MATERI KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 3

 MATERI KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 3



DOWNLOAD MODUL BDR : KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 3



PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)

 

 

KOMPETENSI DASAR

1.4 Mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

4.4 Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan keragaman ekonomi di Indonesia dengan benar.

2.   Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu menjelaskan sikap toleransi yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah dengan tepat.

3.   Setelah m otivasi diri sendiri, siswa mampu menerapkan sikap toleransi di sekolah dengan tepat.

4.   Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan perlunya bersikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

·         Dengan berdiskusi, siswa mampu menemukan pengetahuan baru yang dapat diperoleh dari teks bacaan.

·         Guru mengarahkan siswa bahwa keragaman ekonomi dapat dilihat di antara keluarga siswa satu kelas.

·         Guru berpesan kepada siswa untuk mengembangkan sikap toleransi.

·         Guru menekankan bahwa sikap toleransi dapat menjaga persatuan dan kesatuan siswa di sekolah.

·         Dengan mencermati teks, siswa mampu mengetahui arti penting sikap toleransi.

·         Guru menjelaskan tentang arti penting sikap toleransi.

 

MATERI

 

Ayo Membaca !

 

Arti Penting Memahami Keragaman dalam Masyarakat

Indonesia

 

Keragaman masyarakat Indonesia hendaknya kita pahami bersama sebagai kelebihan bangsa Indonesia yang bisa memperkaya khasanah budaya nasional. Kita harus bisa menerima keragaman dalam masyarakat dengan bijaksana. Dan kita hendaknya bisa menjadikan keragaman yang ada sebagai alat untuk mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.



Kurang memahami keragaman dalam masyarakat Indonesia dapat menimbulkan dampak negatif bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Beberapa dampak negatif tidak adanya pemahaman atas keragaman dalam masyarakat Indonesia sebagai berikut.

1.      Terjadinya konflik, baik konflik ras, konflik antarsuku, maupun konflik antaragama.

2.      Perpecahan (disintegrasi) bangsa. Perpecahan bangsa ini bisa terjadi karena terdapat konflik sosial dalam kehidupan masyarakat, baik karena perbedaan ekonomi, status sosial, ras, suku, agama, dan hasil kebudayaan.

3.      Memandang masyarakat dan kebudayaan sendiri lebih baik serta merendahkan masyarakat dan kebudayaan lain. Sikap ini dapat mendorong terjadinya konflik antarkelompok.

4.      Semangat nasionalisme berlebihan sehingga menganggap rendah bangsa lain.

5.      Mempersulit pemerintah dalam menetapkan kebijakan pembangunan.

6.      Menghambat usaha pembangunan dan pemerataan sarana dan prasarana.

7.      Kurangnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

 

Dampak negatif tersebut dapat kita hindari. Segenap bangsa Indonesia harus menyadari bahwa keanekaragaman yang ada dalam masyarakat Indonesia telah menjadi identitas kebangsaan yang tumbuh dan berkembang jauh sebelum bangsa ini menjadi satu kesatuan yang utuh, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bhinneka Tunggal Ika yang dicetuskan oleh Mpu Tantular pada abad XIV ini telah menjadi simbol sekaligus menjadi semboyan persatuan bangsa kita sejak dari dahulu, mulai dari Sabang sampai Merauke. Oleh karena itu, kita hendaknya bisa saling menghargai atau bersikap toleran dalam keragaman.

Banyak bentuk tindakan yang mencerminkan sikap toleran dalam keragaman, antara lain sebagai berikut.

1.    Menghargai perbedaan dalam masyarakat, baik perbedaan suku, agama, ras, budaya, maupun golongan.

2.    Hidup berdampingan secara damai dengan orang lain meskipun berbeda suku, agama, ras, budaya, maupun golongan.

3.    Berinteraksi dengan baik tanpa ada sekat perbedaan suku, agama, ras, budaya, dan golongan.

 

Selain itu, sikap saling menghargai dan toleransi dapat kita tunjukkan dengan menghindari tindakan-tindakan yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beberapa sikap yang hendaknya kita hindari seperti berikut.

1.   Memaksakan kehendak kepada orang lain.

2.   Acuh tak acuh dan tidak peduli terhadap lingkungan sekitar.

3.   Menonjolkan suku, agama, ras, golongan, dan budaya tertentu.

4.   Mementingkan suku bangsa sendiri atau sikap yang menganggap suku bangsanya lebih baik daripada suku bangsa yang lain.

5.   Cenderung memaksakan kehendak dan berani menempuh tindakan melanggar norma untuk mencapai tujuan.

6.   Mencari keuntungan diri sendiri (mementingkan diri sendiri) daripada untuk kesejahteraan orang lain.

 

Tugas !

Tuliskan informasi-informasi penting dari teks “Arti Penting Memahami Keragaman dalam Masyarakat Indonesia”. Jika sudah, bacakan hasil tugasmu di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.

 

Informasi penting dari teks “Arti Penting Memahami Keragaman dalam

Masyarakat Indonesia”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apa yang kamu pelajari hari ini?

 

 

 

 

 

 

Bagaimana sikapmu dalam menghadapi keragaman di Indonesia?

 

 

 

 

 

 

Bagaimana sikap toleransi yang telah dilakukan keluargamu atas keragaman di lingkungan sekitarmu?

Sikap toleransi yang dilakukan keluargaku:

 

 JAWABAN

 

 

 



Ayo Membaca !

 

Sikap Toleransi terhadap Keragaman

 

Toleransi berasal dari bahasa Latin, tolerare yang artinya dengan sabar membiarkan sesuatu. Toleransi dapat diartikan sebagai perilaku terbuka yang menghargai segala perbedaan yang ada dengan sesama manusia. Bersikap toleransi berarti bersikap sabar, menahan diri, serta menghargai dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki perbedaan pendapat. Berikut bentuk sikap toleransi terhadap keragaman suku, budaya, agama, ras, dan gender.

 

1. Toleransi dalam Keragaman Agama

Kebebasan beragama dijamin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, khususnya pasal 29 ayat (2) yang berbunyi ”Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu”. Dengan adanya jaminan kemerdekaan beragama tersebut, segenap warga negara Indonesia hendaknya mengembangkan sikap toleransi antarumat beragama. Sikap toleransi antarumat beragama dapat diwujudkan dalam bentuk tindakan seperti berikut.

a.    Tidak menghina agama yang diyakini orang lain.

b.   Tidak memaksakan agama kepada orang lain.

c.    Menghormati agama yang diyakini orang lain.

d.   Beribadah dengan baik sesuai ajaran agama yang dianut.

e.    Hormat menghormati dan saling bekerja sama antarumat beragama.

f.     Memberi kesempatan kepada pemeluk agama lain untuk beribadah.

g.    Menjaga kerukunan antarumat beragama, intern umat beragama, dan antara umat beragama dengan pemerintah.

 

2. Toleransi dalam Keragaman Suku dan Ras

Masyarakat Indonesia terdiri atas beragam suku dan ras. Tiap-tiap suku bangsa mempunyai ciri khas yang membedakan dengan suku bangsa yang lain. Ciri suku bangsa yang didasarkan atas ciri fisik disebut ras. Jadi, setiap suku bangsa mempunyai ras masing-masing. Oleh karena itu, tercipta keragaman ras.

Terhadap keragaman yang ada, kita harus saling menghormati dan mengembangkan sikap toleran. Mengapa demikian? Alasannya, masyarakat Indonesia yang terdiri atas beragam suku dan ras pada dasarnya merupakan satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia. Jadi, dengan sikap toleransi antarsuku dan ras diharapkan akan terjalin persatuan dan kesatuan bangsa sehingga dapat memperkukuh NKRI.

Sikap toleran dalam keragaman suku dan ras dapat kita tunjukkan dalam bentuk sikap dan perilaku baik kepada siapa pun tanpa membedakan suku dan ras mana pun. Selain itu, kita senantiasa menghargai dan menghormati harkat dan martabat setiap manusia dengan mengembangkan semangat persaudaraan dan menjunjung nilai-nilai kemanusiaan. Dalam pergaulan sehari-hari kita harus bisa menerima suku-suku dan ras bangsa lain.

Sikap toleran dalam keragaman suku dan ras dapat kita tunjukkan dalam bentuk sikap dan perilaku baik kepada siapa pun tanpa membedakan suku dan ras mana pun. Selain itu, kita senantiasa menghargai dan menghormati harkat dan martabat setiap manusia dengan mengembangkan semangat persaudaraan dan menjunjung nilai-nilai kemanusiaan. Dalam pergaulan sehari-hari, kita harus bisa menerima suku-suku dan ras bangsa lain.

 

3. Toleransi dalam Keragaman Sosial Budaya

Indonesia terdiri atas berbagai daerah. Tiap-tiap daerah dihuni oleh masyarakat Indonesia yang memiliki kehidupan sosial dan budaya sendiri-sendiri. Oleh karena itu, di Indonesia terdapat keragaman sosial budaya. Keragaman sosial budaya merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang tidak ternilai harganya dan diwariskan oleh nenek moyang kita dari zaman dahulu. Kita sebagai generasi penerus bangsa hendaknya senantiasa menghormati, melestarikan, dan mengembangkan berbagai bentuk warisan sosial dan budaya Indonesia. Bagaimanakah caranya? Tentu saja dengan bersikap toleran demi mempertahankan keanekaragaman sosial budaya dalam bentuk tindakan seperti berikut.

