MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2
MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2
DOWNLOAD MODUL LKPD : KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
KOMPETENSI DASAR
1.3
Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
2.3
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka
Tunggal Ika.
3.3
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
4.3
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan sehari-hari.
•
Dengan mencari informasi dari guru dan temannya, siswa dapat mengomunikasikan informasi
tentang keragaman suku dan budaya di lingkungan sekitarnya.
•
Membaca teks dan melakukan pengamatan untuk mengidentifikasikan keragaman suku dan
budaya.
•
Membuat poster, dan menuangkan hasil pencariannya
tentang bahasa daerah dan makanan khas daerah dengan menggunakan kalimat
sederhana dalam bahasa Indonesia.
•
Mengamati gambar siswa dan menceritakan kegiatan
polisi dalam mengabdi kepada masyarakat.
•
Mengamati gambar, dan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kehebatan
polisi.
Setiap
orang memiliki cita-cita untuk menjadi apa kelak di kemudian hari. Apa pun
cita-citamu, pasti kamu berharap menjadi orang yang hebat dan bermanfaat bagi
lingkunganmu.
Perhatikan gambar di atas!
Sebutkan
nama profesi yang terdapat dalam gambar tersebut. Jelaskan tugas masing-masing
profesi tersebut! Adakah salah satu dari profesi itu yang menjadi cita-citamu?
Mengapa?
Ceritakanlah
pendapatmu kepada teman sebangkumu!
…………………………………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………………………………. |
Amatilah
gambar di atas! Ceritakan pendapatmu tentang gambar tersebut!
kah
kamu mengetahui jenis pekerjaan yang dilakukan orang pada Apa gambar tersebut?
Kisah Seorang
Guru Anak Berkebutuhan Khusus Seorang wanita muda terpanggil untuk menjadi seorang guru. Bukan sembarang guru, melainkan guru bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Semuanya berawal dari kepeduliannya terhadap kurangnya pendidikan yang sesuai bagi anak-anak berkebutuhan khusus di Indonesia yang sesuai. Sangita Lachman, nama wanita muda itu. Ia adalah seorang dokter yang beralih profesi menjadi seorang guru anak-anak prasekolah. Pada awalnya, ia mengajar anak-anak prasekolah untuk mengisi waktu luangnya. Akan tetapi, lama kelamaan, ia mencintai kegiatannya itu. Baginya, mengajar anak-anak prasekolah membuatnya mengerti tumbuh kembang anak yang akan memengaruhinya saat mereka dewasa kelak. Pada saat mengajar anak-anak prasekolah, ia menemui beberapa siswanya yang berkebutuhan khusus, seperti anak yang menderita autis atau kesulitan belajar lainnya. Anak-anak ini memerlukan cara pengajaran dan bimbingan khusus yang berbeda dengan anak-anak yang tidak berkebutuhan khusus. Ia melihat saat itu tidak banyak sekolah yang tahu bagaimana mengajar anak-anak tersebut. Sangita kemudian memutuskan untuk menimba ilmu dan keterampilan yang membantunya untuk memahami anak-anak tersebut. Dengan demikian ia dapat menjadi guru yang baik bagi anak-anak tersebut. |
1.
Siapakah
Sangita Lachman?
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
2.
Mengapa
ia ingin menjadi guru?
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
3.
Sikap
apakah yang ditunjukkan oleh Sangita untuk menjadi guru yang baik?
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
4.
Menurutmu,
sikap apakah yang diperlukan untuk menjadi guru yang baik?
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
Perhatikan
dengan seksama gambar di atas! Tahukah kamu, siapakah tokoh yang terdapat dalam
gambar tersebut? Ya! Tokoh tersebut adalah patih Kerajaan Majapahit bernama
Gajah Mada. Patih Gajah Mada merupakan seorang tokoh besar yang mempunyai
cita-cita sangat besar, yaitu mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan
yang ada saat itu menjadi satu yaitu, Nusantara!
Diskusikan bersama teman-temanmu beberapa pertanyaan berikut!
1.
Apakah
cita-cita Patih Gajah Mada terlalu tinggi saat itu?
2.
Tahukah
kamu usaha apa saja yang dilakukannya untuk mencapai cita-cita tersebut?
3.
Tahukah
kamu bagaimana cara Patih Gajah Mada mewujudkan cita- citanya?
Setelah
melakukan diskusi dengan temanmu, bacalah bacaan tentang Gajah Mada berikut!
