizi, satpam, sopir, dan juru masak.
Demikian juga spesialisasi pekerjaan di sekolah. Di sekolah ada pekerja sebagai
guru, petugas perpustakaan, satpam, dan tukang kebun, atau orang yang membersihkan
sekolah. Pekerja dan pekerjaan pada suatu tempat kerja tentu beragam. Bukan
hanya pekerja dan pekerjaan, siswa di sebuah sekolah tentu juga beragam. Ada
siswa yang suka berolah raga, ada siswa yang suka menari, ada siswa yang suka
sains, ada siswa yang suka menggambar, ada anak yang suka membaca, dan masih
banyak lagi. Setiap siswa juga mempunyai karakter yang berbeda. Ada anak yang
pemalu, ada anak yang pendiam, ada anak yang berani, dan masih banyak lagi.
Keragaman siswa pada suatu sekolah hendaknya disikapi secara positif.
Ayo Berlatih !
1.
Apa
manfaat dari keragaman karakteristik di sekolah bagi dirimu?
|
2.
Bagaimana
sikapmu terhadap temanmu yang pendiam?
|
3.
Bagaimana
sikapmu terhadap teman yang berbeda agama?
|
4.
Bagaimana
sikapmu terhadap teman yang berasal dari daerah lain?
|
Lani dan teman-teman memiliki kegemaran
berbeda. Ada teman Lain yang gemar menyanyi. Ada teman Lani yang gemar menari.
Ada juga teman Lani yang memiliki kegemaran lain. Mereka bekerja sama untuk
mengada- kan pertunjukan seni bersama. Bagaimana denganmu dan teman-teman sekolahmu?
Apa kegemaranmu dan teman-teman sekolahmu?
Ayo Berdiskusi !
Bertanyalah
kepada teman-teman. Apakah mereka mempunyai kegemaran pada kolom berikut.
Tuliskan nama temanmu berdasarkan kegemaran yang sesuai.
No |
Kegemaran |
Nama Siswa |
1 |
Menyanyi |
|
2 |
Menari |
|
3 |
Memasak |
|
4 |
Bermain
Bola |
|
5 |
Merawat
Tanaman |
|
6 |
Memelihara
Binatang |
|
7 |
Membuat
Mainan |
|
8 |
Menulis |
|
9 |
Menggambar |
|
10 |
Berolahraga |
|
Setelah kamu mengetahui kegemaranmu dan
teman-temanmu, lakukan diskusi untuk menjawab pertanyaan berikut.
1.
Apa
manfaat kegemaranmu bagi dirimu sendiri?
2.
Apakah
kegemaran temanmu memberi manfaat untukmu dan lingkungan sekitarmu? Jika ada
manfaatnya, sebutkan manfaatnya?
3.
Apakah
kegemaranmu mengganggu orang lain? Bagaimana supaya kegemaranmu tidak
mengganggu orang lain?
Tuliskan
hasil diskusimu dalam kotak berikut. Kemukakan hasil diskusimu di
depan
guru dan teman-temanmu.
|
EVALUASI
PG
1. Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan
masing-masing. Maka sikap kita terhadap keunikan dari daerah lain harus ….
a. Saling menilai
b. Saling membandingkan
c. Tidak peduli
d. Saling menghargai
2. Dani tinggal di daerah Dataran
Tinggi Dieng, disana udaranya sangat sejuk. Sedangkan Bayu tinggal di daerah
pesisir laut Jawa tepatnya di kabupaten Pemalang, udara di kala siang sangat
panas. Perbedaan keunikan daerah Dani dan Bayu di atas termasuk keunikan
….
a. Budaya
b. Sosial
c. Fisik
d. Norma
3. Di kabupaten Magelang terdapat
sebuah candi yang sangat besar yaitu candi Borobudur. Hal ini menjadikan
keunikan tersendiri dari kabupten Magelang. Keunikan tersebut berupa ….
a. Bangunan bersejarah
b. Cerita rakyat
c. Perusahaan daerah
d. Wisata alam
4. Sinta tinggal di daerah Karanganyar Jawa Tengah, di daerahnya
terdapat air terjun Grojogan Sewu. Pihak yang harus bertanggung jawab menjaga
kelestarian tempat tersebut adalah ….
a. Pengunjung luar daerah
b. Penduduk daerah setempat
c. Para pejabat daerah
d. Semua masyarakat dan pengunjung
ISIAN
1. Indonesia memiliki banyak suku
bangsa, sehingga membuat bangsa ini memiliki keunikan …… yang beragam. (Kebudayaan)
2. Keunikan dari berbagai daerah
seperti adanya candi-candi dan bangunan sejarah lainnya, hal itu dapat
dijadikan sebagai …. (Obyek Wisata Sejarah)
ESAY
1.
Bagaimana
kamu menyikapi perbedaan karakteristik di antara kamu dan teman-temanmu?
Jawaban:
Cara menyikapi keberagaman karakteristik yaitu dengan menghormati dan
menghargai teman yang berbeda fisik, agama, dan asal daerah. Kita harus tetap
menjalin persahabatan dengan semua teman tanpa membeda-bedakan, baik fisik,
agama, maupun asal daerah.
2.
Apa manfaat dari keberagaman karakteritik di sekolah bagi dirimu?
Jawaban:
Keragaman karakeristik di sekolah dapat berupa keragaman fisik, sifat,
kaegemaran, daerah asal maupun agama. Berikut manfaat keragaman karakteristik
di sekolah.
a. Di sekolah, terdapat teman-teman yang memiliki keragaman
fisik berbeda, misalnya tinggi badan. Apabila kita tidak dapat mengambil benda
di tempat tinggi, kita dapat meminta bantuan teman yang lebih tinggi daripada
kita.
b. Selain itu, apabila kita memiliki teman yang berasal dari
daerah lain, kita akan kaya akan pengetahuan. Kita dapat mengetahui informasi tentang
daerah asal teman kita tersebut, misalnya saja tentang adat istiadatnya,
keunikan daerahnya, makanan khas dan Bahasa daerahnya.
FORMAT PENILAIAN
RUBRIK MENGAMATI
KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK
No |
Nama Siswa |
Informasi yg
termuat dlm tulisan |
Keterampilan
Penulisan |
Sikap |
Rata-rata |
1 |
Ayuni |
|
|
|
|
2 |
Bagas |
|
|
|
|
3 |
CiLa |
|
|
|
|
4 |
Devan |
|
|
|
|
5 |
dll |
|
|
|
|
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR
3.9 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada
teks fiksi.
4.9 Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang
terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan
kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh dalam
cerita fiksi.
2.
Dengan
kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh dalam cerita
fiksi.
3.
Dengan
kegiatan menulis cerita fiksi, siswa dapat menuliskan tokoh protagonis dan
tokoh antagonis dalam cerita fiksi.
4.
Dengan
kegiatan menemukan jawaban soal, siswa dapat menuliskan tokoh-tokoh pada teks
cerita fiksi.
5.
Dengan
kegiatan membaca teks cerita fiksi, siswa dapat menceritakan kembali teks
tersebut dan mencermati serta menuliskan tokoh-tokoh pada teks tersebut.
6.
Dengan
kegiatan membaca cerita rakyat, siswa dapat mengetahui cerita rakyat pada suatu
daerah dan menuliskan tokoh-tokohnya.
7.
Dengan
kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat mengetahui cerita rakyat suatu
daerah.
8.
Dengan
kegiatan berdiskusi tentang cerita fiksi, siswa dapat menuliskan isi cerita
fiksi.
9.
Dengan
kegiatan menemukan cerita fiksi, siswa dapat menuliskan judul, isi, dan
tokoh-tokoh yang terdapat pada cerita fiksi.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
•
Membaca cerita fiksi.
•
Membaca teks cerita fiksi
•
Mengidentifikasi tokoh-tokoh pada cerita fiksi (Tokoh antogonis dan Tokoh Protagonis)
•
Membaca cerita teks fiksi.
•
Membaca teks cerita fiksi.
•
Membaca cerita fiksi.
•
Berdiskusi mengenai isi dan tokoh-tokoh dalam bacaan.
MATERI
Siti
berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Siti bercerita tentang daerah asalnya.
Bersama Siti, mari kita cari tahu lebih lanjut mengenai keunikan Daerah
Istimewa Yogyakarta.
Ayo Mengamati !
Siti
menunjukkan beberapa foto yang diambil saat dia mengunjungi Daerah Istimewa
Yogyakarta. Inilah foto-fotonya.
