MATERI KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 2
MATERI KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 2
DOWNLOAD MODUL BDR : KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 2
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN (PKN)
KOMPETENSI DASAR
1.4
Mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa.
2.4
Menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa,
sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4
Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4
Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan
membaca teks tentang rumah adat suku Manggarai, siswa mampu menuliskan
pengetahuan baru dari teks yang telah dibaca.
·
Dengan
menyimak penjelasan guru, siswa berdiskusi kelompok tentang bentuk, bahan
pembuat, dan keunikan dari rumah adat daerah mereka.
·
Dengan
berdiskusi, siswa mampu menjelaskan nama, keunikan, dan penggunaan pakaian adat
yang digunakan di daerah mereka.
·
Dengan
mencermati gambar beberapa pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia,
siswa mampu menuliskan keunikan dari setiap pakaian adat pada gambar tersebut.
·
Dengan
membaca teks bacaan tentang keragaman kesenian daerah di Indonesia, siswa mampu
mengenal jenis-jenis tarian daerah Indonesia.
·
Dengan
melakukan permainan, siswa mampu mengenal alat musik dan jenis tari yang ada di
Indonesia.
MATERI
Ayo Berdiskusi !
Bersama
teman sekelompokmu, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut.
1.
Apa
nama rumah adat di daerahmu?
|
2.
Bagaimana
bentuk rumah adat itu?
|
3.
Apa
bahan pembuatnya?
|
4.
Apa
keunikannya?
|
Ceritakan
hasil diskusimu di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.
Ayo Membaca !
Bacalah
dengan cermat teks berikut!
Keragaman
Kesenian Daerah di Indonesia
Setiap daerah memiliki kekayaan kesenian
yang berbeda-beda. Kesenian daerah ditunjukkan dalam bentuk tarian, musik,
lagu, upacara adat, dan seni pertunjukan.
Seni tari yang berkembang di Indonesia
begitu banyak dan beragam. Tarian daerah menggambarkan tradisi dan tata cara
kehidupan penduduk di suatu daerah. Tarian biasanya menjadi ciri khas
pertunjukan pada upacara adat atau peristiwa penting. Berikut beberapa tarian
daerah di Indonesia.
Tabel 2.5 Tari
Daerah di Indonesia
NO |
DAERAH |
TARIAN |
1 |
Aceh |
Tari Seudati, Tari
Saman Meusekat |
2 |
Sumatra Utara |
Tari Serampang Dua
Belas, Tari Tor-tor |
3 |
Sumatra Barat |
Tari Piring, Tari
payung |
4 |
Riau |
Tari Tandak, Tari
Makan Sirih |
5 |
Kepulauan Riau |
Tari Joget Lambak |
6 |
Jambi Tari |
Tari Sekapur Sirih,
Tari Selampir Delapan |
7 |
Sumatra Selatan |
Tari Tanggai, Tari
Putri Bekhusek |
8 |
Bangka Belitung |
Tari Campak |
9 |
Bengkulu |
Tari Andun, Tari
Bidadari Teminang Anak |
10 |
Lampung |
Tari Jangget, Tari
Melinting, Tari Badana |
11 |
DKI Jakarta |
Tari Topeng, Tari
Yapong |
12 |
Jawa Barat |
Tari Jaipong, Tari
Topeng Kuncaran, Tari Merak |
13 |
Banten |
Tari Merak, Tari Cokek |
14 |
Jawa Tengah |
Tari Serimpi, Tari
Blambang Cakil, Tari Gambyong |
15 |
DI Yogyakarta |
Tari Golek Menak, Tari
Bedhaya |
16 |
Jawa Timur |
Tari Remong, Tari Reog
Ponorogo, Tari Padang Wulan |
17 |
Bali |
Tari Legong, Tari
Kecak, Tari Pendet |
18 |
Nusa Tenggara Barat |
Tari Mpa Lenggogo,
Tari Gandrung |
19 |
Nusa Tenggara Timur |
Tari Perang, Tari
Caci, Tari Gawi |
20 |
Kalimantan Utara |
Tari Kancet Ledo |
21 |
Kalimantan Barat |
Tari Monong, Tari
Zapin Tembung |
22 |
Kalimantan Tengah |
Tari Tambun dan
Bungai, Tari Balean Dadas |
23 |
Kalimantan Selatan |
Tari Baksa Kembang,
Tari Radab Rahayu |
24 |
Kalimantan Timur |
Tari Gong, Tari Perang |
25 |
Sulawesi Utara |
Tari Maengket, Tari
Polo |
26 |
Sulawesi Barat |
Tari Toerang Batu |
27 |
Sulawesi Tengah |
Tari Lumense, Tari
Moduai, Tari Peule Cinde |
28 |
Sulawesi Tenggara |
Tari Balumpa, Tari
Dinggu |
29 |
Sulawesi Selatan |
Tari Kipas, Tari
Bosara |
30 |
Gorontalo |
Tari Saronde |
31 |
Maluku |
Tari Lenso, Tari
Cakelele |
32 |
Maluku Utara |
Tari Perang, Tari
Nahar Ilaa |
33 |
Papua Barat |
Tari Suanggi, Tari
Perang Papua |
34 |
Papua |
Tari Selamat Datang,
Tari Musyoh |
Ayo Bermain
Peran
1.
Sebelum
bermain, siapkan bahan dan alat berupa : kertas HVS, gunting, dan spidol.
2.
Gunting-guntinglah
kertas berukuran 8 cm × 4 cm. Tuliskan nama satu tarian atau alat musik daerah
pada setiap guntingan kertas.
3.
Masukkan
seluruh guntingan kertas bertuliskan nama tarian dan alat music daerah ke dalam
suatu wadah.
4.
Secara
bergiliran dengan teman-temanmu, ambillah satu lembar guntingan kertas
bertuliskan nama tarian atau alat musik daerah tanpa melihat ke dalam wadah.
5.
Baca
keras-keras tulisan pada guntingan kertas yang terambil. Lalu, sebutkan daerah
asal tarian atau alat musik daerah itu.
6.
Jika
kamu salah menyebutkan daerah asal tarian atau alat musik daerah, kamu harus
menyanyikan salah satu lagu daerah yang kamu ketahui.
Bagaimana
sikapmu atas keragaman budaya di Indonesia?
|
Apa
yang dapat kamu lakukan untuk melestarikan tarian daerah?
|
Pertunjukan
tari secara umum dalam penampilan geraknya diiringi dengan musik. Begitu pula
tarian daerah tidak terpisahkan dari suara alat musik. Jenis dan nama alat
musik sangat beragam. Berikut beberapa contoh alat musik daerah di Indonesia.