Cita-Cita Besar Patih Gajah Mada Gajah Mada diperkirakan lahir pada awal abad ke-14, di lembah Sungai Brantas di antara Gunung Kawi dan Gunung Arjuna. Ia berasal dari kalangan rakyat biasa, bukan dari kalangan keluarga kaya ataupun bangsawan. Sejak kecil, dia memiliki bakat kepemimpinan yang sangat kuat melebihi orang-orang sebaya di masanya. Konon, dia terus menempa dirinya agar dapat masuk ke lingkungan pasukan kerajaan. Gajah Mada yang memiliki arti “Gajah yang cerdas, tangkas, dan energik.” Memulai pekerjaannya sebagai anggota prajurit Bhayangkara. Karena kemampuannya, ia pun diangkat menjadi Kepala Prajurit Bhayangkara dengan tugas memimpin pasukan pengaman dan pengawal Raja. Pengabdian Gajah Mada pada kerajaan dimulai pada masa pemerintahan Raja Jayanegara (1309 – 1328). Berkat kerja keras dan kepemimpinannya yang hebat, Gajah Mada menjadi seorang Patih Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Ratu Tribhuawanatunggadewi Jayawisnuwardhani. Pada saat hendak dilantik menjadi patih, Gajah Mada membuat janji yang sangat terkenal hingga kini. Sebuah ikrar atau janji yang dikenal dengan nama Sumpah Palapa. Ia berjanji tidak ingin menikmati buah palapa kecuali dapat mempersatukan daerah-daerah seperti Seram, Tanjungpura, Haru, Pahang (Semenanjung), Dompo, Bali,
Sunda, Palembang, Tumasik (Singapura). Janji atau ikrar yang ia upayakan
untuk terwujud dengan menyatukan
wilayah tersebut menjadi
wilayah Nusantara. Saat itu
wilayah Nusantara lebih luas dari wilayah negara Indonesia saat
ini. Saat itu wilayah Nusantara meliputi
Seluruh Semenanjung Malayu (Malaysia
dan Singapura), Sumatra, Jawa,
Kalimantan, Sulawesi, Sunda kecil, Bali, Maluku, Papua, hingga wilayah
Darwin (Australia). Sumber: www.kompasiana.com/nur_haryono dengan penyesuaian. |
Saya suka sekali dengan kisah Patih Gajah Mada. Usaha beliau dalam meraih cita-citanya sangat membanggakan. Betapa bahagianya apabila beliau dapat melihat Nusantara telah bersatu di bawah NKRI dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Wah saya sudah bisa membuat puisi! Ternyata tidak sulit ya!
Usaha
Patih Gajah Mada untuk mempersatukan Nusantara telah terwujud, meskipun wilayahnya
tidak seluas yang ia cita-citakan. Usaha mempersatukan wilayah dan masyarakat di
dalamnya tentu bukan hal yang mudah. Oleh karenanya, bangsa Indonesia harus memelihara
persatuan dan kesatuan dengan sungguh-sungguh.
Ayo Berkreasi !
Amatilah
kehidupan masyarakat yang ada di sekitarmu! Apakah mereka berasal dari daerah
yang sama? Apakah nenek moyang mereka berasal dari daerah yang sama? Bagaimana
dengan suku asal mereka? Bagaimana juga dengan bahasa daerah mereka?
Lakukan kegiatan berikut ini bersama kelompokmu!
1.
Bentuklah
kelompok yang terdiri atas tiga orang.
2.
Carilah
informasi dari dua orang teman di sekolahmu tentang suku asal atau daerah asal
mereka.
3.
Carilah
gambar dan keterangan sebanyak-banyaknya mengenai suku asal temanmu tersebut.
Keterangan mengenai hal-hal berikut.
a. Pulau asal dan daerahnya
b. Bahasa daerah
c. Pakaian adat
d. Rumah adat
e. Kebiasaan adat
4.
Dengan
menggunakan sebuah karton ukuran A3, tuliskan semua informasi yang kamu
dapatkan dengan rapi dan menarik.
5.
Lakukan
wawancara dengan kedua temanmu tersebut untuk mengetahui hal-hal berikut.
a. Cara mereka bekerja sama.
b. Cara mereka menghadapi perbedaan.
c. Manfaat yang
diperoleh dari bekerja sama dengan orang yang berasal dari suku atau daerah
yang berbeda.
6.
Gunakan
contoh bagan berikut untuk membantu menyusun keterangan yang telah kamu
dapatkan.
7.
Presentasikan hasil kerja kelompokmu di depan kelas!
Usaha
keras Patih Gajah Mada untuk menyatukan Nusantara sangat beralasan. Nusantara
memiliki sumber daya alam yang beragam dan kaya dan kaya. Sumber daya alam
digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Tahukah kamu apa yang dimaksud
sumber daya alam?
Ayo Mencoba!
Sekarang,
mari lakukan kegiatan berikut ini dalam kelompokmu!
1.
Buatlah
kelompok yang terdiri atas tiga orang siswa. Kamu dapat bekerja dalam kelompok
yang sama pada kegiatan sebelumnya.
2.
Tentukan
dua suku asal dari orang-orang sekitarmu, bisa orang tuamu, atau temanmu.
3.
Carilah
informasi tentang rumah adat dari suku-suku tersebut.
4.
Carilah informasi
tentang kegunaan dan
cara masyarakat menggunakan rumah
adat mereka.
5.
Bandingkan
keterangan yang kamu peroleh di antara keduanya. Carilah persamaan dan
perbedaan serta kegunaan dan manfaat rumah adat tersebut.
6.
Buatlah
dalam bentuk diagram seperti contoh di bawah.
7.
Presentasikan
hasil kerja kelompokmu di depan kelas.
8.
Apa
kesimpulan yang kamu peroleh dari presentasi tersebut?
Negara Indonesia memang kaya akan budaya dengan beragam masyarakat yang tinggal di dalamnya. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau dan perairan laut yang luas. Dengan demikian, Indonesia memiliki potensi sumber daya dari makhluk hidup yang hidup dan berkembang di dalamnya. Apa saja manfaat makhluk hidup di sekitar kita?
Indonesia
memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda sesuai suku yang ada. Bahasa merupakan
alat untuk melakukan komunikasi dan menyampaikan pesan kepada orang lain. Dalam
puisi, bahasa merupakan hal yang penting digunakan untuk menyampaikan pesan
secara lisan dan tulisan.
Pernahkah kamu berkunjung ke tempat wisata yang berada di daerah lain di Indonesia? Mereka tentu memiliki keunikan yang membedakan dengan daerah lainnya. Salah satu yang membedakan antara satu daerah dengan daerah lainnya adalah bahasa daerah dan makanan khasnya.
1.