Setiap daerah pasti memiliki keunikan
tersendiri. Termasuk daerah tempat tinggalmu. Tahukah kamu, apa keunikan daerah
tempat tinggalmu? Tuliskan keunikan daerah tempat tinggalmu dalam kolom
berikut. Keunikan yang kamu tulis dapat berupa keunikan fisik, seperti sungai,
gunung, sawah, dan bentuk rumah. Dapat juga berupa keunikan sosial budaya,
seperti adat istiadat, seni, dan bahasa.
|
Salah satu tempat wisata yang memiliki keunikan
adalah candi Prambanan. Candi Prambanan terletak di perbatasan provinsi Daerah
Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Asal usul terjadinya candi Prambanan
diceritakan dalam sebuah cerita rakyat yang populer di Yogyakarta. Bagaimana
isi cerita tersebut?
Mari
kita simak bersama.
Ayo Membaca !
Bacalah
teks cerita berikut!
Roro Jonggrang Roro Jonggrang adalah seorang putri
dari Kerajaan Prambanan. Raja Prambanan, ayah Roro Jonggrang gugur dalam
pertarungan melawan Bandung Bondowoso dari Kerajaan Pengging. Akibatnya,
Bandung Bondowoso menguasai Kerajaan Prambanan. Bandung Bondowoso yang tamak
menginginkan Roro Jonggrang sebagai permaisurinya. Roro Jonggrang yang tidak
mau diperistri oleh Bandung Bondowoso pun mengajukan sebuah syarat. ”Aku bersedia menjadi permaisurimu,
Bandung Bondowoso. Tetapi, ada syarat yang harus kau penuhi. Jika berhasil,
aku akan menikah denganmu. Namun, jika kau gagal izinkan aku pergi,” kata
Roro Jonggrang. ”Apa pun yang kau minta akan aku
penuhi, Roro Jonggrang. Jika aku gagal memenuhinya, aku akan mengembalikan
kerajaan ini kepadamu,” sahut Bandung Bondowoso angkuh. ”Aku minta kau membangun seribu candi
untukku. Semua harus selesai sebelum matahari terbit esok.” Sahut Roro
Jonggrang. ”Baiklah, aku pasti berhasil memenuhi
syarat yang kau buat.” Jawab Bandung Bondowoso angkuh. Bandung Bondowoso meminta bantuan
pasukan jin untuk membangun seribu candi. Dalam sekejap, bangunan candi mulai
tampak. Roro Jonggrang panik, dia mengadu kepada Bi Sumi, dayang kepercayaannya.
Bi Sumi mempunyai ide untuk menggagalkan pekerjaan Bandung Bondowoso. Dia
segera memerintahkan para dayang untuk menumbuk lesung dan membakar jerami. Suara lesung bertalu-talu dan semburat
api yang memerah di langit membuat suasana seperti pagi hari. Ayam-ayam
jantan berkokok bersahut-sahutan. Mendengar kokok ayam jantan, pasukan jin
terkejut. ”Hari sudah pagi, kami harus pergi.” Teriak pasukan jin sambil
bergegas meninggalkan Bandung Bondowoso dan candi-candi yang telah mereka bangun. Roro Jonggrang mendatangi Bandung
Bondowoso. Roro Jonggrang segera menghitung candi-candi yang sudah selesai.
”Candi-candi ini hanya ada 999. Kurang satu candi.” Kata Roro Jonggrang
kepada Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso tidak percaya dengan perkataan
Roro Jonggrang. Dia segera menghitung banyak candi dan ternyata memang benar
hanya ada 999 candi. Bandung Bondowoso marah besar. ”Aku
tidak akan kalah, Roro Jonggrang. Aku akan mendapatkan seribu candi seperti
yang kau inginkan.” ”Kenyataannya candi yang kau buat
kurang satu, Bandung Bondowoso. Kau tetap harus menepati janjimu.” Sahut Roro
Jonggrang. ”Kalau begitu, akan kuubah kau menjadi
candi keseribu.” Dengan kesaktiannya, Bandung Bondowoso
mengubah Roro Jonggrang menjadi patung batu. Patung itulah yang menjadi candi
keseribu. Candi-candi itu hingga kini masih berdiri tegak di wilayah Prambanan. |
Cerita
berjudul ”Roro Jonggrang” termasuk cerita fiksi. Sebelumnya, kamu telah
mempelajari tentang cerita fiksi. Masih ingatkah kamu mengenai cerita fiksi? Untuk
mengukur pemahamanmu mengenai cerita fiksi, jawablah pertanyaan berikut.
1.
Apa
yang dimaksud dengan cerita fiksi? Jelaskan!
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
2.
Sebutkan
tokoh utama pada bacaan berjudul ”Roro Jonggrang” di atas!
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
3.
Sebutkan
tokoh tambahan pada bacaan berjudul ”Roro Jonggrang” di depan!
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
Candi
Prambanan adalah salah satu tempat wisata yang selalu dipadati wisatawan. Oleh
sebab itu, kebersihan kawasan Candi Prambanan harus selalu dijaga. Pengelola
selalu mengupayakan kebersihan kawasan candi.
Dayu
teringat dengan neneknya. Nenek Dayu tinggal di Pulau Bali. Dayu sering
mengunjungi neneknya yang tinggal di Pulau Bali. Dayu menyeberang dari Pulau
Jawa ke Pulau Bali menggunakan kapal feri. Pulau Bali dan Pulau Jawa
dihubungkan oleh sebuah selat. Selat itu bernama Selat Bali. Asal usul terjadinya
Selat Bali diceritakan dalam sebuah cerita. Bagaimana ceritanya? Mari kita
simak bersama.
Ayo Membaca !
Bacalah
teks cerita berikut!
Terjadinya
Selat Bali Manik Angkeran adalah putra
Sidhimantra, seorang Brahmana. Manik Angkeran dan ayahnya tinggal di Kerajaan
Daha, Bali saat Pulau Bali belum terpisah dengan Pulau Jawa. Manik Angkeran
suka sekali menghambur-hamburkan harta orang tuanya. Berulang kali Sidhimantra menasihati
anaknya. Namun, Manik Angkeran tidak mau mendengarkan nasihat ayahnya. Harta
orang tuanya pun dihabiskan. Bahkan, dia berani berutang kepada orang lain.
Pada akhirnya Manik dikejar-kejar penagih utang. Sidhimantra tidak tega.
Hartanya sudah habis, tapi Sidhimantra tidak mau anaknya celaka. Suatu saat, Sidhimantra mendapat
petunjuk lewat mimpi untuk meminta pertolongan pada Naga Besukih di Gunung
Agung. Naga Besukih adalah naga hijau besar, ekornya penuh dengan emas dan permata.
Sidhimantra segera bergegas untuk menemui Naga Besukih di Gunung Agung. Sidhimantra menjelaskan maksud
kedatangannya kepada Naga Besukih. Sidhimantra meminta sedikit harta untuk
membayar utang-utang Manik Angkeran. Naga Besukih bersedia untuk membagi sebagian
hartanya. Naga Besukih mulai menggoyang-goyangkan ekornya, seketika beberapa
emas dan permata pun rontok. Sayangnya, harta yang didapat ayahnya
kembali digunakan Manik Angkeran untuk berfoya-foya. Manik Angkeran yang
kehabisan harta akhirnya mencari tahu tempat ayahnya mendapat harta.
Seseorang memberitahunya bahwa Sidhimantra memperoleh harta dari Naga Besukih.
Manik Angkeran segera menemui Naga Besukih di Gunung Agung seperti yang telah
dilakukan ayahnya. ”Naga Besukih, sudilah kiranya kau
bagi sedikit hartamu untuk membayar utang-utangku,” kata Manik Angkeran
kepada Naga Besukih. ”Aku sudah memberi ayahmu, Sidhimantra
emas dan permata. Apakah itu masih kurang?” kata Naga Besukih sedikit kesal. ”Aku mohon, beri aku sedikit lagi
hartamu Naga Besukih yang murah hati,” mohon Manik Angkeran kepada Naga
Besukih. ”Baiklah, aku akan mengabulkan
permintaanmu, asal kau berjanji tidak akan berfoya-foya lagi,” kata Naga
Besukih. Naga Besukih akhirnya luluh. Dia mulai
menggoyangkan ekornya. Manik Angkeran silau melihat begitu banyak emas dan
permata yang menempel di ekor Naga Besukih. Dia segera memotong ekor Naga Besukih
dengan pedang. Namun, Naga Besukih berhasil menghindar. Dia segera
menyemburkan api dari mulutnya sehingga Manik Angkeran terbakar menjadi abu.
