MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1

MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1


Download : Modul Kelas 4 Tema 6 Subtema 1


PKN


KOMPETENSI DASAR

1.3 Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.

2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.

3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

4.3 Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN :

·         Melakukan pengamatan di lingkungan sekitar, dan mengidentifikasikan keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

      Menuliskan hasil pengamatan, dan menjelaskan hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan manfaatnya.

·         Mencari tahu tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan temannya dan mengidentifikasi keragaman kegiatan orang-orang disekitarnya.

·         Membuat kesimpulan dari kegiatan bertanya, dan menjelaskan hasil identifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitarnya.

·         Mengamati gambar dan lingkungan sekitar, dan mengidentifikasikan keragaman kegiatan dalam masyarakat.

MATERI :

 Ayo Mengamati

Amatilah gambar-gambar di bawah ini. Tuliskan kegiatan atau pekerjaan yang dijelaskan dari gambar. Jelaskan juga keahlian atau kegiatan yang sesuai dengan jenis pekerjaannya.

Alternatif Jawaban 

Bagaimana denganmu? Kamu pasti mempunyai mimpi dan harapan tentang kegiatan atau pekerjaanmu kelak. Itulah cita-cita.

Tuliskan tentang cita-citamu, kegiatan utama, dan keahlian yang harus kamu miliki sehubungan dengan cita-citamu itu!


Pernahkah kamu mendengar ucapan berikut? “Gantungkan cita-citamu setinggi langit.” Kalimat itu mengajak kita agar berusaha sekuat tenaga mencapai cita-cita. Artinya, kita harus selalu bersemangat dan tidak mudah menyerah.

Beni berjalan beriringan dengan Made. Made tertarik dengan sebuah gulungan koran anak yang dibawa Beni.

“Apa yang kamu bawa, Ben? tanya Made.

Aku ingin menunjukkan sebuah artikel di koran ini kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil tersenyum.

“Artikel tentang apakah itu, Ben? Aku jadi penasaran!” kata Made tidak sabar.

“Ini tentang seorang pemuda yang berani, kawan! Walaupun masih muda, ia telah menjadi peternak dan pengusaha yang hebat!” kata Beni bangga.

“Wah! Hebat! Bolehkah aku membacanya sekarang?” pinta Made tidak sabar.

“Hanya untuk kawanku, kau boleh membacanya sekarang sebelum aku memberikannya kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil mengulurkan gulungan koran anak tersebut kepada Beni.

Apakah kamu juga ingin tahu isi artikel yang dibawa Beni?

Yuk, kita baca bersama!

Ayo Membaca !

Bacalah artikel berikut dengan saksama!

 

Peternak Muda dari Malang

 

Menjadi pengusaha di usia muda, mungkin bukan tujuannya. Ia hanya ingin membangun usaha mandiri seusai kuliah. Seorang pemuda bernama Triyono merintis usaha peternakan bebek potong sejak tahun 2006 dengan modal seadanya. Berbekal ilmu peternakan yang didapatnya dari tempat ia belajar di Universitas Sebelas Maret, ia memulai usahanya.

Usaha  peternakan  bebek  potong  ia kembangkan hingga pada tahun 2007 ia mendapat inspirasi baru. Ketika melihat hewan-hewan kurban, ia berpikir untuk mulai membangun sebuah peternakan sendiri. Untuk mendapatkan dana, ia membentuk sebuah kelompok bersama  mengumpulkan dana dari teman-teman semasa kuliah.

Setahun kemudian, Triyono berhasil memiliki sebuah lahan. Meski lahan itu tak terlalu besar, ia dapat membangun beberapa kandang untuk mulai beternak  sapi. Setelah usahanya berjalan, setahun berikutnya, ia mengembangkan usahanya untuk membangun peternakan dan pemotongan ayam.

Usaha Triyono kian membesar. Kini ia telah memiliki usaha ternak ayam, bebek, sapi berikut pemotongannya. Ia pun mengolah limbah peternakannya untuk dijadikan pupuk. Meskipun kini usahanya kian membesar, ia tidak cepat puas. Ia bermimpi bisa memenuhi pasokan daging sapi di Jakarta yang saat ini masih impor dari luar negeri.

 Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan artikel!

1.   Siapakah Triyono?

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………….......

 

2.   Apa saja yang telah dilakukannya untuk menjadi pengusaha?

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

 

3.   Kendala apa sajakah yang dihadapinya?

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

 

4.   Apakah mimpinya?

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

 Alternatif Jawaban


Jenis mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitar tempat tinggalmu ada berbagai macam. Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan sesuai dengan lingkunganmu? Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan berguna bagi masyarakat di sekitarmu? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, lakukan kegiatan di bawah ini!

 

Ayo Berlatih !

1. Kegiatan dilakukan secara berpasangan dengan teman sebelahmu!

2. Bertanyalah kepada temanmu mengenai hal-hal berikut.

a.               Apa cita-citamu?

b.               Apa manfaat cita-citamu bagi kehidupan di sekitarmu?

3. Laporkan hasil jawabanmu pada diskusi kelas. Tuliskan hasil diskusi dengan mengisi tabel seperti berikut.

 



Kamu sudah mengetahui beragam cita-cita teman sekelasmu! Dapatkah kamu membuat kesimpulan tentang cita-cita mereka yang beragam tersebut? Tuliskanlah kesimpulanmu di bawah ini.

