MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1
MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1
Download : Modul Kelas 4 Tema 6 Subtema 1
PKN
KOMPETENSI DASAR
1.3
Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
2.3
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka
Tunggal Ika.
3.3
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
4.3
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
·
Melakukan
pengamatan di lingkungan sekitar, dan mengidentifikasikan keragaman kegiatan
orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari.
• Menuliskan hasil pengamatan, dan menjelaskan hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan manfaatnya.
·
Mencari
tahu tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan temannya dan mengidentifikasi
keragaman kegiatan orang-orang disekitarnya.
· Membuat kesimpulan dari kegiatan bertanya, dan menjelaskan hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitarnya.
·
Mengamati
gambar dan lingkungan sekitar, dan mengidentifikasikan keragaman kegiatan dalam
masyarakat.
MATERI :
Ayo Mengamati
Amatilah
gambar-gambar di bawah ini. Tuliskan kegiatan atau pekerjaan yang dijelaskan
dari gambar. Jelaskan juga keahlian atau kegiatan yang sesuai dengan jenis
pekerjaannya.
Bagaimana denganmu? Kamu pasti mempunyai mimpi dan harapan tentang kegiatan atau pekerjaanmu kelak. Itulah cita-cita.
Tuliskan
tentang cita-citamu, kegiatan utama, dan keahlian yang harus kamu miliki
sehubungan dengan cita-citamu itu!
Beni berjalan beriringan dengan Made. Made tertarik dengan sebuah gulungan koran anak yang dibawa Beni.
“Apa
yang kamu bawa, Ben? tanya Made.
Aku
ingin menunjukkan sebuah artikel di koran ini kepada Bu Guru,” jawab Beni
sambil tersenyum.
“Artikel
tentang apakah itu, Ben? Aku jadi penasaran!” kata Made tidak sabar.
“Ini
tentang seorang pemuda yang berani, kawan! Walaupun masih muda, ia telah
menjadi peternak dan pengusaha yang hebat!” kata Beni bangga.
“Wah!
Hebat! Bolehkah aku membacanya sekarang?” pinta Made tidak sabar.
“Hanya
untuk kawanku, kau boleh membacanya sekarang sebelum aku memberikannya kepada
Bu Guru,” jawab Beni sambil mengulurkan gulungan koran anak tersebut kepada
Beni.
Apakah kamu juga ingin tahu isi artikel yang dibawa Beni?
Yuk,
kita baca bersama!
Ayo Membaca !
Bacalah
artikel berikut dengan saksama!
Peternak Muda
dari Malang
Menjadi pengusaha di usia muda, mungkin bukan tujuannya. Ia hanya ingin membangun usaha mandiri seusai kuliah. Seorang pemuda bernama Triyono merintis usaha peternakan bebek potong sejak tahun 2006 dengan modal seadanya. Berbekal ilmu peternakan yang didapatnya dari tempat ia belajar di Universitas Sebelas Maret, ia memulai usahanya. Usaha peternakan bebek potong ia kembangkan hingga pada tahun 2007 ia mendapat inspirasi baru. Ketika melihat hewan-hewan kurban, ia berpikir untuk mulai membangun sebuah peternakan sendiri. Untuk mendapatkan dana, ia membentuk sebuah kelompok bersama mengumpulkan dana dari teman-teman semasa kuliah. Setahun kemudian, Triyono berhasil memiliki sebuah lahan. Meski lahan itu tak terlalu besar, ia dapat membangun beberapa kandang untuk mulai beternak sapi. Setelah usahanya berjalan, setahun berikutnya, ia mengembangkan usahanya untuk membangun peternakan dan pemotongan ayam. Usaha Triyono kian membesar. Kini ia telah memiliki usaha ternak ayam, bebek, sapi berikut pemotongannya. Ia pun mengolah limbah peternakannya untuk dijadikan pupuk. Meskipun kini usahanya kian membesar, ia tidak cepat puas. Ia bermimpi bisa memenuhi pasokan daging sapi di Jakarta yang saat ini masih impor dari luar negeri. |
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan artikel!
1.
Siapakah
Triyono?
……………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………....... |
2.
Apa
saja yang telah dilakukannya untuk menjadi pengusaha?
……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………… |
3.
Kendala
apa sajakah yang dihadapinya?
……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………… |
4.
Apakah
mimpinya?
……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………… |
Jenis mata
pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitar tempat tinggalmu ada berbagai
macam. Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan sesuai dengan lingkunganmu?
Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan berguna bagi masyarakat di sekitarmu?
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, lakukan kegiatan di bawah ini!
Ayo
Berlatih !
1. Kegiatan
dilakukan secara berpasangan dengan teman sebelahmu!
2. Bertanyalah
kepada temanmu mengenai hal-hal berikut.
a. Apa cita-citamu?
b. Apa manfaat
cita-citamu bagi kehidupan di sekitarmu?
3. Laporkan
hasil jawabanmu pada diskusi kelas. Tuliskan hasil diskusi dengan mengisi tabel
seperti berikut.
Kamu sudah
mengetahui beragam cita-cita teman sekelasmu! Dapatkah kamu membuat kesimpulan
tentang cita-cita mereka yang beragam tersebut? Tuliskanlah kesimpulanmu di
bawah ini.