Sidhimantra yang melihat kejadian itu segera memohon kepada Naga Besukih
untuk menghidupkan kembali Manik Angkeran. ”Wahai Naga Besukih, sudikah kau
menghidupkan kembali anakku Manik Angkeran? Beri dia kesempatan untuk
memperbaiki diri,” mohon Sidhimantra. ”Aku akan menghidupkan Manik Angkeran
lagi. Tapi dengan satu syarat, Manik Angkeran tidak boleh pulang bersamamu.
Dia harus tinggal bersamaku dan menjadi muridku. Aku akan mengajarkan dia menjadi
orang yang baik dan berilmu.” Kata Naga Besukih sambal menghela napas. ”Baiklah, Naga Besukih. Aku serahkan
anakku kepadamu untuk dididik menjadi anak yang baik,” jawab Sidhimantra. Akhirnya, Manik Angkeran hidup
kembali. Sidhimantra segera mengeluarkan tongkat dan membuat garis memisahkan
dirinya dan anaknya. Garis itu mengeluarkan air yang deras dan memisahkan
Gunung Agung dengan sekitarnya. Sampai sekarang, garis itu dikenal sebagai
Selat Bali yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulai Bali. |
1.
Sebutkan
tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
2.
Pada
Pembelajaran di Subtema 1 kamu telah mempelajari tentang tokoh protagonis dan
tokoh antagonis. Apa yang dimaksud dengan tokoh protagonis? Apa yang dimaksud
dengan tokoh antagonis? Jelaskan!
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
3.
Tuliskan
tokoh antagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
4.
Tuliskan
tokoh protagonis yang terdapat dalam cerita berjudul ”Terjadinya Selat Bali”!
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
Ayo Menulis !
Carilah
sebuah cerita rakyat yang berasal dari daerahmu. Tulis kembali cerita
rakyat
dari daerahmu dalam kolom di bawah ini.
|
Sebutkan
tokoh protagonis dan antagonis dalam cerita yang telah kamu tulis!
|
Berikut
cerita mengenai Kali Gajah Wong.
Kali Gajah WongHari itu, Ki Sapa Wira bersiul riang.
Seperti biasa, ia akan memandikan gajah milik junjungannya, Sultan Agung,
raja Kerajaan Mataram. Dengan hati-hati, Ki Sapa Wira menuntun gajah yang
dinamai Kyai Dwipangga itu. Mereka berjalan ke sungai yang
terletak di dekat Keraton Mataram. Mulailah ia memandikan gajah yang berasal
dari negeri Siam itu. “Nah, sekarang kau sudah bersih.
Rambutmu sudah mengilap, sekarang ayo kembali ke kandangmu,” kata Ki Sapa
Wira kepada Kyai Dwipangga. Ki Sapa Wira memang memperlakukan Kyai Dwipangga
seperti anaknya sendiri. Tak heran, Kyai Dwipangga amat patuh padanya. Suatu hari, Ki Sapa Wira tak bisa
memandikan Kyai Dwipangga. Ada bisul besar di ketiaknya, rasanya ngilu
sekali. Badannya juga demam karena bisul itu. Ia meminta tolong pada adik
iparnya, Ki Kerti Pejok, untuk menggantikan memandikan Kyai Dwipangga.
“Kerti, tolong aku ya. Aku benar-benar tak bisa bekerja hari ini,” kata Ki
Sapa Wira. “Tenang Kang, aku pasti akan membantumu. Tapi tolong beritahu, bagaimana caranya supaya gajah itu menurut padaku? Aku takut jika nanti ia marah dan menyerangku,” jawab Ki Kerti Pejok. |
Ayo Membaca !
Bacalah
cerita fiksi mengenai Kota Tangerang. Kamu dapat memperoleh cerita fiksi
mengenai Kota Tangerang dari berbagai media. Mintalah pendampingan kepada guru,
orang tua, atau orang dewasa jika kamu akan mengakses internet. Setelah kamu
membaca cerita fiksi mengenai Kota Tangerang, tuliskan hal-hal berikut.
1.
Menceritakan
tentang apa cerita fiksi yang kamu baca?
|
2.
Adakah
tokoh dalam teks yang kamu baca? Jika ada tuliskan nama tokoh dan peranannya
dalam cerita itu.
|
Ceritakan
kembali isi bacaan yang kamu baca di depan teman-teman.
Ada
cerita rakyat Papua yang menggambarkan semangat perlawanan membela kebaikan.
Bagaimana ceritanya? Mari, kita baca bersama.
Ayo Membaca !
Bacalah
bacaan berikut!
Caadara Panglima Wire adalah panglima perang
dari Desa Kramuderu yang gagah berani. Panglima Wire mempunyai seorang putra
bernama Caadara. Caadara kecil memiliki bakat dalam ilmu bela diri dan ketangkasan.
Panglima Wire melatih Caadara dengan harapan Caadara dapat menggantikannya
kelak. Caadara tumbuh menjadi pemuda tangkas
dalam ilmu bela diri dan berburu. Panglima Wire ingin menguji kemampuan
anaknya. Dia merasa sudah saatnya Caadara menjadi panglima perang menggantikan
Panglima Wire. Panglima Wire mengutus Caadara untuk pergi berburu selama
beberapa hari. Dia meminta Caadara membawa binatang hasil buruannya sebagai
tanda bahwa Caadara telah menguasai semua ilmu yang diajarkan oleh Panglima
Wire. Caadara mematuhi perintah Panglima
Wire. Dia segera berangkat ke hutan bersama beberapa temannya. Perjalanan
mereka melewati hutan yang lebat dan bukit yang terjal. Setelah menempuh
perjalanan berat, Caadara dan teman-temannya berhasil memperoleh
binatang-binatang buruan. Mereka melanjutkan perjalanan pulang. Saat perjalanan pulang, Caadara dan
teman-temannya bertemu anjing pemburu. Anjing pemburu adalah penanda adanya
sekelompok orang asing yang bisa mencelakai mereka. Caadara dan
teman-temannya segera menyusun rencana, mereka bersembunyi sambal menyiapkan
seluruh senjata yang mereka punya.
Tidak lama berselang, terdengar pekikan tanda permusuhan. Ternyata benar,
pekikan itu berasal dari suku Kuala yang mengajak berperang. Caadara memerintahkan teman-temannya
pergi ke bukit yang tinggi dan membentuk benteng pertahanan. Tetapi
peperangan tidak terelakkan lagi. Caadara dan teman-temannya berperang dengan
suku Kuala. Pekikan mengerikan di sela suara senjata-senjata yang beradu tidak
henti-hentinya terdengar. Namun, Caadara tidak gentar. Dia berhasil mengalahkan
pasukan suku Kuala. Berkat petunjuk Caadara, teman-temannya pun berhasil
mengalahkan musuh. ”Kamu hebat Caadara. Kamu pantas
menjadi panglima perang kami.” Kata teman Caadara. ”Kami
akan mengusulkan kepada
Panglima Wire untuk mengangkatmu menjadi panglima perang
yang baru.” Sahut seorang teman Caadara lainnya. ”Jujur saja aku tidak mengincar
jabatan, teman-teman. Aku hanya ingin melakukan yang terbaik untuk desa
kita.” Kata Caadara rendah hati. Caadara dan teman-temannya kembali ke
Desa Kramuderu dengan selamat. Cerita tentang keberhasilan mereka mengalahkan
suku Kuala segera terdengar oleh Panglima Wire. Panglima Wire sangat bangga kepada
Caadara. Dia meminta Caadara menyusun siasat perang untuk berjaga-jaga jika
suatu saat suku Kuala kembali menyerang mereka. Caadara segera menyusun siasat perang.
Siasat perang ini dinamakan Caadara Ura. Siasat perang Caadara Ura meliputi
cara melempar senjata, menyerbu lawan, mempertahankan diri, dan seni bela
diri jarak dekat. Caadara pun menggantikan ayahnya sebagai panglima perang
Desa Kramuderu. |
1.
Tuliskan
ringkasan cerita di atas pada kotak berikut.
|
2.
Sebutkan
tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita berjudul ”Caadara” di depan !
|
3.