 

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………...............................

 

Alternatif Jawaban

Siti ingin menjadi peneliti di bidang tumbuhan. Ia suka berkebun. Halaman rumahnya ditumbuhi berbagai tanaman. Siti juga suka membaca buku tentang tumbuhan. Bagaimana dengan kegiatanmu di rumah?

 Ayo Berlatih !

1.   Apakah cita-cita atau impianmu?

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

 

2.   Kegiatan apa saja yang kamu suka lakukan di rumah?

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

 

3.   Kegiatan apa sajakah yang kamu sukai di sekolah?

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

 

4.   Kegiatan apa yang menurutmu paling sulit dilakukan?

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

 

5.   Jelaskan kegiatan apa saja yang dapat membantumu untuk meraih cita-cita!

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

Alternatif Jawaban 


Ayo Berlatih

Cari tahulah mengenai kegiatan-kegiatan yang disukai dan kegiatan yang sulit dilakukan oleh temanmu! Lakukan tanya jawab dengan teman sebelahmu! Sebelum melakukan tanya jawab, buatlah pertanyaan-pertanyaan untuk membantumu menemukan informasi yang diperlukan!

 

Contoh pertanyaan untuk mencari tahu tentang kegiatan yang disukai dan kegiatan yang sulit dilakukan oleh teman, sebagai berikut.

1. Apakah kegiatan yang kamu sukai?

2. Mengapa kamu menyukai kegiatan itu?

3. Apakah kegiatan penting yang sulit kamu lakukan?

4. Mengapa kegiatan itu sulit bagimu?

5. Pekerjaan apakah yang kamu cita-citakan?

6. ..........................................................................

7. ..........................................................................

8. ..........................................................................

 

Apakah kegiatanmu sama dengan kegiatan temanmu? Apa kesimpulanmu tentang cita-cita temanmu?


Ada banyak jenis kegiatan yang dapat kamu lakukan.

 

Ayo Membaca !

Ada banyak kisah tentang orang-orang yang meraih mimpi besarnya dengan menghadapi kegagalan terlebih dahulu.

 

Simaklah bacaan berikut ini dengan saksama!

 

Kisah Sukses Mengatasi Kegagalan

 

Michael Jordan, Pemain Basket Dunia Saat duduk di bangku SMA, Michael pernah gagal masuk tim basket sekolahnya. Ia dianggap tidak cukup tinggi untuk memenuhi persyaratan masuk tim kebanggaannya. Dengan usaha yang sangat keras, ia terus berlatih dan berlatih.

 

Pada saat menjadi pemain basket kelas dunia pun, ia banyak mengalami kegagalan. Ini pengakuannya: “Sepanjang karir saya, lebih dari 9.000 tembakan saya meleset. Saya pernah kalah dalam 300 pertandingan. Paling tidak, 26 kali saya dipercaya untuk melakukan tembakan penentu kemenangan, dan saya gagal. Saya telah berkali-kali mengalami kegagalan. Tetapi karena kegagalan itulah saya berhasil.”

 

Thomas Alva Edison, Penemu Lampu Listrik Semasa sekolah ia pernah dikeluarkan dari sekolahnya karena dianggap tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah. Thomas kecil bermasalah dengan pendengarannya. Ia harus berusaha lebih keras dari teman-temannya yang lain dengan belajar sendiri di rumah dan membantu ibunya yang miskin.

 

Dengan belajar sendiri di rumah, Thomas membaca banyak buku yang memacunya melakukan berbagai macam percobaan di bidang sains. Beribu kali ia gagal. Dua ribu kali ia mencoba kembali. Ia tak pernah menyerah. Kegigihannya berbuah manis, sehingga kita dapat menikmati terangnya lampu pijar ciptaannya. Dapatkah kamu bayangkan jika ia menyerah?

 

Thomas menceritakan rahasia keberhasilannya. “Jika saya ditanya apakah yang dapat membuat seseorang berhasil dalam hidupnya. Jawaban saya sama. Orang itu harus terus menambah kegagalannya. Jika kamu takut gagal, kamu tidak berani mencoba dan berusaha.”

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1.   Apakah mimpi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison?

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

 

2.   Kegiatan apa saja yang senang dilakukan oleh keduanya?

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

 

3.   Tantangan apa saja yang dihadapi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison untuk meraih mimpinya?

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

 

4.   Bagaimana cara mereka menghadapi kegagalannya?

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

 Alternatif Jawaban

Ayo Mengamati !

Beni yang berbadan kecil sangatlah gesit dan tangkas. Dayu yang gemulai, pandai menari. Lihatlah Siti yang lincah, sungguh sigap gerakannya. Lani yang senang berolahraga pun sangat bugar. Kenampakan luar mereka sangatlah beragam. Namun semuanya memberikan manfaat!

 Perhatikan gambar berikut!

 


Negara Indonesia yang terletak di titik persilangan antara berbagai bangsa menyebabkan beragamnya ras yang ada di Indonesia. Ras berkaitan dengan ciri-ciri fisik atau ciri tubuh. Setiap suku di Indonesia mempunyai ciri fisik yang berbeda. Masyarakat yang tinggal di Pulau Papua dan Pulau Aru merupakan satu kelompok ras yang berbeda dengan kelompok lainnya. Kelompok masyarakat Sakai dari Riau, suku Kubu dari Sumatra Selatan, suku Tomuna dari Pulau Muna, masyarakat Enggano di Bengkulu dan masyarakat Mentawai memiliki kemiripan satu dengan yang lain. Masyarakat Batak, Toraja, dan Dayak ada dalam kelompok ras tersendiri. Demikian juga dengan kelompok masyarakat Madura, Jawa, dan Bali memiliki ciri fisik yang hampir serupa.