 

a.    Bangga terhadap kebudayaan dalam negeri.



b.   Menyaring budaya asing yang masuk Indonesia.

c.    Mengetahui dan selalu mencari informasi keanekaragaman budaya bangsa Indonesia.

d.   Menghormati kelompok lain yang menjalankan kebiasaan sosial dan adat istiadatnya.

e.    Menghargai hasil kebudayaan suku bangsa lain.

f.     Mempelajari dan menguasai seni budaya bangsa sesuai minat dan kesenangannya.

g.    Melestarikan dan mengembangkan berbagai jenis seni tradisional seperti seni tari, seni musik, dan seni pertunjukan.

 

4. Toleransi dalam Keragaman Gender dan Mengembangkan Kesetaraan Gender

Tuhan telah menciptakan manusia dalam dua jenis yaitu laki-laki dan perempuan. Setiap orang hendaknya memiliki kesadaran gender yaitu kesadaran atas konsep yang meletakkan kedudukan, fungsi, dan peran antara laki-laki dan perempuan dalam masyarakat sejajar. Laki-laki dan perempuan dapat bekerja sama dalam melakukan pembangunan nasional dan menciptakan harmoni sosial. Sebagai contoh, laki-laki dan perempuan dapat mengambil peran yang berguna bagi sesama manusia lainnya. Anak laki-laki dan perempuan memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjaga kebersihan dan kerapian tempat tinggal. Siswa perempuan juga memiliki kesempatan sama untuk menjadi ketua kelas seperti halnya siswa laki-laki.

Keragaman gender dapat menjadi kekuatan bagi bangsa Indonesia, apabila masyarakat Indonesia menyadari bahwa setiap manusia memiliki hak, kewajiban, dan tanggung jawab yang sama. Adapun sikap yang dapat dikembangkan dalam menghormati keragaman gender adalah sebagai berikut.

a. Tidak membeda-bedakan laki-laki dan perempuan dalam berteman.

b. Memberikan hak yang sama antara laki-laki dan perempuan.

c. Tolong-menolong tanpa membedakan jenis kelamin.

 

Tugas !

Kamu telah membaca bacaan “Sikap Toleransi terhadap Keragaman”. Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari bacaan tersebut. Tuliskan dalam bentuk berikut.

 

Informasi dari Bacaan “Sikap Toleransi terhadap Keragaman”

 

 

 

 

 

 

 

Apa yang kamu pelajari hari ini?

 

 

 

 

 

  

Apa yang kamu pahami tentang pentingnya toleransi?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sikap toleransi dalam hal apakah yang kamu temui di lingkungan tempat tinggalmu?

 

 

 

 

 

JAWABAN

 

 

Ayo Membaca !

Bacalah teks berikut!

 

Melaksanakan Sikap Toleransi

 

Kita harus mempunyai sikap toleransi terhadap keragaman dalam masyarakat Indonesia, baik keragaman agama, suku dan ras, sosial budaya, maupun gender. Sikap toleransi dalam keragaman bangsa Indonesia sangat penting dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, pentingnya sikap toleransi antara lain sebagai berikut.

1.   Membentuk persatuan bangsa.

2.   Menciptakan kerukunan antarwarga masyarakat.

3.   Memunculkan rasa nasionalisme dan bangga terhadap bangsa dan negara Indonesia.

4.   Memperkukuh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Sikap toleransi hendaknya juga diterapkan dalam lingkungan kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, maupun bangsa dan negara. Berikut beberapa contoh penerapan sikap toleransi dalam berbagai lingkungan kehidupan sehari-hari.

 

1. Lingkungan Keluarga

Contoh sikap toleransi dalam lingkungan keluarga seperti berikut.

a.    Membantu pekerjaan orang tua di rumah.

b.   Membantu adik saat kesulitan dalam belajar.

c.    Menghargai perbedaan antaranggota keluarga.

d.   Menjaga ketenangan saat jam tidur siang.

e.    Mendengarkan dan menjalankan nasihat orang tua.

 

2. Lingkungan Sekolah

Contoh sikap toleransi dalam lingkungan sekolah seperti berikut.

a. Menjaga ketenangan dalam kelas saat berlangsungnya proses belajar mengajar.

b. Menghargai perbedaan pendapat dengan teman.

c. Tidak membedakan suku, agama, dan ras teman dalam bergaul.

d. Tidak memaksakan agama kita kepada orang lain.

e. Mematuhi tata tertib sekolah.

 

3. Lingkungan Masyarakat

Contoh sikap toleransi dalam lingkungan masyarakat seperti berikut.

a. Ramah kepada tetangga.

b. Mengikuti kegiatan sosial dalam kehidupan masyarakat.

c. Memberi kesempatan kepada tetangga untuk menjalankan ibadah.

 

Ayo Berdiskusi !

Bersama teman sekelompokmu, tuliskan informasi dari teks “Melaksanakan Sikap Toleransi”

Tuliskan hasil diskusimu dalam sebuah peta pikiran seperti contoh berikut.

 



Apa yang kamu pelajari hari ini?

 

 

 

 

 

Apa arti penting melaksanakan sikap toleransi?

 

 

 

 

 

Bagaimana pelaksanaan sikap toleransi yang telah kamu lakukan?

 

 

 

 

 

Bersama orang tuamu, identifikasilah pelaksanaan sikap toleransi di desamu.

Pelaksanaan sikap toleransi di desaku:

 

 

 JAWABAN

 


EVALUASI

PPKn

A. SOAL ISIAN

1.   Perbuatan saling menghormati antarumat beragama disebut . . . .

Jawab : (toleransi)

2.   Menghormati teman yang sedang beribadah merupakan perbuatan yang . . . .

Jawab : (terpuji)

3.   Terhadap teman yang berbeda suku sebaiknya kamu bersikap . . . .

Jawab : (saling menghormati)

4.   Sinaga berasal dari Batak dan Wahyu berasal dari Jawa. Mereka selalu rukun meskipun berbeda . . . .

Jawab : (suku bangsa)

5.   Kebebasan beragama merupakan hak asasi manusia yang paling hakiki dan dijamin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, khususnya pasal . . . ayat . . . .

Jawab : (pasal 29 ayat 2)

6.   Togar dan Niluh berbeda suku bangsa. Agar saling mengerti, mereka sebaiknya berbicara dengan bahasa . . . .

Jawab : (Indonesia)

 

B. SOAL URAIAN

1. Sebutkan 3 cara menghargai keragaman budaya!

Jawaban:

a. Tidak menjelek-jelekkan budaya daerah lain.

b. Berusaha mempelajari budaya daerah lain.

c. Ikut mendukung usaha-usaha melestarikan budaya.

 

2. Jelaskan pelaksanaan toleransi di lingkungan masyarakat!

Jawaban:

Toleransi di lingkungan masyarakat dapat dilakukan misalnya dengan saling menghormati waktu dan pelaksanaan ibadah umat agama lain, menggunakan bahasa Indonesia saat berkomunikasi dengan warga berbeda suku bangsa, bersama-sama mendukung dan membantu kelancaran pelaksanaan upacara adat dari suku bangsa berbeda.

 

3. Bagaimana sikapmu jika ada teman yang berbeda agama sedang beribadah?

Jawaban:

 

4. Jelaskan manfaat toleransi!

Jawaban: toleransi bermanfaat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keragaman.

 

5. Sebutkan dampak negatif tidak adanya pemahaman atas keragaman dalam masyarakat!

Jawaban: Tidak adanya pemahaman atas keragaman dalam masyarakat akan menimbulkan perpecahan.

 

6. Jelaskan sikap toleransi untuk mempertahankan keanekaragaman budaya daerah yang ada di Indonesia!

Jawaban :

a.    Menyaring budaya asing yang masuk di Indonesia.

b.   Mengetahui dan selalu mencari informasi keanekaragaman budaya bangsa Indonesia.

c.    Menghormati kelompok lain yang menjalankan kebiasaan sosial dan adat istiadatnya.

d.   Menghargai hasil kebudayaan suku bangsa lain.

e.    Mempelajari dan menguasai seni budaya bangsa sesuai minat dan kesenangannya.

f.     Melestarikan dan mengembangkan berbagai jenis seni tradisional seperti seni tari, seni musik, dan seni pertunjukan.

 

 

FORMAT PENILAIAN

BERDISKUSI MENGENAI SIKAP TOLERANSI YANG DAPAT DILAKUKAN DI SEKOLAH

PENILAIAN KINERJA

NO

NAMA SISWA

Kemampuan menyebutkan sikap Toleransi yang dapat dilakukan di sekolah

Keaktifan

Keterampilan berbicara dalam berdiskusi

Keterampilan dalam membuat laporan tertulis

Rata-rata

1

Agus

90

85

75

80

83

2

Beny

80

75

65

70

73

3

Cilla

70

75

65

60

68

4

Deni

80

75

70

60

71

5

dst

 

 

 

 

 

 

 DOWNLOAD MATERI : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------


BAHASA INDONESIA

 

 

KOMPETENSI DASAR

3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.

4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan Bahasa sendiri.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Setelah mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menuliskan kata sulit dan artinya dari teks bacaan dengan cermat.

2.   Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan dengan rinci.

