MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 3

 MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 3


Download Modul BDR : Kelas 4 Tema 6 Subtema 3


PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)

 

KOMPETENSI DASAR

1.3 Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.

2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.

3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

4.3 Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

 TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitar dan berdiskusi, siswa mampu mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

2.       Melalui kegiatan mengamati, siswa mampu menuliskan satu perayaan keagamaan yang paling diketahuinya yang dilakukan masyarakat di daerah tempat tinggalnya dengan tepat.

3.       Melalui kegiatan mengamati siswa mampu mengidentifikasikan keragaman keagamaan yang terdapat di sekitarnya.

 KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Menuliskan satu perayaan keagamaan yang paling diketahuinya yang dilakukan masyarakat di daerah tempat tinggalnya.
  2. Mengidentifikasikan keragaman keagamaan yang terdapat di sekitarnya.
  3. Menuliskan satu perayaan keagamaan yang paling diketahuinya yang dilakukan masyarakat di daerah tempat tinggalnya.
  4. Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

 

MATERI

Ayo Membaca !

Simaklah bacaan berikut ini tentang usaha keras seseorang yang bercita-cita besar.

 

Sang Arsitek


Pada  tahun  1955,  presiden  pertama Indonesia,  Ir.  Soekarno,  mengadakan

sayembara membuat desain maket Masjid Istiqlal. Sebanyak 22 dari 30 arsitek lolos pada seleksi awal. Presiden Soekarno pun mengumumkan  bahwa  pemenangnya adalah seorang bernama Frederich Silaban. Siapakah dia?

Frederich Silaban, lahir di Bonandolok, Sumatra Utara, 16 Desember 1912. Ia adalah seorang  lulusan  Koningin  Wilhelmina School, sebuah sekolah teknik di Jakarta. Meskipun bukan lulusan sekolah arsitektur, ia dapat memenangi sayembara tersebut. Dan  semenjak  itulah  karya-karyanya banyak dikenal di seluruh Indonesia.

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar dan termegah di Indonesia yang dibangun pada tahun 1961, dan pertama kali dibuka untuk digunakan pada tahun 1978. Dengan demikian, diperlukan waktu 17 tahun untuk membuatnya! Dengan usaha yang gigih dan pantang menyerah, Frederich berhasil menyelesaikannya. Karyanya diakui sebagai karya asli anak bangsa Indonesia. Ia bahkan berhasil menyandingkan pembangunan masjid ini dengan Gereja Katedral di Jakarta. Gereja Katedral adalah Gedung tempat umat katolik beribadah. Konsep persatuan dan kesatuan yang dibuat oleh Presiden Soekarno dapat diwujudkan dengan baik melalui kedua bangunan tersebut.

 

Hingga kini, kedua gedung yang menjadi simbol toleransi dan persatuan itu tetap kukuh berdiri, meski arsiteknya telah tiada. Tak hanya berkarya membuat Masjid Istiqlal, beberapa gedung bersejarah telah dirancangnya. Sepanjang hayatnya ia telah ikut merancang 700 bangunan di seluruh Indonesia. Bangunan tersebut antara lain Gedung Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta/1962), Monumen Pembebasan Irian Barat (Jakarta/1963), Monumen Nasional atau Tugu Monas (Jakarta/1960), Gerbang Taman Makam Pahlawan Kalibata (Jakarta/1953), dan Tugu Khatulistiwa (Pontianak/1938).

Sumber:

http://megapolitan.kompas.com;

http://nasional.kompas.com;

https://id.wikipedia.org/wiki/Frederich_Silaban

 

 Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan di atas.

 



Apa saja prestasi yang telah diraih Frederich Silaban  usaha dan  dengan kerja kerasnya? 

 

 

 

 

 

 

 Apa kesimpulanmu terhadap usaha Frederich Silaban untuk meraih cita-citanya? 

 

 

 

 

 

 

 

 ALTERNATIF JAWABAN

Ayo Mengamati !

 

Perhatikanlah gambar tempat ibadah umat beragama di Indonesia di atas dengan saksama. Dapatkah kamu menjelaskan gambar-gambar di atas? Apakah tempat-tempat ibadah itu ada di daerahmu?

 

Ayo Berlatih !

Masyarakat Indonesia terdiri atas pemeluk agama yang berbeda-beda. Umat beragama dari tiap-tiap agama memerlukan tempat beribadah untuk memenuhi kebutuhan rohani mereka. Setiap tempat ibadah memiliki bentuk dan pengaturan yang khas.

Amatilah daerah sekitarmu. Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.

1.   Kamu akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok akan mencari informasi tentang dua tempat ibadah keagamaan.

2.   Carilah informasi tentang rumah ibadah dari dua agama yang berbeda di Indonesia. Tentukan satu tempat ibadah yang paling terkenal di Indonesia. Catatlah informasi tentang nama, tahun berdiri, dan sejarah singkat tentang tempat ibadah tesebut.

3.   Carilah gambar tentang rumah ibadah tersebut. Cari tahu makna setiap bagian bangunan ibadah tersebut.

4.   Dengan menggunakan sebuah kertas karton ukuran A3, tempelkan gambar rumah ibadah tersebut dan berilah keterangan di bawahnya.

5.   Tuliskanlah juga fungsi dan kegunaan tempat ibadah tersebut selain untuk beribadah umatnya.

6.   Aturlah sedemikian rupa pada kertas tersebut sehingga memudahkan bagi temanmu untuk memahaminya. (Gunakan contoh di bawah ini).

7.   Jelaskan kesimpulanmu tentang kedua rumah ibadah tersebut.

8.   Presentasikan hasil karyamu di depan kelas.

9.   Catatlah informasi penting yang kamu dapatkan dari kelompok lain. 

 ALTERNATIF JAWABAN

Ayo Mengamati !

Jika kamu perhatikan sekali lagi peta persebaran sumber daya alam yang ada di Indonesia, apakah kesimpulanmu? Setiap daerah di Indonesia menghasilkan sumber daya alam yang berbeda-beda. Akan tetapi, sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, semua sumber daya alam itu dikelola negara untuk kemakmuran rakyatnya. Keragaman sumber daya alam di berbagai daerah tersebut akan memperkuat rasa saling membutuhkan antara satu daerah dengan daerah yang lain.

Tidak hanya keragaman sumber daya alam, keragaman kegiatan keagamaan di Indonesia juga menjadikan Indonesia sebagai negeri yang unik. sebagai negeri yang unik. Keragaman itu justru meningkatkan kerukunan antarumat beragama.