Kamu
dan kelompokmu akan melanjutkan kegiatan sebelumnya tentang keragaman budaya
orang-orang yang berada di sekitarmu. Sebelumnya kamu dan kelompokmu mencari tahu
keragaman rumah adat yang berasal dari suku-suku yang berbeda. Kali ini, kamu
akan menggali lebih dalam tentang bahasa daerah dan makanan khas mereka. Kamu
akan menuangkannya dalam bentuk poster.
2.
Siapkan
sebuah kertas ukuran A3. Kamu dapat juga menggunakan sebuah kertas karton
dengan ukuran yang sama.
3.
Buatlah
daftar makanan khas Nusantara yang sudah pernah kalian nikmati sebelumnya.
Jelaskan dan cari tahu bahan-bahan yang digunakan.
4.
Buat
juga daftar makanan khas Nusantara yang ingin kamu nikmati. Jelaskan berasal
dari daerah mana, dan alasan mengapa kamu ingin mencobanya.
5.
Pada
bagian yang lain dari postermu, siapkan satu atau dua kalimat sederhana dalam
bahasa Indonesia, misalnya: “Siapa namamu?” Lalu, carilah makna yang sama dalam
berbagai bahasa daerah di Nusantara.
Pilihlah paling banyak lima bahasa daerah.
6.
Gunakan
contoh berikut ini untuk membantumu.
7.
Tuliskan
semua manfaat yang kamu dapatkan dengan mempelajari Bahasa daerah dan makanan
khas daerah Nusantara.
8.
Jelaskan
dan presentasikan hasil pekerjaan kelompokmu di depan kelas dengan percaya
diri.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR
3.6
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan
tujuan untuk kesenangan.
4.6
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang
tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
•
Mengamati teks puisi dan menjawab pertanyaan yang terkait dengan puisi, serta menjelaskan
cara membuat puisi.
•
Mengamati contoh-contoh puisi, dan membuat puisi secara mandiri.
•
Membaca dan mencermati puisi, siswa mampu menjelaskan cara membuat puisi.
•
Membaca puisi, dan memahami makna puisi dan terampil membuat puisi.
•
Menulis sebuah puisi dengan menggunakan kata-kata dengan rima yang hampir sama.
•
Menulis puisi dan menuangkan gagasan-gagasan tentang cita-citanya.
•
Mengamati gambar siswa dan menceritakan kegiatan polisi dalam mengabdi kepada masyarakat.
•
Mengamati gambar, dan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kehebatan
polisi.
•
Membuat puisi, dan menuliskan kehebatan polisi serta menuliskan makna.
•
Membaca puisi, dan mengomunikasikan puisi hasil karyanya sendiri.
MATERI
Setiap orang memiliki cita-cita yang baik. Tidak ada
cita-cita yang tidak hebat. Oleh karenanya, teruslah berusaha meraih
cita-citamu! Adakah di antaramu yang ingin menjadi dokter?
Bacalah puisi berikut ini di dalam hati.
Perhatikanlah bagian-bagian di dalam puisi dengan seksama!
Berdasarkan puisi
tersebut, diskusikanlah bersama teman sekelompokmu untuk menjawab pertanyaan
berikut!
1.
Apakah judul puisi tersebut?
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
3.
Bercerita tentang apakah puisi tersebut?
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
contoh gambar : |
Ayo
Mencoba !
Carilah satu atau dua buah puisi anak dari koran, majalah, atau buku- buku. Salinlah puisi tersebut di dalam buku tulismu. Baca dan amati bentuk dan isi puisi pilihanmu. Lalu jawablah pertanyaan di atas di dalam buku tulismu! Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan tentang puisi? Tuliskanlah kesimpulanmu di dalam buku tulismu!
Ayo
Membaca !
Ayo Berdiskusi !
Diskusikan
bersama dengan teman sebangkumu untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut!
1.
Apakah
judul puisi di atas? Siapakah penulisnya?
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
2.
Terdiri
atas berapa baitkah Puisi Penari?
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
3.
Terdiri
atas berapa bariskah puisi tersebut?
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
4.
Bercerita
tentang apakah Puisi Penari? Buatlah sebuah paragraf yang menceritakan isi puis
tersebut!
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
5.
Buatlah
sebuah gambar yang menggambarkan kisah dalam Puisi Penari!
|
Kamu
telah tahu ciri-ciri puisi juga bagian-bagian puisi. Bacalah puisi di bawah ini
dengan saksama!
Maha Patih
Gajah Mada Karya: D. Karitas
Wahai
Maha Patih Gajah Mada Sejarah
telah mengukir nama besarmu Sejarah
telah mengakui kepemimpinanmu Sejarah
telah mencatat keberanianmu Maha
Patih Gajah Mada Tak
akan hilang dari benak kami para pemuda bangsa Kisah
kepahlawananmu Semangat
pantang menyerahmu Dan
usaha keras untuk mewujudkan cita-citamu Maha
Patih Gajah Mada, Kami
akan terus membangun bangsa ini Kami
akan terus menjaga persatuan dan kesatuan negara ini Dan
kami akan terus menghormatimu, pahlawan kami.
|
Bersama dengan teman sebangkumu, lakukanlah kegiatan berikut!
1.
Ceritakanlah
pendapatmu tentang puisi tersebut. Baca kembali bacaan tentang Gajah Mada untuk
membantumu memahami puisi tersebut.
2.
Salinlah
puisi tersebut di buku tulismu dengan menggunakan pensil.
3.
Perhatikan
baris kata-kata pada bait pertama. Lalu, gantilah beberapa kata di setiap
barisnya dengan menggunakan kata-katamu sendiri.
4.
Kamu
dapat menggunakan kata-kata yang ada dalam bacaan atau kata-katamu sendiri yang
mempunyai makna hampir sama dengan kata yang kamu ganti.
5.
Lakukan
juga untuk baris-baris berikutnya pada bait pertama.
