MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2

 MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2


DOWNLOAD MODUL LKPD : KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2


PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)

 

KOMPETENSI DASAR

1.3 Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.

2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.

3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

4.3 Mengemukakan  manfaat  keberagaman  karakteristik  individu  dalam kehidupan sehari-hari.

 KEGIATAN PEMBELAJARAN

• Dengan mencari informasi dari guru dan temannya, siswa dapat mengomunikasikan informasi tentang keragaman suku dan budaya di lingkungan sekitarnya.

• Membaca teks dan melakukan pengamatan untuk mengidentifikasikan keragaman suku dan budaya.

 Membuat poster, dan menuangkan hasil pencariannya tentang bahasa daerah dan makanan khas daerah dengan menggunakan kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia.

 Mengamati gambar siswa dan menceritakan kegiatan polisi dalam mengabdi kepada masyarakat.

• Mengamati gambar, dan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kehebatan polisi.

 MATERI

Setiap orang memiliki cita-cita untuk menjadi apa kelak di kemudian hari. Apa pun cita-citamu, pasti kamu berharap menjadi orang yang hebat dan bermanfaat bagi lingkunganmu.


Perhatikan gambar di atas!

Sebutkan nama profesi yang terdapat dalam gambar tersebut. Jelaskan tugas masing-masing profesi tersebut! Adakah salah satu dari profesi itu yang menjadi cita-citamu? Mengapa?

Ceritakanlah pendapatmu kepada teman sebangkumu!

………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………….

Alternatif Jawaban

 Ayo Mengamati!

Amatilah gambar di atas! Ceritakan pendapatmu tentang gambar tersebut!

kah kamu mengetahui jenis pekerjaan yang dilakukan orang pada  Apa gambar tersebut?

 Ayo Membaca !

 

Kisah Seorang Guru Anak Berkebutuhan Khusus

Seorang wanita muda terpanggil untuk menjadi seorang guru. Bukan sembarang guru, melainkan guru bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Semuanya berawal dari kepeduliannya terhadap kurangnya pendidikan yang sesuai bagi anak-anak berkebutuhan khusus di Indonesia yang sesuai.

Sangita Lachman, nama wanita muda itu. Ia adalah seorang dokter yang beralih profesi menjadi seorang guru anak-anak prasekolah. Pada awalnya, ia mengajar anak-anak prasekolah untuk mengisi waktu luangnya. Akan tetapi, lama kelamaan, ia mencintai kegiatannya itu. Baginya, mengajar anak-anak prasekolah membuatnya mengerti tumbuh kembang anak yang akan memengaruhinya saat mereka dewasa kelak.

Pada saat mengajar anak-anak prasekolah, ia menemui beberapa siswanya yang berkebutuhan khusus, seperti anak yang menderita autis atau kesulitan belajar lainnya. Anak-anak ini memerlukan cara pengajaran dan bimbingan khusus yang berbeda dengan anak-anak yang tidak berkebutuhan khusus. Ia melihat saat itu tidak banyak sekolah yang tahu bagaimana mengajar anak-anak tersebut.

Sangita kemudian memutuskan untuk menimba ilmu dan keterampilan yang membantunya untuk memahami anak-anak tersebut. Dengan demikian ia dapat menjadi guru yang baik bagi anak-anak tersebut.

 Sumber: www.cae-indonesia.com/ dengan perubahan. 

 Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1.   Siapakah Sangita Lachman?

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

 

2.   Mengapa ia ingin menjadi guru?

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

 

3.   Sikap apakah yang ditunjukkan oleh Sangita untuk menjadi guru yang baik?

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

 

4.   Menurutmu, sikap apakah yang diperlukan untuk menjadi guru yang baik?

……………………………………………………………………………………………

 ……………………………………………………………………………………………

 

ALTERNATIF JAWABAN

 Ayo Berdiskusi !

Perhatikan dengan seksama gambar di atas! Tahukah kamu, siapakah tokoh yang terdapat dalam gambar tersebut? Ya! Tokoh tersebut adalah patih Kerajaan Majapahit bernama Gajah Mada. Patih Gajah Mada merupakan seorang tokoh besar yang mempunyai cita-cita sangat besar, yaitu mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada saat itu menjadi satu yaitu, Nusantara!

Diskusikan bersama teman-temanmu beberapa pertanyaan berikut!

1.   Apakah cita-cita Patih Gajah Mada terlalu tinggi saat itu?

2.   Tahukah kamu usaha apa saja yang dilakukannya untuk mencapai cita-cita tersebut?

3.   Tahukah kamu bagaimana cara Patih Gajah Mada mewujudkan cita- citanya?

Setelah melakukan diskusi dengan temanmu, bacalah bacaan tentang Gajah Mada berikut!

Cita-Cita Besar Patih Gajah Mada



Gajah Mada diperkirakan lahir pada awal abad ke-14, di lembah Sungai Brantas di antara Gunung Kawi dan Gunung Arjuna. Ia berasal dari kalangan rakyat biasa, bukan dari kalangan keluarga kaya ataupun bangsawan. Sejak kecil, dia memiliki bakat kepemimpinan yang sangat kuat melebihi orang-orang sebaya di masanya. Konon, dia terus menempa dirinya agar dapat masuk ke lingkungan pasukan kerajaan.

Gajah Mada yang memiliki arti “Gajah yang cerdas, tangkas, dan energik.” Memulai pekerjaannya sebagai anggota prajurit Bhayangkara. Karena kemampuannya, ia pun diangkat menjadi Kepala Prajurit Bhayangkara dengan tugas memimpin pasukan pengaman dan pengawal Raja. Pengabdian Gajah Mada pada kerajaan dimulai pada masa pemerintahan Raja Jayanegara (1309 – 1328). Berkat kerja keras dan kepemimpinannya yang hebat, Gajah Mada menjadi seorang Patih Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Ratu Tribhuawanatunggadewi Jayawisnuwardhani.