Perhatikan beberapa kegiatan keagamaan yang ada di Indonesia! Kamu dapat dengan mudah mengetahuinya dari kalender nasional yang menandai kegiatan hari raya keagamaan sebagai hari libur nasional. Tahukah kamu tentang perayaan-perayaan keagamaan keenam agama besar di Indonesia? Bagaimana para umat beragama merayakannya?

 

Ayo Berlatih !

Lengkapilah tabel berikut ini dengan menggunakan berbagai sumber informasi.

Jelaskan tujuan perayaan keagamaan dan bagaimana masyarakat di daerahmu merayakannya. Lakukan kegiatan ini secara berpasangan. Gunakan kalender tahun ini untuk mengetahui hari raya keagamaan. 

Nama Hari Raya Keagamaan

Umat yang merayakan

Tujuan Perayaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ALTERNATIF JAWABAN

Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan kelompok yang lain. Diskusikan beberapa perbedaan yang ditemui. Carilah informasi yang tepat untuk memperbaikinya.

Pilihlah satu perayaan keagamaan yang paling kamu ketahui yang dilakukan masyarakat di daerah kamu tinggal. Tuliskan penjelasanmu dalam sebuah paragraf, dan tuliskan di bawah ini!

ALTERNATIF JAWABAN


Ayo Mengamati !

Setiap agama memiliki kekhasan dan keunikan pada tempat ibadahnya. Kekhasan dan keunikannya dipengaruhi oleh fungsi dan budaya masyarakat sekitar yang menggunakannya. Amatilah berbagai tempat ibadah yang ada di daerahmu. Carilah informasi tentang apa saja dan kapan saja tempat ibadah itu dimanfaatkan oleh umatnya.

 Bekerjalah bersama dengan temanmu untuk melengkapi tabel!

Tuliskan kesimpulanmu di bawah ini. 

 

 

 

 

 

ALTERNATIF JAWABAN



DOWNLOAD MATERI : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)

 ---------------------------------------------------------------------------------


BAHASA INDONESIA

  

KOMPETENSI DASAR

3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

 TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Melalui kegiatan berlatih membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan pelafalan dan intonasi yang tepat

2.   Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.

3.   Melalui kegiatan mengamati siswa mampu menuliskan makna sebuah puisi dengan benar.

4.   Melalui kegiatan membaca puisi kembali, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.

5.   Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal dn intonasi yang benar.

6.   Melalui kegiatan berlatih membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.

 KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Berlatih membaca puisi, dan mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar
  2. Dengan membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal dn intonasi yang benar.
  3. Menuliskan makna sebuah puisi.
  4. Mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.
  5. Mendeklamasikan puisi dengan pelafalan dan intonasi yang tepat.

 

MATERI

Ayo Membaca!

Berikut ini adalah sebuah puisi untuk para pelestari lingkungan Indonesia.

 

Penjaga Alamku

Karya: D. Karitas

 

Kau tidak pernah lelah

Kau tidak pernah putus asa

Kau tidak pernah menyerah

Mencintai alam di mana kau dibesarkan

 

Angin dan badai adalah sahabatmu

Hujan dan panas adalah penolongmu

Air sungai adalah kehidupanmu

Alammu adalah ibumu

 

Maka engkau menjaganya

Maka engkau memeliharanya

Maka engkau merawatnya

Karena alam adalah ibumu

Setelah membacanya dengan saksama, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.   Berkisah tentang apakah puisi tersebut?

………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………….

 

2.   Usaha apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga alam?

………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………….

 

3.   Mengapa alam dalam puisi di atas disebut sebagai ibu?

………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………….

 

ALTERNATIF JAWABAN




TAHUKAH KAMU !

 Deklamasi merupakan salah satu cara membacakan puisi tanpa menggunakan teks puisi. Biasanya, orang yang mendeklamasikan puisi harus menghafalnya terlebih dahulu.

 Membaca puisi memerlukan pelafalan yang jelas dan intonasi yang tepat. Selain itu, pemenggalan kalimat juga harus diperhatikan. Dengan demikian, puisi tersebut akan enak didengar dan mudah dipahami isinya.

 Contoh menentukan jeda:

 Kau // adalah / para penyelamat negeri //

 Catatan:

1.     / berhenti sebentar untuk bernapas, biasanya pada koma atau di tengah baris.

2.    // berhenti agak lama/biasanya koma di akhir baris yang masih berhubungan dengan baris berikutnya.

3.    /// berhenti lama sekali biasanya pada titik baris terakhir atau pada akhir puisi. 

 Ayo Mencoba !

·         Bacalah kembali puisi “Penjaga Alamku”.

·         Berikan tanda jeda pada bagian-bagian yang diperlukan.

·         Latihkan kembali cara membacanya dengan menggunakan tanda jeda yang kamu buat.

·         Jika kurang tepat kamu dapat memindahkan tanda jeda tersebut.

·         Hafalkan dan deklamasikan puisi tersebut. Kali ini, minta teman sebangkumu untuk memerhatikan tanda jedanya pada saat kamu mendeklamasikannya.

·         Lalu, deklamasikan puisi tersebut di depan kelas dengan percaya diri.

 ALTERNATIF JAWABAN

Ayo Membaca !

Bacalah puisi berikut di dalam hati!

 

Sahabatku Seorang Pemulung

Ciptaan: D. Karitas

Tangan-tangan kecilmu begitu lincah

Mengais dan memilah sampah rumah

Kamu mencari plastik

Bahkan kertas dan kardus 

Berbekal karung dan tongkat kecil

Kamu mencari dan menemukan

Barang-barang yang telah dibuang pemiliknya

Untuk ditukarkan kepada para pengepul

Aku mengagumimu, sahabatku

Kamu tidak pernah menyerah

Kamu tidak pernah mengeluh

Kamu selalu bersemangat 

Semoga kamu dapat mencapai cita-citamu

Seperti aku pun berjuang untuk itu

Mari kita saling mendukung

Untuk menjadi yang kita mau

 Ayo Berdiskusi !

Setelah membaca puisi tersebut, lakukanlah kegiatan berikut!

1.   Baca lagi puisi "Sahabatku Seorang Pemulung" di dalam hati.

2.   Tentukan tanda jeda untuk menentukan waktu berhenti lama dan berhenti sejenak.

3.   Bacakan puisimu kepada teman sebangkumu. Minta temanmu untuk menyimak cara membacamu dengan penempatan tanda jeda yang sesuai.

4.   Diskusikan pendapat kalian. Lakukan secara bergantian.

5.   Bacakan puisi tersebut di depan kelas dengan lafal yang jelas dan jeda yang sesuai.

 ALTERNATIF JAWABAN


Ayo Membaca !