Menurutmu,
apakah Caadara merupakan tokoh utama dalam cerita di depan? Jelaskan !
|
4.
Sebutkan
tokoh protagonis dalam cerita berjudul ”Caadara” di depan!
|
5.
Apa
yang dimaksud dengan tokoh antagonis? Menurutmu, siapa saja tokoh antagonis
dalam cerita berjudul ”Caadara” di depan!
|
Ayo
Mengamati !
Gambar di atas
menunjukkan peta daerah Papua. Apa keunikan daerah Papua menurutmu? Tuliskan
pada tempat di bawah ini.
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
Papua memiliki banyak keunikan dan daya
tarik tersendiri. Gunung Jaya Wijaya yang terkenal dengan puncaknya tertutup
salju terletak di Papua. Selain Gunung Jaya Wijaya, Papua juga memiliki banyak
tempat wisata alam yang dapat memanjakan mata wisatawan baik lokal maupun
mancanegara. Tidak hanya itu, Papua memiliki jenis fauna yang terkenal yaitu
burung cenderawasih.
Pernahkah kamu membaca cerita rakyat
Papua tentang burung cenderawasih?
Bacalah bacaan berikut.
Ayo Membaca !
Asal Usul
Burung Cenderawasih Di suatu daerah di Papua tinggal
seorang anak laki-laki bernama Kweiya. Kweiya tinggal bersama ibu dan
adik-adik tirinya. Adik-adik tiri Kweiya tidak menyukai Kweiya. Mereka
menjebak Kweiya sehingga dia tersesat di hutan. Kweiya yang tersesat di hutan mencoba
untuk bertahan hidup. Dia membangun rumah kayu sederhana dan berburu. Kulit
binatang hasil buruannya dia pintal menjadi benang. Kweiya berencana untuk membuat
sayap dari benang pintalannya. Setelah Kweiya pergi, ibunya sangat
sedih. Adik-adik Kweiya berbohong bahwa Kweiya pergi karena tidak mau tinggal
bersama mereka lagi. Ibu Kweiya tidak percaya. Ibu Kweiya berusaha mencari tahu
kebenarannya. Adik bungsu Kweiya yang jujur memberitahu ibu kebenarannya.
”Bu, kak Kweiya tidak meninggalkan kita. Dia dijebak oleh kakak-kakak
sehingga tersesat di hutan.” Jelas adik bungsu Kweiya. ”Benarkah yang kau katakan itu anakku?
Kalau begitu ibu harus mencari Kweiya,” sahut ibu Kweiya. Ibu Kweiya segera pergi ke hutan. Dia
berjalan tanpa kenal lelah sambut terus memanggil-manggil Kweiya sekuat
tenaga. Tidak ada sahutan. Sampai akhirnya ibu Kweiya melihat seekor burung
muncul dari pepohonan. Eee… eee… eee…. Begitu suara burung yang muncul di
hadapan ibu Kweiya. Ibu Kweiya terkejut, ternyata burung itu adalah Kweiya
yang menyelipkan pintalan benang di bawah lengannya. Kweiya telah berubah
wujud menjadi seekor burung yang indah. Ibu Kweiya mengikuti Kweiya dan
mengambil sejumput pintalan benang. Ibu Kweiya menyelipkan pintalan benang di
bawah lengannya seperti yang telah dilakukan Kweiya. Dalam sekejap, ibu
Kweiya berubah menjadi seekor burung. Dia segera terbang bersama Kweiya. Adik-adik
tiri Kweiya ternyata menyaksikan ibunya dan Kweiya yang telah berubah menjadi
burung. Mereka menyesali perbuatan jahatnya. Namun, penyesalan itu telah
terlambat. Kweiya dan ibunya telah berubah menjadi burung yang kini dikenal
sebaga burung cenderawasih. Disadur dari:
Dian. K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2016. |
Ayo Berdiskusi !
Bentuklah
kelompok yang terdiri atas tiga anak. Diskusikan mengenai cerita fiksi di
depan. Apa isi dari cerita fiksi di depan? Tuliskan hasil diskusi kelompok-mu
pada tempat di bawah.
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
Ayo Berlatih !
Masih bersama kelompokmu pada kegiatan sebelumnya, carilah cerita fiksi selain yang ada dalam buku ini. Kemudian, bacalah cerita fiksi yang telah kamu temukan. Tuliskan judul, isi, beserta tokoh-tokoh yang ada dari cerita fiksi tersebut. Tuliskan pada tempat berikut.
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
EVALUASI
PG
a. Cerita Sangkuriang dan Dayang Sumbib. Cerita terbentuknya selat sundac. Cerita kecelakaan lalu lintasd. Cerita kemerdekaan Indonesia
a. Berdasarkan kisah nyatab. Mempunyai tokoh yang hebatc. Disukai oleh semua orangd. Berdasarkan imajinasi penulisnya
a. Antagonisb. Humorisc. Protagonisd. Figuran
Bacalah
cerita di bawah ini untuk mengisi soal nomor 23 – 25!
Pada suatu hari, ada seorang pemuda
bermana Toba sedang memancing ikan. Umpan yang sudah lama dia lempar akhirnya
dimakan seekor ikan. Betapa terkejutnya dia ketika melihat seekor ikan mas
bersisik emas yang telah dia dapat. Akhirnya Toba yang merasa bahagia pulang ke
rumah, tetapi sayangnya semua kayu bakar di rumahnya sudah habis. Dia menyimpan
ikan itu di dalam wadah besar dan mencari kayu bakar.
Toba pulang dengan membawa kayu
bakar, sayangnya ikan itu menghilang, dia hanya menemukan wadah yang berisi
koin emas. Ketika dia masuk ke dalam kamarnya ada seorang wanita cantik yang
sedang menyisir rambutnya. Wanita itu akhirnya menjadi istrinya, tetapi dengan
satu syarat, yaitu tidak boleh mengungkit asal usul dia yang merupakan
penjelmaan dari ikan.
Mereka dikaruniai anak laki-laki
bernama Samosir. Setiap hari Toba bekerja banting tulang untuk mereka berdua,
namun Samosir malah menjadi anak yang nakal dan pemalas. Suatu ketika Samosir
diminta untuk mengantarkan makanan untuk ayahnya, bukannya langsung pergi ke
ladang, dia malah main bersama teman-teman lainnya. Bahkan karena merasa lapar
dia memakan makanan itu.
Toba yang yang sangat lapar menunggu
tidak kunjung datang makan siang yang dia harapkan. Samosir pun tiba,
tetapi Toba sangat marah karena anaknya telah menghabiskan semua makanan
untuknya. Toba yang marah memukul Samosir mengucapkan kalimat ‘dasar anak ikan,
kepadanya. Kemudian dia mengadukan itu kepada Ibunya, dan ibunya memerintahkan
Samosir untuk naik ke atas bukit, karena Toba sudah melanggar janji untuk tidak
mengungkit masa lalu ibunya. Air bah yang sangat deras membanjiri daerah itu,
ibunya melompat ke dalamnya dan menjadi ikan kembali. Ayahnya yang tidak sempat
menyelamatkan diri pun ikut tenggelam. Samosir berubah menjadi pulau yang
diberi nama pulau samosir yang di kelilingi danau yang diberi nama Danau Toba.
Sumber :
https://www.penuliscilik.com/legenda-danau-toba-singkat/
a. Toba dan Samosirb. Toba dan Ikan masc. Ayah Toba, Toba, dan istrinyad. Toba, Istri Toba dan Samosir
a. Karena Samosir adalah anak ikanb. Karena Samosir menghabiskan jatah makanan untuknyac. Karena istrinya tidak mengantarkan masakan kepadanyad. Karena istrinya mempunyai anak yang nakal
a. Jangan memancing ikan di sungaib. Jangan suka bermain dengan teman di siang haric. Jangan pernah mengingkari janjid. Jangan berbohong kepada orang tua
1.
Siapa
tokoh utama dan tokoh tambahan pada cerita berjudul “Roro Jonggrang”?
Jawaban: Tokoh utama pada
cerita berjudul ”Roro Jonggrang” yaitu Roro Jonggrang dan Bandung
Bondowoso.Tokoh tambahan pada cerita berjudul ”Roro Jonggrang” yaitu Bi Sumi,
para dayang, dan pasukan jin.
2.
Apakah
yang dimaksud dengan tokoh protagonis dan antagonis?
Jawaban: Tokoh protagonis
adalah tokoh yang bersifat baik dan tokoh antagonis adalah tokoh yang bersifat
tidak baik.