Tabel 2.6 Alat
musik daerah di Indonesia
NO |
DAERAH |
ALAT MUSIK |
1 |
Aceh |
Serune Kalee |
2 |
Sumatera Utara |
Aramba |
3 |
Sumatera Barat |
Saluang |
4 |
Riau |
Gambus |
5 |
Kepulauan Riau |
Gendang Panjang |
6 |
Jambi |
Gambus Jambi |
7 |
Sumatera Selatan |
Akordeon |
8 |
Bangka Belitung |
Gendang Melayu |
9 |
Bengkulu |
Dol |
10 |
Lampung |
Bende |
11 |
DKI Jakarta |
Tehyan |
12 |
Jawa Barat |
Angklung, gamelan,
degung |
13 |
Banten |
Gendang |
14 |
Jawa Tengah |
Gamelan, calung |
15 |
DI Yogyakarta |
Gamelan |
16 |
Jawa Timur |
Gamelan |
17 |
Bali |
Gengceng, gamelan,
bumbang |
18 |
Nusa Tenggara Barat |
Serunai |
19 |
Nusa Tenggara Timur |
Sasando |
20 |
Kalimantan Utara |
Babun, Gambang, Rebab |
21 |
Kalimantan Barat |
Tuma |
22 |
Kalimantan Tengah |
Japen |
23 |
Kalimantan Selatan |
Panting |
24 |
Kalimantan Timur |
Sampe |
25 |
Sulawesi Utara |
Kolintang |
26 |
Sulawesi Barat |
Kecapi |
27 |
Sulawesi Tengah |
Ganda |
28 |
Sulawesi Tenggara |
Ladolado |
29 |
Sulawesi Selatan |
Keso |
30 |
Gorontalo |
Ganda |
31 |
Maluku |
Nafiri |
32 |
Sumatera Utara |
Fu |
33 |
Papua Barat |
Guoto |
34 |
Papua |
Tifa |
Bagaimana
sikapmu atas keragaman budaya di Indonesia?
|
|
EVALUASI
A. SOAL ISIAN
1. Budaya nasional
bersumber dari budaya . . . .
Jawab
: (daerah)
2. Pemersatu
komunikasi berbagai suku bangsa di Indonesia adalah . . . .
Jawab
: (bahasa Indonesia)
3. Cakalele
merupakan tarian daerah dari . . . .
Jawab
: (Maluku)
4. Sekumpulan
masyarakat yang memiliki adat istiadat dan tradisi yang sama disebut . . . .
Jawab
: (suku bangsa)
5. Sikap menerima
keragaman budaya sebagai kekayaan bangsa dapat mewujudkan . . . . bangsa.
Jawab
: (persatuan dan kesatuan)
B. SOAL URAIAN
1. Sebutkan tiga
keragaman budaya Indonesia!
Jawab
: (tiga di antara: bahasa, tarian, lagu, pakaian adat, alat musik)
2. Sebutkan bahasa
daerah yang berkembang di Sumatra!
Jawab
: (tiga di antara: Aceh, Bangka, Batak Alas, Batak Angkola, Batak Dairi/Pakpak
(Singkil), Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Simalungun, Batak Toba, Enggano,
Gayo, Kerinci, Komering, Kubu, Lampung Api, Lampung Nyo, Lubu, Melayu, Melayu
Jambi, Mentawai, Minangkabau (Aneuk Jamee), Musi, Nias, Rejang, Simeulue, serta
(Lekon dan Haloban))
3. Jelaskan makna
semboyan Bhinneka Tunggal Ika!
Jawab
: (berbeda-beda tetapi tetap satu)
4. Mengapa bangsa
Indonesia disebut sebagai bangsa yang majemuk?
Jawab
: (karena di Indonesia terdapat keragaman suku bangsa, budaya, dan agama)
5. Sebutkan 3 cara
melestarikan bahasa daerah!
Jawab
: (menggunakan bahasa daerah dalam percakapan sehari-hari, menyanyikan lagu
daerah, melestarikan cerita daerah)
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR
3.7
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
4.7
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan Bahasa
sendiri.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan
mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menemukan informasi baru
tentang urang Kanekes suku Baduy.
·
Dengan
berdiskusi, siswa mampu menemukan kata-kata sulit dan menentukan gagasan pokok
setiap paragraf dalam teks.
·
Dengan
membaca teks tentang Keunikan pakaian adat wanita Minangkabau, siswa mampu
menemukan gagasan pokok dan informasi baru dari teks bacaan.
·
Siswa
membacakan gagasan pokok dan informasi baru dari teks.
·
Dengan
berdiskusi, siswa mampu menemukan gagasan utama dari setiap paragraf dalam
bacaan.
·
Siswa
menuliskan hasil diskusi mereka dalam sebuah peta pikiran.
·
Dengan
membaca teks bacaan dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan arti
kata sulit dalam teks.
·
Dengan
membaca teks bacaan dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menuliskan
gagasan pokok setiap paragraf dan informasi baru dari teks.
MATERI
Bacalah
dalam hati teks berikut!
Urang Kanekes,
Si Suku Baduy
Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bagian barat. Provinsi Banten memiliki kekayaan alam dengan pemandangan indah, termasuk pegunungan dan pantai. Di pegunungan Kendeng dengan ketinggian 600 m dari permukaan air laut, tinggal masyarakat adat yang biasa kita sebut suku Baduy. Namun, masyarakat suku Baduy lebih senang menyebut diri mereka urang Kanekes. Dalam bahasa Sunda, urang berarti orang.
Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping. Kelompok tangtu dikenal sebagai Kanekes Dalam atau Baduy Dalam. Sebaliknya, kelompok panamping dikenal sebagai Kanekes Luar atau Baduy Luar.
Kelompok Kanekes Dalam atau Baduy Dalam tinggal di tiga desa, yaitu Cikertawana, Cikeusik, dan Cibeo. Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi. Mereka tidak menggunakan alat-alat elektronika, tidak menggunakan alas kaki, tidak menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian adat yang ditenun dan dijahit sendiri. Mereka menganut kepercayaan tradisional “sunda wiwitan” dan dipimpin oleh seorang Pu’un. Pu’un juga berkedudukan sebagai pemimpin masyarakat Kanekes.
Kelompok panamping sedikit berbeda dari
masyarakat Kanekes Dalam. Masyarakat Kanekes Luar atau Baduy Luar telah
mengenal teknologi dan alat elektronik. Mereka juga mengenakan pakaian modern.
Namun, masyarakat Baduy Luar masih bisa dikenali dari ciri khas mereka, yaitu mengenakan
ikat kepala berwarna hitam.
Ayo Berdiskusi !
Bentuklah
kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Urang Kanekes, Si Suku
Baduy”.
1.
Adakah
kesamaan cara hidup suku bangsa Baduy dengan suku bangsamu? Jika ada, dalam hal
apa? Jika berbeda, apa perbedaannya?