Mendeklamasikan puisi memerlukan persiapan yang baik. Selain menghafalkan baris demi baris, kamu juga harus memahami makna puisi tersebut. Setiap orang bisa memiliki pemahaman yang berbeda terhadap makna puisi. Salah satu cara untuk membedakan makna puisi adalah dengan memberikan penekanan pada saat mendeklamasikannya.

Pemberian tekanan pada baris puisi biasanya menggunakan tanda V. Perhatikanlah penggunaan tanda tersebut di bawah ini.

 

1.   V menyimbolkan tekanan kata pendek sekali.

2.   VV menyimbolkan tekanan kata agak pendek.

3.   VVV menyimbolkan tekan kata agak panjang.

 

Lihatlah kembali puisi tentang “Penjaga Alamku” pada pembelajaran pertama. Berilah tanda V untuk memberikan tekanan-tekanan pada baris-baris kalimatnya. Kemudian, latih kembali cara mendeklamasikannya dengan mengikuti tanda jeda yang telah dibuat sebelumnya dan tanda untuk memberikan penekanan. Deklamasikan puisi tersebut di hadapan teman sebangkumu. Mintalah pendapatnya, kemudian lakukan perbaikan berdasarkan pendapatnya.

Jika cita-cita dapat disamakan dengan sebuah impian yang ingin diraih, apakah impian besarmu? Simaklah cerita tentang seseorang yang bermimpi besar dan kerja kerasnya untuk mewujudkannya!

ALTERNATIF JAWABAN


  Ayo Membaca !

Mimpi Seorang Laskar Pelangi


Andrea Hirata adalah seorang penulis novel Indonesia. Novelnya yang terkenal berjudul Laskar Pelangi. Karyanya tiba-tiba menjadi pembicaraan di mana-mana, terlebih di dunia sastra. Karya Andrea Hirata dianggap sangat mewakili kehidupan anak-anak di Indonesia, apalagi novel ini diangkat dari kisah nyata sang penulis.


Sewaktu kecil Andrea menimba ilmu di sebuah sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan. Bahkan, bangunan itu hampir roboh. Kondisi sekolah yang bernama SD Muhamadiyah tersebut memang cukup memprihatinkan. Sebagai anak dari pegawai rendahan PN (Perusahaan Negara) Timah di Belitong, ia terpaksa bersekolah di sekolah yang bentuknya lebih mirip sebagai kandang hewan ternak.

Kendati harus menimba ilmu di bangunan yang tak nyaman, Andrea tetap memiliki motivasi yang besar untuk belajar. Di sekolah itu pula, ia bertemu dengan sahabat-sahabatnya yang dijuluki dengan sebutan Laskar Pelangi. Di SD Muhammadiyah, Andrea bertemu dengan seorang guru bernama NA (Nyi Ayu) Muslimah. Kegigihan Bu Muslimah untuk mengajar siswa yang hanya berjumlah tak lebih dari 11 orang itu ternyata sangat berarti bagi kehidupannya. Berkat Bu Muslimah, Andrea mendapatkan dorongan yang membuatnya mampu menempuh jarak 30 km dari rumah ke sekolah untuk menimba ilmu. Bu Muslimah juga yang memacunya untuk mengejar cita-citanya bersekolah di negeri seberang, Perancis. Sebuah mimpi dan cita-cita yang sangat mustahil kala itu. 

 Ayo Menulis !

 Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!

 Apa kesimpulanmu terhadap usaha Andrea Hirata untuk meraih cita-citanya? 

 

 

 

 

 

 

 

ALTERNATIF JAWABAN

Andrea Hirata telah membuktikan kekuatan mimpinya. Ia pun memiliki beberapa orang di sekelilingnya yang sangat mendukung usahanya untuk mencapai mimpinya. Meskipun ia miskin, bahkan tinggal di daerah yang terpencil, mimpinya telah membawanya kepada prestasi yang luar biasa.

Bacalah puisi di bawah ini dalam hati dengan saksama. Pahamilah arti dan maknanya.

 

Laskar Pelangi

Karya: Nidji

 

Mimpi adalah kunci

Untuk kita menaklukkan dunia

Berlarilah tanpa lelah

Sampai engkau meraihnya

 

Laskar pelangi takkan terikat waktu

Bebaskan mimpimu di angkasa

Warnai bintang di jiwa

 

Menarilah dan terus tertawa

Walau dunia tak seindah surga

Bersyukurlah pada yang kuasa

Cinta kita di dunia, selamanya

 

Cinta kepada hidup

Memberikan senyuman abadi

Walau hidup kadang tak adil

Tapi cinta lengkapi kita

 

 Setelah membaca puisi di atas, lakukan langkah-langkah berikut ini!

1.   Tuliskan makna puisi di atas dalam buku catatanmu.

2.   Tandai kalimat-kalimat dalam baris puisi di atas dengan meletakkan tanda jeda dan tekanan yang telah kamu pelajari sebelumnya.

3.   Baca kembali beberapa kali hingga kamu mantap dengan intonasi dan pemenggalannya.

4.   Hafalkan puisi tersebut termasuk kapan kamu berhenti dan memberikan tekanan sesuai tanda yang telah kamu buat.

5.   Bacakan puisi tersebut dengan percaya diri di depan kelas.

Pernahkan kamu mendengar kisah seseorang yang hamper gagal dalam meraih cita-citanya? Simaklah cerita berikut ini, lalu ambil nilai-nilai penting di dalamnya.

 ALTERNATIF JAWABAN


Ayo Membaca !

Bacalah kisah Bayu dalam meraih cita-citanya di bawah ini dengan saksama! 

 

Meraih Cita walau Nyaris Putus Asa

Tawa riang dan teriakan lantang datang dari pemilik kaki-kaki kecil yang menyepak bola kaki di tanah lapang di sebuah kecamatan bernama Ledokombo. Langit mulai berwarna jingga, awan kelam, pertanda siang telah berganti malam. Pemilik kaki kecil itu pun kembali ke rumah berkumpul dalam hangatnya keluarga dan sejuknya udara desa.

Kini kaki-kaki kecil itu telah menjadi kaki-kaki yang kukuh dan lincah menari di atas rumput hijau stadion besar. Pemilik kaki-kaki kecil itu adalah Bayu Gatra Sanggiawan. Pemuda ini lahir pada tanggal 12 November 1991 di Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Telah lama ia ingin menjadi pemain sepak bola profesional.

Pada tahun 2005, Bayu bergabung dengan tim kebanggaan warga Jember, yaitu Persid Jember. Setiap hari, ia berjuang menghabiskan waktu 45 menit untuk menuju tempat latihan dari rumahnya yang jaraknya cukup jauh. Ia rajin berlatih dan menunjukkan prestasi yang gemilang.