FORMAT PENILAIAN
Rubrik Membaca
Cerita Fiksi (Bahasa Indonesia)
No |
Nama Siswa |
Sikap |
Pengetahuan |
Keterampilan penulisan |
Rata-rata |
1 |
Ayuni |
|
|
|
|
2 |
Bagas |
|
|
|
|
3 |
CiLa |
|
|
|
|
4 |
Devan |
|
|
|
|
5 |
dll |
|
|
|
|
MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR
3.10
Menjelaskan Hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan
model konkret.
4.10
Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
menggunakan model konkret.
INDIKATOR
3.10.1 Menganalisis hubungan antargaris (sejajar, berpotongan, berhimpit)
3.10.2 Menganalisis sifat-sifat garis-garis sejajar, garis-garis
berpotongan dan berhimpit
3.10.3 Menentukan hubungan antargaris (sejajar, berpotongan, berhimpit)
4.10.1 Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan hubungan antar garis
(sejajar, berpotongan, dan berhimpit)
4.10.2
Menyajikan
penyelesaian permasalahan yang melibatkan hubungan antar garis (sejajar,
berpotongan, dan berhimpit)
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
· Menggunakan
kerangka kubus atau balok, untuk mengidentifikasi rusuk-rusuk sejajar,
rusuk-rusuk yang berpotongan dan berhimpit
· Menggambar garis-garis sejajar, berpotongan,
dan berhimpit
· Menjelaskan sifat-sifat garis-garis sejajar,
garis-garis berpotongan dan berhimpit
· Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan hubungan
antargaris (sejajar, berpotongan, danberhimpit)
· Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan hubungan antargaris (sejajar,
berpotongan, danberhimpit)
MATERI
JAWABAN
EVALUASI
PG
1.
Perhatikanlah
gambar berikut ini!
2.
Perhatikanlah
gambar berikut ini!
3.
Perhatikanlah
gambar berikut ini !
4.
Perhatikanlah
gambar berikut ini !
Soal
No.5
Perhatikanlah
gambar berikut ini!
Soal
No.6
Perhatikanlah
gambar berikut ini !
Soal
No.7
Perhatikanlah
gambar berikut ini !
Soal
No.8
Perhatikanlah
gambar berikut ini !
Soal
No.9
Perhatikanlah
gambar berikut ini!
Soal
No.10
Perhatikanlah
gambar berikut ini !
ESAY
1.
Gambarlah dua buah garis yang
sejajar !
2.
Gambarlah dua buah garis yang
berhimpit !
3.
Gambarlah dua buah garis yang
berpotongan !
4.
Jumlah garis yang sejajar pada
bangun persegi adalah....pasang
5. Jumlah garis yang berpotongan pada bangun segitiga
adalah...pasang
JAWAB :
4.
2 PASANG
5.
3 PASANG
ILMU PENGETAHUAN
ALAM (IPA)
KOMPETENSI DASAR
3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak pada
peristiwa di lingkungan sekitar.
4.4 Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan
antara gaya dan gerak.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan
kegiatan mengamati gambar orang mendorong dan menarik gerobak, siswa dapat
menyebutkan beragam gaya yang terdapat di lingkungan sekitar.
2.
Dengan
kegiatan mencoba melakukan percobaan gaya tarikan, siswa dapat menjelaskan
pengaruh gaya terhadap gerakan benda.
3.
Dengan
kegiatan mencoba praktik bermain ketapel, siswa dapat menjelaskan berbagai
contoh pengaruh gaya terhadap gerakan benda di lingkungan sekitar.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
•
Melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh gaya terhadap gerak benda.
•
Mengidentifikasikan pengaruh gaya terhadap gerak benda.
MATERI
Ayo Mengamati !
Saat
Siti berwisata ke candi Prambanan, dia melihat petugas kebersihan membersihkan
kawasan candi.
Perhatikan
gambar di atas. Ingatkah kamu tentang gaya? Menurutmu, apakah petugas
kebersihan pada gambar melakukan gaya? Jelaskan!
Gerakan
mendorong atau menarik yang menyebabkan benda bergerak disebut gaya. |
Ayo Mencoba !
Gaya
yang dikerjakan pada suatu benda akan memengaruhi benda tersebut. Pengaruh apa
yang ditimbulkan gaya terhadap gerakan benda? Lakukan percobaan berikut untuk
mengetahui macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda.
Percobaan 1
Menendang dan
Menghentikan Bola
Langkah
kegiatan
1.
Siapkan sebuah bola sepak.
2.
Lakukan kegiatan berpasangan bersama temanmu.
3.
Letakkan bola di lantai.
4.
Tendang bola ke arah temanmu.
5.
Minta temanmu menghentikan gerakan bola.
1. Apa yang terjadi
pada bola yang ditendang? Jelaskan!
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
2. Apa yang terjadi
pada bola yang dihentikan? Jelaskan!
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
3. Kamu
menggerakkan bola dengan gaya. Temanmu menghentikan gerakan bola dengan gaya.
Kesimpulan apa yang kamu peroleh dari kegiatan ini?
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
Percobaan 2
Menarik Mobil
Mainan
Langkah
kegiatan 2:
1.
Siapkan sebuah mobil mainan.
2.
Ikat bagian depan mobil mainan dengan seutas tali.
3.
Tarik mobil mainan perlahan, lalu semakin lama semakin cepat.
4.
Tarik mobil mainan lurus ke depan, lalu belokkan arah mobil mainan.
1.
Apakah
terdapat perubahan pada mobil mainan yang digerakkan dari lambat ke cepat?
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
2.
Perubahan
apa yang terjadi pada mobil mainan yang digerakkan dari lambat ke cepat?
Jelaskan!
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
3.
Kamu
menarik mobil mainan dari lambat ke cepat dengan gaya. Apa kesimpulan yang kamu
peroleh dari kegiatan ini?
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
4.
Apakah
terdapat perubahan pada mobil mainan yang ditarik lurus kemudian dibelokkan?
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
5.
Perubahan
apa yang terjadi pada mobil mainan yang ditarik lurus kemudian dibelokkan?
Jelaskan!
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
6.
Kamu
menarik mobil mainan dari lurus, lalu berbelok dengan gaya. Apa kesimpulan yang
kamu peroleh dari kegiatan ini?
………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………. |
Gaya
dapat memengaruhi gerakan benda. Berikut beberapa macam pengaruh gaya
terhadap gerakan benda. 1.
Gaya dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak. 2.
Gaya dapat memengaruhi benda bergerak menjadi diam. 3.
Gaya dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat. 4.
Gaya dapat memengaruhi arah gerak suatu benda. |
Kamu
telah mengetahui beberapa macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda. Sekarang,
sebutkan contoh peristiwa yang menunjukkan gerakan benda akibat gaya.
Dayu
selesai berlatih tari. Dayu pulang dengan mengendarai sepeda. Mulanya, Dayu
mengayuh sepeda perlahan. Kemudian, Dayu mengayuh sepeda semakin cepat. Sepeda
Dayu mengalami perubahan kecepatan dari lambat menjadi cepat. Dayu mengayuh
sepeda, berarti Dayu melakukan gaya otot. Jadi, dapat disimpulkan bahwa gaya
dapat mengubah kecepatan gerak benda.
Pada pembelajaran lalu kamu telah
mempelajari tentang pengaruh gaya terhadap gerakan benda. Masih ingatkah kamu,
apa saja pengaruh gaya terhadap gerakan benda? Mari ingat kembali melalui
latihan berikut.
Ayo Berlatih !
Kamu
telah mengenal tentang gaya. Gaya dapat memengaruhi gerakan benda. Ayo ingat
kembali, apa saja macam pengaruh gaya terhadap gerakan benda? Tuliskan dalam
kotak di bawah ini.
Setelah
menuliskan pengaruh gaya terhadap benda, lakukan kegiatan berikut.
1.
Carilah
gambar peristiwa gerakan benda, misalnya seorang bapak sedang mendorong mobil,
motor, dan gerobak, anak sedang memantulkan bola, dan anak sedang mengayuh
sepeda.
2.
Tempelkan
gambar yang telah kamu peroleh pada kotak dalam tabel berikut. Berilah
keterangan mengenai pengaruh gaya terhadap gerakan bendanya.