……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………............................... |
Siti
ingin menjadi peneliti di bidang tumbuhan. Ia suka berkebun. Halaman rumahnya
ditumbuhi berbagai tanaman. Siti juga suka membaca buku tentang tumbuhan.
Bagaimana dengan kegiatanmu di rumah?
Ayo Berlatih !
1.
Apakah
cita-cita atau impianmu?
…………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… |
2.
Kegiatan
apa saja yang kamu suka lakukan di rumah?
…………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… |
3.
Kegiatan
apa sajakah yang kamu sukai di sekolah?
…………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… |
4.
Kegiatan
apa yang menurutmu paling sulit dilakukan?
…………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… |
5.
Jelaskan
kegiatan apa saja yang dapat membantumu untuk meraih cita-cita!
…………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… |
Ayo Berlatih
Cari tahulah mengenai kegiatan-kegiatan
yang disukai dan kegiatan yang sulit dilakukan oleh temanmu! Lakukan tanya
jawab dengan teman sebelahmu! Sebelum melakukan tanya jawab, buatlah
pertanyaan-pertanyaan untuk membantumu menemukan informasi yang diperlukan!
Contoh pertanyaan untuk mencari tahu
tentang kegiatan yang disukai dan kegiatan yang sulit dilakukan oleh teman,
sebagai berikut.
1. Apakah kegiatan yang kamu sukai?
2. Mengapa kamu menyukai kegiatan itu?
3. Apakah kegiatan penting yang sulit
kamu lakukan?
4. Mengapa kegiatan itu sulit bagimu?
5. Pekerjaan apakah yang kamu
cita-citakan?
6.
..........................................................................
7.
..........................................................................
8.
..........................................................................
Apakah kegiatanmu sama dengan kegiatan
temanmu? Apa kesimpulanmu tentang cita-cita temanmu?
Ada banyak jenis kegiatan yang dapat kamu lakukan.
Ayo
Membaca !
Ada banyak kisah
tentang orang-orang yang meraih mimpi besarnya dengan menghadapi kegagalan
terlebih dahulu.
Simaklah bacaan
berikut ini dengan saksama!
Kisah Sukses Mengatasi Kegagalan
Michael
Jordan, Pemain Basket Dunia Saat duduk di bangku SMA, Michael pernah gagal
masuk tim basket sekolahnya. Ia dianggap tidak cukup tinggi untuk memenuhi
persyaratan masuk tim kebanggaannya. Dengan usaha yang sangat keras, ia terus
berlatih dan berlatih.
Pada saat
menjadi pemain basket kelas dunia pun, ia banyak mengalami kegagalan. Ini
pengakuannya: “Sepanjang karir saya, lebih dari 9.000 tembakan saya meleset.
Saya pernah kalah dalam 300 pertandingan. Paling tidak, 26 kali saya
dipercaya untuk melakukan tembakan penentu kemenangan, dan saya gagal. Saya
telah berkali-kali mengalami kegagalan. Tetapi karena kegagalan itulah saya
berhasil.”
Thomas Alva
Edison, Penemu Lampu Listrik Semasa sekolah ia pernah dikeluarkan dari
sekolahnya karena dianggap tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah. Thomas
kecil bermasalah dengan pendengarannya. Ia harus berusaha lebih keras dari
teman-temannya yang lain dengan belajar sendiri di rumah dan membantu ibunya
yang miskin.
Dengan belajar
sendiri di rumah, Thomas membaca banyak buku yang memacunya melakukan
berbagai macam percobaan di bidang sains. Beribu kali ia gagal. Dua ribu kali
ia mencoba kembali. Ia tak pernah menyerah. Kegigihannya berbuah manis,
sehingga kita dapat menikmati terangnya lampu pijar ciptaannya. Dapatkah kamu
bayangkan jika ia menyerah?
Thomas
menceritakan rahasia keberhasilannya. “Jika saya ditanya apakah yang dapat
membuat seseorang berhasil dalam hidupnya. Jawaban saya sama. Orang itu harus
terus menambah kegagalannya. Jika kamu takut gagal, kamu tidak berani mencoba
dan berusaha.” |
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1.
Apakah
mimpi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison?
…………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… |
2.
Kegiatan
apa saja yang senang dilakukan oleh keduanya?
…………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… |
3.
Tantangan
apa saja yang dihadapi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison untuk meraih
mimpinya?
…………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… |
4.
Bagaimana
cara mereka menghadapi kegagalannya?
…………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… |
Ayo Mengamati !
Beni
yang berbadan kecil sangatlah gesit dan tangkas. Dayu yang gemulai, pandai
menari. Lihatlah Siti yang lincah, sungguh sigap gerakannya. Lani yang senang
berolahraga pun sangat bugar. Kenampakan luar mereka sangatlah beragam. Namun
semuanya memberikan manfaat!
Perhatikan gambar berikut!
Negara
Indonesia yang terletak di titik persilangan antara berbagai bangsa menyebabkan
beragamnya ras yang ada di Indonesia. Ras berkaitan dengan ciri-ciri fisik atau
ciri tubuh. Setiap suku di Indonesia mempunyai ciri fisik yang berbeda.