Pada saat hendak dilantik menjadi patih, Gajah Mada membuat janji yang sangat terkenal hingga kini. Sebuah ikrar atau janji yang dikenal dengan nama Sumpah Palapa.

Ia berjanji tidak ingin menikmati buah palapa kecuali dapat mempersatukan daerah-daerah seperti Seram, Tanjungpura, Haru, Pahang  (Semenanjung),  Dompo,

Bali, Sunda, Palembang, Tumasik (Singapura). Janji atau ikrar yang ia upayakan untuk terwujud dengan menyatukan  wilayah  tersebut menjadi wilayah Nusantara. Saat itu  wilayah  Nusantara  lebih luas dari wilayah negara Indonesia saat ini. Saat itu wilayah Nusantara meliputi  Seluruh  Semenanjung Malayu  (Malaysia  dan  Singapura), Sumatra,  Jawa,  Kalimantan, Sulawesi, Sunda kecil, Bali, Maluku, Papua, hingga wilayah Darwin (Australia).

Sumber: www.kompasiana.com/nur_haryono dengan penyesuaian. 

 Berdasarkan bacaan di depan, lengkapilah peta pikiran berikut ini!

 

ALTERNATIF JAWABAN

Saya suka sekali dengan kisah Patih Gajah Mada. Usaha beliau dalam meraih cita-citanya sangat membanggakan. Betapa bahagianya apabila beliau dapat melihat Nusantara telah bersatu di bawah NKRI dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Wah saya sudah bisa membuat puisi! Ternyata tidak sulit ya!

 

Usaha Patih Gajah Mada untuk mempersatukan Nusantara telah terwujud, meskipun wilayahnya tidak seluas yang ia cita-citakan. Usaha mempersatukan wilayah dan masyarakat di dalamnya tentu bukan hal yang mudah. Oleh karenanya, bangsa Indonesia harus memelihara persatuan dan kesatuan dengan sungguh-sungguh.

Ayo Berkreasi !

Amatilah kehidupan masyarakat yang ada di sekitarmu! Apakah mereka berasal dari daerah yang sama? Apakah nenek moyang mereka berasal dari daerah yang sama? Bagaimana dengan suku asal mereka? Bagaimana juga dengan bahasa daerah mereka?

Lakukan kegiatan berikut ini bersama kelompokmu!

1.   Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga orang.

2.   Carilah informasi dari dua orang teman di sekolahmu tentang suku asal atau daerah asal mereka.

3.   Carilah gambar dan keterangan sebanyak-banyaknya mengenai suku asal temanmu tersebut. Keterangan mengenai hal-hal berikut.

a.    Pulau asal dan daerahnya

b.   Bahasa daerah

c.    Pakaian adat

d.   Rumah adat

e.    Kebiasaan adat

4.   Dengan menggunakan sebuah karton ukuran A3, tuliskan semua informasi yang kamu dapatkan dengan rapi dan menarik.

5.   Lakukan wawancara dengan kedua temanmu tersebut untuk mengetahui hal-hal berikut.

a.    Cara mereka bekerja sama.

b.   Cara mereka menghadapi perbedaan.

c.    Manfaat yang diperoleh dari bekerja sama dengan orang yang berasal dari suku atau daerah yang berbeda.

6.   Gunakan contoh bagan berikut untuk membantu menyusun keterangan yang telah kamu dapatkan.

7. Presentasikan hasil kerja kelompokmu di depan kelas!

 

ALTERNATIF JAWABAN 

Usaha keras Patih Gajah Mada untuk menyatukan Nusantara sangat beralasan. Nusantara memiliki sumber daya alam yang beragam dan kaya dan kaya. Sumber daya alam digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Tahukah kamu apa yang dimaksud sumber daya alam?

 
 

Ayo Mencoba!

Sekarang, mari lakukan kegiatan berikut ini dalam kelompokmu!

1.   Buatlah kelompok yang terdiri atas tiga orang siswa. Kamu dapat bekerja dalam kelompok yang sama pada kegiatan sebelumnya.

2.   Tentukan dua suku asal dari orang-orang sekitarmu, bisa orang tuamu, atau temanmu.

3.   Carilah informasi tentang rumah adat dari suku-suku tersebut.

4.   Carilah  informasi  tentang  kegunaan  dan  cara  masyarakat menggunakan rumah adat mereka.

5.   Bandingkan keterangan yang kamu peroleh di antara keduanya. Carilah persamaan dan perbedaan serta kegunaan dan manfaat rumah adat tersebut.

6.   Buatlah dalam bentuk diagram seperti contoh di bawah.

7.   Presentasikan hasil kerja kelompokmu di depan kelas.

8.   Apa kesimpulan yang kamu peroleh dari presentasi tersebut?

 


ALTERNATIF JAWABAN

Negara Indonesia memang kaya akan budaya dengan beragam masyarakat yang tinggal di dalamnya. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau dan perairan laut yang luas. Dengan demikian, Indonesia memiliki potensi sumber daya dari makhluk hidup yang hidup dan berkembang di dalamnya. Apa saja manfaat makhluk hidup di sekitar kita?

 Ayo Berlatih!

Indonesia memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda sesuai suku yang ada. Bahasa merupakan alat untuk melakukan komunikasi dan menyampaikan pesan kepada orang lain. Dalam puisi, bahasa merupakan hal yang penting digunakan untuk menyampaikan pesan secara lisan dan tulisan.

Pernahkah kamu berkunjung ke tempat wisata yang berada di daerah lain di Indonesia? Mereka tentu memiliki keunikan yang membedakan dengan daerah lainnya. Salah satu yang membedakan antara satu daerah dengan daerah lainnya adalah bahasa daerah dan makanan khasnya.

 Lakukan kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelompokmu!

1.     Kamu dan kelompokmu akan melanjutkan kegiatan sebelumnya tentang keragaman budaya orang-orang yang berada di sekitarmu. Sebelumnya kamu dan kelompokmu mencari tahu keragaman rumah adat yang berasal dari suku-suku yang berbeda. Kali ini, kamu akan menggali lebih dalam tentang bahasa daerah dan makanan khas mereka. Kamu akan menuangkannya dalam bentuk poster.