3.   Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan pengetahuan baru yang diperoleh dari teks bacaan dengan terperinci.

4.   Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan pengetahuan baru yang dapat diperoleh dari teks bacaan dengan tepat.

5.   Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan informasi-informasi penting yang termuat dalam teks dengan terperinci.

6.   Setelah mencermati teks, siswa mampu menuliskan informasi-informasi penting dalam teks tersebut dengan benar.

7.   Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan informasi penting dari teks bacaan tersebut kemudian ditulis dalam sebuah peta konsep dengan benar.

8.   Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat laporan tertulis dengan benar.

9.   Setelah mencermati teks, siswa mampu menuliskan kata sulit beserta artinya, gagasan pokok dalam setiap paragraf, dan menyusun informasi penting dari teks bacaan dengan benar.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

·         Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu membuat daftar kata sulit dari teks bacaan dan menuliskan artinya.

·         Dengan berdiskusi, siswa mampu menuliskan pokok pikiran dalam setiap paragraf dalam teks bacaan.

·         Dengan berdiskusi, siswa mampu mendapatkan pengetahuan baru yang diperoleh dari teks bacaan. Selanjutnya, siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas.

·         Dengan membaca teks, siswa mengenali arti penting memahami keragaman ekonomi dalam masyarakat Indonesia.

·         Dengan membaca teks, siswa mampu menuliskan informasi-informasi penting yang termuat di dalam teks. Selanjutnya, siswa membacakannya di depan guru dan teman-temannya.

·         Guru mengarahkan siswa untuk mengenal sikap toleransi.

·         Dengan mencermati teks tentang bentuk sikap toleransi terhadap keragaman suku, budaya, agama, ras, dan gender, siswa mampu menuliskan informasi baru dari teks.

·         Siswa secara berkelompok berdiskusi mengumpulkan informasi penting dalam teks yang dibaca.

·         Kumpulan informasi kemudian disusun dan ditulis dalam sebuah peta konsep.

·         Dengan membaca teks, siswa mampu menemukan kata-kata sulit dalam teks bacaan.

·         Siswa juga berdiskusi tentang gagasan pokok dari setiap paragraf dan mengumpulkan informasi penting dalam teks yang dibaca.

·         Siswa menyusun semua hasil diskusi dalam sebuah laporan tertulis dan dikumpulkan kepada guru.

 

 

 

 

MATERI




Ayo Membaca !

Bacalah dalam hati teks berikut!

 

Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini Negara Republik Indonesia memiliki keragaman adat, budaya, dan agama. Adat dan budaya setiap daerah unik dan berbeda dari daerah lain. Agama yang dianut penduduk pun beragam. Dengan perbedaan itu, bagaimana kita dapat menjaga kesatuan bangsa? Nah, untuk menjaga kesatuan bangsa dan supaya tetap rukun, mari kita lakukan sikap-sikap berikut.

Salah satu sikap yang harus dilakukan yaitu adanya toleransi dan saling menghormati dalam menjalankan ibadah. Bagaimana perwujudannya? Salah satu perwujudannya kita tidak boleh menghina teman yang berbeda agama. Selanjutnya, saat teman kita sedang beribadah kita tidak boleh mengganggu mereka.

Sikap lain yang harus dilakukan yaitu menghargai kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia. Negara kita kaya akan berbagai kebudayaaan daerah. Kita boleh membanggakan kebudayaan daerah sendiri. Namun, kita juga harus menghargai dan ikut melestarikan kebudayaan daerah lain.

Jadi, untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI, bagaimana sikap kita? Kita harus saling menghargai, menghormati, dan menyayangi orang lain meskipun berbeda agama, suku, dan budaya. Sikap itulah yang harus selalu kita tanamkan pada diri kita.

 

Ayo Berdiskusi !

Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”.

1.   Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.

 

Kata Sulit dari teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap ini”

No

Kata Sulit

Artinya

1

2

3

4

5

 

2.   Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”.

Pokok pikiran paragraph 1 :

 

 

 

 

 

Pokok pikiran paragraph 2 :

 

 

 

 

 

Pokok pikiran paragraph 3 :

 

 

 

 

 

Pokok pikiran paragraph 4 :

 

 

 

 

 

3.   Mengapa kita harus melaksanakan ajakan pada teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”?

 

Kita harus melaksanakan ajakan pada teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini” karena :

 

 

 

 

 

 JAWABAN

 

 

 

 

Ayo Membaca !

Bacalah teks berikut!

 

Percantik Dekorasi Ruang Tamu dengan Seni Mozaik

 

Mozaik merupakan seni dekorasi dengan merangkai kepingan-kepingan bahan berwarna, seperti keramik, batu, atau kertas. Kepingan-kepingan bahan itu disusun sehingga membentuk suatu gambar. Seorang desainer interior, Alexey Steshak sukses mempercantik tampilan dinding rumahnya dengan karya mozaik bergambar pohon.

 


Sebelum merangkai kepingan-kepingan keramik, Alexey Steshak terlebih dahulu membuat sketsa gambar pohon di dinding rumahnya. Ia kemudian menempelkan kepingan-kepingan keramik berbagai macam warna seperti hijau, oranye, dan cokelat hingga terbentuklah gambar pohon yang unik dan mempesona.

 

Sumber: http://lifestyle.liputan6.com/read/2165395/percantik-dekorasi-ruang-tamu-dengan-seni-mozaik diunduh 23 September 2016

 

Ayo Berdiskusi !

Pengetahuan baru apa yang kamu dapat dari teks ‘' Percantik Dekorasi Ruang Tamu dengan Seni Mozaik”? Diskusikan dengan teman sebangkumu, lalu bacakan hasil diskusimu di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

Karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik menggunakan aneka bahan. Bahan yang dapat digunakan, misalnya kertas, biji-bijian, bulu binatang, kain, kaca, atau keramik. Setiap jenis bahan akan menghasilkan tampilan berbeda. Tekstur karya juga berbeda. Ada yang bertekstur halus. Sebaliknya, ada pula yang bertekstur kasar.

Secara umum, ada dua macam tekstur permukaan benda yaitu kasar dan halus. Setiap jenis tekstur memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung peruntukannya. Kaca yang bertekstur halus bermanfaat supaya dapat memantulkan cahaya lebih baik. Sebaliknya, ban kendaraan bertekstur kasar.

 

 

Ayo Membaca !

Bacalah teks berikut!

 

Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia

 

Ki Hajar Dewantara diberi gelar sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Pemberian gelar itu ditetapkan pada tahun 1959 oleh Presiden Soekarno. Gelar itu diberikan kepada Ki Hajar Dewantara atas jasa beliau merintis pendidikan umum di Indonesia. Hari kelahiran Ki Hajar Dewantara tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Ki Hajar Dewantara lahir dari keluarga ningrat di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Nama aslinya Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Namun, pada usia 40, beliau berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Beliau tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan Raden Mas, karena beliau ingin dekat dengan rakyat.

 


Beliau lulus dari ELS (Sekolah Dasar Belanda), lalu melanjutkan ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera) namun tidak selesai. Ki Hajar Dewantara menjadi wartawan di banyak surat kabar, yaitu Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, De Express, Poesara, Sedyotomo, dan Midden Jaya. Tulisan-tulisan beliau mampu membangkitkan semangat kebangsaan orang Indonesia.

Ki Hajar Dewantara juga aktif dalam kegiatan politik. Melalui organisasi Boedi Oetomo, beliau menyuarakan pentingnya persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara. Pada tahun 1912 beliau bersama Douwes Dekker dan Cipto Mangunkoesomo mendirikan Indische Partij. Indische Partij merupakan partai yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia.

Pada tahun 1913, Ki Hajar Dewantara mengkritik perayaan 100 tahun bebasnya Belanda dari penjajahan Perancis. Akibatnya beliau dibuang ke negeri Belanda. Di sana beliau mempelajari pendidikan dan pengajaran.

Selanjutnya, pada tanggal 3 Juli 1932 Ki Hajar Dewantara kembali ke Indonesia. Beliau mendirikan Perguruan Nasional Taman Siswa. Dari sekolah inilah lahir konsep pendidikan nasional. Saat Indonesia merdeka dan menjadi republik, Ki Hajar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan Indonesia. Ki Hajar Dewantara wafat pada tanggal 28 April 1959. Jasanya terus dikenang oleh bangsa Indonesia.

 

Tugas !

Bacalah teks “Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia”.

1.   Tuliskan kata sulit pada teks, lalu carilah artinya.

2.   Tuliskan gagasan pokok setiap paragraf pada teks “Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia”.

3.   Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari teks tersebut.

4.   Buatlah laporan tertulis tentang teks tersebut.

Serahkan hasil tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru.

 

Apa yang telah kamu pelajari?

 

 

 

 

 

Sikap apa yang dapat kamu tiru dari Ki Hajar Dewantara?

 

 

 

 

 JAWABAN

 

 

 

EVALUASI

BAHASA INDONESIA

A. SOAL ISIAN

Bacaan ini untuk menjawab soal nomor 1–4.

