Postingan

BERKREASI MEMBUAT MONTASE

Gambar
 BERKREASI MEMBUAT MONTASE Montase adalah karya seni tempel yang mengkombinasikan gambar-gambar jadi dari berbagai sumber menjadi susunan karya seni baru. Sumber yang dimaksud dapat digunakan koran, majalah bekas, buku yang tidak digunakan, brosur atau lainnya. Karya montase dihasilkan dari menggabungkan beberapa gambar yang sudah jadi. Gambar-gambar tersebut dipadukan hingga menghasilkan satu gambar baru. Biasanya gambar diambil dari majalah atau koran bekas. Misalnya gambar binatang dari majalah dipotong dan direkatkan ke permukaan media gambar dan dikombinasikan dengan gambar binatang lain dari sebuah buku. Cara Membuat Montase 1. Alat: gunting. 2. Bahan: majalah, koran, gambar-gambar yang akan dijadikan montase, kertas HVS atau karton, lem. 3. Langkah-langkah ·          Potonglah gambar-gambar dari majalah yang akan dijadikan montase, misalkan badan dan kepala berbeda. ·          Guntinglah gambar tersebut yang dirasakan sudah cocok. ·          Tempelkan gambar pada b

MODUL PEMBELAJARAN/ MODUL BDR SD

  MODUL PEMBELAJARAN MODUL BDR SEKOLAH DASAR 1. TEMA 1    1.  KELAS 1    2.  KELAS 2    3.  KELAS 3    4.  KELAS 4    5.  KELAS 5    6.  KELAS 6 2. TEMA 2    1.  KELAS 1    2.  KELAS 2    3.  KELAS 3    4.  KELAS 4    5.  KELAS 5    6.  KELAS 6 3. TEMA 3    1.  KELAS 1    2.  KELAS 2    3.  KELAS 3    4.  KELAS 4    5.  KELAS 5    6.  KELAS 6 4. TEMA 4    1.  KELAS 1    2.  KELAS 2    3.  KELAS 3    4.  KELAS 4    5.  KELAS 5    6.  KELAS 6 Subtema 1    7.  KELAS 6 Subtema 2    8.  KELAS 6 Subtema 3 5. TEMA 5    1.  KELAS 1    2.  KELAS 2    3.  KELAS 3 6. TEMA 6    1.  KELAS 4    2.  KELAS 5    3.  KELAS 6 7. MODUL PEND. AGAMA ISLAM     SEMESTER 1 :    1.  KELAS 1    2.  KELAS 2    3.  KELAS 3    4.  KELAS 4    5.  KELAS 5    6.  KELAS 6        SEMESTER 2 :    1.  KELAS 1 PELAJARAN 1         KELAS 1 PELAJARAN 2         KELAS 1 PELAJARAN 3         KELAS 1 PELAJARAN 4         KELAS 1 PELAJARAN 5         KELAS 1 PELAJARAN 6         KELAS 1 PELAJARAN 7         KELAS 1 PELAJARAN 8        

LIST PJJ, BDR, BDL, WFH, SFH

  BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) BELAJAR DARING DAN LURING (BDL) SEKOLAH DARI RUMAH / SCHOOL FROM HOME (SFH) BEKERJA DARI RUMAH / WORK FROM HOME (WFH) KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 3 KELAS 4 TEMA 6 SUBTEMA 4 (KEGIATAN LITERASI) KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 4 (KEGIATAN LITERASI) SOAL PTS KELAS 4 SEMESTER 2 KELAS 4 TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS 4 TEMA 8 SUBTEMA 2 CARA MENYEDERHANAKAN PECAHAN  PUPUJIAN BASA SUNDA KREASI MEMBUAT KOLASE KREASI MEMBUAT MONTASE PELAKSANAAN BDR KELAS 4 DI SDN CIWARU MODUL PEMBELAJARAN BDR SD  MEMBUAT LAPORAN PJJ DAN BDR SOAL PTS KELAS 4 SD SEMESTER 1 MODUL BELAJAR LITERASI DAN NUMERASI SD SOAL PERTANYAAN ASESMEN PRA DAN PASCA PROGRAM GURU BELAJAR SERI MASA PANDEMI COVID-19 TAHAP 1 KUIS KONSEP PJJ - TAHAP 1 TOPIK 1 KUIS KONSEP KURIKULUM PADA KONDISI KHUSUS  TAHAP 1- TOPIK 2 KUIS KONSEP ASESMEN DIAGNOSIS AWAL TAHAP 1 - TOPIK 3 KUIS KON