 Sumber : http://www.guruips.com

 

Ayo Berdiskusi !

Bersama dengan teman sekelompokmu diskusikan beberapa pertanyaan berikut!

1.   Bagaimana keragaman orang-orang yang ada di sekitarmu? Adakah ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakannya?

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

 

2.   Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia?

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

 

3.   Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita?

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

 

4.   Jelaskan hasil diskusimu di depan kelas!

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

Alternatif Jawaban  


Amatilah gambar di bawah ini!

Manfaat apa saja yang didapatkan mereka dengan melakukan kegiatan tersebut? Bagaimanakah kegiatan tersebut dapat membantu mereka meraih cita-cita mereka?

 

Apa kesimpulanmu ?

Alternatif Jawaban

 

Ayo Berlatih

Tidak semua kegiatan yang sesuai kegemaran akan menjadi mata pencaharianmu kelak seperti yang kamu cita-citakan. Akan tetapi, kegemaran melakukan kegiatan tertentu akan membantumu mencapai cita-citamu. Pada saat melakukan kegiatan tertentu, kamu sedang melatih sebuah keterampilan dan sikap yang baik. Keterampilan dan sikap yang baik itulah yang akan membantumu mencapai cita-citamu.

 

Mari lakukan kegiatan berikut ini untuk mencari tahu.

1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4–5 siswa.

2. Buatlah data kegemaran setiap anggota kelompok dan cita-citanya.

3. Laporkanlah data tersebut dalam bentuk tabel seperti berikut.


4. Apakah kegemaran siswa tersebut dapat membantunya mencapai cita-citanya?


Alternatif Jawaban

5. Adakah kegemaran siswa yang tidak sesuai dengan cita-cita? Apabila ada, mintalah temanmu untuk menjelaskan alasannya!

6. Apa kesimpulan hasil diskusi kelompok. Tuliskan hasil diskusi itu pada kertas tugas dan dikumpulkan kepada guru. 


DOWNLOAD MATERI : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)


-------------------------------------------------------------------------------------


BAHASA INDONESIA


KOMPETENSI DASAR

3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN 

·            Mengamati dan berdiskusi, dan mengidentifikasikan ciri-ciri puisi.

·            Membuat kesimpulan, dan menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi.

·  Mengamati sebuah puisi, dan mengidentifikasi ciri-ciri puisi yang berkaitan dengan akhir baris pada bait.

·   Membuat puisi sendiri, dan menggunakan hasil pengamatannya tentang ciri-ciri puisi.

 ·    Mencermati puisi yang dibacakan temannya dan menuliskan makna tiap baitnya, serta mampu menjelaskan makna puisi.

 ·   Membaca dan mencermati puisi, dan menjelaskan makna yang terkandung dalam puisi.

·   Membuat puisi sendiri, dan mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi secara lisan maupun tulisan.

· Mengamati puisi yang dibacakan temannya, dan menjelaskan dan mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi.

  

MATERI

Ayo Membaca !

Udin dan Beni ternyata memiliki cita-cita yang sama! Mereka berdua ingin menjadi seorang guru. Menurut Udin, ia ingin menjadi guru karena gurulah yang

membuatnya menjadi selalu ingin tahu tentang banyak hal. Udin menunjukkan sebuah tulisan dari sebuah majalah untuk menjelaskan pendapatnya tentang guru.

 Bacalah teks yang ditemukan Udin berikut!

 

Teks berjudul Cita-Citaku di atas merupakan sebuah karya yang disebut puisi.

Ayo, kita cari tahu ciri-ciri puisi tersebut!

Perhatikan bagian-bagian teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

1.   Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?

2.   Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?

3.   Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!

4.   Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris?

5.   Tunjukkan keteraturan itu!

 

Tuliskan kesimpulan hasil diskusimu pada kolom berikut ini!


Puisi terdiri atas bagian-bagian yang merupakan kumpulan kata-kata yang

disebut baris puisi. Baris-baris puisi terkumpul menjadi bagian-bagian yang

disebut bait puisi.

  


Anganku melayang ke masa depan             ---------- baris puisi               

Aku ingin menjadi seorang guru                 ---------- baris puisi                 bait puisi

Guru adalah pejuang ilmu di garis depan   ---------- baris puisi

Guru tanpa pamrih berbagi ilmu                ---------- baris puisi

 

 Ayo Berlatih

Susunlah baris-baris puisi ini menjadi bait puisi! Kemudian tuliskanlah di tempat yang disediakan.

 

Alternatif Jawaban

Bandingkanlah susunan bait puisimu dengan milik temanmu!

Bagaimana pendapatmu?

Lani : "Apakah aku bisa mengubah susunan baris dalam puisi itu, ya?"

Udin : "Menurutku seharusnya bisa, Lani. Asalkan maknanya kurang lebih

sama. Kenapa, Lani?"

Lani : "Betul juga! Aku ingin menyusun puisi sendiri tentang cita-citaku."

Udin : "Benarkah? Apakah cita-citamu, Lani?"