Masyarakat yang tinggal di Pulau Papua dan Pulau Aru merupakan satu kelompok
ras yang berbeda dengan kelompok lainnya. Kelompok masyarakat Sakai dari Riau,
suku Kubu dari Sumatra Selatan, suku Tomuna dari Pulau Muna, masyarakat Enggano
di Bengkulu dan masyarakat Mentawai memiliki kemiripan satu dengan yang lain.
Masyarakat Batak, Toraja, dan Dayak ada dalam kelompok ras tersendiri. Demikian
juga dengan kelompok masyarakat Madura, Jawa, dan Bali memiliki ciri fisik yang
hampir serupa.
Sumber : http://www.guruips.com
Ayo Berdiskusi !
Bersama
dengan teman sekelompokmu diskusikan beberapa pertanyaan berikut!
1.
Bagaimana
keragaman orang-orang yang ada di sekitarmu? Adakah ciri fisik berdasarkan suku
asal yang membedakannya?
…………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… |
2.
Apakah
manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di
Indonesia?
…………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… |
3.
Apakah
manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita?
…………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… |
4.
Jelaskan
hasil diskusimu di depan kelas!
…………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… |
Amatilah gambar di bawah ini!
Manfaat apa saja yang didapatkan mereka
dengan melakukan kegiatan tersebut? Bagaimanakah kegiatan tersebut dapat
membantu mereka meraih cita-cita mereka?
Apa kesimpulanmu ?Alternatif Jawaban
Ayo Berlatih
Tidak semua kegiatan yang sesuai
kegemaran akan menjadi mata pencaharianmu kelak seperti yang kamu cita-citakan.
Akan tetapi, kegemaran melakukan kegiatan tertentu akan membantumu mencapai
cita-citamu. Pada saat melakukan kegiatan tertentu, kamu sedang melatih sebuah
keterampilan dan sikap yang baik. Keterampilan dan sikap yang baik itulah yang
akan membantumu mencapai cita-citamu.
Mari lakukan kegiatan berikut ini untuk
mencari tahu.
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas
4–5 siswa.
2. Buatlah data kegemaran setiap anggota
kelompok dan cita-citanya.
3. Laporkanlah data tersebut dalam
bentuk tabel seperti berikut.
4. Apakah kegemaran siswa tersebut dapat membantunya mencapai cita-citanya?
5.
Adakah kegemaran siswa yang tidak sesuai dengan cita-cita? Apabila ada,
mintalah temanmu untuk menjelaskan alasannya!
6. Apa kesimpulan hasil diskusi kelompok. Tuliskan hasil diskusi itu pada kertas tugas dan dikumpulkan kepada guru.
DOWNLOAD MATERI : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
-------------------------------------------------------------------------------------
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR
3.6
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan
tujuan untuk kesenangan.
4.6
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang
tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
·
Mengamati
dan berdiskusi, dan mengidentifikasikan ciri-ciri puisi.
·
Membuat
kesimpulan, dan menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi.
· Mengamati sebuah puisi, dan mengidentifikasi ciri-ciri puisi yang berkaitan dengan akhir baris pada bait.
· Membuat puisi sendiri, dan menggunakan hasil pengamatannya tentang ciri-ciri puisi.
· Mencermati puisi yang dibacakan temannya dan menuliskan makna tiap baitnya, serta mampu menjelaskan makna puisi.
· Membaca dan mencermati puisi, dan menjelaskan makna yang terkandung dalam puisi.
· Membuat
puisi sendiri, dan mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi secara lisan
maupun tulisan.
· Mengamati puisi yang dibacakan temannya, dan menjelaskan dan mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi.
MATERI
Ayo Membaca !
Udin
dan Beni ternyata memiliki cita-cita yang sama! Mereka berdua ingin menjadi
seorang guru. Menurut Udin, ia ingin menjadi guru karena gurulah yang
membuatnya
menjadi selalu ingin tahu tentang banyak hal. Udin menunjukkan sebuah tulisan
dari sebuah majalah untuk menjelaskan pendapatnya tentang guru.
Bacalah teks yang ditemukan Udin berikut!
Teks berjudul Cita-Citaku di atas merupakan sebuah karya yang disebut puisi.
Ayo,
kita cari tahu ciri-ciri puisi tersebut!
Perhatikan bagian-bagian teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1.
Apakah
kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang
tersusun menjadi baris-baris?
2.
Apakah
kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
3.
Tuliskan
bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!
4.
Apakah
kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris?
5.
Tunjukkan
keteraturan itu!
Tuliskan
kesimpulan hasil diskusimu pada kolom berikut ini!
disebut
baris puisi. Baris-baris puisi terkumpul menjadi bagian-bagian yang
disebut
bait puisi.
Anganku melayang ke masa depan ---------- baris puisi
Aku
ingin menjadi seorang guru
---------- baris puisi bait puisi
Guru
adalah pejuang ilmu di garis depan ----------
baris puisi
Guru
tanpa pamrih berbagi ilmu ----------
baris puisi
Ayo Berlatih
Susunlah
baris-baris puisi ini menjadi bait puisi! Kemudian tuliskanlah di tempat yang
disediakan.