Dari Persid Jember, Bayu pindah ke Persekap Pasuruan sebelum akhirnya ia berhasil masuk tim PON (Pekan Olahraga Nasional) Jawa Timur untuk berlomba di PON 2012 di Riau. Akan tetapi, kemudian ia mengalami cedera lutut parah saat prestasinya sedang gemilang. Cedera itu hampir membuatnya putus asa hingga ingin berhenti bermain bola. Namun, doa dan dukungan dari keluarga membuatnya tetap bersemangat. Ia melakukan operasi agar dapat berlari kembali di lapangan rumput.

Setelah mulai pulih, ia meningkatkan porsi latihan agar untuk mengejar ketinggalannya. Kerja keras dan kegigihannya membuahkan hasil. Bayu pun kembali tampil hebat di lapangan hingga membawa timnya menjadi juara.

 

Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!

 

Apa kesimpulanmu terhadap usaha Bayu untuk meraih cita-citanya? 

 

 

 

 

 

 

ALTERNATIF JAWABAN


Tidak ada yang mustahil jika kita berusaha, demikian yang dilakukan oleh Bayu untuk meraih cita-citanya. Bagaimana dengan usahamu untuk meraih cita-citamu? Bekerja keras dan pantang menyerah harus dilatih sedini mungkin agar kamu tangguh untuk mencapai mimpi dan cita-citamu.

 

Ayo Membaca !

Kamu telah mengetahui bagaimana menggunakan tekanan dan jeda yang tepat pada saat mendeklamasikan puisi. Selain pelafalan, intonasi dan tekanan yang tepat, kamu juga harus dapat menunjukkan ekspresi wajah yang sesuai dengan isi puisi. Oleh karenanya, penting bagimu untuk mengetahui makna atau isi puisi.

Pada saat mendeklamasikan sebuah puisi, pahamilah isi dan pesan yang ingin disampaikan. Apabila puisimu tentang harapan dan doa, ekspresi wajahmu harus mendukungnya, yaitu berekspresi yang sama saat kamu berdoa. Jika puisimu berkisah tentang harapan, ekspresimu harus menunjukkan mata berbinar dengan pandangan jauh menerawang. Jika puisimu berisi tentang pengalaman sedih, ekspresimu harus menunjukkan kesedihan yang mendalam seperti saat kamu kehilangan orang terkasih.

Kamu dapat melatih perubahan ekspresi wajah dengan menggunakan kaca atau dengan bantuan temanmu. Setelah kamu menghafalkan puisi, kamu dapat menjiwai puisi dengan menempatkan dirimu sebagai bagian dari isi puisi tersebut.

Ayo Berlatih !

Lihatlah kembali puisi-puisi yang ada di pembelajaran ini. Kamu juga dapat mencari beberapa puisi yang telah kamu buat sebelumnya. Golongkan puisi-puisi tersebut termasuk ke dalam puisi sedih, riang, atau puisi yang penuh pengharapan. Pilihlah salah satu puisi yang kamu paling sukai. Pahamilah isi puisi tersebut, lalu mulailah berlatih ekspresi wajah sambal mendeklamasikannya.

Mintalah temanmu untuk menilaimu!

Kamu telah belajar banyak hal dari orang-orang yang gigih meraih cita-cita mereka. Mungkin ada beberapa cita-cita yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Akan tetapi, ada juga kisah tentang mencapai cita-cita yang sama dengan cita-citamu. Apa pun cita-citamu, kamu perlu mempersiapkannya dari sekarang. Simaklah cerita tentang seorang anak berbakat yang harus berjuang keras di masa mudanya.

   

Canho Pasirua, Kisah Pianis Cilik Indonesia

untuk Ajang Internasional

 

Seorang bocah yang belum genap berumur tiga tahun menangis sambal mengguling-gulingkan badannya di tengah pasar karena permintaannya tidak dipenuhi ibunya. Sang anak sangat ingin memiliki harmonica mainan. Sang ibunda akhirnya memenuhi permintaan anaknya hanya agar dia segera berhenti menangis.

Harmonika mainan itu menjadi sahabat akrab anak balita tersebut di rumah setiap hari. Tidak hanya itu, anak tersebut akan sangat serius menyaksikan acara musik yang sedang ditayangkan di televisi.

Bahkan matanya tampak melotot dan berdiri sangat dekat dengan layar televisi bila melihat pemain piano atau keyboard sedang beraksi. Belakangan anak ini harus menempuh ke sebuah kota lain, yang berjarak 140 kilometer dari kota kelahirannya, agar bisa bermain piano. Hal itu karena di kotanya, tidak ada piano. Itulah sepenggal kisah Canho Pasirua, pianis cilik asal Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang akan mewakili Indonesia ke ajang kompetisi internasional di Amerika Serikat.

Canho sebentar lagi akan berlaga di Kejuaraan Dunia Seni Pertunjukan atau “World Championship Perfoming Arts (WCOPA) 2016” di Long Beach, California, AS, 7-19 Juli 2016. Pada Rabu (29/6/2016), bocah bernama lengkap Yohanes De Capestrano Jambru Pasirua itu menggebrak Jakarta. Cancho mempertontonkan kebolehannya dalam memainkan komposisi karya para pemusik klasik dunia di Musro, Hotel Borobudur, Jakarta.

 

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Bakat apakah yang dimiliki Canho?

2. Bagaimana usahanya untuk mencapai cita-citanya?

3. Prestasi apa saja yang telah diraih Canho?

4. Deskripsikan sosok Canho dengan menggunakan kata-katamu sendiri!

 ALTERNATIF JAWABAN

Ayo Membaca !

1.   Pilihlah satu puisi yang dapat kamu ambil dari mana saja untuk dideklamasikan.

2.   Ayo, lakukan langkah-langkah berikut!

3.   Pastikan puisimu terdiri atas paling sedikit dua bait.

4.   Pelajari puisi tersebut dengan saksama untuk memahami isi puisi. Tuliskan isi puisi tersebut dalam bentuk paragraf.

5.   Tentukan ekspresi wajah yang akan mewakili isi puisi.

6.   Pelajari rima dan irama puisi untuk menentukan jeda, dan tekanan. Gunakan tanda jeda dan tekanan pada beberapa kata untuk menguatkan makna.

7.   Hafalkan puisi baris per baris.

8.   Deklamasikan beberapa kali untuk memastikan pelafalan, jeda dan tekanannya tepat.

9.   Pastikan ekspresi wajahmu tepat pada saat mendeklamasikan puisi.

10.   Deklamasikan puisimu di depan kelas dengan percaya diri.


CONTOH MENDEKLAMASIKAN PUISI ANAK :



 DOWNLOAD MATERI : BAHASA INDONESIA

 -------------------------------------------------------------------------------


MATEMATIKA

 

KOMPETENSI DASAR

3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga.

c. Menyelesaikan masalah berkaitan   dengan   keliling dan luas daerah persegi, persegipanjang, dan segitiga.