2.
Adakah
kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu
carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.
Kata sulit
dari teks “Urang Kanekes, Si Suku Baduy” |
||
No. |
Kata Sulit |
Artinya |
1 |
… |
… |
2 |
… |
… |
3 |
… |
… |
4 |
… |
… |
5 |
… |
… |
3.
Tuliskan
pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “Urang Kanekes, Si Suku Baduy”.
Pokok pikiran
paragraf 1:
|
Pokok pikiran
paragraf 2:
|
Pokok pikiran
paragraf 3:
|
Pokok pikiran
paragraf 4:
|
Ayo Membaca !
Rumah Adat Suku
Manggarai
Suku bangsa Manggarai tinggal di Kabupaten Manggarai, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Di wilayah Kabupaten Manggarai terdapat sebuah kampong adat bernama Waerebo. Waerebo terletak di sebuah lembah di barat daya kota Ruteng. Saat ini Waerebo menjadi tujuan wisata.
Di Waerebo terdapat tujuh rumah adat Manggarai, satu di antaranya rumah adat Gendang yang biasa disebut Mbaru Niang. Rumah Gendang berbentuk kerucut dengan ketinggian mencapai 15 meter. Dinding rumah terbuat dari kayu dan bambu. Atapnya terbuat dari ijuk yang disebut wunut. Setiap bagian rumah direkatkan dengan menggunakan rotan dan tanpa paku sama sekali.
Mbaru Niang terdiri atas lima lantai. Setiap lantai rumah Mbaru Niang memiliki ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda sebagai berikut.
1.
Tingkat
pertama disebut lutur. Ruangan di tingkat ini digunakan sebagai tempat tinggal
dan berkumpul dengan keluarga.
2.
Tingkat
kedua berupa loteng dan disebut lobo berfungsi untuk menyimpan bahan makanan
dan barang-barang sehari-hari.
3.
Tingkat
ketiga disebut lentar. Tingkat ini digunakan untuk menyimpan benih-benih
tanaman pangan, seperti benih jagung, padi, dan kacang-kacangan.
4.
Tingkat
keempat disebut lempa rae disediakan untuk menyimpan bahan makanan apabila
terjadi kekeringan.
5.
Tingkat
kelima disebut hekang kode untuk tempat sesajian persembahan kepada leluhur.
Tugas !
Berdasarkan
teks “Rumah Adat Suku Manggarai” di atas, tuliskan informasi baru yang kamu
dapatkan. Lakukan tugas ini bersama teman sebangkumu, lalu bacakan di depan
teman-temanmu. Kumpulkan tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru.
Ayo Membaca
Keunikan Pakaian
Adat Wanita Minangkabau
Setiap daerah mempunyai pakaian adat. Begitu pula dengan daerah Minang di Sumatra Barat. Pakaian adat bagi wanita Minang sering disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang.
Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang ini terdiri atas beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keunikan masing-masing. Berikut ini adalah bagian-bagian dari Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang.
Bagian paling atas adalah penutup kepala berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah Minangkabau. Penutup kepala ini disebut tingkuluak. Namun, para pengantin biasanya memakai hiasan yang disebut suntiang.
Selanjutnya adalah baju adat yang
disebut baju batabue. Baju ini penuh dengan hiasan benang emas yang
melambangkan kekayaan alam Minangkabau. Corak hiasan benang emas beragam. Pada
pinggir baju ada batas yang diberi benang emas dan disebut minsie. Baju bagian
bawah berupa kain atau sarung yang disebut lambak. Kain sarung dapat berupa
kain tenun atau kain songket. Wanita Minang juga mengenakan selendang yang
disebut salempang.
Sebagai
pelengkap, pakaian adat ini juga dilengkapi dengan perhiasan. Perhiasan yang
dikenakan berupa gelang dan kalung. Gelang biasa disebut galang. Kalung biasa
disebut dukuah.
Ayo Berdiskusi
Kamu
telah membaca bacaan “Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau”. Lakukan
kegiatan berikut bersama teman sebangkumu.
1.
Tuliskan
ide pokok dari setiap paragraf. Tuliskan dalam bentuk berikut.
Paragraf ke - |
Ide Pokok |
1 |
|
2 |
|
3 |
|
4 |
|
5 |
|
2.
Tuliskan
informasi baru yang kamu dapatkan dari bacaan tersebut. Tuliskan dalam bentuk
berikut.
|
Coba, bacalah teks berikut.
Ayo Membaca
Cinta Tanah Air,
Anak PAUD Aceh
Tampilkan Tarian
Jawa
Yayasan Sukma Bangsa Bireuen menggelar
lomba seni tari kreasi nusantara. Lomba ini diikuti oleh sembilan grup tari
dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bireuen, Aceh. Anak-anak
dari PAUD tampil lucu dengan seragam unik. Penampilan mereka benar-benar
menyedot perhatian ratusan pengunjung.
Kebanyakan peserta lomba menampilkan
tari daerah Aceh. Di antara peserta ada yang menampilkan tari Ranup Lam Puan,
Bungong Jeumpa, dan Tarek Pukat. Namun, ada pula beberapa peserta menampilkan
seni tari dari provinsi lain di Indonesia. Salah satu di antaranya yakni PAUD
Tun Sri Lanang.
Anak-anak dari PAUD Tun Sri Lanang
menyuguhkan tari Cublak-Cublak Suweng dari Jawa. Tujuh anak laki-laki
menyajikan tarian. Mereka mengenakan kostum yang sederhana. Namun, gaya kocak
anak-anak dalam menampilkan tarian berhasil memukau para penonton.
“Kita ingin menampilkan sajian yang
berbeda. Kita juga ingin menunjukkan kebhinekaan tari di Indonesia,” kata Ibu
Surya Murni, pendidik pada PAUD Tun Sri Lanang.
Menurut Ibu Surya Murni, anak usia PAUD
seharusnya diperkenalkan dengan keragaman suku bangsa agar bisa melestarikannya
kelak. “Tanpa mengesampingkan kearifan lokal, sewajarnya anak-anak ditanamkan
rasa cinta tanah air dengan aneka ragam suku dan budaya yang ada di Indonesia,”
tambah Ibu Surya Murni.
Lomba seni tari kreasi anak-anak PAUD
merupakan pendekatan dasar agar anak cinta budaya bangsanya. Semoga ke depan
banyak pihak yang menyelenggarakan acara lomba tari agar mendukung upaya
mewarisi budaya-budaya Nusantara. Acara lomba tari sekaligus sebagai ajang
kreativitas anak usia dini agar tampil percaya diri di hadapan banyak orang.