Menempel Gambar
Peristiwa Gerakan Benda
No |
Peristiwa
Gerakan Benda |
Pengaruh Gaya
terhadap Gerakan Benda |
1 |
|
|
2 |
|
|
3 |
|
|
4 |
|
|
5 |
|
|
EVALUASI
PG
a. Membuat benda diam menjadi bergerakb. Membuat mobil mogok menjadi hidupc. Membuat benda menjadi bergerak cepatd. Membuat badan menjadi lelah
a. Sandi menendang bola dengan sangat kuatb. Rino mampu menangkap bola dengan satu tanganc. Bola yang ditendang Adi membentur kacad. Ali memompa bola hingga keras
3. Saat jalan terlihat sepi, Ahmad
mengendarai sepeda dengan cepat. Kemudian saat ada keramaian, Ahmad
mengendarainya dengan pelan. Peristiwa ini menunjukkan bahwa gaya dapat membuat
benda ….
a. Bergerak dengan lincahb. Bergerak dengan hati-hatic. Bergerak cepat menjadi diamd. Bergerak semakin cepat atau lambat
a. Bola ditendang menjadi melayangb. Dani menepis buah manga yang akan jatuh ke arahnyac. Sintia menutup pintu dengan kerasd. Karina membelah semangka dengan pisau
ISIAN
5. Kemampuan mendorong atau menarik
yang bisa mengakibatkan suatu benda menjadi bergerak atau berubah bentuk
dinamakan …. (GAYA)
6. Saat kita menendang bola, maka
gaya dapat membuat benda yang (DIAM) menjadi (BERGERAK)
7. Panji diajari ayahnya naik
sepeda, ia diajari berbelok dengan pelan ketika di jalan raya. Peristiwa
membelokkan sepeda adalah termasuk pengaruh gaya terhadap gerakan benda yaitu
GAYA DAPAT MERUBAH ARAH BENDA
8.
Sebutkan
pengaruh gaya terhadap gerakan benda!
Jawaban:
a. Gaya dapat memengaruhi benda diam menjadi bergerak.
b. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak menjadi diam.
c. Gaya dapat memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih
lambat.
d. Gaya dapat memengaruhi arah gerak suatu benda.
9.
Sebutkan
3 contoh peristiwa yang menunjukkan gerakan benda akibat gaya!
Alternatif jawaban sebagai berikut:
a. Sepeda dibelokkan akan berubah arah sesuai gerakan pengayuhnya.
b. Mobil mogok yang didorong akan bergerak.
c. Meja yang didorong akan bergerak.
d. Sepeda motor yang direm akan berhenti.
e. Kelereng yang dijentikkan akan bergerak.
FORMAT PENILAIAN
Rubrik Percobaan
(IPA)
No |
Nama Siswa |
Sikap rasa
ingin tahu |
Pengetahuan
pengaruh gaya |
Keterampilan
penyampaian hasil percobaan |
Rata-rata |
1 |
Ayuni |
|
|
|
|
2 |
Bagas |
|
|
|
|
3 |
CiLa |
|
|
|
|
4 |
Devan |
|
|
|
|
5 |
dll |
|
|
|
|
Rubrik Percobaan
(IPA)
No |
Nama Siswa |
Pengetahuan |
Keterampilan |
Sikap saat
diskusi |
Rata-rata |
1 |
Ayuni |
|
|
|
|
2 |
Bagas |
|
|
|
|
3 |
CiLa |
|
|
|
|
4 |
Devan |
|
|
|
|
5 |
dll |
|
|
|
|
ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL (IPS)
KOMPETENSI DASAR
3.3
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan
serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3
Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai
bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai
provinsi.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan
kegiatan mengamati gambar kegiatan ekonomi, siswa dapat mengidentifikasi
kegiatan ekonomi, meliputi produsen, distributor, dan konsumen.
2.
Dengan
kegiatan mencari tahu keunikan Kota Tangerang, siswa mengetahui keunikan dari
suatu daerah.
3.
Dengan
kegiatan mengamati gambar kegiatan ekonomi, siswa dapat mengidentifikasi
kegiatan ekonomi serta pekerjaan yang terkait dengan kegiatan tersebut.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
•
Mengamati kegiatan ekonomi.
•
Mencari tahu kegiatan ekonomi di suatu daerah.
•
Mendiskusikan keunikan suatu daerah dari kegiatan ekonomi sampai cerita rakyat
yang ada di daerah itu.
MATERI
Hari itu, Dayu dan teman-teman
berdiskusi mengenai berbagai pekerjaan sesuai lingkungan tempat tinggalnya.
Mereka juga berdiskusi mengenai pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan
ekonomi. Dayu bercerita bahwa dia dan ayahnya pernah berbincang dengan seorang
bapak yang pekerjaannya menjadi badut. Bapak itu bernama Pak Andi. Pak Andi
bekerja di sebuah mal dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Pagi hari,
Pak Andi menjadi badut di sebuah taman bermain yang letaknya tidak jauh dari
mal. Sampai akhirnya, pembicaraan Dayu, Ayah Dayu, dan Pak Andi berlanjut dengan
bertukar alamat. Ternyata, tempat tinggal Pak Andi tidak jauh dari mal yang
Dayu kunjungi.
Ayo Mengamati !
Amatilah
gambar-gambar di bawah.
Ingatkah
kalian kegiatan ekonomi? Kegiatan ekonomi terdiri atas produksi,
distribusi,
dan konsumsi. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1.
Apakah
yang dimaksud produksi dan produsen?
.................................................................................................................. .................................................................................................................. .................................................................................................................. .................................................................................................................. |
2.
Apakah
yang dimaksud distribusi dan distributor?
.................................................................................................................. .................................................................................................................. .................................................................................................................. .................................................................................................................. |
3.
Apakah
yang dimaksud konsumsi dan konsumen?
.................................................................................................................. .................................................................................................................. .................................................................................................................. .................................................................................................................. |
4.
Apa
kegiatan penduduk pada gambar rubik “Ayo Mengamati” ?
.................................................................................................................. .................................................................................................................. .................................................................................................................. .................................................................................................................. |
5.
Dalam
memproduksi buku, seorang produsen melibatkan banyak pekerja. Di antaranya ada
penulis buku, ada yang menata isi buku, ada yang menggambar isi buku, ada yang
mencetak, ada yang menjilid, ada yang menata buku dalam kardus, ada sopir yang
mengantar ke toko-toko buku, dan lain sebagainya. Nah, pilih salah satu di
antara pekerja yang ada pada produksi buku. Kemudian, cari tahu syarat menjadi
pekerja sesuai pilihanmu dan tuliskan di tempat berikut.
.................................................................................................................. .................................................................................................................. .................................................................................................................. .................................................................................................................. .................................................................................................................. |
Buku
merupakan sumber ilmu. Sebagai pelajar tentu kamu sangat membutuhkan buku untuk
membuka cakrawala. Berbicara mengenai pelajar, tahukah kamu kota yang mendapat
julukan Kota Pelajar? Kota dengan julukan Kota Pelajar adalah Yogyakarta.
Kota Yogyakarta memiliki banyak
keunikan. Pada pembelajaran 2 kamu sudah mengetahui keunikan Yogyakarta di
antaranya dilihat dari tempat wisata, transportasi, dan adat istiadat berupa
upacara adat. Tidak hanya itu, kota Yogyakarta juga memiliki keunikan di bidang
pendidikan. Banyak sekolah dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi di Kota
Yogyakarta. Oleh karena itu, banyak orang dari daerah lain bahkan dari
mancanegara datang ke Yogyakarta untuk belajar. Tahukah kamu perguruan tinggi
di Yogyakarta yang sangat terkenal? Perguruan tinggi itu adalah Universitas
Gadjah Mada yang disingkat UGM. Selain UGM, masih banyak lagi perguruan tinggi
di Yogyakarta seperti Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan dan
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Karena banyak perguruan tinggi di
Yogyakarta, banyak orang yang bekerja sebagai dosen atau guru.
Tangerang merupakan kota unik dilihat
dari kegiatan ekonominya. Kegiatan ekonomi masyarakat dapat dilihat dari
hadirnya pasar tradisional yang terletak di Jalan Kisamun pusat Kota Tangerang
hingga berdirinya banyak pabrik di Tangerang.
Tangerang dijuluki kota 1000 industri
karena merupakan pusat industri di Pulau Jawa. Di Tangerang berdiri lebih dari 1000
pabrik. Banyak perusahan-perusahaan internasional yang memiliki pabrik di kota
ini. Selain keunikan pada kegiatan ekonomi, Tangerang memiliki keunikan dari
bangunan-bangunan lama yang masih berdiri sampai sekarang. Ayo, lakukan
kegiatan berikut.