6.
Bacalah
kembali bait pertamamu, perbaiki jika kamu menemukan kata-kata yang lebih baik
dengan rima dan makna yang sesuai.
7.
Lakukan
hal yang sama terhadap bait-bait berikutnya.
8.
Setelah
selesai, baca kembali keseluruhan puisimu.
9.
Bacakan
puisimu di depan kelas.
Ayo Mencoba!
Membuat
Puisi dan Menjelaskan Makna
Perhatikanlah
rangkaian puisi berikut ini. Lengkapilah puisi ini menggunakan kata-katamu agar
puisi lebih bermakna.
Tanggapilah
pernyataan-pernyataan di bawah ini dengan kata ya atau tidak, sesuai isi puisi
di atas.
1.
Puisi ini berkisah tentang kawan yang tidak setia (..... ).
2.
Lani memberikan pendapat yang baik terhadap kawannya (...... ).
3.
Kita yang dimaksud dalam puisi ini adalah Lani dan Siti (..... ).
4.
Kawan yang dimaksud memiliki suku yang berbeda dengan Lani (...... ).
5.
Lani akan melupakan kawannya (...... ).
6.
Mereka ingin meraih cita-cita bersama (...... ).
Berdasarkan
jawaban di atas, jelaskanlah isi puisi tersebut ke dalam bentuk paragraf di
bawah ini. Bekerjalah bersama temanmu untuk menyelesaikan kalimat yang telah
dibuat tersebut !
Ayo Berdiskusi !
Penulis cerita anak mempunyai peran yang sangat penting bagi pendidikan anak-anak. Berikut ini adalah beberapa peran mereka.
Tahukah kamu peran lain seorang penulis cerita anak yang kamu ketahui?
Apakah
manfaat membaca buku cerita anak untukmu?
Apakah
manfaat membaca untukmu?
Seorang penulis cerita anak merupakan salah satu pekerja seni sastra. Karena ia merangkai kata-kata untuk menuangkan imajinasi dan pendapatnya tentang lingkungan sekitar agar orang lain dapat membaca dan merasakan hal yang sama. Puisi juga merupakan salah satu contoh karya sastra. Dalam puisi, kata-kata yang digunakan sering kali mempunyai makna yang dalam. Puisi menggunakan kalimat yang lebih pendek dibandingkan dengan karangan.
Ayo Mencoba !
Menjelaskan Makna Puisi
Saatnya untukmu memulai membuat puisi tentang cita-cita. Untuk itu, lakukan hal-hal berikut.
1.
Bayangkan
cita-citamu, lalu ceritakan kehebatan cita-citamu tersebut. Ceritakan bagaimana
cita-citamu akan berguna bagi orang lain di sekitarmu.
2.
Buatlah
beberapa kata kunci dari setiap gagasan yang kamu miliki.
3.
Rangkailah
gagasan-gagasan tersebut sehingga menjadi puisi yang utuh.
4.
Pilihlah
kata-kata yang memiliki rima hampir serupa.
5.
Tuliskan
puisimu di dalam buku catatanmu.
6.
Bacakan
puisimu kepada teman sebangkumu.
7.
Tukarkan
puisimu dengan puisi milik teman sebangkumu.
8.
Cobalah
untuk menuliskan makna puisi puisi temanmu di dalam sebuah paragraf. Tuliskan
makna puisi temanmu di tempat yang telah disediakan.
9.
Bacakan
makna puisi milik temanmu. Berdiskusilah.
Aku bercita-cita menjadi polisi. Menurutku polisi itu hebat.
Apa,
sih, hebatnya polisi itu? Ayo kita cari tahu.
Lihatlah betapa gagah dan tegapnya polisi itu. Barisannya sangat rapi! Pernahkah kamu bertemu dengan polisi? Bagaimana perasaanmu ketika bertemu dengan polisi? Polisi mempunyai tugas menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan masyarakat. Tugas yang mulia, bukan?
Ayo Mengamati !
Amatilah gambar-gambar berikut ini!
1. Ceritakan gambar-gambar di atas kepada teman sebangkumu secara bergantian.
2.
Berdasarkan
pengamatan gambar-gambar di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
a. Hal menarik apa saja yang kamu dapatkan dari gambar di atas?
b. Hal baik apa saja yang dapat kamu contoh dari gambar-gambar di atas?
c. Sikap apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang polisi yang baik?
Ayo Mencoba !
Ceritakan
kehebatan polisi melalui sebuah puisi karanganmu sendiri. Lakukan langkah-langkah
berikut ini untuk membuat puisimu.
1.
Gunakan
salah satu atau lebih gambar tentang kegiatan polisi di masyarakat tersebut.
2.
Rangkailah
sebuah puisi yang terdiri atas tiga bait. Masing-masing bait terdiri atas empat
baris kalimat sederhana.
3.
Gunakan
beberapa kata sifat yang menjadi bagian dari gagasan pokok setiap baitnya.
4.
Tuliskan
kalimat-kalimat dalam baris puisimu di buku catatanmu.
5.
Periksa
dan baca kembali beberapa kali untuk dirasakan keindahan makna dan rimanya.
Jika ada yang belum sesuai segera ganti sesuai keinginanmu.
6.
Salinlah
puisimu pada kertas ukuran A4. Tuliskan dengan rapi agar jelas dibaca.
7.
Bacakan
puisimu di depan kelas dengan percaya diri.
8.
Setelah
itu, tukarkan puisimu dengan puisi temanmu.
9.
Pahamilah
isi puisi temanmu lalu tuliskan makna dan isi puisi pada setiap baitnya pada
buku catatanmu. Bacakan hasil pemikiranmu terhadap puisi temanmu di depan
kelas.