 

Kebutuhan manusia sangat beragam, karena manusia memiliki kecenderungan tidak mudah puas. Manusia berupaya memenuhi kebutuhan hidupnya melalui kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi akan selalu dilakukan manusia dalam berbagai bidang kehidupan. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia memerlukan peran pelaku ekonomi. Pelaku ekonomi terdiri atas produsen dan konsumen. Produsen adalah penghasil barang dan konsumen adalah pemakai barang yang dibuat produsen. Konsumen akan membeli barang yang diperlukannya menggunakan uang. Uang akan diterima produsen dan akan digunakannya juga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

1. Mengapa manusia memiliki kebutuhan yang beragam?

Jawab : (Karena manusia memiliki kecenderungan tidak mudah puas)

2. Bagaimana manusia memenuhi kebutuhan hidupnya?

Jawab : (Manusia memenuhi kehidupannya dengan melakukan kegiatan ekonomi)

3. Siapa saja yang termasuk pelaku ekonomi?

Jawab : (Pelaku ekonomi terdiri atas produsen dan konsumen)

4. Alat tukar apa yang digunakan konsumen dalam kegiatan ekonomi?

Jawab : (Alat tukar yang digunakan adalah uang)

 

B. SOAL URAIAN

Bacaan ini untuk menjawab soal nomor 1–2.

Anggota keluarga terdiri atas ayah, ibu, dan anak-anak. Di lingkungan rumah, hidup rukun perlu dilakukan semua anggota keluarga. Ayah dan ibu menyayangi anak-anak. Ayah dan ibu bekerja untuk memenuhi keperluan keluarga. Uang yang diperoleh dari hasil kerja ayah dan ibu digunakan untuk membeli makanan, membayar keperluan sekolah, dan membeli keperluan sehari-hari lainnya. Anak-anak menghormati ayah dan ibu. Kerukunan dalam keluarga akan terjaga jika semua anggota keluarga saling bekerja sama dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Setiap anggota keluarga harus saling menghargai agar tidak terjadi pertengkaran.

Hidup rukun dilakukan oleh warga sekolah. Guru mendidik siswa dengan penuh perhatian. Guru mengajarkan ilmu pengetahuan dan menanamkan nilai-nilai budi pekerti yang baik bagi siswa. Sebaliknya, siswa menghormati guru dan memerhatikan setiap penjelasan yang diberikan guru di kelas.

Kerukunan di sekolah juga dapat terjadi jika ada sikap saling menghormati antarguru dan saling menyayangi antarsiswa. Manusia adalah makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak akan bisa bertahan hidup jika hidup secara individual. Manusia memerlukan manusia lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, manusia harus hidup rukun dengan masyarakat di sekitarnya. Contoh hidup rukun antara lain bergotong royong membangun jembatan yang rusak, bekerja sama menjaga keamanan lingkungan, dan membantu tetangga yang sedang tertimpa musibah.

 

1. Apa agasan pokok paragaraf pertama dari bacaan di atas?

Jawab : (Setiap anggota keluarga harus saling menghargai agar tidak terjadi pertengkaran)

2. Jelaskan informasi baru yang dapat diperoleh dari bacaan di atas!

Jawab : (Jawaban bisa beragam)

 

FORMAT PENILAIAN

MENJELASKAN INFORMASI BARU DALAM TEKS BACAAN

PENILAIAN NONTES

NO

NAMA SISWA

Kemampuan menjelaskan informasi baru yang diperoleh

Keterampilan dalam menyajikan informasi

Rata-rata

1

Agus

90

80

85

2

Beny

80

70

75

3

Cilla

70

60

65

4

Deni

80

60

70

5

dst

 

 

 

 

MENEMUKAN KATA SULIT DAN ARTINYA SERTA POKOK PIKIRAN SETIAP PARAGRAF TEKS BACAAN

PENILAIAN NONTES

NO

NAMA SISWA

Dapat menyebutkan arti kata sulit

Kemampuan menyusun pokok pikiran dalam setiap paragraph dengan runtut dan kosakata baku

Keterampilan berbicara saat berdiskusi

Rata-rata

1

Agus

90

80

85

85

2

Beny

80

70

75

75

3

Cilla

70

60

65

65

4

Deni

80

60

70

70

5

dst

 

 

 

 

 

DOWNLOAD MATERI : BAHASA INDONESIA

 --------------------------------------------------------------------------------------------------------


MATEMATIKA

 

KOMPETENSI DASAR

3.11. Menyelesaikan  masalah  berkaitan  dengan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga.

3.7.  Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

3.7.1   Menganalisis cara meghitung dan menentukan luas persegi.

3.7.2   Menganalisis cara menghitung dan menentukan luas persegi panjang.

3.7.3   Menganalisis cara menghitung dan menetukan luas segitiga.

4.9.1. Menyajikan  penyelesaian  permasalahan  yang  melibatkan  keliling dan luas daerah (persegi, persegipanjang, segitiga).

4.9.2   Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan keliling dan luas daerah (persegi, persegi panjang, segitiga)

 

MATERI

LUAS SEGITIGA
















DOWNLOAD MATERI : MATEMATIKA

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------


ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

 

 

KOMPETENSI DASAR

3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

4.3 Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan tentang gaya magnet dengan tepat.

2.   Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan tentang gaya gravitasi dengan tepat.

3.   Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan hubungan antara tekstur permukaan benda dengan gaya gesek dengan tepat.

4.   Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu menjelaskan manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

·         Dengan melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan tentang gaya magnet.

·         Dengan melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan tentang gaya gravitasi.

·         Dengan melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan hubungan antara tekstur permukaan benda dengan gaya gesek.

·         Dengan berdiskusi kelompok, siswa mampu menjelaskan manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari.

 

MATERI

Ayo Bercerita !

Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan?

 

“Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia menjadi magnet bagi para wisatawan.” Pernahkah kamu mendengar atau membaca kalimat seperti itu? Apa maksudnya? Maksud dari kalimat tersebut adalah bahwa keragaman suku

bangsa dan budaya di Indonesia menjadi daya tarik bagi wisatawan.

 

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa hubungannya “magnet” dengan “daya tarik”. Nah, terlebih dahulu lakukan kegiatan berikut.

 

Ayo Mencoba !

Lakukan kegiatan ini di dalam kelas.

1.   Sediakan magnet batang atau magnet mainan (yang biasa ditempelkan pada pintu lemari pendingin).

2.   Sediakan benda-benda kecil, seperti jarum pentul, peniti, pensil, kerikil, dan daun. Letakkan di atas meja.

3.   Dekatkan magnet pada benda-benda kecil tersebut.

4.   Catatlah hasil pengamatan kalian.

5.   Ingat, berhati-hatilah saat bekerja dengan jarum pentul dan peniti. Pastikan tidak ada jarum pentul yang terjatuh di lantai. Pastikan juga peniti tidak terbuka. Setelah selesai digunakan, bereskan dan masukkan kembali jarum pentul dan peniti ke tempatnya.

 

Ayo Berdiskusi !

Berdasarkan kegiatan di depan, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelasmu.

1.   Apa yang terjadi saat magnet didekatkan pada benda-benda kecil yang kamu sediakan?

2.   Benda apa yang dapat ditarik oleh magnet?

3.   Benda apa saja yang tidak dapat ditarik oleh magnet?

 JAWABAN


Magnet mempunyai kemampuan menarik benda-benda yang terbuat dari logam.

 

Ayo Mencoba !

Lakukan kegiatan ini bersama teman sebangkumu.



1.   Sediakan dua buah magnet batang, misalnya magnet I dan magnet II.

2.   Tandai ujung dari setiap batang magnet, misalnya A dan B.

3.   Dekatkan ujung A dari magnet I dengan ujung A magnet II. Apa yang terjadi?

4.   Dekatkan ujung A dari magnet I dengan ujung B dari magnet II. Apa yang terjadi?

5.   Dekatkan ujung B magnet I dengan ujung A magnet II. Apa yang terjadi?

6.   Dekatkan ujung B magnet I dengan ujung B magnet II. Apa yang terjadi?

Catatlah hasil pengamatanmu dalam tabel seperti berikut, lalu jelaskan kepada Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.

 

No.

Perlakuan

Hasil

1.

Ujung A magnet I didekatkan dengan ujung A magnet II

2.

Ujung A magnet I didekatkan dengan ujung B magnet II

3.

Ujung B magnet I didekatkan dengan ujung A magnet II

4.

Ujung B magnet I didekatkan dengan ujung B magnet II

  JAWABAN


Sebuah magnet mempunyai dua ujung berlawanan. Ujung magnet biasa disebut kutub. Dua kutub magnet yang berlawanan itu disebut kutub utara (U) dan kutub selatan (S).

Jika dua buah magnet didekatkan pada kutub yang sama, kedua magnet akan tolak menolak. Sebaliknya, jika dua buah magnet didekatkan pada kutub yang berbeda, kedua magnet tersebut akan tarik menarik.

 



 

Interaksi dua buah magnet (misalnya dengan didekatkan) akan menimbulkan gaya. Gaya itu disebut gaya magnet. Jadi, gaya magnet adalah gaya yang dihasilkan ketika dua magnet atau lebih saling berinteraksi.

 

Gaya magnet dapat dimanfaatkan, misalnya dalam pembuatan kompas. Kompas adalah alat penunjuk arah utara dan selatan. Pada kompas terpasang sebuah magnet berbentuk jarum. Jika diletakkan mendatar, jarum kompas akan selalu menunjuk arah utara dan selatan.

 


Kamu telah mengetahui bahwa jarum kompas selalu menunjuk arah utara selatan. Kini, bagaimana arah benda jika dijatuhkan dari ketinggian tertentu? Ayo, lakukan kegiatan berikut.