Ayo Berdiskusi !
Bentuklah
kelompok terdiri atas 4 anak.
Lakukan
kegiatan berikut dan berdiskusilah.
1.
Cari
tahu pekerjaan masyarakat Kota Tangerang. Tuliskan pada kotak berikut.
|
2.
Di
Kota Tangerang banyak bangunan tua. Kamu dapat mencari tahu nama-nama bangunan
tua di Tanggerang melalui berbagai media. Mintalah pendampingan kepada guru,
orang tua, atau orang dewasa jika kalian akan mengakses internet. Tuliskan nama
bangunan dan keunikannya pada kotak berikut.
No |
Bangunan |
1 |
Museum Benteng Herritage |
2 |
Vihara Padumuttara |
3 |
…. |
4 |
…. |
5 |
…. |
Tangerang
sebagai kota industri banyak berdiri pabrik, di antaranya pabrik sepatu dan
pabrik ban. Amatilah gambar berikut.
Ayo Mengamati !
1.
Siapa
saja yang bekerja di pabrik ban? Siapa saja yang bekerja di pabrik sepatu?
Apakah ada pekerja yang sama pada kedua pabrik tersebut? Tuliskan pendapatmu
pada kotak berikut.
|
2.
Industri
adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah
jadi menjadi barang jadi. Barang hasil industry memiliki nilai tambah untuk
mendapatkan keuntungan. Adakah di sekitar tempat tinggalmu industri penghasil
benda atau barang? Jika ada, sebutkan nama industri yang dijalankan. Siapa saja
pekerja dan pekerjaannya. Tuliskan pada kotak berikut.
|
Di suatu tempat kerja seringkali kita
jumpai banyak pekerja dengan berbagai spesialisasinya, sebagai contoh di rumah
sakit. Di rumah sakit ada dokter, perawat, ahli gizi, satpam, sopir, dan juru
masak. Demikian juga spesialisasi pekerjaan di sekolah. Di sekolah ada pekerja
sebagai guru, petugas perpustakaan, satpam, dan tukang kebun, atau orang yang
membersihkan sekolah. Pekerja dan pekerjaan pada suatu tempat kerja tentu
beragam. Bukan hanya pekerja dan pekerjaan, siswa di sebuah sekolah tentu juga beragam.
Ada siswa yang suka berolah raga, ada siswa yang suka menari, ada siswa yang
suka sains, ada siswa yang suka menggambar, ada anak yang suka membaca, dan
masih banyak lagi. Setiap siswa juga mempunyai karakter yang berbeda. Ada anak
yang pemalu, ada anak yang pendiam, ada anak yang berani, dan masih banyak
lagi. Keragaman siswa pada suatu sekolah hendaknya disikapi secara positif.
EVALUASI
PG
a. Konsumsib. Konsumenc. Produksic. Distribusi
2.
Pak Dirga adalah seorang supir truk, hampir setiap hari ia mengangkut hasil
panen sayur dari daerah pegunungan ke pasar di kota. Kegiatan yang dilakukan
oleh Pak Dirga tersebut termasuk kegiatan .…..
a. Distribusib. Konsumsic. Distributorc. Produsen
a. Produsenb. Konsumenc. Distributorc. Produksi
a. Pak Rudib. Pak Samsulc. Bu Santid. Penjaga toko
ISIAN
1.
Apa
saja yang termasuk kegiatan ekonomi?
Jawaban:
Yang termasuk kegiatan ekonomi yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.
2.
Apakah
yang di maksud distribusi?
Jawaban:
Kegiatan ekonomi yang menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen.
FORMAT PENILAIAN
Rubrik
Mengamati Gambar Kegiatan Ekonomi
No |
Nama Siswa |
Pengetahuan |
Penggunaan Bahasa Indonesia yg
baik dan benar |
Sikap saat
mengerjakan tugas |
Rata-rata |
1 |
Ayuni |
|
|
|
|
2 |
Bagas |
|
|
|
|
3 |
CiLa |
|
|
|
|
4 |
Devan |
|
|
|
|
5 |
dll |
|
|
|
|
SENI BUDAYA DAN
PRAKARYA (SBDP)
KOMPETENSI DASAR
3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah.
4.3 Meragakan gerak tari kreasi daerah.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan
kegiatan mencari tahu tentang tari daerah, siswa dapat mengetahui berbagai
ragam tari daerah di Indonesia.
2.
Dengan
kegiatan mengamati gambar keberagaman tari daerah, siswa dapat mengetahui
pengertian gerak tari dan menyebutkan berbagai tari kreasi daerah berdasarkan
jenisnya.
3.
Dengan
kegiatan mengamati gambar tari Bali dan tari Sumatra, siswa mengetahui
ciri-ciri gerak tari Bali dan tari Sumatra.
4.
Dengan
kegiatan mengamati peta daerah Papua, siswa dapat menuliskan keunikan daerah
Papua.
5.
Dengan
kegiatan mencoba melakukan gerak tari, siswa dapat memperagakan gerak tari
kreasi daerah.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
•
Mencari tahu berbagai karya tari dari berbagai daerah di Indonesia.
•
Mengamati keunikan gerak tari daerah.
•
Mencoba memperagaan gerak tari.
•
Menggabungkan gerak tari dengan iringan lagu.
MATERI
Dayu berasal dari Bali. Bali terkenal dan
kaya ragam tari-tarian yang indah. Dayu sangat menyukai tari. Oleh sebab itu,
Dayu rajin berlatih tari. Kali ini, Dayu berlatih tari Pendet.
Indonesia terdiri atas berbagai suku
bangsa yang tersebar di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki jenis tarian
dengan keunikan tersendiri. Misalnya, keunikan tari dari Bali di antaranya
dalam penampilannya gerak-gerak tarinya dilakukan dengan enerjik dan dinamis.
Selain Bali, daerah lain juga memiliki ragam tari daerah berbeda. Tarian apa
sajakah itu? Ayo, kita cari tahu bersama.
Ayo Berdiskusi !
Apa
saja karya tari yang kamu ketahui? Dari daerah mana karya tari itu? Coba cari
tahu berbagai karya tari dan daerah asalnya. Kemudian, tuliskan dalam kolom
berikut.
No |
Nama Tari |
Asal Daerah |
1 |
|
|
2 |
|
|
3 |
|
|
4 |
|
|
5 |
|
|
6 |
|
|
7 |
|
|
8 |
|
|
9 |
|
|
10 |
|
|
Setiap tarian daerah memiliki keunikan
tersendiri. Keunikan tari daerah terlihat dari unsur-unsur tari. Gerak
merupakan unsur utama dalam tari. Unsur lain adalah busana, tata rias, iringan,
dan properti atau perlengkapan tari. Gerak tari adalah serangkaian gerakan
indah dari anggota tubuh yang dapat dinikmati oleh orang lain. Gerak tari
nusantara sangat beragam. Gerak tari dari suatu daerah berbeda dengan daerah
lain.
Ayo Mengamati !
Berikut
keragaman tari dari berbagai daerah.
Carilah contoh gambar gerak tari dari
berbagai daerah di Indonesia. Tunjukkan hasilnya di depan kelas.
Ada dua jenis karya tari, yaitu tari
tradisional dan tari kreasi baru. Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan tari
tradisional? Tari tradisional adalah tarian yang telah mengalami perjalanan
sejarah cukup lama. Contoh tari tradisional yaitu tari Srimpi Sangopati dan
tari Gambyong dari Jawa Tengah.
Carilah contoh tari tradisional yang ada
di Indonesia. Tuliskan nama tari tradisional beserta daerah asalnya. Tuliskan
dalam tabel di bawah ini.
No |
Nama Tari
Tradisional |
Daerah Asal |
|
|
|
Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan
tari kreasi baru? Tari kreasi baru sering disebut tari modern. Tari kreasi baru
merupakan karya tari garapan
baru.
Contoh tari kreasi baru yaitu tari Manuk Rawe, Garuda Wisnu, dan Belibis
dari
Bali.
Carilah contoh tari kreasi baru yang ada
di Indonesia. Tuliskan nama tari kreasi baru beserta daerah asalnya. Tuliskan
dalam tabel di bawah ini.