10. Salinlah puisimu
di sini lengkap dengan judul dan pembuatnya.
------------------------------------------------------------------------------------
MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR
3.11.
Menjelaskan
dan menentukankeliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga
4.9. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan
keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga
KEGIATAN PEMBELAJARAN
· Melakukan eksplorasi pengukuran bangun datar persegi, persegipanjang,
dan segitiga untuk menentukan keliling dan luas bangun datar persegi, persegi
panjang dan segitiga
· Menggunakan rumus untuk menentukan keliling dan luas bangun datar.
· Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan keliling dan luas daerah
(persegi, persegi panjang, segitiga)
· Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan keliling dan luas daerah (persegi,
persegi panjang, segitiga)
MATERI
KELILING PERSEGI PANJANG
ILMU PENGETAHUAN
ALAM (IPA)
KOMPETENSI DASAR
3.2
Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan
upaya pelestariannya.
4.2
Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya,
dan slogan upaya pelestariannya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
•
Mencari informasi tentang daur hidup dua makhluk hidup yang berbeda, dan membandingkan
siklus hidup makhluk hidup dan melaporkannya.
•
Membaca teks “Manfaat Makhuk Hidup di Sekitar Kita”, dan membuat peta pikiran dari
bacaan tersebut, untuk menjelaskan manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar.
•
Mengamati lingkungan sekitarnya, dan membuat laporan hasil pengamatn tentang manfaat
makhluk hidup.
MATERI
Ayo Mengamati !
Perhatikan
gambar di atas! Profesi apakah yang ditunjukkan pada gambar di atas? Adakah di
antara kamu yang ingin menjadi dokter hewan seperti pada gambar di atas?
Untuk
menjadi seorang dokter hewan, tentu kamu harus mengetahui segala hal tentang
hewan, termasuk daur hidupnya. Mengapa?
Tahukah Kamu !
Tahapan pertumbuhan hewan dari kecil sampai dewasa disebut daur hidup hewan. Pada daur hidupnya ada hewan yang mengalami perubahan bentuk, ada juga yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan bentuk tubuh dalam daur hidupnya dikatakan mengalami proses metamorfosis. Proses metamorfosis yang terjadi pada hewan terbagi menjadi dua yaitu metamorposis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna mempunyai bentuk tubuh yang sangat berbeda pada setiap tahap hidupnya. Pada saat telur menetas, bentuk tubuh hewan tidak sama dengan bentuk induknya. Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, setelah menetas memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan induknya. Perhatikanlah beberapa daur hidup hewan-hewan berikut ini! Daur Hidup Katak Katak berkembang biak dengan cara bertelur di dalam air. Telur-telur itu akan menetas setelah kurang lebih 10 hari. Telur itu menetas menjadi berudu yang hidup di air. Oleh karenanya, berudu memiliki insang, alat pernapasan untuk bernapas di dalam air, seperti pada ikan. Tiga minggu kemudian, insang pada katak akan tertutup oleh kulitnya, kemudian tumbuhlah kaki belakang. Pada usia 8 minggu, berudu berkaki berubah menjadi katak yang berekor. Ekor itu kemudian akan memendek dan ia bernapas dengan paru-paru. Setelah pertumbuhan anggota tubuhnya sempurna, katak akan berubah menjadi katak dewasa. Daur Hidup Kecoa Kecoa
merupakan salah satu serangga yang juga berkembang biak dengan cara bertelur.
Setelah beberapa lama, telur kecoa akan berubahmenjadi kecoa muda yang
disebut nimfa. Bentuk nimfa mirip dengankecoa dewasa, hanya warna kulitnya
yang berbeda. Nimfa beberapa kali mengalami pergantian kulit sampai ia
menjadi kecoa dewasa.
Daur Hidup Capung Capung
juga merupakan serangga yang berkembang biak dengan cara bertelur. Sama
dengan kecoa, ketika telur capung menetas ia menjadi capung muda yang disebut
nimfa. Setelah kurang lebih mengalami pergantian kulit sebanyak sepuluh kali,
capung berubah menjadi capung dewasa.
Daur Hidup Nyamuk Nyamuk juga termasuk jenis serangga yang berkembang biak dengan cara bertelur di permukaan air. Ketika telur menetas, ia berubah menjadi jentik-jentik atau tempayak. Tempayak ini akan hidup dan mendapatkan makanannya dari air yang ia tinggali. Setelah cukup umur, tempayak ini berubah menjadi pupa. Setelah beberapa waktu, pupa akan berubah menjadi nyamuk muda hingga nyamuk dewasa. Nyamuk muda dan dewasa tidak hidup di air. Ia akan kembali ke air ketika hendak bertelur. |
Ayo Berlatih!
1.
Buatlah
kelompok yang terdiri atas paling sedikit tiga orang.
2.
Setiap
kelompok akan mencari informasi tentang daur hidup dua ekor hewan yang berbeda
(berdasarkan pilihan yang terdapat pada tabel di bawah)
3.
Catatlah
semua informasimu di dalam diagram berikut ini. Lakukan untuk kedua hewan yang
telah kamu pilih.
4.
Presentasikan
hasilnya di depan kelas, lalu tempelkan hasilnya di dinding kelas. Dengan
demikian, kamu akan memiliki informasi tentang daur hidup berbagai jenis hewan!
Lengkapilah tabel berikut untuk mendapat
kesamaan dan perbedaan antara kedua daur hidup hewan pilihanmu!
Amatilah hasil pekerjaan kelompok lain di kelasmu. Kemudian lengkapilah tabel berikut untuk mencatat hasil pengamatanmu!