Kuis Konsep Asesmen Diagnosis Berkala Tahap 1 – Topik 4

 Kuis Konsep Asesmen Diagnosis Berkala Tahap 1 – Topik 4 1. Berikut ini yang bukan merupakan tiga kategori asesmen dalam pembelajaran ialah… A. Asesmen untuk proses belajar B. Asesmen terhadap proses belajar C. Asesmen dalam proses belajar D. Asesmen sebagai proses belajar Correct : C 2. Miskonsepsi asesmen pembelajaran yang sering terjadi adalah… A. Asesmen dilakukan di akhir materi pembelajaran berupa tes tertulis B. Asesmen dilakukan untuk mengukur pemahaman terhadap proses belajar C. Asesmen dilakukan untuk memberi umpan balik dan tindak lanjut hasil belajar D. Asesmen dilakukan dengan melibatkan siswa dalam pelaksanaannya Correct : A 3. Tujuan dari asesmen terhadap proses belajar ialah… A. Mengumpulkan informasi untuk umpan balik dan tindak lanjut proses belajar B. Menilai hasil belajar siswa C. Monitoring dan refleksi proses belajar siswa D. Mendiagnosis kesulitan belajar siswa Correct : B 4. Selama proses pembelajaran, Guru Rahmi selalu memberi umpan balik untuk mengumpulkan inf

Kuis Konsep Asesmen Diagnosis Awal Tahap 1 – Topik 3

 Kuis Konsep Asesmen Diagnosis Awal Tahap 1 – Topik 3 1. Tujuan dari dilakukannya asesmen diagnosis awal pembelajaran adalah… A. Memonitor kegiatan belajar siswa selama masa pandemi B. Memonitor perkembangan non kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian belajar C. Memonitor keterlibatan orang tua selama pembelajaran jarak jauh D. Memonitor perkembangan emosi dan psikologis siswa Correct : B 2. Berikut ini adalah siklus asesmen di awal pembelajaran… A. Evaluasi – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif – Tindak lanjut B. Asesmen kognitif – Evaluasi – Tindak Lanjut – Asesmen non kognitif C. Evaluasi dan tindak lanjut – Asesmen kognitif – Asesmen non kognitif D. Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi Correct : D 3. Dalam melakukan persiapan diagnosis awal non kognitif, anda dapat memberikan pertanyaan kunci seperti… A. Apa yang kamu lakukan apabila tidak mengikuti sesi kelas online? B. Apa saja kegiatan yang kamu lakukan selama belajar dari ru

Kuis Konsep Kurikulum pada Kondisi Khusus Tahap 1 – Topik 2

 Kuis Konsep Kurikulum pada Kondisi Khusus Tahap 1 – Topik 2 1. Tujuan Pembelajaran Jarak Jauh berikut ini merupakan landasan yang terkait dengan pemberlakuan kurikulum  pada kondisi khusus… A. Tercapainya seluruh target kurikulum selama satu tahun B. Pemenuhan dukungan psikososial bagi guru, siswa dan orangtua C. Segera berakhirnya pandemi untuk pembelajaran normal D. Peningkatan penguasaan materi siswa selama masa pandemi Correct : B 2. Prinsip Pembelajaran Jarak Jauh berikut ini merupakan landasan yang terkait dengan pemberlakuan kurikulum  pada kondisi khusus.. A. Siswa senang menjalani pembelajaran masa pandemi B. Siswa tetap belajar meskipun di tengah pandemi C. Menerapkan pembelajaran untuk kecakapan hidup D. Menerapkan penguasaan cakupan materi yang lebih luas Correct : C 3. Yang bukan termasuk pilihan pelaksanaan kurikulum pembelajaran dalam keputusan Mendikbud tentang Pedoman  Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus, adalah … A. Tetap mengacu pada Ku

Kuis Konsep PJJ – Tahap 1 Topik 1

 Kuis Konsep PJJ – Tahap 1 Topik 1 1. Prinsip pembelajaran jarak jauh yang utama harus dipahami oleh guru ialah … A. Memberikan tugas sesuai target capaian kurikulum B. PJJ dilakukan melalui penggunaan teknologi sebagai sumber utama C. Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa D. Menyamaratakan kondisi, minat dan fasilitas belajar siswa Jawaban : C 2. Diantara tujuan pembelajaran jarak jauh berikut, yang berkaitan langsung dengan proses belajar siswa ialah: A. Mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan B. Memastikan pemenuhan hak belajar siswa dalam situasi darurat Covid-19 C. Melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19 D. Memastikan pemenuhan dukungan psikososial guru, siswa dan orang tua Jawaban : B 3. Covid-19 berdampak siswa belajar di rumah melalui pembelajaran jarak jauh. Menurut Anda, bagaimana memilih  pendekatan pembelajaran jarak jauh yang efektif? A. Dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau online B. Dilakukan secara l