INDIKATOR

3.9.1  Mengidentifikasi berbagai bangun datar persegi, persegi panjang dan segitiga.

3.9.2 Menganalisis cara menghitung dan menentukan keliling persegi.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

·         Mengidentifikasi  berbagai bangun  datar  persegi, persegi panjang dan segitiga

·         Melakukan         eksplorasi pengukuran bangun datar persegi,persegi panjang, dan segitiga untuk menentukan keliling dan luas bangun datar persegi, persegi panjang dan segitiga

·         Menggunakan rumus untuk menentukan  keliling  dan luas bangun datar

 

MATERI

KELILING SEGITIGA















DOWNLOAD MATERI  : MATEMATIKA

-----------------------------------------------------------------------------------------------------


ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

 

KOMPETENSI DASAR

3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.

4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Melalui kegiatan mencari informasi dan berdiskusi dengan kelompoknya, siswa mampu menjelaskan dan mempresentasikan cara pelestarian makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dengan benar.

2.       Melalui kegiatan membuat poster siswa mengetahui pentingnya pelestarian makhluk hidup bagi lingkungan sekitar dengan tepat.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.   Membuat poster tentang pentingnya pelestarian makhluk hidup bagi lingkungan sekitar

2.   Dengan mencari informasi dan berdiskusi dengan kelomoknya, siswamampu menjelaskan dan mempresentasikan cara pelestarian makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar.

 

MATERI

Semua cita-cita membutuhkan usaha yang keras dan pantang menyerah. Bahkan, terkadang kamu harus melakukannya lebih keras dibandingkan orang lain!

Sudahkah kamu menentukan cita-citamu? Tentunya kamu harus melakukan sesuatu untuk mencapai cita-cita tersebut, bukan?

 Ayo Mengamati !

 

Amatilah gambar di atas dengan saksama! Ceritakan pendapatmu tentang kondisi kedua sungai tersebut kepada teman Menurutmu, siapakah yang berperan untuk mengubah sungai tersebut? Ternyata semuanya berasal dari satu orang yang peduli dan bertekad baja! sebangkumu. Gambar itu menunjukkan kondisi sungai di Jakarta dan sekarang.

 ALTERNATIF JAWABAN


Ayo Membaca !

Bacalah bacaan berikut ini.


Si Pendekar Kali Pesanggrahan Keinginan untuk kembali melihat Kali Pesanggrahan di Jakarta yang bersih, membuat H. Chaerudin atau yang dikenal dengan Bang Idin berpetualang menyisiri bantaran sungai tersebut. Kali
Pesanggrahan yang dulunya tempat ia bermain air bersama temantemannya telah berubah menjadi kali yang kotor, penuh sampah, berwarna hitam, dan bau. Dengan berbekal golok dan tekad yang besar, ia mulai menyusuri bantaran sungai itu untuk melihat tingkat kerusakannya.

Ia pun mulai membersihkan sampah-sampah yang menutupi sungai tersebut. Banyak anggota masyarakat yang menentangnya karena dianggap sebagai perusuh. Kegiatannya banyak terhalang justru oleh masyarakat sekitar sungai yang tidak memahami tujuan kegiatannya. Akan tetapi, ia tidak marah. Baginya, untuk menyadarkan orang lain tidak perlu membalasnya dengan kekerasan. Ia melakukan berbagai cara untuk membuat masyarakat sekitar sungai sadar pentingnya merawat sungai sebagai sumber daya alam mereka.

Akhirnya, berkat kesabaran dan tekad kuat, lambat laun, kesadaran masyarakat mulai tumbuh. Bang Idin kemudian juga mengajak temantemannya sesama petani penggarap untuk mengikuti langkahnya. Kini, mereka berhasil menanam 40 ribuan pohon produktif di sepanjang bantaran kali. Burung-burung yang dulunya pergi akhirnya kembali. Mata air yang dulu tertutup sampah, kembali hidup. Air kali Pesanggrahan kini sudah normal kembali. Ikan-ikan bisa hidup dan berkembang biak. Sepanjang tepian Kali Pesanggrahan menjadi hijau. Burung-burung berkicau setiap hari. Bahkan burung Cakakak yang bersarang di tanah dan sudah jarang ditemui di wilayah lain di Jakarta, kini juga bisa ditemukan. Pohon-pohon yang mulai langka di Jakarta dapat dijumpai di sini. Belum lagi tanaman obat yang jumlahnya mencapai 142 jenis. Di balik sikap kerasnya, pria kelahiran 13 April 1956 ini ingin membuktikan, hanya orang yang benarbenar memahami alam yang dapat menyelamatkannya. Di tangan Bang Idin, Kali Pesanggrahan yang kotor dengan bantaran yang tak terurus berubah menjadi lahan produktif dan alami.

Sumber: DanamonAward.org, ktlhsanggabuana, VivaNews

 Ayo Berdiskusi !

Berdasarkan bacaan tersebut, lakukanlah kegiatan berikut ini!

Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!

 

Apa kesimpulanmu terhadap usaha Bang Idin untuk meraih cita-citanya?

 

 

 

 

 

 

 

ALTERNATIF JAWABAN

Cita-cita Bang Idin sungguhlah mulia. Usaha dan kerja keras telah dilakukan untuk mewujudkan mimpinya yang dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat di sekitarnya. Ada banyak orang seperti Bang Idin yang bercita-cita untuk selalu menjaga dan melestarikan alam sekitarnya.


Tahukah Kamu !

Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan hidup seluruh warga penduduknya. Sumber daya alam hayati dan sumber daya alam mineral dalam berbagai rupa tersedia melimpah di Indonesia. Akan tetapi, tidak berarti sumber daya alam itu dapat dikuras habis untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Sumber daya alam mineral merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Jenis sumber daya alam tersebut memerlukan waktu yang sangat lama dalam pembentukannya. Waktunya tidak sebanding dengan cepatnya sumber daya alam itu digunakan untuk kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam mineral yang dimaksud berupa batuan dan tambang. Batuan dapat berupa pasir, tanah liat dan semen.Bahan tambang berupa emas, besi, batu bara, dan minyak bumi.

Sumber daya alam hayati berupa tumbuhan dan hewan yang menjadi sumber makanan manusia. Selain itu, tumbuhan dan hewan berperan untuk menjaga keseimbangan alam. Bencana alam yang terjadi salah satunya karena keseimbangan alam terganggu. Banjir di Jakarta karena sungai-sungai yang tidak dipelihara, dan dijadikan tempat pembuangan sampah. Hal ini menyebabkan kerugian yang sangat besar. Baik bagi manusia maupun bagi makhluk hidup lainnya.