DOWNLOAD MATERI : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
------------------------------------------------------------------------------
ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL (IPS)
KOMPETENSI DASAR
3.1
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam
untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
•
Dengan mengamati lingkungan sekitarnya, siswa mampu mengidentifikasikan sumber daya
alam yang ada di sekitarnya dan menyajikan hasil pengamatan tersebut.
•
Membaca teks dan berdiskusi, dan mengidentifikasi sumber daya alam yang ada di
sekitarnya.
MATERI
Ayo Membaca !
Manfaat
Makhluk Hidup di Sekitar Kita Makhluk hidup terdiri atas tumbuhan, hewan, dan manusia. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hewan dan tumbuhan dikelola manusia sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Tumbuhan dan hewan merupakan sumber daya alam hayati. Keberadaannya akan terus-menerus ada sepanjang tidak terjadi peristiwa yang membuat punah. Tumbuhan membantu lingkungan untuk menyediakan oksigen dan menahan air hujan agar tidak terjadi erosi. Tumbuhan juga berfungsi sebagai pelindung tanah-tanah yang miring agar tidak mudah longsor. Tumbuhan juga bermanfaat untuk menyerap karbon dioksida yang dikeluarkan manusia dan hewan lainnya untuk dimanfaatkan dalam proses fotosintesis. Apakah manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya? Hewan pengurai berfungsi untuk menguraikan sisa makanan menjadi zat makanan yang dapat diserap oleh tumbuhan sebagai zat hara. Dalam mata rantai makanan, hewan bermanfaat untuk menjaga keseimbangan alam. Tumbuhan dan hewan sebagai sumber daya hayati memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat tersebut sebagai berikut : 1. Sumber bahan pangan Hewan yang
merupakan sumber makanan manusia antara lain sapi, ayam, udang, dan ikan.
Sedangkan tumbuhan yang menjadi sumber makanan antara lain sayuran,
buah-buahan, dan palawija seperti padi, kedelai, dan jagung.
2. Bahan sandang atau pakaian Bahan pakaian
yang digunakan manusia berasal dari serat tumbuhan dan hewan. Contoh tumbuhan
yang dimanfaatkan seratnya adalah kapas. Sedangkan contoh hewan yang
dimanfaatkan seratnya adalah ulat sutra dan domba. Serat-serat ini diolah
menjadi benang yang kemudian dipintal dan ditenun menjadi kain. 3. Peralatan rumah tangga Banyak perabot
rumah tangga terbuat dari kayu yang berasal dari tumbuhan keras. Beberapa contohnya adalah kayu dari pohon jati,
cendana, mahoni, dan pinus. 4. Produk kesehatan Tumbuhan dan hewan dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan. Berbagai tanaman obat seperti kunyit, jahe, temulawak, dan kumis kucing dimanfaatkan sebagai obat. Beberapa jenis hewan juga dimanfaatkan untuk obat-obatan seperti kadal, kelelawar, dan cacing. Sumber: Ilmu Pengenathuan Alam, Aprilia dan Afifatul Achyar, Pusat perbukuan, Jakarta, 2010 |
1.
Buatlah
sebuah peta pikiran untuk menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan terhadap
kehidupan manusia.
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
2.
Jelaskan
manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitarnya.
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
3.
Jelaskan
manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya.
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
4.
Apakah
yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh?
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
5.
Apakah
yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh
kegiatan manusia?
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
Ayo
Mengamati !
Perhatikan
lingkungan tempat tinggalmu dan sekolahmu dengan seksama!
1.
Buatlah
daftar tumbuhan dan hewan yang ada di sana.
2.
Amatilah
manfaat tumbuhan dan hewan itu baik bagi lingkungan rumahmu maupun lingkungan
sekolah.
Bandingkan hasil pengamatanmu.
Ceritakan di depan kelas.
Gunakan tabel
berikut ini untuk membantumu!
3. Bandingkanlah
hasil pengamatanmu dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
a. Adakah tumbuhan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu? …
b. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah! …
c. Adakah hewan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu? …
d. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah! …
Apakah yang dapat kamu simpulkan dari hasil pengamatanmu di atas?
Tahukah Kamu |
|
Ayah Beni menunjukkan kepada Beni
beberapa bangunan hasil karya arsitek. |
|
|
Candi Borobudur
Candi
Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia. Arsiteknya bernama Gunadharma.
Candi tersebut amat indah dan megah, dibangun tanpa perekat dan tanpa bantuan
alat modern. Tak heran jika Candi Borobudur menjadi salah satu keajaiban
dunia. |
|
Waduk Jatiluhur
Seorang
arsitek juga berperan dalam menjaga lingkungannya. Misalnya, saat bekerja
sama dengan insinyur teknik sipil dalam merancang Waduk Jatiluhur. Waduk Jatiluhur
adalah kolam besar tempat menyimpan air untuk berbagai kebutuhan. Hasil
karya kumpulan arsitek Indonesia ini memiliki banyak kegunaan, di antaranya menampung
dan mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sehingga
dapat menghasilkan listrik. Waduk
juga bermanfaat sebagai penyedia air bersih dan irigasi yang diperlukan untuk
mengairi sawah. Waduk ini juga sebagai pengendali banjir. |
Jembatan Suramadu Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Berkat jembatan ini, masyarakat Madura dapat lebih mudah dan cepat melakukan perjalanan darat ke berbagai wilayah di Jawa Timur. Dengan panjang 5.438 meter,jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. |
|
|
Seorang
arsitek juga berperan dalam usaha mempersatukan umat beragama. Lihatlah Masjid
Istiqlal Jakarta yang berdiri megah berdampingan dengan Gereja Katedral
Jakarta tempat umat katolik beribadah. Masjid Istiqlal dibangun pada masa
pemerintahan presiden pertama Indonesia, Sukarno, pada tahun 1961. Pembangunan
masjid ini memerlukan waktu 17 tahun hingga digunakan pertama kali pada tahun
1978. Perancangnya bernama Frederich Silaban. |
Ayo Berlatih!