2.     Siapkan sebuah kertas ukuran A3. Kamu dapat juga menggunakan sebuah kertas karton dengan ukuran yang sama.

3.     Buatlah daftar makanan khas Nusantara yang sudah pernah kalian nikmati sebelumnya. Jelaskan dan cari tahu bahan-bahan yang digunakan.

4.     Buat juga daftar makanan khas Nusantara yang ingin kamu nikmati. Jelaskan berasal dari daerah mana, dan alasan mengapa kamu ingin mencobanya.

5.     Pada bagian yang lain dari postermu, siapkan satu atau dua kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia, misalnya: “Siapa namamu?” Lalu, carilah makna yang sama dalam berbagai bahasa daerah di  Nusantara. Pilihlah paling banyak lima bahasa daerah.

6.     Gunakan contoh berikut ini untuk membantumu.

7.     Tuliskan semua manfaat yang kamu dapatkan dengan mempelajari Bahasa daerah dan makanan khas daerah Nusantara.

8.     Jelaskan dan presentasikan hasil pekerjaan kelompokmu di depan kelas dengan percaya diri.

 






-----------------------------------------------------------------------------------------------------------


BAHASA INDONESIA 


KOMPETENSI DASAR

3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

• Mengamati teks puisi dan menjawab pertanyaan yang terkait dengan puisi, serta menjelaskan cara membuat puisi.

• Mengamati contoh-contoh puisi, dan membuat puisi secara mandiri.

• Membaca dan mencermati puisi, siswa mampu menjelaskan cara membuat puisi.

• Membaca puisi, dan memahami makna puisi dan terampil membuat puisi.

• Menulis sebuah puisi dengan menggunakan kata-kata dengan rima yang hampir sama.

• Menulis puisi dan menuangkan gagasan-gagasan tentang cita-citanya.

• Mengamati gambar siswa dan menceritakan kegiatan polisi dalam mengabdi kepada masyarakat.

• Mengamati gambar, dan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kehebatan polisi.

• Membuat puisi, dan menuliskan kehebatan polisi serta menuliskan makna.

• Membaca puisi, dan mengomunikasikan puisi hasil karyanya sendiri.

MATERI

Setiap orang memiliki cita-cita yang baik. Tidak ada cita-cita yang tidak hebat. Oleh karenanya, teruslah berusaha meraih cita-citamu! Adakah di antaramu yang ingin menjadi dokter?

Bacalah puisi berikut ini di dalam hati. Perhatikanlah bagian-bagian di dalam puisi dengan seksama!


Berdasarkan puisi tersebut, diskusikanlah bersama teman sekelompokmu untuk menjawab pertanyaan berikut!

1.   Apakah judul puisi tersebut?

……………………………………………………………………………………………

 ……………………………………………………………………………………………


2.   Siapakah yang membuat puisi tersebut?

……………………………………………………………………………………………

 ……………………………………………………………………………………………

3.   Bercerita tentang apakah puisi tersebut?

……………………………………………………………………………………………

 ……………………………………………………………………………………………


4.   Apakah yang membedakan puisi tersebut dengan bacaan sebelumnya?

……………………………………………………………………………………………

 ……………………………………………………………………………………………


5.   Buatlah sebuah gambar yang dapat mewakili isi puisi tersebut!

 contoh gambar :











 

 ALTERNATIF JAWABAN

Ayo Mencoba !

Carilah satu atau dua buah puisi anak dari koran, majalah, atau buku- buku. Salinlah puisi tersebut di dalam buku tulismu. Baca dan amati bentuk dan isi puisi pilihanmu. Lalu jawablah pertanyaan di atas di dalam buku tulismu! Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan tentang puisi? Tuliskanlah kesimpulanmu di dalam buku tulismu! 

ALTERNATIF JAWABAN

Ayo Membaca !


 
Kehidupan seorang penari menarik untuk diketahui. Dengan kecintaannya terhadap seni daerah, Ibu Supinah berupaya keras untuk melestarikan warisan budaya daerah. Mari kita simak sebuah puisi tentang seorang penari berikut ini!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ayo Berdiskusi !

Diskusikan bersama dengan teman sebangkumu untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut!

1.   Apakah judul puisi di atas? Siapakah penulisnya?

……………………………………………………………………………………………

 ……………………………………………………………………………………………

 

2.   Terdiri atas berapa baitkah Puisi Penari?

……………………………………………………………………………………………

 ……………………………………………………………………………………………

 

3.   Terdiri atas berapa bariskah puisi tersebut?

……………………………………………………………………………………………

 ……………………………………………………………………………………………

 

4.   Bercerita tentang apakah Puisi Penari? Buatlah sebuah paragraf yang menceritakan isi puis tersebut!

……………………………………………………………………………………………

 ……………………………………………………………………………………………

 

5.   Buatlah sebuah gambar yang menggambarkan kisah dalam Puisi Penari!

 

 

 

 

 

 

ALTERNATIF JAWABAN


Kamu telah tahu ciri-ciri puisi juga bagian-bagian puisi. Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!

 

 

Maha Patih Gajah Mada

Karya: D. Karitas

 

Wahai Maha Patih Gajah Mada

Sejarah telah mengukir nama besarmu

Sejarah telah mengakui kepemimpinanmu

Sejarah telah mencatat keberanianmu

Maha Patih Gajah Mada

Tak akan hilang dari benak kami para pemuda bangsa

Kisah kepahlawananmu

Semangat pantang menyerahmu

Dan usaha keras untuk mewujudkan cita-citamu

Maha Patih Gajah Mada,

Kami akan terus membangun bangsa ini

Kami akan terus menjaga persatuan dan kesatuan negara ini

Dan kami akan terus menghormatimu, pahlawan kami.

 

 Bersama dengan teman sebangkumu, lakukanlah kegiatan berikut!