Lani : "Aku senang dengan hewan. Aku ingin suatu hari nanti bisa menjadi dokter hewan agar aku dapat membantu hewan-hewan yang sakit dan butuh pertolongan."

Udin : "Wah, hebat juga cita-citamu! Kebetulan aku punya beberapa hewan peliharaan di rumah. Mungkin besok, aku bisa membawa mereka kepadamu untuk diperiksa!"

Lani : "Ah, Udin! Jangan bercanda! Itu nanti saja ketika aku sudah belajar banyak tentang hewan."

Udin : "Baiklah, Lani!"

 

Ayo Membaca !

Simaklah puisi berikut!

 


 Ayo Berlatih !

Setelah menyimak puisi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1.   Apakah judul puisi tersebut?

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

 

2.   Coba buatlah judul lain yang sesuai dengan isi puisi tersebut!

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

 

3.   Berapakah jumlah bait yang terdapat pada puisi tersebut?

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

 

4.   Berapakah jumlah baris pada setiap bait puisi tersebut?

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Alternatif Jawaban 


Ayo Mengamati !

Perhatikan kembali puisi "Cita-Citaku" dengan saksama. Amatilah bunyi vokal setiap kata terakhir pada setiap baris puisi!

 

Perhatikan contoh berikut!

Suara indah alat musik  ---------------------------- i

Alunannya tenang mendayu ----------------------- u

Seakan selalu berbisik  ----------------------------- i

Aku selalu ada untukmu --------------------------- u

 

Aku suka alat musik itu    ---------------------------- u

Karena itu aku ingin menjadi pemainnya ---------- a

Inilah cita-citaku      ----------------------------------- u

Menjadi pemain biola      ------------------------------ a

 

Langkah-langkah kujalani      ------------------------- i

Semua cobaan kulewati      ---------------------------- i

Untuk mendapatkan apa yang kuinginkan --------- a

Semua akan kuperjuangkan    ------------------------ a

 

Apakah kesimpulanmu setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi di atas?

 

Tuliskan kesimpulanmu pada kolom di bawah ini!

 

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

..............…………………………………………………………

Alternatif Jawaban 


Coba bandingkan dengan bait puisi berikut!

Ayo Membaca !

 

Kupu-kupu terbang ke sana ke mari

Mencari bunga-bunga yang sedang mekar

Sungguh indah warna sayapmu yang menari

Berpadu dengan indahnya bunga yang mekar

 

Bagaimanakah bunyi akhir baris-baris pada bait puisi tersebut?

Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!

 

Kupu-kupu terbang ke sana ke mari  ------------...

Mencari bunga-bunga yang sedang mekar  ------------...

Sungguh indah warna sayapmu yang menari  ------------...

Berpadu dengan indahnya bunga yang mekar ------------...

 



Ayo Mencoba

Carilah sebuah puisi anak dari berbagai sumber informasi. Kamu dapat mencarinya di majalah anak atau koran anak. Guntinglah dan tempelkan pada bukumu. Jangan lupa menuliskan nama penulisnya dan sumber informasi yang kamu gunakan. Salinlah puisi tersebut, lalu tentukan vokal terakhir dari setiap baris puisi tersebut! Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan teman sekelompokmu yang terdiri atas empat orang. Bandingkan hasil temuanmu. Apakah kesimpulanmu?


Alternatif Jawaban 


Menarik sekali puisi itu, ya! Berbeda dengan karangan yang biasa kita buat!

Ya, tetapi sama dengan karangan, puisi juga dapat bercerita tentang apa saja! Tentang cita-cita, juga tentang seekor kupu-kupu yang indah!

Bicara tentang kupu-kupu, selain ia indah, cara pertumbuhannya juga unik, lho! Mau tahu, kan?

 

Ayo Membaca !

Keragaman sumber daya alam, lingkungan, pekerjaan dan cita-cita memperkaya

masyarakat Indonesia. Kini kamu tahu bahwa keragaman itu membuat hidupmu semakin berwarna. Keindahan keragaman dituangkan dalam puisi berikut ini. Ayo, simaklah puisi berikut!



 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1.   Apa judul puisi tersebut? Siapakah pengarangnya?

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 

2.   Apakah yang kamu bayangkan ketika kamu membaca judul puisi tersebut?

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 

3.   Menurutmu, apakah isi puisi tersebut?

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 

4.   Berapakah jumlah bait dalam puisi tersebut?

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 

5.   Berapakah jumlah baris di setiap baitnya?

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 

6.   Tentukanlah rima setiap bait pada puisi tersebut!

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 Alternatif Jawaban


Ayo Membaca !

Perbedaan ciri fisik antar ras dan suku bangsa memperkaya keragaman masyarakat Indonesia. Keragaman yang menguatkan satu dengan yang lain sebagai bangsa Indonesia yang berbesar hati hidup rukun dalam perbedaan. Keunikan tersebut disampaikan pada sebuah puisi.

 

Baca dan simaklah puisi berikut!.


Sudahkah kamu menyimak puisi tersebut?

Tahukah kamu makna puisi tersebut?

 

Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan.