Bandingkanlah susunan bait puisimu dengan milik temanmu!
Bagaimana
pendapatmu?
Lani
: "Apakah aku bisa mengubah susunan baris dalam puisi itu, ya?"
Udin
: "Menurutku seharusnya bisa, Lani. Asalkan maknanya kurang lebih
sama.
Kenapa, Lani?"
Lani
: "Betul juga! Aku ingin menyusun puisi sendiri tentang cita-citaku."
Udin
: "Benarkah? Apakah cita-citamu, Lani?"
Lani
: "Aku senang dengan hewan. Aku ingin suatu hari nanti bisa menjadi dokter
hewan agar aku dapat membantu hewan-hewan yang sakit dan butuh
pertolongan."
Udin
: "Wah, hebat juga cita-citamu! Kebetulan aku punya beberapa hewan peliharaan
di rumah. Mungkin besok, aku bisa membawa mereka kepadamu untuk
diperiksa!"
Lani
: "Ah, Udin! Jangan bercanda! Itu nanti saja ketika aku sudah belajar banyak
tentang hewan."
Udin
: "Baiklah, Lani!"
Ayo Membaca !
Simaklah
puisi berikut!
Ayo Berlatih !
Setelah
menyimak puisi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.
Apakah
judul puisi tersebut?
……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………… |
2.
Coba
buatlah judul lain yang sesuai dengan isi puisi tersebut!
……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………… |
3.
Berapakah
jumlah bait yang terdapat pada puisi tersebut?
……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………… |
4.
Berapakah
jumlah baris pada setiap bait puisi tersebut?
……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………… |
Ayo Mengamati !
Perhatikan kembali puisi
"Cita-Citaku" dengan saksama. Amatilah bunyi vokal setiap kata
terakhir pada setiap baris puisi!
Perhatikan
contoh berikut!
Suara indah alat musik ---------------------------- i
Alunannya tenang mendayu
----------------------- u
Seakan selalu berbisik ----------------------------- i
Aku selalu ada untukmu
--------------------------- u
Aku suka alat musik itu ---------------------------- u
Karena itu aku ingin menjadi pemainnya
---------- a
Inilah cita-citaku ----------------------------------- u
Menjadi pemain biola ------------------------------ a
Langkah-langkah kujalani ------------------------- i
Semua cobaan kulewati ---------------------------- i
Untuk mendapatkan apa yang kuinginkan
--------- a
Semua akan kuperjuangkan ------------------------ a
Apakah kesimpulanmu setelah mengamati
bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi di atas?
Tuliskan kesimpulanmu pada kolom di
bawah ini!
……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………… ..............………………………………………………………… |
Coba bandingkan dengan bait puisi
berikut!
Ayo Membaca !
Kupu-kupu terbang ke sana ke mari
Mencari bunga-bunga yang sedang mekar
Sungguh indah warna sayapmu yang menari
Berpadu dengan indahnya bunga yang mekar
Bagaimanakah bunyi akhir baris-baris
pada bait puisi tersebut?
Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!
Kupu-kupu terbang ke sana ke mari ------------...
Mencari bunga-bunga yang sedang
mekar ------------...
Sungguh indah warna sayapmu yang
menari ------------...
Berpadu dengan indahnya bunga yang mekar
------------...
Ayo Mencoba
Carilah sebuah puisi anak dari berbagai
sumber informasi. Kamu dapat mencarinya di majalah anak atau koran anak.
Guntinglah dan tempelkan pada bukumu. Jangan lupa menuliskan nama penulisnya
dan sumber informasi yang kamu gunakan. Salinlah puisi tersebut, lalu tentukan
vokal terakhir dari setiap baris puisi tersebut! Tukarkan hasil pekerjaanmu
dengan teman sekelompokmu yang terdiri atas empat orang. Bandingkan hasil
temuanmu. Apakah kesimpulanmu?
Menarik sekali puisi itu, ya! Berbeda
dengan karangan yang biasa kita buat!
Ya, tetapi sama dengan karangan, puisi
juga dapat bercerita tentang apa saja! Tentang cita-cita, juga tentang seekor
kupu-kupu yang indah!
Bicara tentang kupu-kupu, selain ia indah,
cara pertumbuhannya juga unik, lho! Mau tahu, kan?
Ayo Membaca !
Keragaman sumber daya alam, lingkungan,
pekerjaan dan cita-cita memperkaya
masyarakat Indonesia. Kini kamu tahu
bahwa keragaman itu membuat hidupmu semakin berwarna. Keindahan keragaman dituangkan
dalam puisi berikut ini. Ayo, simaklah puisi berikut!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut
ini.
1. Apa judul puisi
tersebut? Siapakah pengarangnya?
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
2. Apakah yang kamu
bayangkan ketika kamu membaca judul puisi tersebut?
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
3. Menurutmu,
apakah isi puisi tersebut?
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
4. Berapakah jumlah
bait dalam puisi tersebut?
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
5. Berapakah jumlah
baris di setiap baitnya?