Alam dan sumber daya alam memang harus dijaga agar lestari. Semua orang dapat melakukan sesuatu untuk menjaga dan memeliharanya. Jika alam rusak, manusia dan makhluk hidup lainnya akan kehilangan tempat tinggal dan sumber kehidupan. Oleh karenanya, manusia harus berusaha menjaganya. Salah satunya adalah dengan mengampanyekan usaha sederhana memelihara lingkungan melalui poster.

Ayo Berlatih !

Buatlah sebuah poster dengan memilih satu dari dua tema berikut.

1.   Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (tumbuhan)

2.   Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (hewan)


ALTERNATIF JAWABAN

Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut!

1.   Pilihlah salah satu tema yang tersedia.

2.   Carilah beberapa informasi tentang pentingnya sumber daya alam tersebut dengan menggunakan beberapa pertanyaan berikut.

a.    Bagaimana manusia dan makhluk hidup lainnya memanfaatkan sumber daya alam tersebut?

b.   Mengapa sumber daya alam tersebut harus dilestarikan?

c.    Akibat apa sajakah yang akan timbul jika sumber daya alam tersebut tidak dilestarikan?

3.   Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjawab pertanyaan tersebut.

4.   Rancanglah sebuah poster untuk menyampaikan pesanmu pada buku tulismu. Tuliskan kalimat yang mewakili pesan yang hendak kamu sampaikan. Rancanglah sebuah gambar yang akan mendukung isi pesanmu.

5.   Gunakan kertas ukuran A3 untuk mulai memindahkan gagasanmu dari buku tulis ke kertas poster tersebut. Gunakan pensil warna untuk mempertegas pesan yang disampaikan. Bermainlah dengan paduan warna yang baik untuk memperkuat pesanmu. Lihatlah contoh poster di bawah ini untuk membantumu.


6.   Tunjukkan hasil karya postermu di depan kelas dengan percaya diri.

7.   Tempelkan postermu di gedung sekitar sekolahmu.


ALTERNATIF JAWABAN



Perhatikan gambar di atas!

Pernahkah kamu menemui anak-anak yang bekerja menjadi pemulung seperti di atas? Pernahkah kamu berpikir mengapa mereka bekerja di usia muda mereka? Apakah yang dilakukan mereka? Apakah peran mereka di masyarakat?

Tahukah kamu, bahwa beberapa anak pemulung tetap bersekolah. Mereka memiliki cita-cita juga seperti kamu. Bahkan ada beberapa pemulung yang, telah mencapai cita-citanya dengan gemilang.

 

Ayo Membaca !

Simaklah bacaan berikut dengan saksama!

Aku, Sarjana Pemulung

 


Namaku Wahyudin,  biasa dipanggil Wahyu. Aku anak pasangan buruh tani. Aku tinggal bersama kelima saudara tiriku dan dua adikku, selain orang tuaku. Karena kemiskinan, tidak ada satu pun dari kakak tiriku yang dapat menamatkan sekolah dasarnya. Aku pun terancam demikian, karena kami tidak punya uang untuk sekolah.

Tetapi aku bertekad, aku harus sekolah. Saat subuh aku pergi mengumpulkan

sampah plastik dan kardus untuk dijual. Pekerjaanku ini disebut memulung. Aku adalah seorang pemulung. Hasil dari memulung digunakan untuk membayar uang sekolahku. Aku memulung sejak usia 10 tahun pada saat aku duduk di kelas IV SD.

Untuk menamatkan sekolah dasar, aku perlu tambahan biaya. Selain memulung, aku pun menggembalakan kambing tetangga. Sewaktu SMP, aku juga berjualan gorengan. Apa pun kulakukan agar aku dapat sekolah. Pada saat SMA aku menjalani tujuh profesi sekaligus agar aku tetap sekolah. Tetapi meski demikian, aku selalu dapat menjadi juara di sekolahku.

Pada tahun 2013, aku telah menyelesaikan kuliahku di Jakarta dengan tetap menjadi pemulung. Lalu, aku mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah kembali di ITB (Institut Teknologi Bandung), yang kini hampir selesai. Aku bangga telah mencapai cita-citaku untuk terus sekolah, meskipun dengan perjuangan yang panjang dan berat.

 Sumber: www.news.detik.com/ dengan pengubahan.

 

Ayo Berdiskusi

Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!

Apa saja prestasi yang telah diraih Wahyudin karena usaha dan kerja kerasnya?

 

 

 

 

 

Apa kesimpulanmu terhadap usaha Wahyudin untuk meraih cita-citanya?

 

 

 

 

 

 ALTERNATIF JAWABAN 


Tahukah Kamu !

Tahukah kamu, bahwa sampah telah menjadi masalah lingkungan yang semakin sulit diatasi? Sampah plastik telah menutupi beberapa Samudra dan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang serius. Banyak hewan laut mati karena memakan sampah plastik.

Salah satu cara yang dilakukan masyarakat kini adalah dengan menggalakkan gerakan daur ulang sampah plastik. Tujuan mendaur ulang sampah plastik untuk memperpanjang usia pemakaian barang sehingga tidak perlu membeli untuk sementara waktu. Dengan demikian, jumlah sampah dapat dikurangi jumlahnya. Dengan melakukan penghematan penggunaan barang dari alam, kita telah melakukan usaha pelestarian makhluk hidup di sekitar kita.

 

 

Ayo Membaca !

Keanekaragaman makhluk hidup telah memberikan manfaat bagi kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya. Sepantasnya manusia berusaha dan bertindak untuk memelihara, mengembangkan dan menjaga keanekaragaman makhluk hidup sebagai sumber daya alam hayati, agar senantiasa dapat memperoleh manfaatnya.

Masyarakat dunia sekarang harus segera bertindak melestarikan keanekaragaman makhluk hidup. Dampak buruk yang diakibatkan kepunahan makhluk hidup telah merugikan bagi manusia itu sendiri. Di Indonesia, banyak jenis hewan dan tumbuhan asli Indonesia berada di ambang kepunahan. Bahkan, beberapa sudah punah.

Pelestarian makhluk hidup dapat dilakukan melalui cara-cara di antaranya berikut.

1.   Upaya Pelestarian Tumbuh-tumbuhan

Upaya yang dilakukan sebagai berikut.

a.    Kebun koleksi, biasanya hanya untuk mempertahankan tumbuhan bibit unggul. Contoh: kebun kelapa di Bone-Bone, kebun mangga di Pasuruan.

b.   Kebun plasma nutfah, merupakan perkembangan kebun koleksi.