1.   Ceritakanlah pendapatmu tentang puisi tersebut. Baca kembali bacaan tentang Gajah Mada untuk membantumu memahami puisi tersebut.

2.   Salinlah puisi tersebut di buku tulismu dengan menggunakan pensil.

3.   Perhatikan baris kata-kata pada bait pertama. Lalu, gantilah beberapa kata di setiap barisnya dengan menggunakan kata-katamu sendiri.

4.   Kamu dapat menggunakan kata-kata yang ada dalam bacaan atau kata-katamu sendiri yang mempunyai makna hampir sama dengan kata yang kamu ganti.

5.   Lakukan juga untuk baris-baris berikutnya pada bait pertama.

6.   Bacalah kembali bait pertamamu, perbaiki jika kamu menemukan kata-kata yang lebih baik dengan rima dan makna yang sesuai.

7.   Lakukan hal yang sama terhadap bait-bait berikutnya.

8.   Setelah selesai, baca kembali keseluruhan puisimu.

9.   Bacakan puisimu di depan kelas.

 ALTERNATIF JAWABAN


Ayo Mencoba!

Membuat Puisi dan Menjelaskan Makna

Perhatikanlah rangkaian puisi berikut ini. Lengkapilah puisi ini menggunakan kata-katamu agar puisi lebih bermakna.

 
Bacakanlah puisimu dengan percaya diri secara bergantian di kelasmu.

Tanggapilah pernyataan-pernyataan di bawah ini dengan kata ya atau tidak, sesuai isi puisi di atas.

1. Puisi ini berkisah tentang kawan yang tidak setia (..... ).

2. Lani memberikan pendapat yang baik terhadap kawannya (...... ).

3. Kita yang dimaksud dalam puisi ini adalah Lani dan Siti (..... ).

4. Kawan yang dimaksud memiliki suku yang berbeda dengan Lani (...... ).

5. Lani akan melupakan kawannya (...... ).

6. Mereka ingin meraih cita-cita bersama (...... ).

 ALTERNATIF JAWABAN


Berdasarkan jawaban di atas, jelaskanlah isi puisi tersebut ke dalam bentuk paragraf di bawah ini. Bekerjalah bersama temanmu untuk menyelesaikan kalimat yang telah dibuat  tersebut !

 





Ayo Berdiskusi !

Penulis cerita anak mempunyai peran yang sangat penting bagi pendidikan anak-anak. Berikut ini adalah beberapa peran mereka.

 


Tahukah kamu peran lain seorang penulis cerita anak yang kamu ketahui?

Apakah manfaat membaca buku cerita anak untukmu?

Apakah manfaat membaca untukmu?

Seorang penulis cerita anak merupakan salah satu pekerja seni sastra. Karena ia merangkai kata-kata untuk menuangkan imajinasi dan pendapatnya tentang lingkungan sekitar agar orang lain dapat membaca dan merasakan hal yang sama. Puisi juga merupakan salah satu contoh karya sastra. Dalam puisi, kata-kata yang digunakan sering kali mempunyai makna yang dalam. Puisi menggunakan kalimat yang lebih pendek dibandingkan dengan karangan.

 Ayo Mencoba !

 Menjelaskan Makna Puisi

Saatnya untukmu memulai membuat puisi tentang cita-cita. Untuk itu, lakukan hal-hal berikut.

1.   Bayangkan cita-citamu, lalu ceritakan kehebatan cita-citamu tersebut. Ceritakan bagaimana cita-citamu akan berguna bagi orang lain di sekitarmu.

2.   Buatlah beberapa kata kunci dari setiap gagasan yang kamu miliki.

3.   Rangkailah gagasan-gagasan tersebut sehingga menjadi puisi yang utuh.

4.   Pilihlah kata-kata yang memiliki rima hampir serupa.

5.   Tuliskan puisimu di dalam buku catatanmu.

6.   Bacakan puisimu kepada teman sebangkumu.

7.   Tukarkan puisimu dengan puisi milik teman sebangkumu.

8.   Cobalah untuk menuliskan makna puisi puisi temanmu di dalam sebuah paragraf. Tuliskan makna puisi temanmu di tempat yang telah disediakan.

9.   Bacakan makna puisi milik temanmu. Berdiskusilah.

 





Aku bercita-cita menjadi polisi. Menurutku polisi itu hebat.

Apa, sih, hebatnya polisi itu? Ayo kita cari tahu.

Lihatlah betapa gagah dan tegapnya polisi itu. Barisannya sangat rapi! Pernahkah kamu bertemu dengan polisi? Bagaimana perasaanmu ketika bertemu dengan polisi? Polisi mempunyai tugas menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan masyarakat. Tugas yang mulia, bukan?

Ayo Mengamati !

Amatilah gambar-gambar berikut ini!

1.   Ceritakan gambar-gambar di atas kepada teman sebangkumu secara bergantian.

2.   Berdasarkan pengamatan gambar-gambar di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

a.    Hal menarik apa saja yang kamu dapatkan dari gambar di atas?

b.   Hal baik apa saja yang dapat kamu contoh dari gambar-gambar di atas?

c.    Sikap apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang polisi yang baik?

 ALTERNATIF JAWABAN


Ayo Mencoba !

Ceritakan kehebatan polisi melalui sebuah puisi karanganmu sendiri. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk membuat puisimu.

1.     Gunakan salah satu atau lebih gambar tentang kegiatan polisi di masyarakat tersebut.

2.     Rangkailah sebuah puisi yang terdiri atas tiga bait. Masing-masing bait terdiri atas empat baris kalimat sederhana.

3.     Gunakan beberapa kata sifat yang menjadi bagian dari gagasan pokok setiap baitnya.

4.     Tuliskan kalimat-kalimat dalam baris puisimu di buku catatanmu.

5.     Periksa dan baca kembali beberapa kali untuk dirasakan keindahan makna dan rimanya. Jika ada yang belum sesuai segera ganti sesuai keinginanmu.