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
6. Tentukanlah rima
setiap bait pada puisi tersebut!
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
Ayo
Membaca !
Perbedaan ciri
fisik antar ras dan suku bangsa memperkaya keragaman masyarakat Indonesia.
Keragaman yang menguatkan satu dengan yang lain sebagai bangsa Indonesia yang
berbesar hati hidup rukun dalam perbedaan. Keunikan tersebut disampaikan pada
sebuah puisi.
Baca dan
simaklah puisi berikut!.
Sudahkah kamu
menyimak puisi tersebut?
Tahukah kamu
makna puisi tersebut?
Lakukanlah
kegiatan ini secara berpasangan.
1.
Bacalah
kembali dengan saksama bait pertama puisi tersebut.
2.
Secara
bergantian, ceritakan apa yang kamu bayangkan saat kamu membacanya kepada teman
sebangkumu. Berdiskusilah.
3.
Tuliskan
hasil diskusimu pada bait pertama dalam sebuah paragraf.
4.
Lakukanlah
hal yang sama dengan bait-bait yang lain. Gunakan diagram di bawah untuk
mencatatnya.
5.
Bacalah
kembali makna setiap bait di dalam puisi tersebut. Lalu ringkaslah menjadi satu
paragraf yang lain untuk mewakili makna keseluruhan puisi tersebut.
6.
Bacakan
hasil diskusimu dengan teman sebangkumu di depan kelas.
Keragaman di Indonesia tidak melulu tentang budaya dan tradisinya. Adanya keragaman alam juga mengakibatkan beragamnya sumber daya alam yang ada. Salah satu sumber daya alam yang tidak terbarukan adalah sumber daya berupa pertambangan. Bahan yang ditambang adalah berbagai jenis mineral dan logam, seperti emas, timah, nikel, batu bara, dan bauksit.
Ayo
Mengamati
Perhatikan di
lingkungan tempat tinggalmu! Carilah informasi tentang sumber daya alam yang
tidak dapat diperbaharui di daerahmu! Kemudian, lakukan kegiatan berikut !
1.
Buatlah
kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 siswa.
2.
Carilah
informasi mengenai sumber daya alam yang terdapat di daerahmu.
3.
Tuliskan
sumber daya alam yang dapat diperbarui di daerahmu.
4.
Tuliskan
sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui di daerahmu.
5.
Dimanfaatkan
untuk apakah sumber daya alam itu bagi penduduk di daerahmu?
6.
Buatlah
laporan hasil diskusi kalian tersebut.
Kegiatan
yang kita sukai dapat menentukan jenis kegiatan dan pekerjaan yang kita
cita-citakan. Bacalah kembali puisi tentang cita-cita pada pembelajaran yang
telah lalu berikut ini.
Ayo Membaca !
1.
Apa
isi dari bait kesatu puisi tersebut?
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
2.
Apa
isi dari bait kedua puisi tersebut?
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
3.
Apa
isi dari bait ketiga puisi tersebut?
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
4.
Apa
cita-cita yang disebutkan dalam puisi tersebut?
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
5.
Berilah
judul lain yang sesuai dengan puisi tersebut!
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
Puisi
"Cita-Citaku" menunjukkan bahwa cita-cita sebagai pemain musik biola dapat
diraih apabila rajin berlatih. Kita tidak boleh mudah menyerah jika mengalami
kesulitan.
Adakah di antara kamu yang mempunyai cita-cita sebagai pemain musik? Seorang pemain musik pasti tahu tentang notasi lagu, tempo, dan tinggi rendah nada.
Ayo Berlatih
Bacalah
syair lagu "Aku Ingin Jadi Penerbang"!
1.
Tuliskan
isi syair lagu pada bait pertama!
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
2.
Tuliskan
isi syair lagu pada bait kedua!
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
3.
Menurutmu,
kegiatan apa yang harus dilakukan agar cita-cita menjadi penerbang dapat
tercapai?
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
Ayo Mencoba!
Kita
akan membuat puisi berdasarkan isi puisi yang sudah kita tentukan. Sebelumnya,
cobalah baca bait puisi berikut dan tentukan isinya!
Isi
bait puisi di atas adalah:
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
Isi bait puisi tersebut adalah :
………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………… |
Saatnya untukmu melakukan sesuatu untuk meraih cita-citamu. Setelah kamu memiliki cita-cita dan mimpi, kamu pasti tahu apa yang harus kamu lakukan. Jika kamu tidak melakukan apa-apa, mimpi itu tidak akan pernah terwujud. Kamu telah banyak belajar tentang puisi dan menjelaskan maknanya. Pilihlah salah satu puisi yang ada pada kegiatan pembelajaran sebelumnya. Kamu juga dapat mengambil puisi dari majalah atau koran anak.
Bacalah puisi itu di depan kelas secara bergiliran.
Ayo Mengamati
1.
Amatilah dengan cermat isi puisi pilihanmu dan pilihan temanmu ketika dibacakan
di depan kelas.
2.
Tuliskan isi puisi temanmu pada tabel yang kamu buat.
3.
Siapkan tabel pengamatan seperti contoh berikut.