Contoh: Kebun plasma nutfah di Cibinong LIPI dengan buah-buahan inti, talas, dan suweg.

c.    Kebun botani, didirikan pada tahun 1817 di Bogor, terkenal dengan nama Kebun Raya Bogor.

 

2.   Upaya Pelestarian Hewan

Upaya yang dilakukan sebagai berikut.

a.    Menangkar hewan langka dengan cara mengisolasi hewan tersebut.

b.   Mengambil telur-telur hewan untuk dibantu menetaskannya.

c.    Memindahkan hewan langka ke tempat yang lebih cocok.

d.   Membuat undang-undang perburuan.

e.    Menindak tegas para pelanggar dengan memberikan sanksi hokum sesuai hukum yang berlaku.

 

 

Ayo Berlatih !

Berdasarkan bacaan di atas dan dengan menggunakan berbagai sumber informasi, lakukanlah kegiatan berikut!

1.   Bersama dengan teman sekelompokmu carilah informasi sebanyak-banyaknya terhadap usaha-usaha pelestarian makhluk hidup.

2.   Cari informasi apakah ada pelestarian makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan yang ada di sekitarmu.

3.   Cari tahu kegiatan pelestarian apa sajakah yang telah dilakukan, jenis hewan dan tumbuhan yang dilestarikan, cara melestarikan, dan kapan didirikan.

4.   Presentasikan hasil pekerjaanmu dalam bentuk poster.

5.   Presentasikan hasilnya di depan kelas.


ALTERNATIF JAWABAN



 DOWNLOAD MATERI : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

 --------------------------------------------------------------------------------------------


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

 

KOMPETENSI DASAR

3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Melalui kegiatan mengamati siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam yang terdapat di daerahnya dengan rinci.

2.       Melalui kegiatan mengamati peta, siswa mampu mengidentifikasi barangbarang tambang yang terdapat di wilayah Indonesia dengan rinci.

3.       Melalui kegiatan membuat peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya, siswa mampu mencari informasi tentang karakteristik lingkungan di provinsi tempat tinggal dan sumber daya.

4.       Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa mampu menjelaskan persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.   Membuat peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya, dan mencari informasi tentang karakteristik lingkungan di provinsi tempat tinggal dan sumber daya.

2.   Menulis kesimpulan, siswa mampu menjelaskan persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya.

3.   Mengidentifikasi sumber daya alam yang terdapat di daerahnya.

4.   Mengidentifikasi barang-barang tambang yang terdapat di wilayah Indonesia.

 

MATERI

Ayo Mengamati !

Perhatikanlah peta persebaran sumber daya alam hayati yang terdiri di Indonesia berikut.


Peta di atas disebut peta tematik, yaitu peta yang berisi informasi khusus. Peta persebaran sumber daya alam berupa tumbuhan di atas menunjukkan daerah-daerah yang memiliki sumber daya tumbuhan untuk kebutuhan hidup masyarakat Indonesia. Sumber daya alam tumbuhan di antaranya adalah tanaman pangan, tanaman industri, dan hutan.

Tanaman pangan terdiri atas tanaman padi, palawija, sayuran, dan buah-buahan. Sedangkan tanaman industri berupa tanaman tebu, karet, kopi, teh, kelapa sawit, tembakau, dan kopra. Tanaman hutan diperlukan untuk mencegah banjir, tanah longsor, menyimpan cadangan air, serta perlindungan hewan.


Sumber daya alam berupa hewan terdiri atas hewan liar dan hewan ternak. Hewan liar tinggal di hutan dan taman-taman nasional untuk dilindungi dari kepunahan. Contoh hewan liar tersebut yaitu harimau, kera, orang utan, gajah, badak, banteng, dan anoa.

Hewan ternak merupakan hewan yang dipelihara atau diternakkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh hewan ternak yaitu ayam, itik, sapi, udang, dan domba.

 

Ayo Mencoba !

 Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut!

1.   Bekerjalah bersama anggota kelompokmu yang terdiri atas tiga orang.

2.   Kamu dan kelompokmu akan membuat sebuah peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahmu.

3.   Mintalah peta buta wilayah kabupaten di daerah tempat tinggalmu kepada gurumu.

4.   Carilah informasi dari berbagai sumber tentang daerah-daerah di wilayahmu yang menjadi penghasil sumber daya alam hewan atau tumbuhan.

5.   Tandailah daerah itu dengan memberikan gambar yang mewakili hewan atau tumbuhan.

6.   Lakukan hal yang sama untuk daerah penghasil sumber daya alam tumbuhan atau hewan lainnya.

7.   Jelaskan manfaat setiap sumber daya alam tumbuhan atau hewan yang kamu tahu terhadap masyarakat yang tinggal di wilayahmu.

8.   Buatlah kesimpulan tentang sumber daya tumbuhan atau hewan apa saja yang paling banyak dihasilkan di daerahmu.

9.   Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelas.

 ALTERNATIF JAWABAN


 Ayo Mengamati !

Andrea Hirata merupakan salah satu contoh pemuda masa kini yang gigih memperjuangkan mimpi dan cita-citanya. Kemiskinan keluarganya tidak menghalanginya mengejar mimpinya hingga ke negeri orang. Ayah Andrea adalah pegawai di PN Timah, Belitung, memang tidak dapat menyediakan banyak dana untuk sekolah Andrea.

Belitung dahulu merupakan daerah penghasil timah andalan Indonesia. Timah adalah salah satu hasil sumber daya alam tambang.

Perhatikan peta daerah persebaran sumber daya bahan tambang berikut!


Berdasarkan peta sumber daya alam bahan tambang di atas, terdapat berbagai barang tambang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Barang-barang tambang yang terdapat di wilayah Indonesia antara lain minyak bumi, batu bara, tembaga, besi, timah, kapur, yodium, asbes, marmer, dan belerang.

 

Ayo Berlatih !

Barang tambang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan industri. Ada banyak manfaat dari bahan tambang. Carilah informasi tentang manfaat sumber daya alam tambang dengan melengkapi tabel berikut!

No.

Barang Tambang

Manfaat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan tabel dan peta sumber daya bahan tambang tersebut, jawablah beberapa pertanyaan berikut!

1.   Barang tambang apa saja yang terdapat di provinsimu?

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 

2.   Barang tambang apa saja yang tidak dimiliki oleh daerah provinsimu?

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

 

3.   Digunakan untuk apa sajakah barang tambang yang ada di daerahmu?

…………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………

ALTERNATIF JAWABAN



 DOWNLOAD MATERI : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)


-----------------------------------------------------------------------------



SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) 

 

KOMPETENSI DASAR

3.4 Mengetahui karya seni rupa teknik tempel.

4.4 Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Melalui kegiatan membuat karya seni mozaik, siswa mampu membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.