 

Ayo Mencoba !

1.   Siapkan sebuah uang logam.

2.   Keluarlah dari dalam kelas menuju halaman sekolah atau lapangan yang lebih luas.

3.   Pegang uang logam yang telah kamu persiapkan lalu lemparkan kuat-kuat ke atas. Perhatikan arah lemparan agar tidak mengenai teman atau bangunan yang dekat dengan kamu.

4.   Apa yang terjadi setelah kamu melempar uang logam itu? Catatlah hasil dari kegiatanmu.

5.   Ulangi sebanyak lima kali.

 


Ayo Berdiskusi !

Diskusikan bersama kelompokmu hasil dari kegiatanmu melempar uang logam atas.

1.   Apa yang terjadi setelah uang logam dilempar ke atas?

2.   Mengapa hal itu bisa terjadi?

3.   Bagaimana seandainya uang logam diganti bola, pensil, penghapus, dan kapas?

4.   Selanjutnya, ceritakan hasil diskusi kelompokmu kepada Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

 JAWABAN


 

Uang logam yang dilempar kuat-kuat ke atas akan kembali ke bumi. Bayangkan jika uang itu tidak kembali lagi ke bumi dan terus terbang jauh ke angkasa. Kamu akan kehilangan uang logam itu.

 

Mengapa uang logam itu jatuh kembali lagi ke bumi? Uang logam dan benda apa pun yang kamu lemparkan ke atas akan kembali lagi ke bumi karena adanya gaya gravitasi. Gaya gravitasi adalah gaya yang disebabkan oleh gaya tarik yang dihasilkan oleh bumi. Gaya gravitasi ini akan menyebabkan semua benda yang berada di permukaan bumi selalu tertarik menuju bumi.

Jika tidak ada gaya gravitasi, semua benda yang kamu lemparkan ke atas dapat dengan mudah hilang karena melayang di angkasa. Bahkan, diri kamu sendiri dapat terbang dan sulit untuk kembali ke rumah. Oleh karena itu, gaya gravitasi sangat bermanfaat karena dapat menahan benda-benda agar tetap berada di bumi.

Contoh peristiwa sehari-hari  menunjukkan gaya gravitasi adalah jatuhnya buah yang sudah matang dari dahan pohon ke tanah.

 

 

 

Apa yang kamu pelajari pada hari ini?

 

 

 

 

 

Apa manfaat dari gaya magnet?

 

 

 

 

 

 

Apa manfaat dari gaya gravitasi?

 

 

 

 

 

Identifikasilah benda-benda di rumahmu yang dapat ditarik oleh magnet. Lakukan percobaan bersama orang tuamu.

Benda-benda di rumahku yang dapat ditarik oleh magnet:

 

 

 

 

 JAWABAN

 

 

Ayo Mencoba !

1.    Siapkan beberapa pulpen atau pensil. Kumpulkan benda itu sebanyak-banyaknya dari teman-temanmu.

2.    Setelah terkumpul, rabalah permukaan setiap benda itu, kemudian peganglah satu per satu. Peganglah dengan cara yang sama.

3.    Bandingkan hubungan kelicinan permukaan benda dengan kemudahan memegang benda tersebut.

4.    Catatlah hasil kegiatanmu.

 JAWABAN


Semakin licin permukaan suatu benda, semakin sulit benda tersebut untuk dipegang. Sebaliknya, benda mempunyai permukaan kasar semakin mudah untuk dipegang.

Kekasaran dan kelicinan permukaan benda memengaruhi nilai gaya gesek yang dihasilkan. Gaya gesek adalah gaya berlawanan arah yang dihasilkan oleh satu benda ke benda lain dipengaruhi oleh permukaan benda. Contoh gaya gesek misalnya gaya gesek antara telapak tangan dengan benda yang dipegang atau gaya gesek antara telapak kaki dengan lantai saat kita melangkah.

 

Ayo Berdiskusi !

Diskusikan jawaban pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelompokmu. Selanjutnya, bacakan hasil diskusi kalian di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

1.   Apa contoh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya bagi manusia?

2.   Mengapa permukaan ban kendaraan dibuat kasar?


JAWABAN

 

EVALUASI

IPA

A. SOAL ISIAN

1.   Benda yang dapat ditarik magnet terbuat dari bahan . . . .

Jawab : (besi)

2.   Benda yang mudah dipegang adalah benda yang memiliki permukaan…

Jawab : (kasar)

3.   Jika diletakkan mendatar, jarum kompas akan selalu menunjuk arah …

Jawab : (utara-selatan)

4.   Gaya yang bekerja saat uang logam dilempar ke atas dan terjatuh ke tanah adalah . . . .

Jawab : (gaya gravitasi)

5.   Gaya berlawanan arah yang dihasilkan oleh satu benda ke benda lain disebut . . . .

Jawab : (gaya gesek)

6.   Tujuan ban mobil diberi alur adalah . . . .

Jawab : (untuk menambah gaya gesek dengan jalan)

7.   Kutub utara magnet akan selalu menarik kutub . . . magnet lain.

Jawab : (selatan)

8.   Perhatikan gambar berikut!



Alat seperti gambar di atas bekerja menggunakan gaya . . . .

Jawab : (magnet )

 

B. SOAL URAIAN

1.   Sebutkan 3 contoh benda yang dapat ditarik magnet!

Jawab : (paku, peniti, jarum)

2.   Sebutkan contoh peristiwa yang menunjukkan adanya gaya gravitasi!

Jawab : (buah jatuh dari pohon, air terjun, uang logam dilempar ke atas jatuh ke tanah)

3.   Sebutkan manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:

a.    Beberapa manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut.

b.   Benda dapat mudah dipegang.

c.    Ban mobil dibuat dari bahan karet dan permukaanya beralur-alur agar tidak tergelincir.

d.   Rem sepeda digunakan untuk menghentikan sepeda atau kendaraan bermotor.

e.    Ampelas digosokkan ke permukaan kayu agar halus.

f.     Gergaji digosok-gosokkan pada kayu agar terpotong.

4.   Sebutkan manfaat gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari!

Jawab : (Pembuatan kompas, pembuatan elektromagnet, untuk mencari benda-benda kecil dari besi)

5.   Jelaskan peristiwa yang terjadi jika dua kutub magnet didekatkan!

Jawab : (Jika kutub senama dua magnet didekatkan, kedua magnet akan tolak menolak. Sebaliknya, jika kutub tak senama didekatkan, kedua magnet akan saling menarik).

 

FORMAT PENILAIAN

MELAKUKAN PERCOBAAN TENTANG GAYA MAGNET DAN PERCOBAAN TENTANG GAYA GRAVITASI

PENILAIAN KINERJA

NO

NAMA SISWA

Kerja sama

Sikap

Keterampilan berbicara saat membahas hasil percobaan

Rata-rata

1

Agus

90

80

85

85

2

Beny

80

70

75

75

3

Cilla

70

60

65

65

4

Deni

80

60

70

70

5

dst

 

 

 

 

 

PRAKTIK TENTANG HUBUNGAN ANTARA TEKSTUR PERMUKAAN DAN GAYA GESEK

PENILAIAN KINERJA

NO

NAMA SISWA

Keaktifan dalam melakukan percobaan

Keterampilan dalam menyajikan laporan tertulis

Rata-rata

1

Agus

90

80

85

2

Beny

80

70

75

3

Cilla

70

60

65

4

Deni

80

60

70

5

dst

 

 

 

 

 DOWNLOAD MATERI : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

 

 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

 

 

KOMPETENSI DASAR

3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan arti penting memahami keragaman ekonomi dalam masyarakat Indonesia dengan tepat.

2. Setelah berdiskusi kelas, siswa mampu menyebutkan aktivitas ekonomi yang dilakukan setiap keluarga siswa dengan benar.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

·         Guru memberikan beberapa contoh aktivitas ekonomi di beberapa bidang untuk membuka wawasan siswa.

·         Dengan membaca teks, siswa mampu mengenal keragaman ekonomi di Indonesia.

·         Dengan mencermati teks bacaan mengenai aktivitas ekonomi di bidang pertambangan, perdagangan, industri, dan jasa, siswa mampu menuliskan informasi-informasi penting dalam teks tersebut.

·         Dengan berdiskusi kelas, siswa mampu menjelaskan aktivitas ekonomi yang dilakukan setiap keluarga siswa.

·         Siswa membuat laporan tertulis dari hasil diskusi.

 

MATERI

 


Ayo Membaca !

Bacalah teks berikut!

 

Keragaman Ekonomi di Indonesia (1)

 

Aktivitas ekonomi terdiri atas tiga bagian, yaitu: produksi, distribusi, dan konsumsi. Aktivitas ekonomi penduduk Indonesia disesuaikan dengan kondisi wilayah Indonesia. Sebagai negara kepulauan, wilayah Indonesia meliputi wilayah daratan dan perairan. Wilayah Indonesia juga mengandung potensi alam melimpah. Namun, potensi alamnya belum mampu dimanfaatkan secaraoptimal bagi kemakmuran penduduk Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa, kamu hendaknya ikut berperan aktif dalam pemanfaatan potensi alam secara bijak.