Ayo Berdiskusi
Bersama
teman sekelompokmu, tuliskan gagasan utama dari setiap paragraph dari teks
“Cinta Tanah Air, Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa”
Tuliskan
hasil diskusimu dalam sebuah diagram alir seperti contoh berikut.
Ayo Membaca !
Alat Musik Garantung
dari Sumatra Utara
Indonesia kaya akan seni dan tradisi
peninggalan nenek moyang kita. Setiap daerah memiliki kesenian khas. Begitu
pula daerah Sumatra Utara suku bangsa Batak di Sumatra Utara memiliki seni
musik yang disebut uning-uningan. Seni musik uning-uningan ini menggunakan
banyak alat music tradisional Sumatra Utara.
Dari berbagai alat musik daerah, ada
sebuah alat musik yang disebut garantung. Alat musik ini disukai di Sumatra
Utara. Dari alat musik ini tercipta alunan melodi yang lembut. Dengan
mendengarkan alunan musik ini pikiran menjadi tenang. Oleh karena itu, banyak
orang Sumatra Utara menyukainya.
Alat musik garantung terbuat dari kayu.
Pada alat musik ini terdapat tujuh bilah kayu yang digantung di atas sebuah
kotak. Kotak ini berfungsi sebagai tempat penyimpan suara atau resonator.
Alat musik garantung dimainkan dengan
cara dipukul. Dalam istilah Sumatra Utara, cara memukul garantung ini disebut
mamalu. Untuk memainkannya, dibutuhkan dua buah stik sebagai alat mamalu. Kedua
tangan pemain masing-masing memegang satu stik.
Saat ini alat musik garantung sering digabungkan dengan alat musik modern, seperti gitar elektrik, gitar bass, keyboard, drum set, dan alat musik tiup, seperti terompet, saxophone, dan trombone. Paduan alat musik tradisional dan modern ini sering dimainkan dalam pertunjukan yang bersifat hiburan serta dalam upacara adat, seperti upacara pernikahan dan upacara pemakaman.
Tugas
Bacalah
teks “Alat Musik Garantung dari Sumatra Utara”.
1.
Tuliskan
kata sulit pada teks, lalu carilah artinya.
2.
Tuliskan
gagasan pokok setiap paragraf pada teks “Alat Musik Garantung dari Sumatra
Utara”.
3.
Tuliskan
informasi baru yang kamu dapatkan dari teks tersebut.
Serahkan
hasil tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru.
EVALUASI
A. SOAL ISIAN
Bacaan
ini untuk menjawab soal nomor 1–5.
Rumah Gadang,
Rumah Adat Sumatera Barat
Bentuk rumah Gadang sering dihubungkan
dengan cerita Tambo Alam Minangkabau. Cerita tersebut tentang kemenangan orang
Minang dalam peristiwa adu kerbau. Bentuk tanduk kerbau digunakan sebagai
bentuk atap rumah Gadang.
Rumah Gadang memiliki keunikan
tersendiri dibanding rumah adat yang lain. Atapnya berbentuk meruncing pada
bagian ujungnya, seperti tanduk kerbau. Atapnya menggunakan ijuk. Rumah Gadang
memiliki satu tangga di bagian depan. Dinding rumah Gadang dihiasi ornamen
bermotif akar, bunga, daun, serta bidang persegi panjang dan jajar genjang.
Rumah Gadang memiliki banyak fungsi.
Rumah Gadang berfungsi sebagai tempat kediaman keluarga. Rumah Gadang juga
digunakan sebagai tempat untuk membicarakan suatu masalah. Selain itu, rumah
Gadang juga berfungsi sebagai tempat melaksanakan upacara adat. Apabila ada
anggota keluarga yang sakit, dia akan dirawat di rumah ini juga.
1.
Asal
usul rumah Gadang sering dihubungkan dengan cerita . . . .
Jawab : (Tambo Alam
Minangkabau)
2.
Atap
rumah Gadang berbentuk . . . .
Jawab : (tanduk kerbau)
3.
Bahan
atap rumah Gadang terbuat dari . . . .
Jawab : (ijuk)
4.
Hiasan
dinding rumah Gadang berupa ornamen yang bermotif . . . .
Jawab : (akar, bunga, daun,
serta bidang persegi panjang dan jajar genjang)
5.
Ornamen
memiliki arti . . . .
Jawab : (hiasan)
B. SOAL URAIAN
Bacaan
ini untuk menjawab soal nomor 1–3.
Kain Salele
Kain Salele disebut juga baju Cele merupakan pakaian adat Maluku. Ciri-ciri baju Cele terlihat dari motif garis-garis geometris/berkotak-kotak kecil. Baju Cele biasanya dikombinasikan dengan kain sarung. Warna kain sarung tidak terlalu jauh berbeda, harus seimbang dan serasi. Pemakaian baju Cele juga dikombinasi dengan kain pelekat yang disalele, yaitu disarung dari luar dengan panjang sampai batas lutut. Pelengkap lain adalah Lenso (saputangan yang diletakkan di pundak).
Pemakaian baju Cele juga dilengkapi
aksesori. Para wanita biasanya mengenakan sanggul yang disebut konde bulan.
Pemakaian konde bulan ini diperkuat dengan tusuk konde yang disebut haspel
terbuat dari emas atau perak. Haspel juga berfungsi sebagai perhiasan. Pakaian
Cele, dipakai tanpa alas kaki, tetapi sekarang banyak pemakainya mengenakan selop.
Sebagian besar pakaian adat hanya
digunakan pada acara-acara tertentu, seperti pernikahan, upacara adat, dan
lain-lain. Pakaian adat Maluku ini perlu terus dilestarikan agar tidak punah.
1.
Apa
gagasan pokok paragaraf pertama dari bacaan di atas?
Jawab : (Kain Salele disebut
juga baju cele merupakan pakaian adat Maluku)
2.
Sebutkan
3 kata sulit dari bacaan di atas! Jelaskan artinya masing-masing!
Jawab : (Jawaban bisa beragam)
3.
Jelaskan
informasi baru yang dapat diperoleh dari bacaan di atas!
Jawab : (Jawaban bisa beragam)
DOWNLOAD MATERI : BAHASA INDONESIA
--------------------------------------------------------------------------------------------
MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR
3.11.
Menyelesaikan masalah berkaitan
dengan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga.
3.7. Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah
persegi, persegi panjang, dan segitiga.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
3.7.1
Menganalisis
cara meghitung dan menentukan luas persegi.
3.7.2
Menganalisis
cara menghitung dan menentukan luas persegi panjang.
3.7.3
Menganalisis
cara menghitung dan menetukan luas segitiga.
4.9.1.
Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan keliling dan luas daerah (persegi,
persegipanjang, segitiga).