2.       Melalui kegiatan membuat montase, siswa mampu membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.

3.       Melalui kegiatan membuat kolase, siswa mampu menjelaskan dan membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan membuat kolase mampu menjelaskan dan membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.

2.   Membuat montase, dan membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.

3.   Membuat karya seni mozaik,dan membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh

 

MATERI

Ayo Berkreasi !

Banyak usaha telah dilakukan untuk memanfaatkan barang bekas atau tidak terpakai di lingkungan sekitar. Salah satunya dengan mendaur ulang barang-barang bekas pakai yang berasal dari rumah untuk membuat karya seni rupa. Membuat karya seni rupa dengan menggunakan barang bekas adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Kali ini kamu akan membuat karya kolase dengan menggunakan bahan kertas koran bekas.

Tahukah kamu tentang kolase? Kolase adalah teknik untuk membuat karya seni rupa dua dimensi dengan cara memotong dan menempel. Bahan yang digunakan terdiri atas berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar.

Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk memulai membuat kolase.

Siapkan bahan-bahan berikut ini.

1.   Selembar kertas, bisa kertas karton atau kertas sketsa/gambar.

2.   Lem.

3.   Gunting.

4.   Koran bekas.

5.   Gambar.

Langkah-langkah kolase sebagai berikut membuat .

1.   Siapkan gambar pola pada selembar kertas.

2.   Buatlah potongan-potongan bahan (koran bekas, kardus, plastik).

3.   Tempelkan potongan-potongan tersebut ke permukaan gambar yang telah disediakan.

CONTOH KREASI ANAK GAMBAR KOLASE


Ayo Berkreasi !

Ingatkah kamu tentang rumah-rumah ibadah di Indonesia? Tentu kamu telah mempelajari bagaimana umat beragama tersebut menggunakannya. Kali ini, kamu akan membuat sebuah karya seni rupa tentang perayaan keagamaan dan rumah ibadah sebagai objeknya dalam bentuk montase.

Montase merupakan karya seni yang dibuat dari berbagai foto atau gambar yang digabungkan dengan gambar tangan, gambar-gambar tersebut bias terdiri atas berbagai macam gambar yang berasal dari foto, majalah, atau bahan lainnya. Gambar-gambar itu diatur sedemikian rupa sehingga membuat gambar baru yang mencapai makna.

Alat dan bahan yang diperlukan sebagai berikut.

1.   Kertas gambar

2.   Gambar-gambar yang sudah ada, termasuk gambar rumah ibadah

3.   Lem kertas

4.   Gunting

5.   Alat gambar (pensil, spidol, pensil warna)

 

Cara Kerja:

Ø  Pertama, potong atau guntinglah gambar-gambar yang telah disiapkan mengikuti bentuknya.

Ø  Kedua, tempel gambar-gambr tersebut pada kertas gambar dengan menggunakan lem kertas. Gambar tersebut disusun sesuai cerita yang kita inginkan.

Ø  Terakhir, sempurnakan karya montase dengan menambahkan gambar tangan.

Perhatikan beberapa contoh montase berikut.

CONTOH KREASI GAMBAR MONTASE 

Ayo Berkreasi

Melakukan kegiatan seni memang menyenangkan. Kegiatan berkesenian membantu kita untuk mengekspresikan perasaan terhadap peristiwa di sekitar kita. Selain seni sastra, seni rupa merupakan salah satu seni yang membantu kita untuk menuangkan gagasan ke dalam bentuk dan bahan yang berbeda.

Sebelumnya kamu telah mempelajari seni rupa berupa montase dan kolase. Kini, kamu akan lebih banyak mengetahui tentang mozaik. Mozaik adalah pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan bahan dari kepingan-kepingan yang sengaja dibuat dengan cara dipotong-potong atau sudah dibentuk potongan. Potongan-potongan tersebut kemudian disusun dengan cara ditempelkan pada bidang datar menggunakan lem. Kepingan benda-benda itu, antara lain kepingan pecahan keramik, potongan kaca, potongan kertas, potongan daun, dan potongan kayu. Untuk membuat garis yang membatasi ruangan atau bidang digunakan tempelan-tempelan yang berbeda warna. Mozaik dibuat dari bahan-bahan yang sifatnya lembaran atau kepingan yang kemudian ditempel pada bidang datar sehingga membentuk sebuah gambar.

 Langkah-langkah membuat mozaik

1.   Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam membuat mozaik.

a.    Kertas origami, kertas koran/majalah bekas, dan biji-bijian

b.   Lem

c.    Pensil

d.   Penghapus

e.    Kertas gambar A4

f.     Gunting/pelubang kertas

2.   Buatlah sketsa atau gambar pola pada buku gambar sesuai dengan keinginan kita, misalnya seperti gambar di bawah ini.



 

3.   Potonglah kertas tersebut menjadi potongan kecil-kecil.

4.   Kemudian tempelkan satu persatu potongan kertas yang sudah disiapkan pada sketsa atau gambar pola yang telah dibuat. Untuk menempelkan potongan kertas tersebut, kamu dapat menggunakan alat bantu, seperti jarum atau benda runcing lainnya.

 


5.   Tutupi pola secara menyeluruh dengan kertas warna-warni sesuai dengan keinginanmu.

 




 DOWNLOAD MATERI : SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP)

 -----------------------------------------------------------------------------

BASA SUNDA

 

KOMPETENSI DASAR

4.3.6 Mengamati teks kawih tentang keindahan negeriku (KI-3)

4.4.6 Melantunkan isi teks kawih tentang keindahan negeriku (KI-4)

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

·      Menyimak penjelasan guru tentang keindahan negeriku

·      Mengamati teks kawih  yang dibacakan guru atau audio/visual dengan penuh perhatian

·      Mendiskusikan isi teks kawih yang telah disimaknya

·      Menjelaskan kaidah-kaidah kawih

·      Melantunkan kawih dengan memperhatikan kaidah-kaidahnya

 

MATERI

 




DOWNLOAD MATERI : BASA SUNDA


------------

PEMBAHASAN MATERI OLEH BU INDRIYANI SUARDIKA :

PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1

PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2

PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3

PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4

PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5

PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

KEMBALI KE LIST : PJJ, BDR, BDL, WFH, SFH


KEMBALI KE : DAFTAR MENU

------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1

KREASI MEMBUAT KOLASE

MATERI KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 3

MODUL PEMBELAJARAN/ MODUL BDR SD

MATERI KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 2

MATERI KELAS 4 TEMA 8 SUBTEMA 1