Lengkapilah
diagram berikut ini dengan menggunakan berbagai sumber informasi yang kamu
miliki!
Nenek moyang kita merupakan arsitek yang hebat, ya! Mereka membangun rumah adat yang sesuai dengan keadaan alam dan nilai-nilai budaya!
Ya! Mereka senantiasa ingin menyatu dengan alam sekitarnya. Mereka menganggap alam adalah sumber daya mereka, sehingga mereka pelihara dan jaga.
Ayo
Berlatih!
Manfaat
Sumber Daya Alam di Sekitar Kita
Masyarakat
memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
melalui berbagai cara. Sumber daya berupa tanah, air, dan tumbuhan
dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan pertanian dan perkebunan. Sedangkan sumber
daya berupa hewan dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan perikanan dan
perkebunan. Kegiatan-kegiatan lain seperti perindustrian dan kerajinan
merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam lanjutan setelah pertanian,
perkebunan, peternakan, dan perikanan. Oleh karenanya kamu dapat mengetahui
sumber daya alam di sekitarmu dan cara pemanfaatannya dengan mengetahui pekerjaan
orang-orang yang tinggal di sekitarmu.
|
Perhatikanlah
kehidupan masyarakat di sekitarmu! Kemudian, lakukanlah kegiatan berikut ini!
1.
Lakukanlah
survei sederhana kepada teman-teman sekelasmu untuk mengetahui pekerjaan orang
tua mereka.
2.
Lakukanlah
wawancara singkat kepada temanmu tentang bagaimana orang tua mereka bekerja.
3.
Cari
tahu sumber daya alam apa yang mereka olah atau gunakan.
4.
Catatlah
hasilnya ke dalam tabel seperti contoh di bawah ini.
5.
Bekerjalah
bersama teman dalam kelompok untuk melihat hasil identifikasi yang dibuat
bersama-sama.
6.
Buatlah
kesimpulan tentang hal-hal berikut.
a. Pekerjaan apa yang paling banyak
dilakukan oleh orang tua temanmu.
b. Sumber daya alam apa sajakah yang
paling banyak dimanfaatkan.
c. Dari mana asal sumber daya alam
tersebut.
7.
Presentasikanlah
hasil indetifikasimu di depan kelas.
Kerjasama dengan
Orangtua !
Buatlah
sebuah catatan tentang bagaimana kamu dan keluargamu memanfaatkan sumber daya
alam setiap hari. Kamu dapat menggunakan tabel berikut untuk membantumu.
No |
Waktu |
Sumber Daya Alam yang Digunakan |
Manfaat Sumber Daya Alam |
1 |
Pagi |
|
|
2 |
Siang |
|
|
3 |
Sore/Malam |
|
|
Ayo Mengamati !
Kamu telah mempelajari berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Sumber daya alam adalah segala sesuatu dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Air, matahari, tanah, dan segala yang ada di dalamnya merupakan sumber daya alam yang harus dipelihara dan dilestarikan. Sumber daya berupa air, tanah, matahari, tumbuhan, dan hewan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui.
Beberapa sumber daya alam tersebut dapat berupa berbagai bentang alam, seperti sungai, danau, laut, tanah persawahan, tanah hutan. Dan Pada setiap bentang alam tesebut terkandung sumber daya alam, berupa air, tanah, udara bersih, tumbuhan, dan hewan.
Perhatikan daerah di sekitar tempat tinggalmu. Amatilah beberapa sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Catatlah sumber daya alam tersebut di dalam tabel, lalu lengkapilah dengan keterangan manfaat sumber daya alam tersebut bagi lingkungan sekitarmu.
Lihatlah contoh berikut!
Berdasarkan tabel di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. Sumber daya alam mana saja yang paling banyak tersedia di daerah tempat tinggalmu?
2. Bagaimana masyarakat sekitar memanfaatkannya?
3. Bagaimana usaha masyarakat sekitar menjaga dan memeliharanya?
DOWNLOAD MATERI : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
----------------------------------------------------------------
SENI BUDAYA DAN
PRAKARYA (SBDP)
KOMPETENSI DASAR
3.3
Mengetahui gerak tari kreasi daerah.
4.3
Meragakan gerak tari kreasi daerah.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
•
Membaca puisi “Menari” dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan puisi tersebut,
serta menjelaskan cara membuat puisi.
•
Mencari informasi tentang beberapa gerakan tari daerah, menjelaskan gerak tari
kreasi daerah.
•
Mengikuti gerakan tari daerah dan mempraktikkan gerakan tari kreasi daerah.
•
Membuat sebuah tarian kreasi
MATERI
Perhatikanlah
gambar-gambar berikut ini!
Profesi apa sajakah yang ditunjukkan oleh gambar-gambar tersebut?
Ayo Mengamati !
Siapakah
di antaramu yang ingin menjadi pekerja seni? Pekerja seni adalah orang yang
memiliki bakat dan kemampuan tertentu yang bekerja di berbagai bidang kesenian.
Para penari, pelukis, animator, sutradara, dan pesulap merupakan beberapa
contoh pekerja seni. Para pekerja seni ini bekerja untuk membuat orang lain
merasa senang dan semakin menghargai keindahan di sekitarnya.