Apa sajakah jenis aktivitas ekonomi yang dilakukan masyarakat? Bergerak di bidang apa sajakah aktivitas ekonomi masyarakat? Berikut beberapa jenis aktivitas ekonomi dan bidang ekonomi terkait.

 

1. Aktivitas Ekonomi di Bidang Pertanian

Wilayah Indonesia berada di antara lintang 6 o LU – 11 o LS. Posisi ini menyebabkan  wilayah  Indonesia  beriklim  tropis.  Wilayah  Indonesia mendapatkan banyak sinar matahari dan curah hujan sepanjang tahun. Kondisi ini sangat mendukung aktivitas pertanian. Aktivitas pertanian juga didukung tingkat kesuburan tanah yang tinggi karena pengaruh banyaknya gunung api.

Banyak penduduk Indonesia melakukan aktivitas pertanian. Dengan mencermati kondisi geografis Indonesia, aktivitas pertanian dibedakan menjadi pertanian lahan basah dan pertanian lahan kering. Pertanian lahan basah membutuhkan banyak air, misalnya sawah irigasi dan sawah lebak. Pertanian lahan kering membutuhkan sedikit air, misalnya tegalan dan perkebunan. Jenis lahan apa yang cocok dikembangkan di daerahmu?

 

2. Aktivitas Ekonomi di Bidang Peternakan

Di Indonesia banyak aktivitas peternakan dikelola masyarakat atau badan usaha. Aktivitas tersebut berupa peternakan unggas, peternakan hewan kecil, dan peternakan hewan besar. Beragamnya aktivitas ini menyediakan hasil ternak melimpah. Selanjutnya, hasil ternak dapat dikonsumsi oleh masyarakat.

Apa sajakah jenis hewan yang dibudidayakan masyarakat? Jenis hewan yang dibudidayakan sebagai berikut.

a. Peternakan unggas, meliputi ayam, itik, burung, dan angsa.

b. Peternakan hewan kecil, meliputi kelinci, kambing, dan domba.

c. Peternakan hewan besar, meliputi sapi, kerbau, dan kuda.

Hasil peternakan tersebut meliputi telur, daging, kulit, susu, dan bulu. Tidak hanya untuk dikonsumsi masyarakat, hasil ternak juga dapat diolah menjadi berbagai kerajinan. Kerajinan dari hasil peternakan misalnya tas, sepatu, sandal, jaket, sarung tangan, dan kok (bola bulutangkis).

 

3. Aktivitas Ekonomi di Bidang Perikanan

Sekitar dua per tiga luas wilayah Indonesia berupa perairan. Fakta inilah yang menjadikan Indonesia dikenal dengan sebutan negara maritim. Luasnya wilayah perairan menyimpan potensi kekayaan alam melimpah. Potensi ini dimanfaatkan masyarakat untuk mengembangkan aktivitas perikanan. Aktivitas perikanan dilakukan secara tradisional. Kondisi ini menyebabkan produksi hasil perikanan di Indonesia belum optimal.

Aktivitas perikanan dikelompokkan menjadi perikanan tangkap dan perikanan budi daya. Aktivitas perikanan tangkap dilakukan oleh nelayan dengan cara menangkap ikan di laut. Dahulu nelayan mengandalkan angina untuk menggerakkan perahu. Nelayan memanfaatkan angin darat untuk pergi melaut dan angin laut untuk kembali ke daratan. Kini nelayan sudah menggunakan mesin penggerak kapal (motor) untuk menggerakkan perahu. Bagaimana dengan aktivitas perikanan budi daya? Aktivitas perikanan budi daya dilakukan di darat atau di perairan payau. Budi daya ikan di darat dilakukan di kolam, sungai, sawah (mina padi), waduk (bendungan), atau danau. Contohnya budi daya ikan lele, mas, nila, dan mujair. Budi daya ikan di perairan payau dilakukan di tambak di pesisir pantai.


4. Aktivitas Ekonomi di Bidang Kehutanan

Dahulu hamparan hutan hijau Indonesia pernah dijuluki ”karpet hijau”. Julukan ini karena hutan Indonesia tampak hijau dilihat dari udara. Hijaunya hutan dipengaruhi oleh iklim tropis yang ada di Indonesia. Kawasan hutan Indonesia mengandung keragaman sumber daya hayati. Belum lagi potensi hasil hutan yang terdiri atas hasil hutan kayu dan hasil hutan nonkayu (misalnya: kina, karet, damar, dan sagu). Potensi ini menjadikan Indonesia sebagai negara pengekspor kayu. Bagi Indonesia, hasil ekspor kayu menjadi salah satu sumber pendapatan negara.

 


Aktivitas kehutanan juga perlu memperhatikan kelestarian hutan. Mengapa? Lestarinya hutan berdampak terhadap kehidupan manusia dan makhluk hidup yang tinggal di hutan. Kelestarian hutan dapat dijaga dengan cara antara lain melakukan tebang pilih dan melakukan penghijauan (reboisasi) lahan gundul. Hijaunya hutan Indonesia dapat menjadi ”paru-paru dunia”.

Tidak hanya memberikan manfaat ekonomis, hutan juga memiliki fungsi lain. Adapun fungsi hutan yaitu sebagai penyimpan cadangan air tanah, penyeimbang iklim, serta tempat habitat flora dan fauna. Bahkan, kawasan hutan juga dimanfaatkan untuk objek wisata. Karena banyaknya manfaat hutan, kelestarian hutan hendaknya selalu dijaga.

 

Tugas !

Dari teks “Keragaman Ekonomi di Indonesia (1)” di atas, tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan. Tuliskan dalam bentuk peta pikiran. Lakukan tugas ini bersama teman sebangkumu, lalu ceritakan di depan teman-temanmu. Kumpulkan tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru.

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  JAWABAN

 

 

 

Di antara kamu dan teman-teman sekelasmu mungkin ada yang keluarganya memiliki aktivitas ekonomi yang sama. Namun, mungkin pula aktivitas ekonomi keluarga kalian berbeda-beda. Keragaman itu jangan menjadi halangan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Justru dengan perbedaan aktivitas ekonomi dalam masyarakat, maka semua kebutuhan ekonomi kita dapat terpenuhi.

 


 


Ayo Membaca !

 

Keragaman Ekonomi di Indonesia (2)

 

Pada Pembelajaran 3, telah dijelaskan bahwa kondisi wilayah Indonesia mengakibatkan keragaman aktivitas ekonomi penduduk. Kamu telah mengetahui empat macam aktivitas ekonomi, yaitu di bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan. Selain empat jenis tersebut, masih ada jenis aktivitas ekonomi berikut.

1. Aktivitas Ekonomi di Bidang Pertambangan

Kekayaan alam di Indonesia juga terkandung di perut bumi, yaitu berupa barang tambang. Di wilayah Indonesia terdapat barang tambang minyak dan gas (migas) serta barang tambang nonmigas. Contoh barang tambang nonmigas antara lain emas, perak, tembaga, batu bara, bijih besi, nikel, aluminium, intan, pasir besi, dan bauksit.


Potensi  barang  tambang  ini hendaknya dikelola dengan optimal bagi kemakmuran rakyat. Barang tambang  bersifat  tidak  dapat diperbaharui sehingga perlu dieksplorasi dengan bijak. Ketersediaan barang tambang harus dijaga bagi kebutuhan masa kini dan masa mendatang. Selain itu, perlu dicari sumber daya alam alternatif agar sumber daya alam tidak lekas habis.

 

2. Aktivitas Ekonomi di Bidang Industri

Amatilah aktivitas industry di  lingkungan  sekitar  tempat tinggalmu! Apa yang dapat kamu simpulkan dari aktivitas tersebut? Industri  merupakan  usaha mengubah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.  Bahan  mentah  bersumber dari sumber daya alam. Adanya aktivitas industri dapat meningkatkan nilai  dan  kualitas suatu  barang. Aktivitas industri dapat dilakukan oleh perorangan, kelompok, maupun badan usaha. Contoh industri di Indonesia antara lain industri otomotif, konveksi, elektronik, sepatu dan sandal, ban, pengalengan ikan, minuman dan makanan, serta pupuk.

 

3. Aktivitas Ekonomi di Bidang Perdagangan


Potensi alam tiap-tiap daerah di Indonesia berbeda-beda. Ada yang kaya potensi alam. Ada pula yang miskin potensi alam. Fenomena ini dipengaruhi oleh kondisi geografis tiap-tiap daerah. Akibatnya, tidak setiap daerah mampu menghasilkan barang yang dibutuhkan masyarakat setempat.  Untuk  mengatasi masalah ini berkembang aktivitas perdagangan. Aktivitas ini dilakukan masyarakat  untuk  menyalurkan barang dan/atau jasa dari produsen ke konsumen. Barang dagangan dapat berupa hasil pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang industri.

Aktivitas perdagangan bisa dilakukan tanpa perantara ataupun dengan perantara. Produsen dapat langsung menjual atau menyalurkan barang dan/ atau jasa kepada konsumen. Jika ada perantara, produsen menggunakan perantara untuk menyalurkan barang dan/atau jasa kepada konsumen. Contoh perantara dalam perdagangan antara lain pedagang besar (grosir), agen, dan pedagang eceran. Pada perkembangannya, aktivitas perdagangan juga melibatkan masyarakat luar negeri. Kegiatan perdagangan antarnegara inilah dikenal dengan sebutan ekspor impor.