4.9.2
Menyelesaikan
permasalahan yang melibatkan keliling dan luas daerah (persegi, persegi panjang,
segitiga)
MATERI
DOWNLOAD MATERI : MATEMATIKA
----------------------------------------------------------------------------------
ILMU PENGETAHUAN
ALAM (IPA)
KOMPETENSI DASAR
3.3
Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet,
gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
4.3
Mendemonstrasikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot,
gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan
berdiskusi, siswa mampu mengetahui faktor yang menyebabkan lampu bohlam
menyala.
·
Siswa
melakukan percobaan untuk mengetahui adanya listrik statis.
·
Dengan
membaca teks, siswa menuliskan pengetahuan baru tentang listrik statis dan
listrik dinamis.
·
Dengan
membaca, siswa mampu menuliskan pengertian listrik statis dan listrik dinamis
dengan bahasa sendiri dan memberikan contoh gejala lain listrik statis.
·
Dengan
berdiskusi, siswa mampu menjelaskan penyebab alat elektronik dapat digunakan
sesuai dengan fungsinya.
·
Dengan
mengamati lingkungan sekitarnya, siswa mampu mencari informasi nama-nama alat
elektronik beserta fungsinya.
MATERI
Budaya setiap suku bangsa mungkin
memiliki beberapa persamaan dan mungkin pula memiliki perbedaan. Jika kita
amati lagi dari teks “Urang Kanekes, Si Suku Baduy”, ada sedikit perbedaan
budaya suku Baduy Luar dan suku Baduy Dalam. Masyarakat suku Baduy Luar sudah
biasa menggunakan alat elektronik.
Sebaliknya, masyarakat suku Baduy Dalam
tidak boleh menggunakan alat elektronik. Dalam kehidupan sehari-hari, kita
telah biasa dan bahkan mungkin tergantung pada alat-alat elektronik.
Ayo
Mencoba !
Lakukan kegiatan
ini di dalam kelas.
1.
Tutuplah
pintu dan jendela ruang kelas serta gorden jika ada.
2.
Nyalakan
lampu di kelas dengan menekan saklar. Bagaimana kondisi ruang kelas?
3.
Padamkan
lampu dengan menekan saklar. Bagaimana keadaan di dalam ruang kelas?
4.
Catatlah
hasil pengamatan kalian.
Ayo Berdiskusi !
Berdasarkan
kegiatan tersebut, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut bersama
teman-teman sekelasmu.
1.
Apa yang menyebabkan lampu menyala?
2.
Apa yang menyebabkan lampu tidak menyala?
Lampu
dapat menyala karena ada aliran listrik. Arus listrik mengalir dari kutub
positif menuju kutub negatif. Saat arus listrik mengalir melewati lampu,
lampu akan menyala. |
Ayo Mencoba !
Lakukan kegiatan ini bersama teman sebangkumu.
1.
Siapkan
penggaris plastik.
2.
Potonglah
kertas kecil-kecil, lalu letakkan pada permukaan meja.
3.
Dekatkan
penggaris plastik pada potongan-potongan kertas.
4.
Apa
yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
5.
Gosok-gosokkan
penggaris pada rambut kering, lalu dekatkan penggaris pada potongan-potongan
kertas.
6.
Apa
yang terjadi? Catatlah hasil pengamatanmu.
7.
Ulangi
kegiatan di atas beberapa kali.
Setiap
benda netral mempunyai dua muatan, yaitu muatan positif (proton) dan muatan
negatif (elektron) dalam jumlah yang sama. Saat penggaris plastik
digosok-gosokkan pada rambut kering, elektron dari rambut berpindah ke
penggaris. Akibatnya, penggaris plastik kelebihan electron dan menjadi
bermuatan negatif.
Ketika
penggaris plastik bermuatan negatif didekatkan pada potongan-potongan kertas,
muatan negatif pada kertas menjauhi penggaris. Sisi kertas yang dekat penggaris
menjadi bermuatan positif, sehingga potongan-potongan kertas akan tertarik
oleh penggaris plastik.
Tarik-menarik
antara muatan pada penggaris plastik dan potongan kertas ini merupakan salah
satu bentuk gaya listrik. |
Ayo Membaca !
Bacalah
teks berikut!
Listrik Statis
dan Listrik Dinamis
Muatan listrik yang terkandung pada
penggaris plastik setelah digosok pada rambut kering tidak mengalir, sehingga
disebut listrik diam atau listrik statis. Gaya listrik statis pada penggaris
plastik itu hanya berlangsung sementara. Selama potongan kertas menempel pada
penggaris plastik, terjadi perpindahan muatan listrik. Setelah muatan listrik
pada potongan kertas dan penggaris plastik sama, kedua benda itu akan saling
menolak atau melepaskan diri. Akibatnya, potongan-potongan kertas akan terlepas
dari penggaris plastik.
Jika ada listrik statis, ada pula
listrik dinamis. Pada listrik dinamis terjadi aliran muatan listrik. Listrik
dinamis dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan
menekan sakelar. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu
terjadi aliran listrik. Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati,
artinya tidak terjadi aliran listrik.
Tugas !
1.
Kamu
telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”.
Pengetahuan apa yang kamu dapat dari
teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.
Listrik
statis adalah: …
Listrik
dinamis adalah: …
|
2.
Carilah
contoh lain yang menunjukkan gejala listrik statis.
Contoh
Gejala Listrik Statis
|
3.
Apa
yang dimaksud dengan gaya listrik?
|
Ayo Bercerita !
Pada
Pembelajaran 1, kamu mendapat tugas ini.
Tugas
1.
Kamu
telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”.
Pengetahuan apa yang kamu dapat dari
teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.
|
2.
Carilah
contoh lain yang menunjukkan gejala listrik statis.
|
Ayo Berdiskusi !
1.
Apa yang menyebabkan lampu senter dapat menyala?
2.
Apa yang menyebabkan kipas angin dapat berputar?
3.
Apa yang menyebabkan setrika menjadi panas?
4.
Apa yang menyebabkan air dapat membeku di dalam lemari pendingin?
Diskusikan dengan teman-teman sekelompokmu, lalu bacakan hasil diskusimu di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.
Peralatan
elektronik dapat bekerja karena ada aliran arus listrik. Arus listrik mengalir
dari kutub positif menuju kutub negatif. Energi listrik
dapat diubah menjadi energi lain. Saat arus listrik mengalir melewati bohlam,
bohlam akan menyala. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya. Energi listrik
dapat diubah menjadi energi gerak. Saat arus listrik mengalir melewati motor
di dalam kipas angin, motor akan berputar dan menggerakkan bilah-bilah kipas
angin. Saat arus
listrik melewati elemen pemanas di dalam setrika, elemen akan menjadi panas.