1.   Bacalah kembali dengan saksama bait pertama puisi tersebut.

2.   Secara bergantian, ceritakan apa yang kamu bayangkan saat kamu membacanya kepada teman sebangkumu. Berdiskusilah.

3.   Tuliskan hasil diskusimu pada bait pertama dalam sebuah paragraf.

4.   Lakukanlah hal yang sama dengan bait-bait yang lain. Gunakan diagram di bawah untuk mencatatnya.

5.   Bacalah kembali makna setiap bait di dalam puisi tersebut. Lalu ringkaslah menjadi satu paragraf yang lain untuk mewakili makna keseluruhan puisi tersebut.

6.   Bacakan hasil diskusimu dengan teman sebangkumu di depan kelas.

 

Alternatif Jawaban


Keragaman di Indonesia tidak melulu tentang budaya dan tradisinya. Adanya keragaman alam juga mengakibatkan beragamnya sumber daya alam yang ada. Salah satu sumber daya alam yang tidak terbarukan adalah sumber daya berupa pertambangan. Bahan yang ditambang adalah berbagai jenis mineral dan logam, seperti emas, timah, nikel, batu bara, dan bauksit.

 

 

Ayo Mengamati

Perhatikan di lingkungan tempat tinggalmu! Carilah informasi tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui di daerahmu! Kemudian, lakukan kegiatan berikut !

1.   Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 siswa.

2.   Carilah informasi mengenai sumber daya alam yang terdapat di daerahmu.

3.   Tuliskan sumber daya alam yang dapat diperbarui di daerahmu.

4.   Tuliskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui di daerahmu.

5.   Dimanfaatkan untuk apakah sumber daya alam itu bagi penduduk di daerahmu?

6.   Buatlah laporan hasil diskusi kalian tersebut.

 

Kegiatan yang kita sukai dapat menentukan jenis kegiatan dan pekerjaan yang kita cita-citakan. Bacalah kembali puisi tentang cita-cita pada pembelajaran yang telah lalu berikut ini.


 Ayo Membaca !



1.   Apa isi dari bait kesatu puisi tersebut?

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 

2.   Apa isi dari bait kedua puisi tersebut?

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 

3.   Apa isi dari bait ketiga puisi tersebut?

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 

4.   Apa cita-cita yang disebutkan dalam puisi tersebut?

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 

5.   Berilah judul lain yang sesuai dengan puisi tersebut!

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 Alternatif Jawaban

Puisi "Cita-Citaku" menunjukkan bahwa cita-cita sebagai pemain musik biola dapat diraih apabila rajin berlatih. Kita tidak boleh mudah menyerah jika mengalami kesulitan.

Adakah di antara kamu yang mempunyai cita-cita sebagai pemain musik? Seorang pemain musik pasti tahu tentang notasi lagu, tempo, dan tinggi rendah nada.

 

Ayo Berlatih

Bacalah syair lagu "Aku Ingin Jadi Penerbang"!

1.   Tuliskan isi syair lagu pada bait pertama!

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 

2.   Tuliskan isi syair lagu pada bait kedua!

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 

3.   Menurutmu, kegiatan apa yang harus dilakukan agar cita-cita menjadi penerbang dapat tercapai?

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 ALTERNATIF JAWABAN

Ayo Mencoba!

Kita akan membuat puisi berdasarkan isi puisi yang sudah kita tentukan. Sebelumnya, cobalah baca bait puisi berikut dan tentukan isinya!


 


Isi bait puisi di atas adalah:

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 


Isi bait puisi tersebut adalah :

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

Saatnya untukmu melakukan sesuatu untuk meraih cita-citamu. Setelah kamu memiliki cita-cita dan mimpi, kamu pasti tahu apa yang harus kamu lakukan. Jika kamu tidak melakukan apa-apa, mimpi itu tidak akan pernah terwujud. Kamu telah banyak belajar tentang puisi dan menjelaskan maknanya. Pilihlah salah satu puisi yang ada pada kegiatan pembelajaran sebelumnya. Kamu juga dapat mengambil puisi dari majalah atau koran anak.

 Bacalah puisi itu di depan kelas secara bergiliran.

 

Ayo Mengamati

1. Amatilah dengan cermat isi puisi pilihanmu dan pilihan temanmu ketika dibacakan di depan kelas.

2. Tuliskan isi puisi temanmu pada tabel yang kamu buat.

3. Siapkan tabel pengamatan seperti contoh berikut.

 

Alternatif Jawaban

Isi puisi menunjukkan makna puisi yang terkandung di dalamnya.

Puisi merupakan karya sastra yang diungkapkan dengan bahasa yang indah.

Kita dapat menuangkan curahan hati dan pikiran kita dalam sebuah puisi.

Sebuah lagu juga memiliki makna yang terkandung di dalamnya.

Makna lagu tercermin dari isi syair lagunya.

Makna lagu menentukan juga tempo yang digunakan untuk menyanyikan lagu tersebut.

 DOWNLOAD MATERI : BAHASA INDONESIA

 

 ---------------------------------------------------------------------------------------


MATEMATIKA


KOMPETENSI DASAR

3.1  Membedakan sifat-sifat segibanyak beraturan dan tidak beraturan.

3.2  Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar.

3.3  Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berimpit) menggunakan model konkret.

4.1  Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan.

4.2  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua.

4.3  Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berimpit) menggunakan model konkret.

 

INDIKATOR

3.1.1 Membedakan sifat-sifat segibanyak beraturan dan tidak beraturan.

3.2.1 Menentukan keliling persegi, persegi panjang, dan segitiga.

3.2.2 Menentukan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga.

3.3.1 Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berimpit) menggunakan model konkret.