No |
Nama Tarian
Kreasi Baru |
Daerah Asal |
|
|
|
Siswa kelas IV akan mengadakan
pertunjukan seni bersama. Mereka berdiskusi untuk menentukan pertunjukan yang
akan ditampilkan. Siswa kelas IV berasal dari daerah yang berbeda-beda. Setiap
daerah memiliki keunikan tersendiri.
Salah satu keunikan suatu daerah
terdapat pada tariannya. Setiap daerah memiliki tarian daerah berbeda. Ragam
gerak tari dari berbagai daerah juga berbeda-beda. Setiap daerah memiliki ciri
khas pada gerak tari. Sebagai contoh ciri-ciri gerak tari yang terdapat pada
gerak tari Bali dan gerak ari Sumatra. Apa saja ciri-ciri gerak tari Bali dan
Sumatra? Mari, simak penjelasan Dayu dan Beni berikut.
Ayo Mengamati !
Dayu
berasal dari Bali. Dayu menjelaskan mengenai ciri-ciri gerak tari Bali. Amatilah
gambar berikut.
Ciri-ciri gerak
tari Bali
a.
Gerakan
pada umumnya dilakukan secara lincah, enerjik, dinamis, dan cepat.
b.
Tidak
hanya kepala, tangan, dan kaki yang digerakkan, mata juga digerakkan.
Beni
berasal dari Sumatra. Beni menjelaskan mengenai ciri-ciri gerak tari Sumatra.
Amatilah gambar berikut.
Ciri-ciri gerak
tari Sumatra
a.
Gerak tari pada umumnya dilakukan secara lincah dan gesit.
b.
Gerak tari lebih menekankan pada gerakan-gerakan kaki.
c.
Gerak lengan, tangan, jari, leher, dan kepala tidak beragam dan tidak rumit.
Keunikan gerak tari yang disampaikan
Dayu dan Beni di atas adalah keunikan gerak tari daerah secara umum. Bagaimana
keunikan gerak tari suatu daerah secara khusus? Salah satu contoh tari dari
Sumatra yaitu tari Seudati dari Aceh. Bagaimana keunikan gerak tari Seudati
dari Aceh? Mari, simak penjelasan berikut.
Seudati adalah tari kelompok yang
berasal dari Aceh. Pertunjukan tari Seudati tidak menggunakan iringan berupa
alat musik. Iringan tari Seudati berupa nyanyian yang dilantunkan dua orang.
Tari Seudati sangat dinamis. Langkah
maju, mundur, ke samping kiri dan ke samping kanan, serta lari dengan angkatan
kaki tinggi pada tari Seudati dilakukan secara cepat. Hal ini membuat tari
Seudati sangat menarik. Tepukan dada yang menimbulkan suara keras dan dalam,
serta jentikan jari bersuara lembut para penarinya membuat tari Seudati menjadi
lebih menarik.
Kamu telah mengetahui keunikan gerak
tari Seudati dari Aceh. Bagaimana dengan daerahmu?
Berasal
dari daerah manakah kamu?
|
Apakah
daerahmu memiliki tari daerah? Tari apa yang terdapat di daerah asalmu?
|
Bagaimana
gerak tari yang berasal dari daerahmu? Apa keunikan gerak tari
dari
daerahmu? Jelaskan!
|
Siswa kelas IV sepakat untuk
menampilkan berbagai gerak tari yang dirangkai menjadi tari kreasi. Mereka akan
menggabungkan dengan iringan tari lagu Apuse. Lagu Apuse merupakan lagu daerah
Papua. Lagu Apuse dinyanyikan dengan penuh semangat. Tahukah kamu, bahwa sikap
semangat merupakan gambaran dari kehidupan rakyat Papua. Semangat masyarakat Papua
di antaranya dapat dilihat saat mereka berburu dan berperang melawan hal yang
tidak baik.
Unsur
apalagi yang menjadikan Papua daerah unik? Ya, Papua memiliki kesenian yang
terkenal di seluruh daerah di Indonesia berupa tarian dan lagu daerah yaitu
tari Perang dan lagu Apuse.
Lagu
Apuse di atas dapat digunakan untuk mengiringi gerak-gerak tari kreasi. Ayo
mencoba melakukan gerak tari dengan iringan lagu Apuse. Syair lagu: Apuse
kokondao yarabe sorendoreri
Syair
lagu: Apuse kokondao yarabe sorendoreri
Syair lagu : Apuse kokondao Yarabe Sorendoreri
Ayo Mencoba !
Bentuklah
kelompok yang terdiri atas lima anak, tiga anak memperagakan gerak tari dan dua
anak bernyanyi lagu Apuse. Peragakan satu per satu gerak tari pada gambar di
depan. Kemudian, padukan dengan syair lagu Apuse. Berlatihlah sampai gerak dan
iringan lagu sesuai. Setelah kelompokmu menguasai gerak tari diiringi lagu
Apuse, tampilkan di depan kelas.
Kerja Sama
dengan Orang Tua
Bertanyalah
kepada orang tua dan anggota keluargamu yang lain misalnya kakak, adik, kakek,
dan nenek nama-nama tari daerah dan cerita rakyat yang dikenal. Tuliskan nama
tari dan cerita rakyat yang dikenal oleh setiap anggota keluargamu.
EVALUASI
PG
a. Jawa Baratb. Kalimantan Selatanc. Papua Baratd. Yogyakarta
2.
Tarian daerah di Indonesia memiliki berbagai unsur, berikut ini yang bukan
merupakan unsur dari tarian daerah adalah ….
a. Tata riasb. Busana yang dipakaic. Musik iringand. Logat yang diucapkan
a. Tari Saman dari Sumatra Utarab. Tari Gareng Lameng dari Nusa Tenggara Timurc. Tari Gambyong dari Jawa Timurd. Tari Selamat Datang dari Kalimantan Utara
a. Tari Jaipong dari Jawa Baratb. Tari kupu-kupu dari Balic. Tari Pakarena dari Sulawesi Selatand. Tari Lenso dari Maluku
a. Mengedepankan gerak tanganb. Menggunakan senjata tradisionalc. Mempunyai gerakan mata khususd. Bersifat lemah gemulai
ESAY
1.
Dari
manakah tarian yang memiliki ciri-ciri mengerakkan mata?
Jawaban: Tarian yang memiliki
ciri-ciri menggerakkan mata adalah tarian dari daerah Bali.
2.
Dari
mana asal tari Saudati? Bagaimana gerak dan iringan pada tari saudati sehingga
membuat unik tarian itu?
Jawaban: Tari Seudati berasal
dari Aceh. Tari Saudati sangat dinamis. Langkah maju, mundur, ke samping kiri
dan ke samping kanan, serta lari dengan angkatan kaki tinggi pada tari Seudati
dilakukan secara cepat. Hal ini membuat tari Seudati sangat menarik. Tepukan
dada yang menimbulkan suara keras dan dalam, serta jentikan jari bersuara
lembut para penarinya membuat tari Seudati menjadi lebih menarik.
FORMAT PENILAIAN
RUBRIK MENCOBA
GERAK TARI KREASI (SBdP)
No |
Nama Siswa |
Pengetahuan |
Ketepatan gerakan |
Sikap |
Rata-rata |
1 |
Ayuni |
|
|
|
|
2 |
Bagas |
|
|
|
|
3 |
CiLa |
|
|
|
|
4 |
Devan |
|
|
|
|
5 |
dll |
|
|
|
|
BASA SUNDA
KOMPETENSI DASAR
3.9 Menggali isi teks
eksposisi tentang makanan sehat dan bergizi khas Sunda (KI-3)
4.9 Menyusun teks
eksposisi tentang makanan sehat dan bergizi khas Sunda (KI-4)
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
MENGAMATI
·
Menyimak
penjelasan guru tentang lingkungan tempat tinggal
·
Membaca
teks deskripsi tentang lingkungan tempat tinggal yang dibacakan guru atau audio/visual dengan
penuh perhatian
MENANYA
·
Bertanya
jawab isi teks deskripsi tentang lingkungan tempat tinggal
MENCOBA
· Merancang teks deskrpsi tentang lingkungan tempat tinggal
MENGOMUNIKASIKAN
· Menulis teks deskripsi tentang lingkungan tempat tinggal
MATERI
DOWNLOAD MATERI : BAHASA SUNDA
KEMBALI KE : LIST BDR, PJJ, WFH
KEMBALI KE : DAFTAR MENU
Komentar
Posting Komentar