Alternatif Jawaban
Isi puisi menunjukkan makna puisi yang terkandung di dalamnya.
Puisi
merupakan karya sastra yang diungkapkan dengan bahasa yang indah.
Kita
dapat menuangkan curahan hati dan pikiran kita dalam sebuah puisi.
Sebuah
lagu juga memiliki makna yang terkandung di dalamnya.
Makna
lagu tercermin dari isi syair lagunya.
Makna
lagu menentukan juga tempo yang digunakan untuk menyanyikan lagu tersebut.
DOWNLOAD MATERI : BAHASA INDONESIA
---------------------------------------------------------------------------------------
MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR
3.1 Membedakan sifat-sifat segibanyak beraturan
dan tidak beraturan.
3.2 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas
daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan
akar.
3.3 Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar,
berpotongan, berimpit) menggunakan model konkret.
4.1 Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan
segibanyak tidak beraturan.
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga termasuk
melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua.
4.3 Mengidentifikasi hubungan antar garis
(sejajar, berpotongan, berimpit) menggunakan model konkret.
INDIKATOR
3.1.1
Membedakan sifat-sifat segibanyak beraturan dan tidak beraturan.
3.2.1
Menentukan keliling persegi, persegi panjang, dan segitiga.
3.2.2
Menentukan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga.
3.3.1
Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berimpit) menggunakan
model konkret.
4.1.1
Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan.
4.2.1
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling persegi, persegi panjang,
dan segitiga
4.2.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas persegi, persegi panjang, dan
segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua
4.3.1
Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berimpit) menggunakan
model konkret.
MATERI
DOWNLOAD MATERI : MATEMATIKA
------------------------------------------------------------------------------------------
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
KOMPETENSI DASAR
3.2
Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan
upaya pelestariannya.
4.2
Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya,
dan slogan upaya pelestariannya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN 1
·
Melakukan
pengamatan, dan mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya.
·
Menyusun
gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, dan membuat skema siklus makhluk
hidup yang ada di sekitarnya.
· Mengamati daur hidup kupu-kupu dan belalang dan membuat kesimpulan tentang daur hidup makhluk hidup yang berbeda.
MATERI :
Ayo Mengamati
Apakah
kamu memiliki hewan peliharaan seperti Udin? Apa saja hewan peliharaanmu itu?
Bagaimana kamu memeliharanya?
Amatilah
hewan peliharaan di sekitarmu. Apakah hewan-hewan peliharaan itu mempunyai
anak?
Perhatikan
gambar beberapa hewan peliharaan berikut!
Gambar-gambar
tersebut menunjukkan bahwa ada anak-anak hewan dan ada hewan yang sudah dewasa.
Artinya, hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan. Ada tahapan-tahapan yang
dilalui oleh hewan itu, dari anak-anak hewan menjadi hewan dewasa. Ayo, mencari
tahu tahapan-tahapan pertumbuhan hewan!
Ayo Membaca !
Semua
makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Hewan dan manusia
mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya.
Tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan membentuk sebuah siklus hidup atau
daur hidup. Hewan mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda. Ada jenis hewan yang mengalami perubahan bentuk di setiap tahap hidupnya. Namun, ada pula hewan yang tidak mengalami Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, selain bertambah besar saja. Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti mengalami metamorfosis. Sedangkan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti tidak mengalami metamorfosis. Di antara hewan yang mengalami metamorfosis, ada hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, ada juga yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya dinamakan mengalami metamorphosis sempurna. Sedangkan hewan yang mengalami perubahan bentuk hanya pada beberapa tahap tumbuh kembangnya dinamakan mengalami metamorfosis yang tidak sempurna. (Sumber: IPA Kelas 4 SD, Pusbuk 2009) |
Ayo Berdiskusi
1.
Buatlah kelompok diskusi yang terdiri atas 4–5 siswa.
2.
Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!
3. Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar. Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.
4.
Buatlah kesimpulan tahapan siklus hidup hewan.
Tahapan
siklus hidup hewan sebagai berikut. ........................................................................................................................... ........................................................................................................................... ........................................................................................................................... |
Ayo Mengamati !
Amatilah
gambar di bawah ini!
Kepompong
merupakan bagian dari pertumbuhan dan perkembangan kupu- kupu. Di dalam
kepompong itu ulat akan berubah menjadi kupu-kupu. Proses pertumbuhan dan
perkembangan makhluk hidup mulai dari lahir atau menetas hingga dewasa
disebut daur hidup.
Kita sudah mengetahui daur hidup hewan peliharaan, seperti ayam, kelinci, dan kucing. Kupu-kupu memiliki daur hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur hidupnya. Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan metamorfosis.
Berikut ini metamorfosis kupu-kupu.
1.
Kupu-kupu yang siap bertelur mencari tanaman yang cocok untuk meletakkan
telurnya. 2.
Telur kupu-kupu. 3.
Telur menetas mengeluarkan larva (ulat). 4.
Larva berubah menjadi pupa (kepompong). 5.
Kepompong akan menetas menjadi kupu-kupu.
|
Ayo Berdiskusi
1.
Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2.
Perhatikanlah daur hidup kupu-kupu dan belalang di depan.