Energi listrik berubah menjadi energi panas. Pada lemari
pendingin, arus listrik akan memutar motor pada mesin lemari pendingin dan
membuat bahan pendingin bekerja. |
Saat
ini alat elektronik menjadi kebutuhan manusia untuk memempermudah kehidupan. Di
rumah dan di sekolahmu, tentu kamu menggunakan berbagai alat elektronik.
Lakukan tugas berikut secara berkelompok.
Tugas !
Tuliskan
peralatan elektronik yang kamu ketahui beserta fungsinya. Tuliskan dalam bentuk
tabel seperti berikut.
No |
Nama Alat
Elektronik |
Fungsi |
1. |
Lampu |
Sebagai alat penerangan |
2. |
… |
… |
3. |
… |
… |
4. |
… |
… |
5. |
… |
… |
EVALUASI
A. SOAL ISIAN
1. Batu yang
dilempar ke atas akan jatuh ke bumi karena adanya gaya . . . .
Jawab
: (gravitasi)
2. Dalam lomba
tarik tambang, peserta menggunakan gaya . . . .
Jawab
: (otot)
3. Benda yang
bergerak bisa menjadi berhenti karena adanya . . . .
Jawab
: (gaya gesekan)
4. Gaya yang
bekerja pada kegiatan dalam gambar berikut ini adalah . . . .
Jawab
: (gaya otot)
5. Jarum pada
kompas selalu menunjuk arah utara-selatan karena adanya gaya . . . .
Jawab
: (magnet)
B. SOAL URAIAN
1.
Apa
yang dimaksud dengan gaya? Jelaskan!
Jawab : (Gaya adalah tarikan
atau dorongan yang dapat mengubah keadaan benda)
2.
Apa
pengaruh gaya bagi benda?
Jawab : (Gaya dapat
menyebabkan benda berpindah tempat atau berubah bentuk)
3.
Berikan
3 contoh gaya dorongan yang kamu lakukan ketika bermain atau berolahraga!
Jawab : (menendang bola,
memukul bola dengan alat pemukul, melempar bola)
4.
Sebutkan
akibat adanya gaya gravitasi!
Jawab : (benda-benda di atas
permukaan bumi tetap berada di tempatnya, benda-benda yang dilempar ke atas
akan jatuh lagi ke bumi, bulan mengitari bumi)
5.
Sebutkan
manfaat gaya listrik dalam kehidupan sehari-hari!
Jawab : (sebagai penerang,
mendinginkan ruangan, memanaskan setrika, memompa air, menyalakan televisi)
ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL (IPS)
KOMPETENSI DASAR
3.2
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di
provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik
ruang.
4.2
Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis,
dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya
dengan karakteristik ruang.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan
mengamati gambar beberapa rumah adat di Indonesia dan dengan bimbingan guru,
siswa secara kelompok mampu mencari informasi tentang daerah asal rumah adat
tersebut serta keunikannya.
·
Siswa
mampu menceritakan daerah asal dan keunikan dari setiap rumah adat di depan
kelas secara bergantian.
·
Siswa
membacakan keunikan dari setiap pakaian adat.
·
Dengan
penjelasan guru, siswa mengetahui keragaman pakaian adat di Indonesia.
·
Dengan
berdiskusi, siswa dapat menjelaskan cara melestarikan pakaian adat di
Indonesia.
·
Guru
menekankan kepada siswa untuk ikut melestarikan pakaian adat di Indonesia.
MATERI
Ayo Membaca !
Bacalah
dengan cermat teks berikut!
Keragaman Rumah
Adat di Indonesia
Keragaman
suku bangsa juga berpengaruh terhadap bentuk rumah adat. Rumah adat umumnya
dibangun menyesuaikan kondisi bentang alam wilayah setempat. Keragaman bentuk
rumah adat mencerminkan kemampuan nenek moyang bangsa Indonesia sebagai arsitek
andal. Tidak hanya unik, bentuk rumah adat mengandung makna dan simbol
tertentu. Semua itu disesuaikan adat istiadat tiap-tiap daerah. Keragaman rumah
adat di Indonesia sebagai berikut.
Tabel 2.1 Rumah Adat di Indonesia
NO |
DAERAH |
RUMAH ADAT |
1 |
Aceh |
Rumoh Aceh, rumah
Krong Bade |
2 |
Sumatra Utara |
Rumah Balai Batak
Toba, rumah Bolon |
3 |
Sumatra Barat |
Rumah Gadang |
4 |
Riau |
Balai Salaso Jatuh atau
rumah Adat Selaso Jatuh Kembar, rumah Melayu Atap Belah Bubung, rumah Melayu
Atap Lipat Kajang, dan rumah Melayu Atap Lontik |
5 |
Kepulauan Riau |
Rumah Melayu Atap
Limas Potong |
6 |
Jambi |
Rumah Panggung |
7 |
Bengkulu |
Rumah Bubungan Lima |
8 |
Sumatera Selatan |
Rumah Limas |
9 |
Bangka Belitung |
Rumah Rakit dan rumah
Limas |
10 |
Lampung |
Rumah Nuwou Sesat |
11 |
Jawa Barat |
Rumah Kasepuhan |
12 |
Banten |
Rumah Adat Baduy |
13 |
DKI Jakarta |
Rumah Kebaya dan rumah
Gudang |
14 |
Jawa Tengah |
Rumah Joglo |
15 |
Yogyakarta |
Rumah Joglo |
16 |
Jawa Timur |
Rumah Joglo |
17 |
Kalimantan Barat |
Rumah Panjang |
18 |
Kalimantan Tengah |
Tengah Rumah Betang |
19 |
Kalimantan Utara |
Rumah Baloy |
20 |
Kalimantan Timur |
Timur Rumah Lamin |
21 |
Kalimantan Selatan |
Selatan Rumah Banjar |
22 |
Bali |
Gapura Candi Bentar |
23 |
Sulawesi |
Laikas |
24 |
Gorontalo |
Rumah Adat Doloupa |
25 |
Sulawesi Tengah |
Souraja atau rumah
Raja atau rumah Besar, rumah Tambi |
26 |
Sulawesi Barat |
Rumah Adat Mandar |
27 |
Sulawesi Selatan |
Rumah Adat Tongkonan |
28 |
Sulawesi Tenggara |
Rumah Adat Buton atau
rumah Adat Banua Tada |
29 |
Nusa Tenggara
Barat |
Dalam Loka Samawa |
30 |
Nusa Tenggara
Timur |
Sao Ata Mosa Lakitana |
31 |
Maluku |
Rumah Baileo |
32 |
Maluku Utara |
Rumah Baileo |
33 |
Papua Barat |
Honai |
34 |
Papua |
Honai |
Begitu
beragam rumah adat di Indonesia. Setiap rumah adat mempunyai keunikan yang
berbeda dari rumah adat lain. Keragaman rumah adat di Indonesia menjadi
kekayaan budaya yang dapat kita banggakan.