6.     Salinlah puisimu pada kertas ukuran A4. Tuliskan dengan rapi agar jelas dibaca.

7.     Bacakan puisimu di depan kelas dengan percaya diri.

8.     Setelah itu, tukarkan puisimu dengan puisi temanmu.

9.     Pahamilah isi puisi temanmu lalu tuliskan makna dan isi puisi pada setiap baitnya pada buku catatanmu. Bacakan hasil pemikiranmu terhadap puisi temanmu di depan kelas.

10.  Salinlah puisimu di sini lengkap dengan judul dan pembuatnya.


 

DOWNLOAD MATERI: BAHASA INDONESIA


------------------------------------------------------------------------------------

 MATEMATIKA

  

KOMPETENSI DASAR

3.11.   Menjelaskan dan menentukankeliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga

4.9.   Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga

KEGIATAN PEMBELAJARAN

·      Melakukan eksplorasi pengukuran bangun datar persegi, persegipanjang, dan segitiga untuk menentukan keliling dan luas bangun datar persegi, persegi panjang dan segitiga

·      Menggunakan rumus untuk menentukan keliling dan luas bangun datar.

·      Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan keliling dan luas daerah (persegi, persegi panjang, segitiga)

·      Menyajikan penyelesaian permasalahan yang melibatkan keliling dan luas daerah (persegi, persegi panjang, segitiga)

 MATERI


KELILING PERSEGI PANJANG


 

 










------------------------------------------------------------------------------------------


ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

 

KOMPETENSI DASAR

3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.

4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.

KEGIATAN PEMBELAJARAN

• Mencari informasi tentang daur hidup dua makhluk hidup yang berbeda, dan membandingkan siklus hidup makhluk hidup dan melaporkannya.

• Membaca teks “Manfaat Makhuk Hidup di Sekitar Kita”, dan membuat peta pikiran dari bacaan tersebut, untuk menjelaskan manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar.

• Mengamati lingkungan sekitarnya, dan membuat laporan hasil pengamatn tentang manfaat makhluk hidup.

MATERI

Ayo Mengamati !

 

Perhatikan gambar di atas! Profesi apakah yang ditunjukkan pada gambar di atas? Adakah di antara kamu yang ingin menjadi dokter hewan seperti pada gambar di atas?

Untuk menjadi seorang dokter hewan, tentu kamu harus mengetahui segala hal tentang hewan, termasuk daur hidupnya. Mengapa?

Tahukah Kamu !

Tahapan pertumbuhan hewan dari kecil sampai dewasa disebut daur hidup hewan. Pada daur hidupnya ada hewan yang mengalami perubahan bentuk, ada juga yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan bentuk tubuh dalam daur hidupnya dikatakan mengalami proses metamorfosis. Proses metamorfosis yang terjadi pada hewan terbagi menjadi dua yaitu metamorposis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna mempunyai bentuk tubuh yang sangat berbeda pada setiap tahap hidupnya. Pada saat telur menetas, bentuk tubuh hewan tidak sama dengan bentuk induknya. Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, setelah menetas memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan induknya.

Perhatikanlah beberapa daur hidup hewan-hewan berikut ini!

 Daur Hidup Katak

Katak berkembang biak dengan cara bertelur di dalam air. Telur-telur itu akan menetas setelah kurang lebih 10 hari. Telur itu menetas menjadi berudu yang hidup di air. Oleh karenanya, berudu memiliki insang, alat pernapasan untuk bernapas di dalam air, seperti pada ikan. Tiga minggu kemudian, insang pada katak akan tertutup oleh kulitnya, kemudian tumbuhlah kaki belakang. Pada usia 8 minggu, berudu berkaki berubah menjadi katak yang berekor. Ekor itu kemudian akan memendek dan ia bernapas dengan paru-paru. Setelah pertumbuhan anggota tubuhnya sempurna, katak akan berubah menjadi katak dewasa. 

Daur Hidup Kecoa 

Kecoa merupakan salah satu serangga yang juga berkembang biak dengan cara bertelur. Setelah beberapa lama, telur kecoa akan berubahmenjadi kecoa muda yang disebut nimfa. Bentuk nimfa mirip dengankecoa dewasa, hanya warna kulitnya yang berbeda. Nimfa beberapa kali mengalami pergantian kulit sampai ia menjadi kecoa dewasa.

 


Daur Hidup Capung

Capung juga merupakan serangga yang berkembang biak dengan cara bertelur. Sama dengan kecoa, ketika telur capung menetas ia menjadi capung muda yang disebut nimfa. Setelah kurang lebih mengalami pergantian kulit sebanyak sepuluh kali, capung berubah menjadi capung dewasa.

 


Daur Hidup Nyamuk 

Nyamuk juga termasuk jenis serangga yang berkembang biak dengan cara bertelur di permukaan air. Ketika telur menetas, ia berubah menjadi jentik-jentik atau tempayak. Tempayak ini akan hidup dan mendapatkan makanannya dari air yang ia tinggali. Setelah cukup umur, tempayak ini berubah menjadi pupa. Setelah beberapa waktu, pupa akan berubah menjadi nyamuk muda hingga nyamuk dewasa. Nyamuk muda dan dewasa tidak hidup di air. Ia akan kembali ke air ketika hendak bertelur. 

 

Ayo Berlatih!


1.   Buatlah kelompok yang terdiri atas paling sedikit tiga orang.

2.   Setiap kelompok akan mencari informasi tentang daur hidup dua ekor hewan yang berbeda (berdasarkan pilihan yang terdapat pada tabel di bawah)


3.   Catatlah semua informasimu di dalam diagram berikut ini. Lakukan untuk kedua hewan yang telah kamu pilih.

4.   Presentasikan hasilnya di depan kelas, lalu tempelkan hasilnya di dinding kelas. Dengan demikian, kamu akan memiliki informasi tentang daur hidup berbagai jenis hewan!