 

4. Aktivitas Ekonomi di Bidang Jasa



Sebagai  negara  kepulauan, wilayah  Indonesia  dihubungkan selat dan laut. Untuk menjangkau antarpulau  dibutuhkan  sarana transportasi. Di Indonesia sarana transportasi meliputi transportasi darat, udara, dan laut. Tidak hanya itu, untuk menjalin komunikasi juga diperlukan sarana komunikasi. Kedua sarana ini menunjukkan aktivitas ekonomi masyarakat di bidang jasa. Aktivitas jasa merupakan kegiatan layanan kepada masyarakat dalam rangka  memenuhi  kebutuhan hidupnya. Aktivitas jasa lainnya antara lain jasa perbankan dan keuangan, jasa kesehatan, jasa pendidikan, jasa konsultasi hukum, jasa pariwisata, dan jasa lainnya. Berkembangnya aktivitas jasa ini memunculkan beragam jenis pekerjaan di bidang jasa.

 

Tugas

Tuliskan informasi-informasi penting dari teks “Keragaman Ekonomi di Indonesia (2)”. Bacakan hasilnya di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.

 

Informasi penting dari teks “Keragaman Ekonomi di Indonesia (2)”

 

 

 

 

 

 

 

 

   JAWABAN

 

 

 

 

 

Ayo Berdiskusi !

Bersama teman-teman sekelasmu, identifikasilah aktivitas ekonomi yang dilakukan setiap keluarga dari seluruh siswa di kelasmu. Sajikan hasilnya dalam bentuk tabel seperti di bawah ini.

 

Dalam melakukan kegiatan tersebut, ingatlah selalu untuk bersikap toleransi atas perbedaan di antara teman-teman sekelasmu. Janganlah mengejek teman atas aktivitas ekonomi yang dilakukan keluarganya. Sebaliknya, jangan pula sombong atau malah rendah diri atas aktivitas ekonomi dalam keluargamu. Setiap orang membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

No

Jenis Aktivitas Ekonomi dalam Keluarga

Banyaknya

1

Pertanian

 

2

Perdagangan

 

3

Jasa (Buruh, Ojek, Bengkel, Guru, Dokter, Polisi, dll)

 

4

Perikanan

 

5

Peternakan

 

6

Karyawan Pabrik

 

7

Wirausaha (Pengusaha)

 

8

 

9

 

10

 

 JAWABAN

 

EVALUASI

IPS

A. SOAL ISIAN

1.   Aktivitas ekonomi masyarakat di daerah sekitar pantai adalah . . . .

Jawab : (perikanan)

2.   Masyarakat yang tinggal di pedesaan bermata pencaharian sebagai . . . .

Jawab : (petani)

3.   Daerah lepas pantai biasanya terdapat aktivitas ekonomi berupa penambangan . . . .

Jawab : (minyak bumi)

4.   Usaha perindustrian umumnya dilakukan oleh masyarakat di daerah . . .

Jawab : (perkotaan)

5.   Perhatikan gambar berikut!



Gambar di atas menunjukkan aktivitas ekonomi di bidang . . . .

Jawab : (perdagangan)

 

B. SOAL URAIAN

6.   Jelaskan kegiatan ekonomi yang dilakukan di daerah pantai!

Jawab : (perikanan, perdagangan)

7.   Jelaskan manfaat ekonomis hutan!

Jawab : (sebagai penghasil kayu, sebagai tempat wisata)

8.   Sebutkan contoh aktivitas ekonomi di bidang jasa!

Jawab : (jasa potong rambut, jasa mencuci pakaian, jasa ojek)

9.   Jelaskan cara menjaga kelestarian hutan!

Jawab : (tidak menebang pohon sembarangan, menanam bibit pohon untuk menggantikan pohon yang ditebang, melakukan tebang pilih)

10.  Sebutkan aktivitas ekonomi yang memanfaatkan hasil hutan!

Jawab : (usaha mebel, usaha kerajinan dari rotan, usaha wisata)

 

FORMAT PENILAIAN

BERDISKUSI MENGENAI AKTIVITAS EKONOMI YANG DILAKUKAN KELUARGA SISWA

PENILAIAN KINERJA

NO

NAMA SISWA

Keaktifan

Keterampilan berbicara dalam berdiskusi

Keterampilan dalam membuat laporan tertulis

Rata-rata

1

Agus

90

80

85

85

2

Beny

80

70

75

75

3

Cilla

70

60

65

65

4

Deni

80

60

70

70

5

dst

 

 

 

 

 

  DOWNLOAD MATERI : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP)

 

 

KOMPETENSI DASAR

3.4 Mengetahui karya seni rupa teknik tempel.

4.4 Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan perbedaan dari teknik montase, kolase, mozaik, dan aplikasi dengan benar.

2. Setelah kerja kelompok, siswa dapat membuat karya seni montase dan kolase dengan serasi.

3. Setelah kerja kelompok, siswa mampu membuat karya seni mozaik dan aplikasi dengan baik.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

·         Guru mengarahkan siswa tentang keragaman seni yang ada di Indonesia.

·         Dengan berdiskusi, siswa mampu mengetahui perbedaan dari seni montase, kolase, mozaik, dan aplikasi.

·         Guru mengingatkan kembali tentang seni montase dan kolase.

·         Siswa secara berkelompok membuat karya seni montase dan kolase.

·         Setelah selesai membuat seni montase dan kolase, siswa maju ke depan kelas sambal menunjukkan hasil karya mereka.

·         Guru memberi beberapa pertanyaan untuk mengingatkan kembali tentang seni mozaik dan aplikasi.

·         Siswa secara berkelompok membuat karya seni mozaik dan aplikasi.

 

MATERI




Ayo Mengamati !

Perhatikan gambar karya-karya seni rupa yang kreatif berikut ini.







Ayo Berdiskusi !

Kamu telah mengamati contoh-contoh karya montase, kolase, mozaik, dan aplikasi. Apa perbedaan karya montase, kolase, mozaik, dan aplikasi? Coba diskusikan dengan teman-teman sekelompokmu. Selanjutnya, ceritakan hasil diskusimu kepada Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

 

 Karya montase, kolase, aplikasi, dan mozaik merupakan karya seni rupa. Keempat jenis karya tersebut dibuat dengan teknik tempel. Bahan-bahan yang ditempelkan beragam.

 Montase dibuat dengan menempelkan gambar-gambar yang sudah jadi. Gambar-gambar itu dapat diambil dari majalah bekas, surat kabar, atau media lainnya. Gambar-gambar itu kemudian disusun ulang membentuk gambar adegan baru sesuai yang kita inginkan.

 Karya kolase dibuat menggunakan paduan aneka bahan (misalnya kertas, kain, kayu). Aneka bahan itu ditempelkan pada permukaan gambar.

 Mozaik dibuat dengan menempelkan potongan-potongan bahan. Dibandingkan kolase, potongan-potongan bahan yang ditempelkan lebih kecil. Bahan yang digunakan sejenis, misalnya kertas saja, kaca saja, atau keramik saja. Namun, supaya lebih menarik, digunakan macam-macam warna.

 Karya aplikasi dibuat dengan menempelkan suatu bentuk dari bahan tertentu. Karya aplikasi banyak diterapkan pada kerajinan kain. 


Cara membuat karya montase:

1.   Tentukan tema karya, misalnya tentang keragaman budaya di Indonesia.

2.   Buatlah rancangan karya montase pada selembar kertas.

3.   Carilah gambar-gambar sesuai rancangan. Gambar-gambar dapat kamu peroleh dari buku bekas, majalah, atau koran bekas.

4.   Guntinglah gambar-gambar yang kamu peroleh.

5.   Rekatkan potongan gambar-gambar pada kertas sesuai rancangan.

6.   Jika perlu, lengkapi dengan gambar dengan menggunakan pensil, lalu warnailah.

 

Cara membuat karya kolase:

1. Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih.

2. Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas, kain, kayu, atau biji-bijian.

3. Potong-potong bahan kolase, kecuali biji-bijian.

4. Tempelkan potongan-potongan bahan pada gambar.

 

Cara membuat karya mozaik:

1. Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih.

2. Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas atau kain.

3. Potong-potong kertas atau kain menjadi potongan kecil-kecil.

4. Tempelkan potongan-potongan bahan pada gambar.

 

Cara membuat karya aplikasi:

1.   Siapkan bahan untuk aplikasi, misalnya kain atau kertas (kertas berwarna atau kertas bekas kalender).

2.   Rancanglah gambar pada selembar kertas sesuai dengan tema yang dipilih.

3.   Potonglah kain atau kertas menjadi bentuk tertentu, misalnya daun, bunga, binatang, atau bentuk-bentuk lain sesuai dengan gambar rancangan.

4.   Tempelkan potongan bentuk tersebut pada benda yang akan dihias. Tempelkan menggunakan lem atau dengan menjahit jika aplikasi menggunakan kain.

 

Apa yang kamu pelajari pada hari ini?

 

 

 

 

 

Apa persamaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik?

 

 

 

 

 

Apa perbedaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik?

 

 

 JAWABAN

 

 





Buatlah satu karya montase atau kolase.

1.   Untuk montase, gunakan gambar-gambar dari majalah bekas atau koran bekas. Tempelkan membentuk komposisi gambar baru yang kamu inginkan. Jika perlu tambahkan gambar lain, lalu warnailah.