4.1.1 Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan.

4.2.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling persegi, persegi panjang, dan segitiga

4.2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua

4.3.1 Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berimpit) menggunakan model konkret.

 

MATERI








DOWNLOAD MATERI : MATEMATIKA


------------------------------------------------------------------------------------------


ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)


KOMPETENSI DASAR

3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.

4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN 1

·         Melakukan pengamatan, dan mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

·         Menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, dan membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

·   Mengamati daur hidup kupu-kupu dan belalang dan membuat kesimpulan tentang daur hidup makhluk hidup yang berbeda.

 

MATERI :

Ayo Mengamati

Apakah kamu memiliki hewan peliharaan seperti Udin? Apa saja hewan peliharaanmu itu? Bagaimana kamu memeliharanya?

Amatilah hewan peliharaan di sekitarmu. Apakah hewan-hewan peliharaan itu mempunyai anak?

Perhatikan gambar beberapa hewan peliharaan berikut!



Gambar-gambar tersebut menunjukkan bahwa ada anak-anak hewan dan ada hewan yang sudah dewasa. Artinya, hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan. Ada tahapan-tahapan yang dilalui oleh hewan itu, dari anak-anak hewan menjadi hewan dewasa. Ayo, mencari tahu tahapan-tahapan pertumbuhan hewan!

 

Ayo Membaca !

 

Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Hewan dan manusia mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan membentuk sebuah siklus hidup atau daur hidup.

 Hewan mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda. Ada jenis hewan yang mengalami perubahan bentuk di setiap tahap hidupnya. Namun, ada pula hewan yang tidak mengalami Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, selain bertambah besar saja.

 Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti mengalami metamorfosis. Sedangkan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti tidak mengalami metamorfosis.

 Di antara hewan yang mengalami metamorfosis, ada hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, ada juga yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya dinamakan mengalami metamorphosis sempurna. Sedangkan hewan yang mengalami perubahan bentuk hanya pada beberapa tahap tumbuh kembangnya dinamakan mengalami metamorfosis yang tidak sempurna.

 (Sumber: IPA Kelas 4 SD, Pusbuk 2009) 

 

Ayo Berdiskusi

1. Buatlah kelompok diskusi yang terdiri atas 4–5 siswa.

2. Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!

 


3. Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar. Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.

4. Buatlah kesimpulan tahapan siklus hidup hewan.

 

Tahapan siklus hidup hewan sebagai berikut.

...........................................................................................................................

...........................................................................................................................

...........................................................................................................................

 Alternatif Jawaban

 

 Ayo Mengamati !

Amatilah gambar di bawah ini!



Kepompong merupakan bagian dari pertumbuhan dan perkembangan kupu- kupu. Di dalam kepompong itu ulat akan berubah menjadi kupu-kupu. Proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup mulai dari lahir atau menetas hingga dewasa disebut  daur hidup.

Kita sudah mengetahui daur hidup hewan peliharaan, seperti ayam, kelinci, dan kucing. Kupu-kupu memiliki daur hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur hidupnya. Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan metamorfosis.

Berikut ini metamorfosis kupu-kupu.

 

1. Kupu-kupu yang siap bertelur mencari tanaman yang cocok untuk meletakkan telurnya.

2. Telur kupu-kupu.

3. Telur menetas mengeluarkan larva (ulat).

4. Larva berubah menjadi pupa (kepompong).

5. Kepompong akan menetas menjadi kupu-kupu.

 


 



Ayo Berdiskusi

1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.

2. Perhatikanlah daur hidup kupu-kupu dan belalang di depan.

3. Diskusikanlah perbedaan daur hidup kupu-kupu dengan daur hidup belalang tersebut.

4. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu!

 

Alternatif Jawaban

Daur hidup kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya. Sementara itu, tidak semua tahap  dalam daur hidup mengalami perubahan. Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna. Sebaliknya belalang mengalami metamorfosis tidak sempurna. 

Dapatkah kamu menemukan contoh hewan lain yang mengalami metamorfosis

sempurna dan tidak sempurna?

 



DOWNLOAD MATERI : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) 

 

--------------------------------------------------------------------------------------


 ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)


KOMPETENSI DASAR

3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumberdaya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN 

·         Melakukan pengamatan dan berdiskusi dalam kelompok, untuk mengidentifikasi hubungan karakteristik ruang dengan SDA yang ada di lingkungannya.

      Menuangkan hasil diskusi dalam bentuk laporan, dan melaporkan hubungan antara karakteristik ruang dengan SDA yang ada di lingkungannya.

·  Mencari informasi dan berdiskusi, dan mengidentifikasikan hubungan karakteristik ruang dengan SDA yang ada di lingkungannya.

 

MATERI :

Beternak merupakan kegiatan mengembangbiakkan hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan manusia. Hewan ternak adalah hewan yang dipelihara manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Hasil hewan ternak yang dapat dimanfaatkan berupa telur, daging, susu, dan kulitnya. Pemanfaatan tersebut tergantung jenis ternaknya. Adakah kegiatan beternak di sekitar tempat tinggalmu?

 

Ayo Mengamati !

Perhatikanlah gambar-gambar berikut!

 

Pernahkah kamu melihat kegiatan tersebut?