Lengkapilah tabel berikut untuk mendapat kesamaan dan perbedaan antara kedua daur hidup hewan pilihanmu!


ALTERNATIF JAWABAN


Amatilah hasil pekerjaan kelompok lain di kelasmu. Kemudian lengkapilah tabel berikut untuk mencatat hasil pengamatanmu!

ALTERNATIF JAWABAN




 

DOWNLOAD MATERI : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)



------------------------------------------------------------------------------


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

 

KOMPETENSI DASAR

3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

 KEGIATAN PEMBELAJARAN

• Dengan mengamati lingkungan sekitarnya, siswa mampu mengidentifikasikan sumber daya alam yang ada di sekitarnya dan menyajikan hasil pengamatan tersebut.

• Membaca teks dan berdiskusi, dan mengidentifikasi sumber daya alam yang ada di sekitarnya.

MATERI

Ayo Membaca !


Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita

Makhluk hidup terdiri atas tumbuhan, hewan, dan manusia. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hewan dan tumbuhan dikelola manusia sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Tumbuhan dan hewan merupakan sumber daya alam hayati. Keberadaannya akan terus-menerus ada sepanjang tidak terjadi peristiwa yang membuat punah. Tumbuhan membantu lingkungan untuk menyediakan oksigen dan menahan air hujan agar tidak terjadi erosi. Tumbuhan juga berfungsi sebagai pelindung tanah-tanah yang miring agar tidak mudah longsor. Tumbuhan juga bermanfaat untuk menyerap karbon dioksida yang dikeluarkan manusia dan hewan lainnya untuk dimanfaatkan dalam proses fotosintesis.

Apakah manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya? Hewan pengurai berfungsi untuk menguraikan sisa makanan menjadi zat makanan yang dapat diserap oleh tumbuhan sebagai zat hara. Dalam mata rantai makanan, hewan bermanfaat untuk menjaga keseimbangan alam.

Tumbuhan dan hewan sebagai sumber daya hayati memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat tersebut sebagai berikut :

 1.   Sumber bahan pangan

Hewan yang merupakan sumber makanan manusia antara lain sapi, ayam, udang, dan ikan. Sedangkan tumbuhan yang menjadi sumber makanan antara lain sayuran, buah-buahan, dan palawija seperti padi, kedelai, dan jagung.

 

2.   Bahan sandang atau pakaian

Bahan pakaian yang digunakan manusia berasal dari serat tumbuhan dan hewan. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan seratnya adalah kapas. Sedangkan contoh hewan yang dimanfaatkan seratnya adalah ulat sutra dan domba. Serat-serat ini diolah menjadi benang yang kemudian dipintal dan ditenun menjadi kain.


3.   Peralatan rumah tangga

Banyak perabot rumah tangga terbuat dari kayu yang berasal dari tumbuhan keras.  Beberapa contohnya adalah kayu dari pohon jati, cendana, mahoni, dan pinus.


4.   Produk kesehatan

Tumbuhan dan hewan dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan. Berbagai tanaman obat seperti kunyit, jahe, temulawak, dan kumis kucing dimanfaatkan sebagai obat. Beberapa jenis hewan juga dimanfaatkan untuk obat-obatan seperti kadal, kelelawar, dan cacing.


Sumber: Ilmu Pengenathuan Alam, Aprilia dan Afifatul Achyar, Pusat perbukuan, Jakarta, 2010 


Berdasarkan bacaan di atas dan juga dari berbagai sumber yang kamu ketahui, lakukan kegiatan berikut.

1.   Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan terhadap kehidupan manusia.

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

 

2.   Jelaskan manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitarnya.

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

 

3.   Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya.

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

 

4.   Apakah yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh?

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

 

5.   Apakah yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh kegiatan manusia?

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………


ALTERNATIF JAWABAN

 

Ayo Mengamati !

Perhatikan lingkungan tempat tinggalmu dan sekolahmu dengan seksama!

1.   Buatlah daftar tumbuhan dan hewan yang ada di sana.

2.   Amatilah manfaat tumbuhan dan hewan itu baik bagi lingkungan rumahmu maupun lingkungan sekolah.

 

Bandingkan hasil pengamatanmu.

 

Ceritakan di depan kelas.

 

Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu!

 


ALTERNATIF JAWABAN


 

3. Bandingkanlah hasil pengamatanmu dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.


a.    Adakah tumbuhan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu? …

b.   Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah! …

c.    Adakah hewan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu? …

d.   Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah! …

 

 Apakah yang dapat kamu simpulkan dari hasil pengamatanmu di atas?


ALTERNATIF JAWABAN



Tahukah Kamu

 

Ayah Beni menunjukkan kepada Beni beberapa bangunan hasil karya arsitek.




Candi Borobudur

 

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia. Arsiteknya bernama Gunadharma. Candi tersebut amat indah dan megah, dibangun tanpa perekat dan tanpa bantuan alat modern. Tak heran jika Candi Borobudur menjadi salah satu keajaiban dunia.


Waduk Jatiluhur

 

Seorang arsitek juga berperan dalam menjaga lingkungannya. Misalnya, saat bekerja sama dengan insinyur teknik sipil dalam merancang Waduk Jatiluhur. Waduk Jatiluhur adalah kolam besar tempat menyimpan air untuk berbagai kebutuhan.

Hasil karya kumpulan arsitek Indonesia ini memiliki banyak kegunaan, di antaranya menampung dan mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sehingga dapat menghasilkan listrik.

Waduk juga bermanfaat sebagai penyedia air bersih dan irigasi yang diperlukan untuk mengairi sawah. Waduk ini juga sebagai pengendali banjir.

Jembatan Suramadu

 Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Berkat jembatan ini, masyarakat Madura dapat lebih mudah dan cepat melakukan perjalanan darat ke berbagai wilayah di Jawa Timur. Dengan panjang 5.438 meter,jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. 