Tugas !
1.
Perhatikan beberapa gambar rumah adat di Indonesia berikut.
2.
Tuliskan nama provinsi asal setiap gambar rumah adat.
3.
Tuliskan keunikan yang terlihat pada setiap rumah adat.
4.
Ceritakan hasil tugasmu kepada Bapak/ibu guru dan teman-temanmu.
Apa
nama rumah adat di daerahmu?
|
Tuliskan
nama rumah adat yang kamu ketahui dan keunikannya.
Nama
rumah adat yang saya ketahui:
Keunikannya:
|
Salah
satu keragaman budaya di Indonesia adalah keragaman pakaian adat.
Ayo,
lakukan kegiatan berikut.
Ayo Berdiskusi
Bersama
kelompokmu, tuliskan jawaban pertanyaan dan tugas berikut.
1.
Di provinsi mana kalian tinggal?
2.
Apa nama pakaian adat dari daerahmu?
3.
Tuliskan keunikan pakaian adat daerahmu.
4.
Dalam acara apa sajakah pakaian adat itu biasa digunakan?
Provinsi
tempat tinggal :
|
Nama
pakaian adat :
|
Keunikan
:
|
Penggunaan
:
|
Ayo Membaca !
Ragam Pakaian
Adat di Indonesia
Perbedaan
kondisi geografis wilayah Indonesia mendorong berkembangnya pakaian adat. Bagi
bangsa Indonesia, pakaian adat termasuk salah satu kekayaan budaya. Penduduk daerah
biasanya mengenakan pakaian adat dalam peringatan peristiwa atau acara
tertentu. Contohnya pakaian adat dikenakan saat acara pernikahan atau tradisi
adat daerah setempat.
Di
beberapa daerah, pakaian adat dikelompokkan sesuai kedudukan atau status pemakainya
dalam masyarakat. Contohnya pakaian raja, kepala suku, atau bangsawan berbeda
dengan pakaian adat rakyat biasa.
Apa
saja nama-nama pakaian adat di Indonesia? Berikut beberapa nama pakaian adat di
Indonesia.
Tabel 2.2
Pakaian Adat di Indonesia
NO |
NAMA
PAKAIAN ADAT |
DAERAH
ASAL |
1 |
Elee Balang |
Aceh |
2 |
Ulos |
Sumatera Utara |
3 |
Bundo Kanduang, Limpapeh Rumah Nan
Gadang |
Sumatera Barat |
4 |
Pakaian Tradisional Melayu |
Riau |
5 |
Teluk Belanga |
Kepulauan Riau |
6 |
Aesan Gede |
Sumatra Selatan |
7 |
Paksian |
Bangka Belitung |
8 |
Baju Pangsi |
Banten |
9 |
Kebaya |
Jawa Barat |
10 |
Kebaya |
Jawa Tengah |
11 |
Kebaya Ksatrian |
DI Yogyakarta |
12 |
Pesa’an |
Jawa Timur |
13 |
Perang |
Kalimantan Barat |
14 |
Pengantian Bagajah Gamuling Baular
Lulut |
Kalimantan Selatan |
15 |
Baju Cele |
Maluku |
16 |
Pakaian Manteren Lamo |
Maluku Utara |
17 |
Kulavi (Donggala) |
Sulawesi Utara |
18 |
Baju Nggembe |
Sulawesi Tengah |
19 |
Baju Bodo |
Sulawesi Selatan |
Apa
nama pakaian adat daerahmu? Tentunya kamu bangga saat mengenakannya, bukan?
Suatu ketika cobalah untuk mengenakan pakaian adat dari daerah lain. Itulah
salah satu cara kita menghargai keragaman pakaian adat di negara kita.
Tugas
Perhatikan
beberapa gambar pakaian adat berikut. Tuliskan keunikan yang terlihat dari
setiap pakaian daerah pada gambar.
Ayo Berdiskusi
Kamu
telah mengetahui keragaman pakaian adat di Indonesia. Sebagaimana bahasa daerah
kamu juga mengetahui bahwa pakaian adat di Indonesia terancam punah.
1.
Diskusikan dengan kelompokmu, kegiatan apa saja yang dapat dilakukan bangsa
Indonesia untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia.
2.
Bacakan hasil diskusi kalian di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.
3.
Di antara kegiatan untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia, apa yang dapat
kalian lakukan segera? Buatlah kesepakatan kelas, lalu laksanakan kesepakatan
itu.
Apa
keragaman pakaian adat daerahmu? Coba, tuliskan.
|
Apa
yang dapat kamu lakukan untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia?
|
EVALUASI
A. SOAL ISIAN
1. Baju pangsi merupakan pakaian adat dari daerah . . . .
Jawab : (Banten)
2. Pakaian adat untuk perempuan daerah Sulawesi Selatan disebut . . . .
Jawab : (baju bodo)
3. Tari Gambyong merupakan tarian dari daerah . . . .
Jawab : (Jawa Tengah)
4. Pada masa sekarang pakaian adat biasa dipakai pada saat . . . . Jawab : (upacara adat seperti pernikahan)
5. Pakaian adat seperti gambar di bawah ini berasal dari provinsi . . . .
Jawab : (Kalimantan Barat)
B. SOAL URAIAN
1. Sebutkan 4 alat musik daerah dan cara memainkannya!
Jawab : (sitar-dipetik, kendang-dipukul, kolintang-dipukul, angklung-digoyangkan)
2. Sebutkan 3 jenis tarian dari Sulawesi Tengah!
Jawab : (Tari Lumense, Tari Moduai, Tari Peule Cinde)
3. Dari daerah mana asal alat musik pada gambar di bawah ini?
Jawab : (Sulawesi Utara)
4. Sebutkan keunikan pakaian adat Bali!
Jawab : (warna cerah dan menggunakan warna emas, kain sarung bermotif kotak-kotak hitam putih, hiasan kepala meriah dan terlihat mewah)
SENI BUDAYA DAN
PRAKARYA (SBDP)
KOMPETENSI DASAR
3.3
Mengetahui gerak tari kreasi daerah.
4.3
Memperagakan gerak tari kreasi daerah.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan
mencermati tarian daerah, siswa mampu mengetahui formasi serta arah gerakan
selama peragaan tari.
·
Setelah
mengamati tarian daerah, siswa mampu melakukan gerakan demi gerakan tari hingga
selesai.
·
Dengan
membaca teks tentang pola lantai gerak tari, siswa mampu memperoleh informasi
baru dari teks bacaan.
·
Dengan
melihat peragaan tari, siswa mampu menceritakan gerakan tangan, kaki, dan
kepala saat menari.