3.
Diskusikanlah perbedaan daur hidup kupu-kupu dengan daur hidup belalang
tersebut.
4.
Buatlah kesimpulan hasil diskusimu!
Daur
hidup kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya. Sementara itu, tidak
semua tahap dalam daur hidup mengalami
perubahan. Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna. Sebaliknya belalang mengalami
metamorfosis tidak sempurna.
Dapatkah
kamu menemukan contoh hewan lain yang mengalami metamorfosis
sempurna
dan tidak sempurna?
DOWNLOAD MATERI : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
--------------------------------------------------------------------------------------
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KOMPETENSI DASAR
3.1
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumberdaya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam
untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
·
Melakukan
pengamatan dan berdiskusi dalam kelompok, untuk mengidentifikasi hubungan
karakteristik ruang dengan SDA yang ada di lingkungannya.
•
Menuangkan
hasil diskusi dalam bentuk laporan, dan melaporkan hubungan antara
karakteristik ruang dengan SDA yang ada di lingkungannya.
· Mencari informasi dan berdiskusi, dan mengidentifikasikan hubungan karakteristik ruang dengan SDA yang ada di lingkungannya.
MATERI :
Beternak merupakan kegiatan mengembangbiakkan hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan manusia. Hewan ternak adalah hewan yang dipelihara manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Hasil hewan ternak yang dapat dimanfaatkan berupa telur, daging, susu, dan kulitnya. Pemanfaatan tersebut tergantung jenis ternaknya. Adakah kegiatan beternak di sekitar tempat tinggalmu?
Ayo Mengamati !
Perhatikanlah
gambar-gambar berikut!
Pernahkah kamu melihat kegiatan tersebut?
Hewan-hewan
tersebut dipelihara oleh manusia dan dimanfaatkan manusia sesuai dengan
tujuannya. Para peternak berusaha agar hasil peternakannya memiliki kualitas
yang baik.
Ayo Berlatih!
Keahlian
apa saja yang dibutuhkan agar usaha peternakan dapat menghasilkan
hewan
ternak yang berkualitas?
Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!
|
Selain beternak, kegiatan pertanian merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki lingkungan alam yang mendukung tumbuhnya aneka jenis tanaman pertanian. Kondisi tersebut menghasilkan produk pertanian dengan kualitas
Perhatikan gambar-gambar hasil pertanian masyarakat Indonesia berikut ini!
Tumbuhan dapat tumbuh subur jika dirawat dengan baik. Selain perawatan, tumbuhan juga memerlukan lingkungan yang sesuai. Menurutmu, di lingkungan seperti apakah pohon apel dan mangga dapat tumbuh dengan subur? Di lingkungan seperti apakah sayuran brokoli, wortel, dan kol dapat tumbuh dengan subur?
Ayo Berlatih !
Peta
konsep adalah gambar yang menghubungkan satu ide utama dengan ide-de pendukung.
Peta konsep dapat digunakan untuk menyajikan ringkasan suatu bacaan dengan
menggunakan bagan atau diagram.
Buatlah peta konsep tentang lingkungan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh subur.
|
Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itu menyebabkan perbedaan potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk.
Sumber daya alam ada berbagai macam. Ada sumber daya alam yang dapat diperbarui, ada sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber tetapi daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali dalam waktu yang tidak lama. Tumbuhan dan hewan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Kita dapat menghasilkan kembali tumbuhan dan hewan untuk dimanfaatkan. Tumbuhan dapat dihasilkan melalui usaha pertanian. Hewan dapat dihasilkan melalui usaha peternakan.
Ayo Berdiskusi
1.
Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2.
Diskusikan mengenai hal-hal berikut.
a.
Di antara lingkungan-lingkungan berikut, termasuk lingkungan apakah daerah
tempat tinggalmu?
1) Pegunungan
2) Dataran
rendah
3) Pantai
4) Lainnya (tuliskan
menurut pengamatanmu)
b. Tuliskan
potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu!
c. Tuliskan mata
pencaharian (pekerjaan) penduduk di daerahmu!
3.
Buatlah laporan hasil diskusimu. Tuliskan laporanmu dalam bentuk tabel seperti
berikut!
Lingkungan Daerah Tempat Tinggal |
Potensi Sumber Daya |
Mata Pencaharian atau Pekerjaan Penduduk |
|
|
|
|
|
|
4. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu dengan menjawab pertanyaan berikut!
a. Apakah potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu sesuai dengan lingkungannya?
…………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… |
b. Apakah mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitarmu sesuai dengan lingkungannya?
…………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………… |
DOWNLOAD MATERI : ILMUPENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
---------------------------------------------------------------------------------------------
SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP)
KOMPETENSI DASAR
3.2
Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2
Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
·
Mengamati
dua buah lagu yang berbeda, dan mengidentifikasi tanda tempo tinggi rendah
nada.
·
Mengamati
dua buah lagu yang berbeda, dan bernyanyi dengan tempo yang berbeda.
· Mencermati syair lagu, dan mengidentifikasikan tempo dan tinggi rendahnya nada dalam lagu.
·
Menyanyikan
lagu dan menyesuaikan tempo dengan jenis lagu dengan tepat.