Jika kamu harus memilih, pekerja seni manakah yang paling kamu sukai? Mengapa? Keterampilan dan pengetahuan apa saja yang harus dimiliki? Kehebatan apa saja yang kalian ketahui dari para pekerja seni? Tuliskan pendapatmu pada secarik kertas kecil, lalu tukarkan dengan teman sebangkumu. Berdiskusilah tentang pendapat kalian masing-masing!
Ayo Membaca !
Apakah kamu menyukai seni tari? Ada banyak penari daerah yang telah berjasa bagi perkembangan seni di Indonesia dan memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara. Para penari daerah biasanya bermula dari kesenangan menari dan menurunkan tradisi seni daerah. Sungguh mulia peran para penari daerah itu. Berikut ini adalah sebuah kisah tentang seorang penari daerah.
Bacalah teks berikut dengan saksama!
Kisah Seorang
Penari Gandrung Banyuwangi Seorang
ibu bernama Supinah, mengisah kan perjalanan
hidupnya sebagai seorang penari Gandrung. Tari Gandrung berasal dari
Banyuwangi, Jawa Timur yang sudah ada sejak zaman penjajahan kolonial
Belanda. Tari Gandrung meru pa
kan tari penyampai pesan untuk para
pejuang yang bergerilya pada
Perang Puputan Bayu tahun 1771. Oleh karena nya, pada awalnya penari Gandrung
adalah laki-laki. Pada tahun 1895 mulai muncul generasi penari gandrung
wanita. Ibu Supinah mulai menjadi penari Gandrung pada usia 14 tahun, yaitu sejak tahun 1979. Ibu Supinah belajar pada sebuah kelompok Tari Gandrung yang dipimpin oleh Akidah, yaitu Gandrung Akidah. Di sana Bu Supinah belajar dengan rajin sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama, diperkenankan menari di pentas. Saat itu, Ibu Supinah sering tampil di pentas untuk acara-acara tertentu seperti undangan atau perkawinan yang biasa digelar di masyarakat Banyuwangi. Ibu Supinah tidak pernah menyesali keputusannya untuk menjadi seorang penari Gandrung. Ibu Supinah bangga karena tari Gandrung melambangkan kesuburan. Ibu Supinah bahkan pernah diundang menari ke mancanegara, seperti Amerika, Korea, dan Cina. Ibu Supinah tidak menyangka bahwa profesinya sebagai penari Gandrung mendapatkan penghormatan yang tinggi. Ibu Supinah bangga telah mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat di mancanegara. Sumber: www.banyuwangi.merdeka.com dengan perubahan.
|
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1.
Apa
nama dan asal daerah dari tarian yang menjadi profesi Ibu Supinah?
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
2.
Apakah
peran tarian tersebut pada saat perjuangan melawan penjajahan?
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
3.
Sikap
dan nilai apa sajakah yang ditunjukkan Ibu Supinah sebagai seorang penari
daerah?
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
4.
Menurutmu,
nilai, sikap, dan keterampilan apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang
penari?
…………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………… |
5.
Cobalah
lakukan beberapa gerakan tari Gandrung atau tari khas daerahmu.
Ayo Mengamati !
Seni
tari merupakan salah satu bentuk seni yang ada dalam kehidupan masyarakat
tradisional. Negara Indonesia yang sangat kaya dengan keragaman seni budaya,
tentu memiliki seni tari yang banyak jumlahnya. Akan tetapi, jumlah itu akan
terus berkurang apabila generasi muda tidak mengenalnya. Oleh karenanya, sangatlah
penting untuk mengetahui tari-tari daerah Indonesia.
Amatilah gambar tari berikut ini!
Pasangkan keterangan berikut ini dengan gambar yang sesuai agar kamu mengetahui nama tari dan asal tari daerah tersebut!
Ayo Berlatih
Kamu akan melakukan kegiatan berikut ini secara berkelompok yang terdiri atas empat hingga lima orang. Ikutilah langkah-langkah kegiatan berikut! Pilihlah salah satu tari daerah yang paling kamu suka atau yang paling kamu kenal.
1.
Carilah
informasi melalui berbagai sumber untuk mengetahui nama tari, asal tari, dan
cerita tentang tari pilihanmu.
2.
Carilah
informasi tentang beberapa gerakan tari daerah pilihanmu dan makna gerakannya.
3.
Cobalah
untuk mengikuti beberapa gerak tari daerah pilihanmu bersama dengan teman
sekelompokmu.
Ayo Mencoba !
Saatnya
mempertunjukkan hasil kerja kelompokmu untuk menarikan tari kreasimu!
Lakukanlah
langkah-langkah kegiatan berikut!
1.
Lakukan
latihan sekali lagi untuk menarikan beberapa gerakan yang kamu kreasikan dari
tari daerah, misalnya Tari Merak yang berasal dari Jawa Barat.
2.
Ikutilah
irama dan ketukan dari musik yang mengiringi tari tersebut.
3.
Kamu
dapat mengenakan properti tari seadanya yang tersedia di sekitarmu.
4.
Bekerja
samalah dengan teman-teman sekelompokmu agar dapat menghasilkan harmoni yang
indah.
5.
Mintalah
teman-temanmu untuk memberikan masukan terhadap gerakan tari yang kamu
ciptakan.
DOWNLOAD : SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP)
----------------------------------------------------------------------------------------------
BAHASA SUNDA
KOMPETENSI DASAR
-
Ngadiskusikeun
Kandaga Kecap
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
-
Siswa
ngadiskusikeun harti kecap anu patali sareng cinta lemah cai.
MATERI
-------------------------------------------------------------------------
PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2
PEMBAHASAN MATERI OLEH BU INDRIYANI SUARDIKA :
1. PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1
2. PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2
3. PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3
4. PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4
5. PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5
6. PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6
Komentar
Posting Komentar