·
Dengan
bimbingan guru, siswa mampu mempraktikkan gerak tangan, kaki, dan kepala saat
menari.
·
Dengan
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengetahui fungsi alat music dalam
pementasan tari.
·
Dengan
berlatih, siswa dapat mempraktikan suatu tari yang diiringi dengan alat musik.
MATERI
Ayo Mengamati !
Lihatlah
peragaan tari daerahmu, baik secara langsung maupun melalui rekaman video.
Fokuslah untuk memerhatikan gerak para penari.
1.
Bagaimana formasi para penari?
2.
Bagaimana arah hadap gerak penari selama peragaan tari?
Jelaskan
hasil pengamatanmu dalam bentuk gambar sederhana, lalu peragakan.
Ayo Membaca !
Bacalah
teks berikut!
Pola Lantai
Gerak Tari
Saat penari memeragakan suatu tarian, penari kadang bergerak ke kiri, ke kanan, maju, mundur, atau bergerak membentuk lingkaran. Jika digambarkan, seolah-olah ada satu garis imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian.
Garis imajiner ini juga dapat kita gambarkan dengan melihat formasi para penari dalam memperagakan tarian. Para penari dapat membentuk formasi garis lurus, lengkung, segitiga, atau lingkaran. Bentuk formasi garis ini dapat berubah-ubah selama penari menampilkan sebuah tarian.
Garis
imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola
lantai. Pola lantai juga merupakan garis imajiner yang dibuat oleh formasi penari
kelompok. Secara umum, pola lantai berupa garis lurus atau garis lengkung.
Bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di
antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi
empat, dan segi lima. Bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi
berbagai pola lantai, di antaranya lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke
depan, dan garis lengkung ke belakang. Perhatikan gambar-gambar berikut.
Perhatikan
contoh beberapa gambar tarian berikut.
Tugas !
Berdasarkan
teks “Pola Lantai Gerak Tari”, kerjakan tugas berikut.
1.
Tuliskan kembali pengertian pola lantai menggunakan bahasamu sendiri.
Usahakan
agar orang lain memahami dengan mudah saat membaca tulisanmu. Gunakan kosakata
baku.
2.
Gambarlah pola lantai yang terlihat dari gambar dua tarian pada teks tersebut.
Pada
teks “Pola Lantai Gerak Tari’ terdapat foto Tari Legong. Penari Tari Legong membawa
kipas. Kipas digunakan sebagai penunjang gerak tari dan unsur keindahan
penampilan tari. Dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan kipas saat udara
panas.
Namun,
saat ini manusia telah banyak menggunakan kipas angin atau alat pendingin
ruangan. Kipas angin dan alat pendingin ruangan merupakan contoh alat
elektronik, yaitu alat yang bekerja menggunakan listrik.
Ayo Mengamati
Pada Pembelajaran 2, kamu telah mengamati pola gerak tari daerahmu. Sekarang lihatlah lagi peragaan tari daerahmu, baik secara langsung maupun melalui video tari.
1.
Bagaimana gerak tangan penari?
2.
Bagaimana gerak kaki penari?
3.
Bagaimana gerak kepala penari?
Tuliskan
hasil pengamatanmu, lalu ceritakan.
Ayo Mencoba
1. Dari peragaan tari yang telah kamu amati, peragakan gerak-gerak tari yang dilakukan penari. Lakukan secara perorangan, lalu lakukan berkelompok.
2.
Tirukan gambar-gambar gerakan dasar tari berikut.
Kamu
telah berlatih memperagakan gerak tari. Setiap tarian daerah di Indonesia
memiliki gaya, iringan, busana, dan tata rias yang mungkin berbeda dari tarian
daerah lain. Kamu bisa mempelajari tarian daerahmu. Namun, akan lebih baik lagi
jika kamu juga ikut mempelajari tarian daerah lain.
Pertunjukan
tari secara umum dalam penampilan geraknya diiringi dengan musik. Begitu pula
tarian daerah tidak terpisahkan dari suara alat musik. Jenis dan nama alat
musik sangat beragam. Berikut beberapa contoh alat musik daerah di Indonesia.
Ayo Mengamati
Perhatikan
beberapa gambar alat musik daerah berikut. Adakah alat music dari daerahmu?
Ayo Mencoba
Peragakan
gerakan tari daerah bersama teman-temanmu. Jika memungkinkan, iringilah
menggunakan alat musik daerah yang mudah kamu temui. Perhatikan kesesuaian
gerak dengan ketukan/hitungan dari musik yang diperdengarkan.
Kerjakan tugas
berikut !
1.
Tuliskan
kembali pengertian pola lantai menggunakan bahasamu sendiri.
|
2.
Gambarlah
macam-macam pola lantai yang kamu ketahui pada selembar kertas !
3.
Sebutkan
5 macam alat musik daerahmu dan cara memainkannya !
EVALUASI
A. SOAL ISIAN
1. Tari Saman dibawakan secara . . . .
Jawab : (kelompok)
2. Gambar di bawah merupakan pola lantai . . . .
Jawab : (lingkaran)
3. Tari Janger berasal dari provinsi . . . .
Jawab : (Bali)
4. Pola lantai dibuat untuk memudahkan . . . .
Jawab : (gerak penari)
5. Alat musik daerah di bawah ini disebut . . . .
Jawab : (sasando)
B. SOAL URAIAN
1. Jelaskan pengertian dari pola lantai!
Jawab : (Pola lantai adalah garis imajiner yang dibentuk dari susuanan para penari atau garis imajiner yang dibentuk dari perpindahan tempat penari selama menyajikan tarian.)
2. Sebutkan fungsi pola lantai?
Jawab : (Pola lantai berfungsi untuk memandu gerak penari dan menambah keindahan penyajian tari)
3. Apa saja jenis pola lantai itu?
Jawab : (secara umum ada dua jenis pola lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung)
4. Apa kesan yang ditampilkan dari pola lantai berupa garis lurus?
Jawab : (pola lantai garis lurus menampilkan kesan tegas, jujur, dan terbuka)
BASA SUNDA
KOMPETENSI DASAR
4.3.6 Mengamati teks kawih tentang keindahan
negeriku (KI-3)
4.4.6 Melantunkan isi teks kawih tentang
keindahan negeriku (KI-4)
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
MENGAMATI
·
Menyimak
penjelasan guru tentang keindahan negeriku
·
Mengamati
teks kawih yang dibacakan guru
atau audio/visual dengan penuh perhatian
MENANYA
· Mendiskusikan
isi teks kawih yang telah disimaknya
MENCOBA
· Menjelaskan
kaidah-kaidah kawih
MENGOMUNIKASIKAN
· Melantunkan
kawih dengan memperhatikan kaidah-kaidahnya
Komentar
Posting Komentar