Seorang arsitek juga berperan dalam usaha mempersatukan umat beragama. Lihatlah Masjid Istiqlal Jakarta yang berdiri megah berdampingan dengan Gereja Katedral Jakarta tempat umat katolik beribadah. Masjid Istiqlal dibangun pada masa pemerintahan presiden pertama Indonesia, Sukarno, pada tahun 1961. Pembangunan masjid ini memerlukan waktu 17 tahun hingga digunakan pertama kali pada tahun 1978. Perancangnya bernama Frederich Silaban.

 

Ayo Berlatih!

Lengkapilah diagram berikut ini dengan menggunakan berbagai sumber informasi yang kamu miliki!

 


ALTERNATIF JAWABAN



Nenek moyang kita merupakan arsitek yang hebat, ya! Mereka membangun rumah adat yang sesuai dengan keadaan alam dan nilai-nilai budaya!

Ya! Mereka senantiasa ingin menyatu dengan alam sekitarnya. Mereka menganggap alam adalah sumber daya mereka, sehingga mereka pelihara dan jaga.

 

Ayo Berlatih!

 

 

Manfaat Sumber Daya Alam di Sekitar Kita

 

Masyarakat memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya melalui berbagai cara. Sumber daya berupa tanah, air, dan tumbuhan dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan pertanian dan perkebunan. Sedangkan sumber daya berupa hewan dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan perikanan dan perkebunan. Kegiatan-kegiatan lain seperti perindustrian dan kerajinan merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam lanjutan setelah pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Oleh karenanya kamu dapat mengetahui sumber daya alam di sekitarmu dan cara pemanfaatannya dengan mengetahui pekerjaan orang-orang yang tinggal di sekitarmu.

 

Perhatikanlah kehidupan masyarakat di sekitarmu! Kemudian, lakukanlah kegiatan berikut ini!

1.   Lakukanlah survei sederhana kepada teman-teman sekelasmu untuk mengetahui pekerjaan orang tua mereka.

2.   Lakukanlah wawancara singkat kepada temanmu tentang bagaimana orang tua mereka bekerja.

3.   Cari tahu sumber daya alam apa yang mereka olah atau gunakan.

4.   Catatlah hasilnya ke dalam tabel seperti contoh di bawah ini.


5.   Bekerjalah bersama teman dalam kelompok untuk melihat hasil identifikasi yang dibuat bersama-sama.

6.   Buatlah kesimpulan tentang hal-hal berikut.

a. Pekerjaan apa yang paling banyak dilakukan oleh orang tua temanmu.

b. Sumber daya alam apa sajakah yang paling banyak dimanfaatkan.

c. Dari mana asal sumber daya alam tersebut.

7.   Presentasikanlah hasil indetifikasimu di depan kelas.

 ALTERNATIF JAWABAN



Kerjasama dengan Orangtua !

Buatlah sebuah catatan tentang bagaimana kamu dan keluargamu memanfaatkan sumber daya alam setiap hari. Kamu dapat menggunakan tabel berikut untuk membantumu.

 

No

Waktu

Sumber Daya Alam yang Digunakan

Manfaat Sumber Daya Alam

1

Pagi

 

 

2

Siang

 

 

3

Sore/Malam

 

 

 ALTERNATIF JAWABAN


Ayo Mengamati !

Kamu telah mempelajari berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Sumber daya alam adalah segala sesuatu dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Air, matahari, tanah, dan segala yang ada di dalamnya merupakan sumber daya alam yang harus dipelihara dan dilestarikan. Sumber daya berupa air, tanah, matahari, tumbuhan, dan hewan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui.

 

Beberapa sumber daya alam tersebut dapat berupa berbagai bentang alam, seperti sungai, danau, laut, tanah persawahan,  tanah hutan. Dan Pada setiap bentang alam tesebut terkandung sumber daya alam, berupa air, tanah, udara bersih, tumbuhan, dan hewan.

 

Perhatikan daerah di sekitar tempat tinggalmu. Amatilah beberapa sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Catatlah sumber daya alam tersebut di dalam tabel, lalu lengkapilah dengan keterangan manfaat sumber daya alam tersebut bagi lingkungan sekitarmu.

 

Lihatlah contoh berikut!

 

Berdasarkan tabel di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!

1.   Sumber daya alam mana saja yang paling banyak tersedia di daerah tempat tinggalmu?

2.   Bagaimana masyarakat sekitar memanfaatkannya?

3.   Bagaimana usaha masyarakat sekitar menjaga dan memeliharanya?


ALTERNATIF JAWABAN


 DOWNLOAD MATERI : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)


----------------------------------------------------------------





SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP)

  

KOMPETENSI DASAR

3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah.

4.3 Meragakan gerak tari kreasi daerah.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

• Membaca puisi “Menari” dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan puisi tersebut, serta menjelaskan cara membuat puisi.

• Mencari informasi tentang beberapa gerakan tari daerah, menjelaskan gerak tari kreasi daerah.

• Mengikuti gerakan tari daerah dan mempraktikkan gerakan tari kreasi daerah.

• Membuat sebuah tarian kreasi

 

MATERI

Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!


Profesi apa sajakah yang ditunjukkan oleh gambar-gambar tersebut?

 

Ayo Mengamati !

 

Siapakah di antaramu yang ingin menjadi pekerja seni? Pekerja seni adalah orang yang memiliki bakat dan kemampuan tertentu yang bekerja di berbagai bidang kesenian. Para penari, pelukis, animator, sutradara, dan pesulap merupakan beberapa contoh pekerja seni. Para pekerja seni ini bekerja untuk membuat orang lain merasa senang dan semakin menghargai keindahan di sekitarnya.

Jika kamu harus memilih, pekerja seni manakah yang paling kamu sukai? Mengapa? Keterampilan dan pengetahuan apa saja yang harus dimiliki? Kehebatan apa saja yang kalian ketahui dari para pekerja seni? Tuliskan pendapatmu pada secarik kertas kecil, lalu tukarkan dengan teman sebangkumu. Berdiskusilah tentang pendapat kalian masing-masing!