Hewan-hewan tersebut dipelihara oleh manusia dan dimanfaatkan manusia sesuai dengan tujuannya. Para peternak berusaha agar hasil peternakannya memiliki kualitas yang baik.

Ayo Berlatih!

Keahlian apa saja yang dibutuhkan agar usaha peternakan dapat menghasilkan

hewan ternak yang berkualitas?

Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alternatif Jawaban

Selain beternak, kegiatan pertanian merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki lingkungan alam yang mendukung tumbuhnya aneka jenis tanaman pertanian. Kondisi tersebut menghasilkan produk pertanian dengan kualitas

Perhatikan gambar-gambar hasil pertanian masyarakat Indonesia berikut ini!

 


Tumbuhan dapat tumbuh subur jika dirawat dengan baik. Selain perawatan, tumbuhan juga memerlukan lingkungan yang sesuai. Menurutmu, di lingkungan seperti apakah pohon apel dan mangga dapat tumbuh dengan subur? Di lingkungan seperti apakah sayuran brokoli, wortel, dan kol dapat tumbuh dengan subur?

 

Ayo Berlatih !

Peta konsep adalah gambar yang menghubungkan satu ide utama dengan ide-de pendukung. Peta konsep dapat digunakan untuk menyajikan ringkasan suatu bacaan dengan menggunakan bagan atau diagram.

Buatlah peta konsep tentang lingkungan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh subur.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alternatif Jawaban

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itu menyebabkan perbedaan potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk.

Sumber daya alam ada berbagai macam. Ada sumber daya alam yang dapat diperbarui,  ada sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber  tetapi daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali dalam waktu yang tidak lama. Tumbuhan dan hewan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Kita dapat menghasilkan kembali tumbuhan dan hewan untuk dimanfaatkan. Tumbuhan dapat dihasilkan melalui usaha pertanian. Hewan dapat dihasilkan melalui usaha peternakan.

 

Ayo Berdiskusi

1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.

2. Diskusikan mengenai hal-hal berikut.

a. Di antara lingkungan-lingkungan berikut, termasuk lingkungan apakah daerah tempat tinggalmu?

1) Pegunungan

2) Dataran rendah

3) Pantai

4) Lainnya (tuliskan menurut pengamatanmu)

b. Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu!

c. Tuliskan mata pencaharian (pekerjaan) penduduk di daerahmu!

3. Buatlah laporan hasil diskusimu. Tuliskan laporanmu dalam bentuk tabel seperti berikut!

 

  

Lingkungan Daerah

Tempat Tinggal

Potensi Sumber Daya

Mata Pencaharian atau

Pekerjaan Penduduk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 4. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu dengan menjawab pertanyaan berikut!

a. Apakah potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu sesuai dengan lingkungannya?

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

 b.   Apakah mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitarmu sesuai dengan lingkungannya?

……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………

Alternatif Jawaban



 DOWNLOAD MATERI : ILMUPENGETAHUAN SOSIAL (IPS)


 ---------------------------------------------------------------------------------------------

 

 SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP)


KOMPETENSI DASAR

3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.

4.2 Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

·         Mengamati dua buah lagu yang berbeda, dan mengidentifikasi tanda tempo tinggi rendah nada.

·         Mengamati dua buah lagu yang berbeda, dan bernyanyi dengan tempo yang berbeda.

·         Mencermati syair lagu, dan mengidentifikasikan tempo dan tinggi rendahnya nada dalam lagu.

·         Menyanyikan lagu dan menyesuaikan tempo dengan jenis lagu dengan tepat.

·         Mengamati syair lagu dan menyanyikannya, serta mengidentifikasi dan menilai tanda tempo tinggi rendah nada.

 MATERI

Siti bercita-cita menjadi seorang peneliti tumbuhan dan hewan. Ia suka sekali mempelajari pengetahuan tentang tumbuhan dan hewan. Banyak buku tentang hewan dan tumbuhan yang dibacanya. Pengetahuan itu digunakan Siti sebagai bekal untuk merawat hewan peliharaannya dan tumbuhan yang ditanamnya.

Siti memelihara beberapa ekor kelinci di rumahnya. Kelinci-kelinci itu bermain bebas di belakang rumah Siti yang asri. Ada beberapa pohon tumbuh di halaman belakangnya. Pohon yang rindang menjadikan udara sejuk. Siti senang menghabiskan waktunya di sana untuk menyiram tanaman dan memberi makan kelincinya.

Perhatikan gambar halaman rumah Siti di bawah.

Selanjutnya, sebutkan jenis hewan yang ada di halaman belakang rumah Siti!

Apakah kamu melihat kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang sedang

mekar? Kamu tentu ingat ada sebuah lagu tentang kupu-kupu.

Ayo, nyanyikanlah!


Bagaimana kamu menyanyikan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" tersebut?

Apakah kamu menyanyikan dengan cepat?

Apakah kamu menyanyikan dengan lambat?

Bagaimana perasaanmu jika lagu itu dinyanyikan dengan cepat?

Setiap hewan dan tumbuhan membutuhkan air. Air dapat berasal dari air hujan atau sumber air.

Coba bandingkan dengan lagu berikut!



Ada lagu yang dinyanyikan dengan lambat, ada juga lagu yang dinyanyikan dengan cepat. Cepat dan lambatnya lagu dinyanyikan disebut tempo lagu.

Ada tanda atau istilah untuk menunjukkan tempo lagu.