2.   Untuk karya kolase, gunakan bahan-bahan yang mudah kamu peroleh. Kamu dapat menggunakan biji-bijian, daun-daun kering, kapas, atau kulit buah salak. Pertama, buatlah sketsa gambar pada kertas putih. Selanjutnya, tempelkan bahan-bahan yang sudah kamu siapkan. Perhatikan komposisi warna supaya terlihat menarik.

 CONTOH GAMBAR MONTASE

CONTOH GAMBAR KOLASE

Cara membuat karya montase:

1.   Tentukan tema karya, misalnya tentang keragaman budaya di Indonesia.

2.   Buatlah rancangan karya montase pada selembar kertas.

3.   Carilah gambar-gambar sesuai rancangan. Gambar-gambar dapat kamu peroleh dari buku bekas, majalah, atau koran bekas.

4.   Guntinglah gambar-gambar yang kamu peroleh.

5.   Rekatkan potongan gambar-gambar pada kertas sesuai rancangan.

6.   Jika perlu, lengkapi dengan gambar dengan menggunakan pensil, lalu warnailah.

 

Cara membuat karya kolase:

1. Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih.

2. Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas, kain, kayu, atau biji-bijian.

3. Potong-potong bahan kolase, kecuali biji-bijian.

4. Tempelkan potongan-potongan bahan pada gambar.

 


Ayo Mencoba !

Buatlah satu karya mozaik atau aplikasi.

1.   Untuk karya mozaik, kamu dapat menggunakan kertas warna-warni. Gunting kecil-kecil kertas warna-warni. Selanjutnya buatlah sketsa gambar, lalu tempelkan guntingan-guntingan kertas pada bidang gambar. Perhatikan komposisi warna supaya menarik.

2.   Untuk karya aplikasi, siapkan benda yang akan kamu beri hiasan. Sebagai contoh kamu akan menghias sampul bukumu. Siapkan kertas warna sesuai warna yang kamu inginkan. Buatlah bentuk-bentuk gambar pada kertas warna, lalu guntinglah. Tempelkan guntingan bentuk-bentuk gambar pada sampul bukumu. Atur komposisi gambar sesuai keinginanmu.

 CONTOH GAMBAR MOZAIK

CONTOH GAMBAR APLIKASI

Cara membuat karya mozaik:

1. Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih.

2. Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas atau kain.

3. Potong-potong kain atau kertas menjadi potongan kecil-kecil.

4. Tempelkan potongan-potongan bahan pada gambar.

 

Cara membuat karya aplikasi:

1.   Siapkan bahan untuk aplikasi, misalnya kain atau kertas (kertas berwarna atau kertas bekas kalender).

2.   Rancanglah gambar pada selembar kertas sesuai dengan tema yang dipilih.

3.   Potonglah kain atau kertas menjadi bentuk tertentu, misalnya daun, bunga, binatang, atau bentuk-bentuk lain sesuai dengan gambar rancangan.

4.   Tempelkan potongan bentuk tersebut pada benda yang akan dihias. Tempelkan menggunakan lem atau dengan menjahit jika aplikasi menggunakan kain.

 

 

EVALUASI

SBdP

SOAL ISIAN

1.   Perhatikan gambar berikut!


Gambar di atas merupakan salah satu contoh karya . . . .

Jawab : (mozaik)

2.   Jelaskan pengertian karya seni mozaik dan bahan apa saja yang bisa digunakan!

Jawab : (Karya seni mozaik merupakan karya teknik temple menggunakan potongan-potongan kecil berbagai bahan.

3.   Karya seni yang dibuat dengan cara menempel potongan-potongan bahan yang digunting sehingga mendapatkan bentuk tertentu disebut . . . .

Jawab : (aplikasi)

4.   Montase dan mozaik merupakan karya seni yang memiliki persamaan teknik dasar yaitu . . . .

Jawab : (teknik tempel)

 

SOAL URAIAN

1)   Jelaskan perbedaan karya montase dan kolase!

Jawab : (Pada seni montase, bahan yang ditempelkan berupa gambar yang sudah jadi. Pada seni kolase, bahan kolase digunting kecil-kecil kemudian ditempelkan untuk menutup dan mewarnai bidang gambar.

2)   Sebutkan bahan alam yang dapat digunakan untuk membuat karya kolase! Jawab : (daun, kulit buah kering, kelopak bunga kering, biji-bijian)

3)   


a. Apa nama karya seni di atas? (montase)

b. Jelaskan cara membuatnya!

Cara membuat karya montase:

1.   Tentukan tema karya

2.   Buatlah rancangan karya montase pada selembar kertas.

3.   Carilah gambar-gambar sesuai rancangan. Gambar-gambar dapat diperoleh dari buku bekas, majalah, atau koran bekas.

4.   Guntinglah gambar-gambar yang  peroleh.

5.   Rekatkan potongan gambar-gambar pada kertas sesuai rancangan.

6.   Jika perlu, lengkapi dengan gambar dengan menggunakan pensil,lalu warnailah.

 

4)   Apa persamaan karya aplikasi dan mozaik?

Jawab : (keduanya dibuat menggunakan teknik tempel)

5)   Bagaimana cara membuat karya seni kolase?

Cara membuat karya kolase:

a. Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih.

b. Siapkan bahan untuk kolase, misalnya kertas, kain, kayu, atau biji-bijian.

c. Potong-potong bahan kolase, kecuali biji-bijian.

d. Tempelkan potongan-potongan bahan pada gambar.

6)   Perhatikan gambar berikut!




Jelaskan cara membuat karya seni seperti pada gambar di atas!

Cara membuat karya aplikasi:

a.    Siapkan bahan untuk aplikasi, misalnya kain atau kertas (kertas berwarna atau kertas bekas kalender)

b.   Potonglah kain atau kertas menjadi bentuk tertentu, misalnya daun, bunga, binatang, atau bentuk-bentuk lain.

c.    Tempelkan potongan bentuk tersebut pada benda yang akan dihias. Tempelkan menggunakan lem atau dengan menjahit jika aplikasi menggunakan kain.

 

FORMAT PENILAIAN

BERDISKUSI TENTANG KARYA SENI RUPA JENIS TEMPEL

NO

NAMA SISWA

Pengetahuan tentang tehnik karya montase, kolase, mozaik dan aplikasi

Keaktifan dalam mengemukakan pendapat

Keterampilan berbicara dalam berdiskusi

Rata-rata

1

Agus

90

80

85

85

2

Beny

80

70

75

75

3

Cilla

70

60

65

65

4

Deni

80

60

70

70

5

dst

 

 

 

 

 

MEMBUAT MOZAIK

PENILAIAN KINERJA

NO

NAMA SISWA

Keterampilan memadukan warna bahan dan membuat bentuk yang menarik

Kerapihan dalam menempel

Rata-rata

1

Agus

90

80

85

2

Beny

80

70

75

3

Cilla

70

60

65

4

Deni

80

60

70

5

dst

 

 

 

 

 

MEMBUAT MONTASE

PENILAIAN KINERJA

NO

NAMA SISWA

Keterampilan memadukan beberapa gambar

Kerapihan dalam menempel

Rata-rata

1

Agus

90

80

85

2

Beny

80

70

75

3

Cilla

70

60

65

4

Deni

80

60

70

5

dst

 

 

 

 

MEMBUAT KOLASE

PENILAIAN KINERJA

NO

NAMA SISWA

Gagasan

Komposisi

Tehnik

Rata-rata

1

Ayuni

90

80

85

85

2

Bagas

80

70

75

75

3

Cilla

70

60

65

65

4

Devan

80

60

70

70

5

dst

 

 

 

 

 

 

 

DOWNLOAD MATERI : SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) 

-------------------------------------------------------------------------------------------------


BASA SUNDA

 

 

KOMPETENSI DASAR

4.3.6 Mengamati teks kawih tentang keindahan negeriku (KI-3)

4.4.6 Melantunkan isi teks kawih tentang keindahan negeriku (KI-4)

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

MENGAMATI

·      Menyimak penjelasan guru tentang keindahan negeriku

·      Mengamati teks kawih  yang dibacakan guru atau audio/visual dengan penuh perhatian

 

MENANYA

·      Mendiskusikan isi teks kawih yang telah disimaknya

 

MENCOBA

·      Menjelaskan kaidah-kaidah kawih

 

MENGOMUNIKASIKAN

·      Melantunkan kawih dengan memperhatikan kaidah-kaidahnya

 

MATERI

 








DOWNLOAD MATERI : BASA SUNDA


-------------------------------------------------------------------------------------------------

TEMPAT WISATA YANG SEDANG NAIK DAUN DI BANDUNG :

Wayang Windu Panenjoan (WWP 1800 Mdpl)


Sumber : Youtube
-------------------------------------------------------------------------------------------------


PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 3


































KEMBALI KE : LIST BDR, PJJ, WFH

KEMBALI KE : DAFTAR MENU


--------------------------------------------------------------------------------------------------



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1

LIST PJJ, BDR, BDL, WFH, SFH

MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 3

KREASI MEMBUAT KOLASE

MATERI KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 2

SOAL PERTANYAAN ASESMEN PRA DAN PASCA PROGRAM GURU BELAJAR SERI MASA PANDEMI COVID-19 TAHAP 1