 Ayo Membaca !

Apakah kamu menyukai seni tari? Ada banyak penari daerah yang telah berjasa bagi perkembangan seni di Indonesia dan memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara. Para penari daerah biasanya bermula dari kesenangan menari dan menurunkan tradisi seni daerah. Sungguh mulia peran para penari daerah itu. Berikut ini adalah sebuah kisah tentang seorang penari daerah.

 Bacalah teks berikut dengan saksama!

 


Kisah Seorang Penari Gandrung Banyuwangi Seorang  ibu  bernama  Supinah, mengisah kan  perjalanan  hidupnya sebagai seorang penari Gandrung. Tari Gandrung berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur yang sudah ada sejak zaman penjajahan  kolonial  Belanda.  Tari Gandrung meru pa kan tari penyampai pesan  untuk  para  pejuang  yang bergerilya pada Perang Puputan Bayu tahun 1771. Oleh karena nya, pada awalnya penari Gandrung adalah laki-laki. Pada tahun 1895 mulai muncul generasi penari gandrung wanita.

Ibu Supinah mulai menjadi penari Gandrung pada usia 14 tahun, yaitu sejak tahun 1979. Ibu Supinah belajar pada sebuah kelompok Tari Gandrung yang dipimpin oleh Akidah, yaitu Gandrung Akidah. Di sana Bu Supinah belajar dengan rajin sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama, diperkenankan menari di pentas. Saat itu, Ibu Supinah sering tampil di pentas untuk acara-acara tertentu seperti undangan atau perkawinan yang biasa digelar di masyarakat Banyuwangi.

Ibu Supinah tidak pernah menyesali keputusannya untuk menjadi seorang penari Gandrung. Ibu Supinah bangga karena tari Gandrung melambangkan kesuburan. Ibu Supinah bahkan pernah diundang menari ke mancanegara, seperti Amerika, Korea, dan Cina. Ibu Supinah tidak menyangka bahwa profesinya sebagai penari Gandrung mendapatkan penghormatan yang tinggi. Ibu Supinah bangga telah mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat di mancanegara.

 Sumber: www.banyuwangi.merdeka.com dengan perubahan.

 

 Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1.   Apa nama dan asal daerah dari tarian yang menjadi profesi Ibu Supinah?

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

 

2.   Apakah peran tarian tersebut pada saat perjuangan melawan penjajahan?

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

 

3.   Sikap dan nilai apa sajakah yang ditunjukkan Ibu Supinah sebagai seorang penari daerah?

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

 

4.   Menurutmu, nilai, sikap, dan keterampilan apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang penari?

……………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………

 

5.   Cobalah lakukan beberapa gerakan tari Gandrung atau tari khas daerahmu.


 ALTERNATIF JAWABAN


Ayo Mengamati !

Seni tari merupakan salah satu bentuk seni yang ada dalam kehidupan masyarakat tradisional. Negara Indonesia yang sangat kaya dengan keragaman seni budaya, tentu memiliki seni tari yang banyak jumlahnya. Akan tetapi, jumlah itu akan terus berkurang apabila generasi muda tidak mengenalnya. Oleh karenanya, sangatlah penting untuk mengetahui tari-tari daerah Indonesia.

 Amatilah gambar tari berikut ini!

Pasangkan keterangan berikut ini dengan gambar yang sesuai agar kamu mengetahui nama tari dan asal tari daerah tersebut!



Ayo Berlatih

Kamu akan melakukan kegiatan berikut ini secara berkelompok yang terdiri atas empat hingga lima orang. Ikutilah langkah-langkah kegiatan berikut! Pilihlah salah satu tari daerah yang paling kamu suka atau yang paling kamu kenal.

1.   Carilah informasi melalui berbagai sumber untuk mengetahui nama tari, asal tari, dan cerita tentang tari pilihanmu.

2.   Carilah informasi tentang beberapa gerakan tari daerah pilihanmu dan makna gerakannya.

3.   Cobalah untuk mengikuti beberapa gerak tari daerah pilihanmu bersama dengan teman sekelompokmu.

 ALTERNATIF JAWABAN

Ayo Mencoba !

Saatnya mempertunjukkan hasil kerja kelompokmu untuk menarikan tari kreasimu!

Lakukanlah langkah-langkah kegiatan berikut!

1.   Lakukan latihan sekali lagi untuk menarikan beberapa gerakan yang kamu kreasikan dari tari daerah, misalnya Tari Merak yang berasal dari Jawa Barat.

2.   Ikutilah irama dan ketukan dari musik yang mengiringi tari tersebut.

3.   Kamu dapat mengenakan properti tari seadanya yang tersedia di sekitarmu.

4.   Bekerja samalah dengan teman-teman sekelompokmu agar dapat menghasilkan harmoni yang indah.

5.   Mintalah teman-temanmu untuk memberikan masukan terhadap gerakan tari yang kamu ciptakan.


ALTERNATIF JAWABAN



DOWNLOAD : SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP)



----------------------------------------------------------------------------------------------




BAHASA SUNDA

 

 

KOMPETENSI DASAR

-      Ngadiskusikeun Kandaga Kecap

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

-      Siswa ngadiskusikeun harti kecap anu patali sareng cinta lemah cai.

 

MATERI




DOWNLOAD MATERI : BASA SUNDA



-------------------------------------------------------------------------


PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2




























PEMBAHASAN MATERI OLEH BU INDRIYANI SUARDIKA : 

1. PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1

2. PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2

3. PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3

4. PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4

5. PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5

6. PENDALAMAN MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6









DOWNLOAD : MODUL BDR

KEMBALI KE LIST : BELAJAR DI RUMAH (BDR)

KEMBALI KE : DAFTAR MENU









Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1

KREASI MEMBUAT KOLASE

MATERI KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 3

MODUL PEMBELAJARAN/ MODUL BDR SD

MATERI KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 2

MATERI KELAS 4 TEMA 8 SUBTEMA 1

MATERI KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 3