 Istilah tanda tempo sebagai berikut.

 

Ayo Mengamati

Amatilah kembali penulisan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" di depan. Perhatikan tanda tempo yang ada pada lagu-lagu tersebut. Kemudian, cocokkan dengan keterangan atau istilah yang dipakai pada sebuah lagu untuk menunjukkan tempo lagu berikut.

1.   Tanda tempo apakah yang terdapat pada notasi lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan"?

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

 

2.   Tahukah kamu perbedaan tempo pada lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" tersebut?

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

 

3.   Carilah notasi lagu yang lain. Amatilah tempo yang digunakan pada notasi lagu tersebut!

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

 

Tempo lagu digunakan untuk membantu penyanyi dalam menyanyikan sebuah lagu. Tempo lagu juga digunakan pemusik untuk mengiringi lagu tersebut. Salah satu alat musik yang digunakan untuk mengiringi musik adalah biola. Adakah di antaramu yang ingin menjadi pemain biola?

 Alternatif Jawaban




Ayo Bernyanyi !

Nyanyikan lagu di bawah ini dengan tempo yang sesuai!

 

1.   Apa judul lagu itu?

……………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………..

 2.   Tempo apakah yang digunakan untuk menyanyikan lagu tersebut?

……………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………..

 3.   Nyanyikan bait lagu yang pertama!

      Tandailah kata-kata yang memiliki nada tinggi!

 4.   Nyanyikan bait lagu yang kedua!

      Tandailah  - yang memiliki nada rendah!

Alternatif Jawaban

 Ayo Berdiskusi

1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa!

2. Bacalah syair lagu-lagu berikut!

3. Diskusikan tempo lagu yang sesuai dengan syair lagu tersebut!

(Dicuplik dari lagu Indonesia Pusaka, ciptaan Ismail Marzuki)

 Isi lagu :

…………………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………..…………

…………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………..……………………

…………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………

Tempo lagu yang sesuai … Alternatif Jawaban

 

(Dicuplik dari Lagu Kesayangan, Ciptaan Daljono)

 Isi lagu :

…………………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………..…………

…………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………..……………………

…………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………

Tempo lagu yang sesuai …  Alternatif Jawaban

 


(Dicuplik dari lagu Hati Gembira, ciptaan AT Mahmud)

 Isi lagu :

…………………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………..…………

…………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………..……………………

…………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………

Tempo lagu yang sesuai ….  Alternatif Jawaban

 


(Dicuplik dari lagu Ibu Guru Kami, ciptaan Mochtar Embut)

 Isi lagu :

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………..……

………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………..…………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

 Tempo lagu yang sesuai ….   Alternatif Jawaban

 


 (Dicuplik dari lagu Menanam Jagung, ciptaan Ibu Sud)

 Isi lagu :

…………………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………..…………

…………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………..……………………

…………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………

 Tempo lagu yang sesuai ….   Alternatif Jawaban

 4. Setiap anggota kelompok mencoba membuat satu bait syair lagu.

5. Diskusikan tempo lagu yang cocok dengan isi lagu tersebut.

6. Buatlah daftar isi lagu dan tempo yang sesuai dengan isi syair lagu tersebut.

 

Alternatif Jawaban

Tempo lagu yang sesuai menentukan keindahan lagu tesebut. Selain itu, keindahan lagu juga ditentukan oleh ketepatan kita menyanyikan lagu sesuai dengan nadanya. Keindahan lagu ditentukan juga oleh ketepatan menyanyikan lagu sesuai tinggi rendahnya nada.

Ayo Berlatih

Carilah contoh lagu anak yang kamu sukai.

Tuliskan syair lagu beserta notasinya.

Kemudian, tandailah notasi yang memiliki nada tinggi dengan lingkaran biru.

Tandailah notasi nada rendah dengan lingkaran hijau.


 






-----------------------------------------------------------------------------------------------------


BASA SUNDA






-------------------------------------------------------------------------------------------------------


PEMBAHASAN TEMATIK SD KELAS 4
TEMA 6 SUBTEMA 1






























 



Download Materi Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 : Download Disini




-------------------------------------------------------------------------


PEMBAHASAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1

MELALUI POWER POINT :






PEMBAHASAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1

MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN :



Video Pembelajaran : Tema 6 kelas 4 subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 1-9 
Cita citaku bagian 1 rev 2017





Video Pembelajaran : Tema 6 kelas 4 subtema 1 Pembelajaran 2




Video Pembelajaran : Tema 6 kelas 4 subtema 1 Pembelajaran 3





Video Pembelajaran : Tema 6 kelas 4 subtema 1 Pembelajaran 4






Video Pembelajaran : Tema 6 kelas 4 subtema 1 Pembelajaran 5





Video Pembelajaran : Tema 6 kelas 4 subtema 1 Pembelajaran 6



Video Pembelajaran : Matematika Keliling dan Luas Bangun Datar



DOWNLOAD : MODUL BDR

KEMBALI KE LIST : BELAJAR DI RUMAH (BDR)

KEMBALI KE : DAFTAR MENU


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 3

LIST PJJ, BDR, BDL, WFH, SFH

MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 3

KREASI MEMBUAT KOLASE

MATERI KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 2

SOAL PERTANYAAN ASESMEN PRA DAN PASCA PROGRAM GURU BELAJAR SERI MASA PANDEMI COVID-19 TAHAP 1