· Mengamati syair lagu dan menyanyikannya, serta mengidentifikasi dan menilai tanda tempo tinggi rendah nada.
MATERI
Siti bercita-cita menjadi seorang peneliti tumbuhan dan hewan. Ia suka sekali mempelajari pengetahuan tentang tumbuhan dan hewan. Banyak buku tentang hewan dan tumbuhan yang dibacanya. Pengetahuan itu digunakan Siti sebagai bekal untuk merawat hewan peliharaannya dan tumbuhan yang ditanamnya.
Siti memelihara beberapa ekor kelinci di rumahnya. Kelinci-kelinci itu bermain bebas di belakang rumah Siti yang asri. Ada beberapa pohon tumbuh di halaman belakangnya. Pohon yang rindang menjadikan udara sejuk. Siti senang menghabiskan waktunya di sana untuk menyiram tanaman dan memberi makan kelincinya.
Perhatikan gambar halaman rumah Siti di bawah.
Selanjutnya, sebutkan jenis hewan yang ada di halaman belakang rumah Siti!
Apakah
kamu melihat kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang sedang
mekar?
Kamu tentu ingat ada sebuah lagu tentang kupu-kupu.
Ayo, nyanyikanlah!
Bagaimana
kamu menyanyikan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" tersebut?
Apakah
kamu menyanyikan dengan cepat?
Apakah
kamu menyanyikan dengan lambat?
Bagaimana
perasaanmu jika lagu itu dinyanyikan dengan cepat?
Setiap
hewan dan tumbuhan membutuhkan air. Air dapat berasal dari air hujan atau
sumber air.
Coba
bandingkan dengan lagu berikut!
Ada
lagu yang dinyanyikan dengan lambat, ada juga lagu yang dinyanyikan dengan
cepat. Cepat dan lambatnya lagu dinyanyikan disebut tempo lagu.
Ada
tanda atau istilah untuk menunjukkan tempo lagu.
Amatilah
kembali penulisan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi
Hujan" di depan. Perhatikan tanda tempo yang ada pada lagu-lagu tersebut.
Kemudian, cocokkan dengan keterangan atau istilah yang dipakai pada sebuah lagu
untuk menunjukkan tempo lagu berikut.
1.
Tanda
tempo apakah yang terdapat pada notasi lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan
"Tik-Tik Bunyi Hujan"?
……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… |
2.
Tahukah
kamu perbedaan tempo pada lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan
"Tik-Tik Bunyi Hujan" tersebut?
……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… |
3.
Carilah
notasi lagu yang lain. Amatilah tempo yang digunakan pada notasi lagu tersebut!
……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… |
Tempo lagu
digunakan untuk membantu penyanyi dalam menyanyikan sebuah lagu. Tempo lagu
juga digunakan pemusik untuk mengiringi lagu tersebut. Salah satu alat musik
yang digunakan untuk mengiringi musik adalah biola. Adakah di antaramu yang
ingin menjadi pemain biola? |
Ayo Bernyanyi !
Nyanyikan lagu di bawah ini dengan tempo
yang sesuai!
…………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………….. |
…………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………….. |
Tandailah
kata-kata yang memiliki nada tinggi!
Tandailah - yang memiliki nada rendah!
1.
Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa!
2.
Bacalah syair lagu-lagu berikut!
3.
Diskusikan tempo lagu yang sesuai dengan syair lagu tersebut!
(Dicuplik dari lagu Indonesia Pusaka, ciptaan Ismail Marzuki)
………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………..………… ………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………..…………………… ………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………… |
Tempo
lagu yang sesuai … Alternatif Jawaban
(Dicuplik
dari Lagu Kesayangan, Ciptaan Daljono)
………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………..………… ………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………..…………………… ………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………… |
Tempo
lagu yang sesuai …
(Dicuplik dari lagu Hati Gembira, ciptaan AT Mahmud)
………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………..………… ………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………..…………………… ………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………… |
Tempo
lagu yang sesuai ….
(Dicuplik
dari lagu Ibu Guru Kami, ciptaan Mochtar Embut)
……………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………..…… ……………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………..………… ……………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………………… |
(Dicuplik dari lagu Menanam Jagung, ciptaan Ibu Sud)
………………………………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………………..………… ………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………..…………………… ………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………… |
5.
Diskusikan tempo lagu yang cocok dengan isi lagu tersebut.
6.
Buatlah daftar isi lagu dan tempo yang sesuai dengan isi syair lagu tersebut.
Tempo lagu yang sesuai menentukan keindahan lagu tesebut. Selain itu, keindahan lagu juga ditentukan oleh ketepatan kita menyanyikan lagu sesuai dengan nadanya. Keindahan lagu ditentukan juga oleh ketepatan menyanyikan lagu sesuai tinggi rendahnya nada.
Ayo Berlatih
Carilah
contoh lagu anak yang kamu sukai.
Tuliskan
syair lagu beserta notasinya.
Kemudian,
tandailah notasi yang memiliki nada tinggi dengan lingkaran biru.
Tandailah
notasi nada rendah dengan lingkaran hijau.
Komentar
Posting Komentar